Pengertian Cloud Server dan Fungsinya

14 Mei 2018
Pengertian Cloud Server dan Fungsinya campaign-unlimited
Cloud Server

Cloud server adalah layanan teknologi yang menggabungkan komputer dan jaringan yang berbasis internet. Pada intinya, teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan data. Sehingga data-data yang kamu perlukan dapat dengan mudah diakses dan tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat penyimpanan seperti Flashdisk, Harddisk, CD maupun DVD . Tentu hal ini akan sangat mempermudah bila seseorang memiliki database yang tersimpan di suatu perangkat penyimpanan dan perangkat itu hilang, maka data yang tersimpan pasti ikut hilang. Namun, data di cloud akan tetap aman.

Dengan adanya cloud server maka data yang ada dapat diakses sewaktu-waktu sehingga mempermudah pekerjaan. Jika kamu ingin menggunakan jasa dari penyedia layanan ini maka kamu biasanya akan dimintai untuk mendaftarkan email guna membuat akun sehingga jika sewaktu-waktu kamu akan menyimpan atau membuka file yang telah disimpan, maka kamu akan dimintai ID akun dan passwordnya.

Layanan Cloud Server juga memberikan kemudahan untuk menaikkan atau menurunkan resource server seperti jumlah Core CPU, maupun jumlah RAM sesuai kebutuhan atau biasa disebut On Demand. Kamu layak berhati-hati jika ada layanan mengaku Cloud Server terutama di Indonesia tapi tidak bisa memberikan fasilitas On Demand karena teknologi ini yang membedakan dengan VPS. Pada layanan Cloud, kamu juga masih bisa berlanganan 1 server, dengan konsekuensi harga sedikit mahal namun kualitas tentu saja lebih baik karena infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang saling membackup.

Fungsi Cloud Server

1. Meminimalisir Kehilangan Data

Berapa banyak data yang saat ini sudah hilang dan tidak bisa diselamatkan karena kerusakan pada harddisk, flashdisk dan media storage fisik lainnya? Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda memanfaatkan cloud server sebagai media penyimpanan. Penggunaan cloud sebagai media penyimpanan akan sangat memperkecil kemungkinan kerusakan dan juga kehilangan data, sehingga data Anda akan menjadi jauh lebih aman dari kerusakan ataupun corrupt.

menghindari kehilangan data

2. Tidak Perlu Membeli Media Storage

Berapa harga harddisk eksternal ataupun flashdisk saat ini? Kira-kira berkisar antara 100 ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli perangkat tersebut bukan? Nah dengan adanya cloud, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tingi untuk menyimpan file dan juga data. Harga investasi yang harus kamu bayarkan akan jauh lebih murah apabila menggunakan cloud server. Selain itu kamu juga tidak perlu repot-repot mencari harddisk ataupun flashdisk lagi.

3. Upgrade yang Cepat

Upgrade sumber daya sangat perlu dilakukan untuk menjaga kualitas. Dengan menggunakan cloud server, upgrade yang dilakukan begitu cepat, bahkan terkadang tidak perlu melakukan reboot. Hal ini tentu menghemat waktu.

4. Sangat Praktis

Kelebihan dari cloud ini tentu saja sangat praktis dan sangat mudah digunakan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa media storage fisik. Manfaat dan juga keunggulannya sama seperti pilihan, ketika kamu harus membawa uang cash atau hanya perlu membawa selembar kartu ATM / kartu uang elektronik.

Demikianlah pengertian dan fungsi dari cloud server yang perlu kamu ketahui. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnismu menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013