Pengertian Cloud Hosting dan Manfaatnya

Pengertian Cloud Hosting dan Manfaatnya campaign-unlimited

Cloud hosting semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Jika kamu telah mencari opsi hosting di banyak penyedia, kamu pasti akan menemukan cloud tersebut, dan mungkin akan memiliki banyak pertanyaan tentang cloud host. Cloud adalah konsep yang telah digunakan di banyak bidang teknologi, dan sekarang ini juga digunakan di area hosting.

Untuk memahami cloud hosting, berikut beberapa hal yang perlu diketahui:Sistem berbasis cloud: Cloud hosting menggunakan sistem berbasis cloud, yaitu sekumpulan server yang terhubung dan dapat digunakan secara bersamaan untuk menyimpan data dan menjalankan aplikasi.

Akses internet: Cloud hosting membutuhkan akses internet untuk mengakses data dan aplikasi.

Skalabilitas: Cloud hosting memungkinkan skalabilitas tinggi, yaitu kapasitas dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan.

Fleksibilitas: Cloud hosting memungkinkan fleksibilitas tinggi, karena data dan aplikasi dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui internet.

Apa Itu Cloud Hosting ?

pengertian hosting awan dan manfaatnya

Cloud hosting adalah metode hosting dimana aplikasi dan data disimpan di server yang tersebar di berbagai lokasi (cloud) dan dapat diakses melalui internet. Ini berbeda dengan hosting tradisional dimana aplikasi dan data disimpan di server tunggal. Cloud hosting memungkinkan skalabilitas dan fleksibilitas yang lebih besar, karena kapasitas server dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai kebutuhan, dan tidak ada peralatan fisik yang harus dikelola oleh pengguna.

Definisi hosting cloud paling sederhana bisa berupa jaringan server virtual yang memasuki jaringan server fisik yang mendasarinya. Sejauh mana pengguna memasuki jaringan ini tergantung pada kebutuhan sebenarnya dari situs web dan dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai. Pada tingkat teknis, sumber daya yang diperlukan untuk situs web tersebar di beberapa server jarak jauh dan sumber daya ini disadap karena diperlukan. Karena situs web tidak mengandalkan satu server, tetapi sebagai jaringan server, jaringan server ini disebut sebagai cloud.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting?

Cara kerja cloud hosting cukup mudah dipahami. Contohnya, aplikasi dan data disimpan pada server yang tersebar di berbagai lokasi geografis.Server-server ini digabungkan menjadi satu sistem yang dikenal sebagai “cloud”.Pengguna mengakses aplikasi dan data melalui internet dengan menggunakan perangkat seperti komputer atau smartphone.

Jika beban traffic atau penggunaan resource meningkat, sistem cloud dapat memperluas kapasitasnya secara otomatis tanpa downtime.Pembayaran dikenakan berdasarkan penggunaan efektif (pay-as-you-go) seperti bandwith, storage, dan CPU.

Dengan cara ini, cloud hosting memungkinkan skalabilitas, fleksibilitas, dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan hosting tradisional.

Mengapa Harus Memilih Cloud Hosting?

Apakah kamu telah memutuskan untuk menggunakan cloud hosting sesuai pada kebutuhan situs? Jika situsmu berkembang pesat dan memerlukan sebuah hosting yang dapat berkembang seiring dengan meningkatnya pengunjung website, maka cloud hosting bisa menjadi pilihan yang bagus. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat disediakan oleh cloud hosting:

  • Server cloud akan memberikan keamanan dan stabilitas yang luar biasa. Sebagian besar, ini dikarenakan kerahasiaan lokasi fisik server cloud di mana setup server cloud berjalan. Kedua, jika salah satu server fisik bermasalah, pengguna dapat mengandalkan server lain yang berjalan dengan baik.
  • Server cloud juga menawarkan kecepatan dan kinerja yang luar biasa. Saat kamu menjalankan situs dari server fisik, satu-satunya lokasi tempat file situmu dapat diakses adalah dari lokasi server yang tepat. Dengan server cloud, situs web dapat diakses dari beberapa lokasi, yang terdekat dari lokasi fisik sebenarnya maka loading website menjadi lebih cepat.
  • Cloud host dapat menjadi sangat terukur. Upgrade ruang penyimpananmu adalah proses yang sangat mudah dan dapat dilakukan dari berbagai server. Pengguna tidak dibatasi oleh kendala perangkat keras dari satu lokasi server fisik.

Website Jenis Apa yang Bisa Dibuat di Cloud Hosting?

kelebihan cloud hosting

Jenis website yang bisa menggunakan cloud host sama beragamnya dengan yang memakai hosting fisik. Hanya saja, di kasus tertentu, cloud tersebut lebih unggul dan banyak digunakan. Jika suatu website membawa misi penting, di mana perusahaan tertentu seolah-olah tak bisa ‘hidup’ tanpa website, maka cloud host adalah pilihan tepat.

Layanan ini bahkan banyak dipilih oleh banyak toko e-commerce, situs lead generation, website profil perusahaan, dan berbagai proyek dengan trafik tinggi.

Pada saat bersamaan, cloud host memberikan pengguna kemudahan dalam hal scaling apabila  menginginkan kemampuan tambahan. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh suatu agensi berita dan perusahaan penerbitan yang menginginkan peningkatan trafik pengunjung atau klik dalam jumlah besar pada postingan yang telah diterbitkan.

Baca Juga : WordPress Hosting vs Web Hosting dan Keuntungannya

Apakah IaaS, PaaS, dan SaaS Bersanding Dengan Cloud Hosting?

IaaS, PaaS, dan SaaS bersanding dengan cloud host karena sama-sama menggunakan infrastruktur cloud untuk mengirimkan layanan data mereka,

Berikut Pengertian IaaS, PaaS, dan SaaS dan Fungsinya

  • IaaS adalah singkatan dari “infrastructure as a service” dan mengacu kepada model bisnis terbaru untuk perusahaan hosting. Proses ini melibatkan penawaran mesin virtual lalu memproses power melalui arsitektur cloud. Alih-alih untuk menyewa infrastruktur fisik, orang-orang bisa membeli resource yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • PaaS adalah singkatan dari “platform as a service”. Pilihan ini biasanya digunakan untuk menyediakan framework bagi developer untuk dirancang. Dari sudut pandang developer, solusi PaaS begitu populer karena pilihan ini mengurangi waktu proses ke market dan fleksibilitas yang lebih besar.
  • SaaS adalah singkatan dari “software as a service”. Istilah ini digunakan pada saat perusahaan memanfaatkan sistem cloud untuk mengirimkan software untuk antarmuka ke user mereka, pada umumnya melalui web browser atau aplikasi mobile. Contoh dari produk SaaS seperti Google Docs.

Masa Depan Cloud Hosting

cloud hosting terpopuler

Komputasi awan atau bahasa kerennya cloud computing, pada umumnya, semakin penting dan dibutuhkan oleh masyarakat urban saat ini. Teknologi ini mampu membawa dan mengarahkan website industri dan bisnis  semakin dikenal di internet. Meski porsinya tidak terlalu besar, web hosting menjadi jalan pintas yang bagus bagi cloud.

Salah satu pertimbangan terakhir dalam menentukan apakah cloud hosting pilihan adalah harga untuk layanannya. Dengan hosting ini, kamu hanya akan membayar pada apa yang kamu gunakan. Sumber daya server cloud tambahan akan tersedia ketika lonjakan traffic website  terjadi, tetapi kamu tidak akan membayar untuk sumber daya server yang tidak digunakan.

Kesimpulan

Hosting cloud adalah pilihan yang tepat jika menginginkan resource tak terbatas, bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan shared hosting serta server virtual lainnya. Mudah-mudahan, dengan adanya artikel ini dapat membantumu untuk memahami lebih baik tentang hosting server cloud, teknologi di belakangnya, dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi situs web milikmu sendiri.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019