Pengertian CDN dan Fungsinya
Blog Tips Keren Pengertian CDN dan Fungsinya

Pengertian CDN dan Fungsinya

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia websie dan hosting, sdikit banyak akrab dengan pengertian CDN dan fungsinya.  Bahkan tak sedikit orang awam, dalam hal ini mereka yang tidak bergelut di dunia website dan hosting pernah mendengar tiga huruf yang merupakan singkatan dari Content Delivery Network. Teknologi Content Delivery Network ini lumrah digunakan oleh para pengembang dan pengelola website untuk menjaga kestabilan kenyamanan pengunjung. CDN adalah tulang punggung yang bertanggungjawab dalam pengiriman konten. Salah satu kegunaan CDN adalah untuk mempercepat waktu loading page. CDN bertugas memastikan pengiriman konten statis dari lokasi server terdekat kepada pengguna. Hal ini akan mempercepat respon ketika suatu website diakses.

Pada umumnya, CDN digunakan oleh website dengan jumlah pengumjung harian yang banyak, dan jumlah konten yang banyak pula. Meskipun demikian, semakin terkini, CDN bukan lagi monopoli website-website besar, namun juga semua website, tak peduli sebesar apapun skalanya.

Pengertian CDN adalah sekumpulan server  global yang terletak di beberapa data center yang dan terletak di beberapa negara. Fungsi dari jaringan ini adalah mengirimkan konten dari server ke website. Yang dilakukan CDN adalah meningkatkan kecepatan data pengiriman data melalui jaringan server kepada pengunjung dari lokasi yang paling dekat dimana pengunjung tersebut berada.

Contohnya lokasi pengunjung berada di Indonesia. Sementara itu server website Ada berada di San Francisco. Karena jauhnya jarak antara lokasi Anda dan server, distribusi konten akan memakan waktu yang lama. Namun dengan adanya lokasi server yang berada di India atupun Singapura, proses pengriman konten akhirnya menjadi lebih cepat.

Dalam hal ini karena lokasi Anda berada di Indonesia, maka server CDN terdekat berada di Singapura. Jadi file ersebut nantinya akan dikirim dari Singapura. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai fungsi utama CDN, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Bagaimana CDN Bekerja?

Pada intinya, pengertian CDN adalah jaringan server yang saling terhubung dengan tujuan mendistribusikan konten secara cepat, murah, andal, dan terjamin keamanannya. Untuk meningkatkan kecepatan dan konektivitas, CDN menempatkan server pada exchange point diantara jaringan yang berbeda.

Untuk menghubungkan penyedia layanan internet yang berbeda agar tetap tersambung dan saling menghubungkan akses lalu lintas dari jaringan yang berbeda maka digunakanlah Internet Exchange Point(IXP). Dengan konektivitas ini yang tinggi ini, CDN mampu mengurangi biaya dan waktu transit dalam pengiriman data keluar negeri.

Pengertian CDN dan Fungsinya

Fungsi CDN

  • Meningkatkan Kecepatan

Menggunakan CDN adalah cara termudah untuk meningkatkan kecepatan loading website sekaligus mengurangi potensi latensi. Ketika CDN mengarahkan download ke server yang paling dekat dengan pengunjung, langkah ini dapat mempercepat loading sebuah website. Anda, selaku pengunug tak perlu melewati beberapa rute server yang berada diseluruh dunia. Cukup mengarahkan server ke lokasi yang paling dekat denga pengunjung.

  • Meningkatkan peringkat di Mesin Pencari

Kecepatan loading halaman sangat menentukan peringkat sebuah website di mesin pencari. Hampir semua mesin pencari memasukkan kecepatan loading halaman sebuah website sebagai indikatornya. Google contohnya, sejak tahun 2010 mengumumkan bahwa kecepatan sebua webste mempengaruhi ranking di mesin pencari. Semakin cepat website Anda, bagus peluang menaikkan peringkat website Anda di PageRank.

Keuntungan lain, penggunaan CDN akan meningkatkan frekuensi Google untuk meramban gambar di website Anda. Dengan kata lain, ini akan meningkatkan gambar yang ada di website Anda untuk lebih mudah diindeks oleh Google.

Pengertian CDN dan Fungsinya

  • Menghindari Lonjakan Trafik

Fungsi lain yang tak kalah penting dari penggunaan CDN adalah menghindari kemungkinan lonjakan trafik. Suatu waktu Anda membuat konten yang sangat viral di internet. Otomatis hal ini akan megakibatkan lonjakan trafik secara mendadak pada website Anda. Ketika mengalami lonjakan trafik, website Anda akann lambat utuk diakses dan bahkan bisa berakibat down.

CDN dapat membantu Anda mengatasi permasalahan ini. Konten statis pada sebuah situs web sering menyumbang 80% cache di server. Ini mengakibatkan terjadinya beban yang sangat berat pada server. Dengan menggunakan content delivery network, server tidak perlu bekerja terlalu keras. Hal ini akan menghindarkan website Anda dari kemungkinan downtime yang akan menghabiskan waktu dan tenaga Anda untuk memcahakan masalah tersebut.

  • Meningkatkan Keamanan Website dari Kemungkinan Serangan Cyber

Tahukah Anda bahwa CDN mampu memberikan perlindungan tambahan keamanan pada website? Kini, mayoritas lalu lintas di internet terhubung dengan menggunakan CDN.Penggunaan CDN ini sekaligus memetakan serangan DDos yang mungkin akan terjadi. Kebanyakan penyedia layanan CDN sudah memiliki protokol khusus yang sangat kuat untuk menangani mitigasi serangan DDos.

Keamanan informasi merupakan bagian integral dari CDN. CDN akan menjaga situs tetap aman dengan menggunakan sertifikasi SSL/TLS, yang akan melakukan otentifikasi dan enkripsi berstandar tinggi.

Alangkah baiknnya sebelum membuat website,  Anda harus memastikan layanan web hosting yang akan Anda gunakan menyematkan fitur CDN dalam paket yang ditawarkan. Sehingga Anda tak perlu repot sendirian untuk berlangganan CDN.

  • CDN Kompatibel di Semua Platform website dan Hosting

Pada banyak kasus, CDN sangat mudah digunakan pada hampir semua platform. Baik platform website maupun hosting. Web hosting terbaik selalu menyediakan CDN dalam beberapa paket yang mereka tawarkan.

Semua layanan website maupun hosting dapat menggunakan CDN untuk memaksimalkan kinerjanya. Pada penyedia hosting, CDN biasanya disertakan dalam paket unggulan mereka. Platform yang digunnakan pun bervariasi.

WordPress, content management system (CMS) terpopuler di dunia bahkan memiliki plugin yang bisa diintegrasikan langsung dengan CDN. Tentunya ini semakin menambah opsi bagaimana penggunaan CDN untuk website Anda.

Pengertian CDN dan Fungsinya

  • Membuat Website Selalu Online

Uptime adalah komponen paling penting bagi siapapun yang bergiat di dunia internet. Kerusakan hardware dan lonjakan trafik, serta serangan malware berpotensi membuat down web server dan tak bisa diakses pengunjug.

Oleh karena iti CDN akan menyeimbangkan lalu lintas jaringan diantara beberapa server, memudahkan pendistribusian trafik. Jika seluruh pusat data mengalami masalah teknis, Anycast akan mentransfer lalu lintas ke pusat data lain yang tersedia dan memastikan tidak pengguna yang kehilangan akses websitenya.

Kesimpulan

Mengapa menggunakan CDN? Pengertian CDN dan fungsinya diatas yang menunjukkan betapa penggunaan CDN memiliki manfaat yang sangat banyak untuk website Anda. Disamping peningkatan performa yang drastis, Anda juga akan diuntungkan dari sisi SEO yang mengakibatkan peningkatan konversi dan pastinya peningkatan user experience bagi pengunjung website Anda. IDwebhost memberikan Cloudflare CDN dalam layanan paket hosting murah dan terbaik bisa Anda pilih.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis