Pengertian Cash On Delivery (COD) Saat Jual Beli Online

Pengertian Cash On Delivery (COD) Saat Jual Beli Online campaign-unlimited

Belanja online dengan metode Cash on Delivery saat ini menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia bahkan luar negeri juga sering melakukan belanja online ini.

Dengan belanja online orang saat melakukan belanja tidak perlu lagi repot-repot pergi ke tempat barang yang diinginkan. Namun sekarang dengan menggunakan aplikasi online melalui smartphone orang dengan mudah mencari dan mendapatkan kebutuhan yang di inginkan.

Hanya dengan sekali klik proses barang sudah siap dikirim sampai tujuan. Dalam melakukan belanja online tentunya saat melakukan pembayaran akan tersedia berbagai macam metode pembayaran salah satunya Cash On Delivery (COD). Nah apa sih sebenarnya pengertian dari COD ini berikut IDwebhost akan membahasnya secara lengkap.

Apa itu Arti Cash On Delivery (COD)

Apa itu Arti Cash On Delivery (COD)?

Cash On Delivery adalah layanan yang disediakan oleh beberapa marketplace atau toko online dengan metode pembayaran ditempat. Saat Anda melakukan belanja online maka ada pilihan metode yang disediakan dari e-wallet (dompet digital), transfer melalui bank, COD, dan lain sebagainya.

Nah dengan adanya metode pembayaran Cash on Delivery ini salah satu metode yang populer dan memudahkan orang dalam melakukan pembayaran di tempat. Saat Anda melakukan pembelian barang maka Anda tinggal menyiapkan sejumlah uang saat kurir pengiriman sudah datang mengantar barang sampai rumah. Pada saat itulah Anda membayarkan biaya yang telah ditentukan.

Walaupun populer karena sering digunakan pada saat belanja online, pernahkah Anda ingin membeli barang lalu janjian dengan penjual di suatu tempat? Nah itu pun juga bisa dikatakan Cash On Delivery.

Pada intinya metode ini adalah proses jual beli dengan pembayaran secara langsung di tempat yang telah ditentukan. Dulu saat melakukan pembayaran dilakukan dengan menggunakan uang kertas atau koin.

Namun sekarang dengan perkembangan teknologi jadi lebih mudah Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan uang digital dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan COD

Kelebihan dan Kekurangan COD

Ada banyak alasan mengapa banyak orang lebih memilih metode pembayaran secara COD ini. Mulai dari tingkat kepercayaan masyarakat pada produk hingga memastikan kenyamanan saat transaksi.

Terkadang saat belanja online barang yang sampai ternyata tidak sesuai dengan yang di inginkan. Maka daru itu transaksi COD ini termasuk yang populer. Walaupun prosesnya sangat sederhana namun banyak juga yang terlibat hal yang tidak menyenangkan antara pembeli dan kurir karena kurangnya pengetahuan pembeli.

Kelebihan Metode Pembayaran Cash On Delivery

Kelebihan dari sisi penjual akan lebih mudah dalam membangun kepercayaan pada pelanggan. Karena memang pembayaran dilakukan saat barang sudah sampai, maka konsumen dapat memastikan apakah barang tersebut sesuai dengan ekspektasinya, jika iya maka konsumen akan membayar dengan puas.

Baca Juga: Cara Melihat Track Delivery di Plesk

Di sinilah keuntungan bagi penjual karena juga akan membangun kepercayaan pada toko online tersebut. Kemudian dari sisi konsumen akan melihat terlebih dahulu dan memastikan barang selamat dengan tujuan tanpa cacat atau rusak dan juga kualitas seperti yang diinginkan maka konsumen akan siap membayarnya.

Sebaliknya jika barang tidak sesuai maka konsumen akan mudah untuk tidak melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Kekurangan Metode Pembayaran COD

Dari sisi penjual akan mengalami penundaan pencairan dana karena memang dana akan dicairkan setelah kurir menerima uang dari konsumen. Kemudian adanya biaya tambahan pengiriman yang harus ditanggung baik itu konsumen maupun dari penjualnya.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan Metode Cash on Delivery

Apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan Metode Cash on Delivery?

Pedagang atau penjual harus siap menerima jika terjadi pengembalian barang. Hal ini karena pembeli lebih leluasa dan berhak menerima atau mengembalikan barang tersebut.

Oleh karena itu sebagai penjual siap untuk mengantisipasi kejadian seperti ini. Namun jangan khawatir ketika barang yang Anda jual dirasa berkualitas maka pastinya Anda akan lebih siap.

Menurut dari data salah satu e-commerce pengembalian barang terjadi sebanyak 5% saja. Artinya hal ini kemungkinan besarnya masyarakat mau menerima barang yang sampai.

Selain itu barang yang dikirim ada jaminan akan selalu sampai tujuan dengan kondisi baik hal ini mungkin menjadi satu kendala yang juga perlu diantisipasi. Atau pelanggan akan mencobanya terlebih dahulu sebelum membayarnya maka kondisi barang bisa jadi tidak seperti awal.

Walaupun demikian jangan berpikir terlalu negatif bahwa COD berakhir dengan pengembalian. Kenyataannya dari data e-commerce tadi hanya 5%saja yang tidak sukses dalam transaksi.

Saat ini jasa ekspedisi semakin terbuka dengan layanan COD ini sehingga Anda akan banyak pilihan dalam menggunakan jasa pengiriman yang Anda inginkan.

Baca juga: 6 Peluang usaha Jualan Online Modal Kecil Pasti Untung

Tips Melakukan Cash on Delivery yang Paling Aman

Tips Melakukan Cash on Delivery yang Paling Aman

Untuk bisa memastikan keamanan, kenyamanan, kepercayaan maka transaksi COD ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum melakukan transaksi. Nah apa saja tips aman saat melakukan Cash on Delivery ini sebagai berikut:

Tentukan lokasi yang tepat

  • Tentukan lokasi yang tepat

Jika Anda ingin melakukan COD maka ada baiknya untuk melakukan transaksi pada tempat yang aman. Usahakan bertemu di lokasi yang ramai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kemudian untuk melakukan transaksi harus ada dua belah pihak yang saling setuju dengan win win solution. Dengan begitu keduanya merasa puas dengan mengambil jarak tengah dari perjalanan kedua belah pihak atau sesuai kesepakatan.

Pilih waktu yang tepat

  • Pilih waktu yang tepat

Jika Anda sendiri yang akan melakukan COD secara langsung antara pembeli dan penjual maka ada baiknya untuk memilih waktu yang tepat. Karena memang kita tidak akan tahu seperti apa orang yang akan dijumpai.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka memilih waktu yang tepat adalah langkah yang harus dilakukan.

Apalagi jika melakukan transaksi dengan jumlah uang yang cukup besar maka kewaspadaan harus tetap ada. Waktu yang tepat untuk melakukan transaksi biasanya pagi sampai sore hari, sehingga lebih nyaman dan aman juga saat melakukan pengecekan barang akan lebih mudah.

Kalau Anda sebagai pembeli jangan sungkan untuk meminta garansi seminggu, dua minggu dan lain sebagainya.

Selalu fokus dan waspada

  • Selalu fokus dan waspada

Transaksi apapun akan selalu ada peluang kejahatan apalagi jika transaksi Cash on Delivery yang memang kedua belah pihak tidak tahu latar belakangnya. Untuk itu tetap waspada saat melakukan transaksi.

Pada dasarnya kita tidak akan tahu siapa yang kita jumpai. Untuk itu jika perlu minta garansi, cek kondisi barang, hingga kelengkapannya. Jangan sampai ketika dibuka di rumah malah barangnya tidak layak pakai hal ini pastinya akan sangat merugikan baik waktu, energi, dan juga uang kita.

Untuk kasus belanja online sebenarnya sama saja baiki penjual dan pembeli harus sama-sama menciptakan suasana nyaman, aman, dan saling percaya.

Jika dilakukan dengan baik konsumen puas maka konsumen pun akan dengan senang hati kembali membeli produk-produk dari toko online Anda nantinya.

Kesimpulan

Itulah tadi apa yang dimaksud dengan Cash on Delivery atau COD. Cash on Delivery adalah salah satu metode pembayaran populer bagi para penyuka belanja online. Nah, apakah Anda sudah siap menambahkan Cash on Delivery dalam transaksi di toko online Anda?

Jika Anda ingin membuat website toko online sendiri, IDwebhost memiliki layanan jasa pembuatan website untuk bisnis. Sehingga, Anda bisa lebih bebas dan fokus dalam mengelola bisnis.

Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik IDwebhost, sehingga Anda bisa membuat website lebih hemat lagi. Caranya, klik gambar di bawah ini ya!

Promo IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019