Pengertian Apa Itu Pop Up, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

27 Okt 2023
Pengertian Apa Itu Pop Up, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya campaign-unlimited

Saat kamu sedang menjelajahi situs dengan internet, biasanya muncul pemberitahuan dalam jendela baru pada tampilan. Inilah yang disebut dengan Pop Up. Apa itu Pop Up? Lalu, apa fungsinya?  Sebenarnya, yang dimaksud bukanlah pemberitahuannya, melainkan jendela yang muncul pada tampilan.

Jendela ini memiliki fungsi yang beragam tergantung pada tujuan ditampilkannya Pop Up. Pada perangkat smartphone misalnya, Pop Up bisa muncul untuk memberikan peringatan suhu baterai yang terlalu tinggi. Sementara pada tampilan website IDwebhost, Pop Up bisa menampilkan penawaran promo layanan hosting murah.

Pop Up digunakan untuk memudahkan sistem menarik perhatian dari pengguna. Nah, kira-kira seperti apa contoh Pop Up, jenis-jenisnya, dan cara membuatnya? Yuk, pelajari langsung di ulasan ini!

Apa Itu Pop Up?

Pop Up adalah jendela pada tampilan perangkat dengan membawa pesan atau informasi tertentu yang ditujukan untuk user. Biasanya, Pop Up dapat ditemukan di berbagai tampilan. Misalnya seperti tampilan komputer, smartphone, website, hingga aplikasi.

Kemunculan Pop Up umumnya mendadak. Hal ini membuat Pop Up lebih mudah mendapatkan perhatian dari pengguna. Informasi yang ditampilkan pada Pop Up berbeda-beda tergantung dengan tujuan dari Pop Up. Misalnya seperti Pop Up notifikasi, informasi yang ditampilkan oleh Pop Up ini berisikan tentang pemberitahuan.

Contoh Pop Up yang cukup familiar bagi pengguna perangkat komputer adalah Pop Up menu desktop. Jika kamu melakukan klik kanan pada tampilan desktop laptop atau komputer, kamu akan ditampilkan menu desktop dalam bentuk Pop Up. Dari sini kamu dapat memilih berbagai opsi yang ingin dilakukan.

Fungsi Pop Up

Fungsi Pop Up

Setelah mengetahui seperti apa itu Pop Up, kamu tentu juga ingin mengetahui kegunaan Pop Up. Menurut jenis informasi yang ditampilkan, fungsi dari Pop Up meliputi:

1. Memberikan Notifikasi

Fungsi yang paling umum ditemui dari Pop Up adalah untuk memberikan pemberitahuan kepada user. Pemberitahuan yang disampaikan ini merupakan informasi yang berasal dari sistem maupun aplikasi pada perangkat. Pop Up untuk menyampaikan notifikasi biasanya disertai dengan tombol aksi.

Seperti IDwebhost yang selalu memberikan notifikasi pada Sahabat setiap kali ada promo baru, lho!

2. Menyampaikan Peringatan

Selain memberikan notifikasi, Pop Up juga berfungsi untuk menyampaikan peringatan dari sistem. Pop Up dapat membantu user untuk mengetahui kondisi dari sistem perangkatnya, apalagi jika kondisinya buruk. Sebagai contoh, sistem akan menampilkan Pop Up berisikan informasi status aplikasi yang tidak merespon saat aplikasi tidak kunjung terbuka.

3. Menampilkan Menu

Seperti apa itu Pop up untuk menampilkan menu? Pop Up dapat menampilkan menu sebagai perantara untuk berinteraksi atau memberikan instruksi pada perangkat, website, maupun aplikasi. Sebagai contoh dari fungsi ini adalah Pop Up menu setelah melakukan klik kanan di Google Chrome, File Explorer, dan sebagainya.

4. Menjadi Alat Promosi

Terakhir, fungsi Pop Up juga meliputi sebagai alat promosi. Biasanya fungsi ini dimanfaatkan oleh website atau aplikasi yang menawarkan jasa atau produk untuk user. Pop Up untuk keperluan promosi menampilkan informasi terkait promosi, mulai dari potongan harga, bonus cashback, ajakan subscribe, dan masih banyak lainnya.

Jenis-jenis Pop Up

jenis-jenis pop up

Selain memiliki banyak fungsi, Pop Up juga memiliki banyak jenis. Seperti apa itu Pop Up menurut jenis-jenisnya? Berikut penjelasannya:

1. Pop Up Notifikasi Sistem

Seperti namanya, jenis Pop Up satu ini menampilkan notifikasi sistem agar diketahui oleh user. Jenis Pop Up ini membantu pengguna untuk mendeteksi adanya aktivitas baru maupun aktivitas yang janggal pada sistem.

Selain menampilkan notifikasi kondisi sistem, jenis Pop Up ini juga menyampaikan status dari aplikasi-aplikasi yang terpasang pada perangkat. Salah satu contoh Pop Up jenis ini bisa ditemui pada notifikasi sistem smartphone. Jendela pemberitahuan sistem ini menampilkan berbagai status sistem perangkat yang aktif maupun tidak.

2. Pop Up Aplikasi

Jenis yang selanjutnya adalah Pop Up aplikasi. Tampilan Pop Up jenis ini secara spesifik memberitahukan informasi terkait dengan aplikasi tertentu. Fungsi Pop Up ini juga bervariasi sebab dapat menampilkan pemberitahuan, penawaran promo, hingga peringatan kerja aplikasi.

Kamu dapat mengambil contoh dari Pop Up aplikasi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp biasanya menampilkan pemberitahuan setiap kali penggunanya menerima pesan maupun panggilan baru. Bukan itu saja, WhatsApp juga mengirimkan Pop Up notifikasi berupa peringatan jika ruang penyimpanan penuh.

3. Pop Up Pengaturan

Apa itu Pop Up pengaturan? Jenis Pop Up ini menyediakan pilihan opsi atau instruksi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan. Pop Up ini memiliki opsi pengaturan yang cukup beragam. Misalnya seperti akses fitur, instruksi tertentu, dan sebagainya,

4. Pop Up Iklan

Fungsi Pop Up sebagai media promosi dapat ditemukan pada jenis Pop Up iklan. Pop Up iklan biasanya bisa dijumpai pada website maupun aplikasi yang menawarkan sebuah produk atau layanan jasa. Di luar dari itu, Pop Up ini biasanya juga bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah acara tertentu.

Jenis Pop Up ini banyak digunakan sebab dapat menarik perhatian pengguna secara efektif. Sekalipun terkadang Pop Up ini cukup mengganggu karena muncul mendadak atau menutupi konten yang ditampilkan, biasanya media promosi ini juga dilengkapi dengan tombol untuk menutupnya.

5. Pop Up Dialog Box

Terakhir, selain yang sudah disebutkan di atas kamu juga wajib mengetahui jenis Pop Up dialog box. Jenis ini dapat menampilkan peringatan maupun pemberitahuan yang sifatnya krusial. Tampilan Pop Up jenis ini memperlihatkan dialog dengan pilihan aksi.

Baca Juga:

Contohnya seperti Pop Up pada Microsoft Word. Saat kamu akan meninggalkan atau menutup sebuah dokumen tanpa melakukan penyimpanan, Microsoft Word akan mengirimkan Pop Up dialog box. Pop Up ini memberitahukan bahwa menutup aplikasi tanpa menyimpan dokumen akan menghilangkan perubahan terakhir yang  kamu lakukan.

Pada tampilan Pop Up ini kamu akan diberikan tiga buah pilihan, yakni Yes, No, atau Cancel. Masing-masing opsi ini akan mengarahkan pada instruksi yang berbeda.

Bagaimana Cara Membuat Pop Up?

apa itu pop up

Jika kamu ingin membuat Pop Up, sudah tahu caranya atau belum? Cara membuat Pop Up sebenarnya berbeda-beda, sesuai dengan platform yang digunakan. Pada pembahasan terakhir ini, kami akan jelaskan cara membuat notifikasi Pop Up pada Instagram dan WordPress.

1. Cara Buat Pop Up di Instagram

Membuat Pop Up di Instagram artinya memberikan izin pada salah satu platform Meta ini untuk mengirimkan pemberitahuan kepada penggunanya. Untuk mengaktifkan Pop Up ini ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram dan lakukan Login akun.
  • Tap menu Profile.
  • Selanjutnya, pilih opsi Pengaturan Lainnya yang ditandai dengan ikon hamburger (garis tiga).
  • Pilih menu Notifications.
  • Lalu, kamu dapat menyesuaikan jenis notifikasi yang diinginkan dan menekan tombol ON untuk mengaktifkannya.

2. Cara Buat Pop Up Iklan di WordPress

Pengguna website WordPress juga bisa membuat Pop Up, khususnya untuk keperluan promosi. Iklan Pop Up di WordPress bisa dibuat dengan bantuan plugin. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Masuk ke Dashboard WordPress.
  • Klik menu Plugins, lalu lanjutkan dengan menekan opsi Add New.
  • Cari dan install plugin CM Popup.
  • Setelah terpasang, buka menu CM Pop-up banners for WordPress yang tersedia pada tampilan sidebar.
  • Berikutnya, pilih Add New Campaigns untuk mengisi konten iklan seperti gambar Pop Up dan tulisannya yang ingin ditampilkan.
  • Jika sudah, atur konfigurasi Pop Up dan tekan tombol Publish untuk mengaktifkannya.

Demikian ulasan tentang apa itu Pop Up, fungsi, jenis-jenis, dan cara membuatnya. Jika kamu tertarik memiliki website profesional, layanan jasa bikin website IDwebhost siap membantu kamu, lho.  Kapan lagi bisa mendapatkan support penuh dan fitur yang lengkap dengan harga terjangkau?

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022