Mengapa Pendekatan SEO Lokal Itu Penting?

22 Apr 2020
Mengapa Pendekatan SEO Lokal Itu Penting? campaign-unlimited

Melakukan pendekatan SEO lokal sangat penting bagi Anda pemilik bisnis online. Hal ini nantinya akan membantu Anda dalam menaikkan rangking website pada mesin pencarian. Saat ini banyak perusahaan maupun pebisnis yang membutuhkan SEO sebagai property digital mereka. Secara tidak langsung, adanya SEO lokal sangat penting untuk meningkatkan performa situs Anda di mesin pencarian.

Pendekatan SEO lokal juga sangat populer dalam dunia SEO. Ini juga penting untuk dipelajari khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis yang mengandalkan website. Tidak hanya teknisnya saja yang penting kaena pendekatan  SEO juga sangat penting khususnya untuk meningkatkan sekaligus membantu mempromosikan bisnis Anda

Apa Itu Pendekatan SEO Lokal?

Sebelum membahas seberapa penting untuk melakukan pendekatan lokal terhadap SEO, maka harus lebih dulu mengetahui apa itu SEO lokal. Pendekatan SEO lokal adalah sebuah pendekatan yang akan lebih memfokuskan terhadap keyword untuk daerah sekitar kita. Baik itu kota, tempat tinggal maupun sebuah komunitas yang ada di sekitar kita.

Pada dasarnya SEO lokal merupakan proses paling strategis yang berfokus pada penekanan upaya optimalisasi pada seluruh pencarian yang konsisten dan tepat sasaran. SEO lokal juga dapat meningkatkan visibilitas pencarian untuk bisnis yang melayani sebuah komunitas sehingga memudahkan untuk menemukan produk yang dicari.

pendekatan SEO lokal

Apa Saja Hal Penting Yang Harus Dilakukan Dalam Melakukan Pendekatan SEO Lokal?

Dalam melakukan pendekatan SEO lokal, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut poin penting yang harus Anda perhatikan;

1.Website harus teroptimasi dengan baik

Pendekatan SEO akan lebih baik jika website Anda sudah teroptimasi dengan baik. Pilihlah kata kunci yang  tepat dan hindari membuat konten yang sama atau hampir mirip pada setiap page website yang Anda kelola karena hal ini akan memperngaruhi rangking website Anda. Agar website teroptimasi dengan baik, Anda juga harus melakukan update konten atau menulis artikel secara berkala.

2.Melakukan submit website di listing lokal

Submit website di listing lokal sangat penting karena dapat membantu meningkatkan peringkat bisnis Anda di mata online maupun offline. Submit website listing sangat penting bagi Anda yang memiliki bisnis online, misalnya dengan mendaftar ke Yellow Pages, Aditif dan masih banyak lagi.

3.Link building lokal

Dengan melakukan link building lokal, maka akan memudahkan mesin pencari mendapatkan keyword yang tepat. Link building yang  tepat juga akan membantu Anda dalam mendapatkan visitor dari para user di web dan forum-forum lokal.

4.Kecepatan website yang optimal

Kecepatan website selalu menjadi hal yang penting untuk dioptimalkan karena akan berpengaruh langsung terhadap pendekatan SEO lokal. Pengunjung akan lebih betah berada pada website dengan kecepatan loading kurang dari 3 detik.

pendekatan SEO lokal

Mengapa Pendekatan SEO lokal itu penting?

Meski belum banyak orang yang belum menerapkan pendekatan SEO lokal, berikut ada beberapa statistik yang membuktikan bahwa pendekatan SEO lokal untuk bisnis sangatlah penting.

  • 50% persen orang akan melakukan pencarian lokal terlebih dahulu melalui handphone mereka sebelum pergi ke toko yang ingin dituju.
  • 34% orang yang melakukan pencarian melalui komputer atau tablet melakukan hal yang sama seperti yang di atas.
  • 18 % orang yang melakukan pencarian dengan pendekatan SEO lokal lebih menghasilkan penjualan pada bisnisnya.
  • 60% orang dewasa yang berada di Amerika lebih mengutamakan pelayanan lokal seperti pendekatan SEO untuk mengetahui seputar informasi produk sebelum melakukan pembelian.
  • 50% orang akan melakukan pencarian lokal seperti informasi produk yang ingin dibelinya Kebanyakan dari mereka melakukan pencarian ponsel atau smartphone mereka.
  • 78% pencarian yang dilakukan dengan pendekatan SEO lokal berakhir dengan pembelian, baik itu secara online maupun offline.
  • 71% orang yang yang sudah disurvey mengatakan bahwa dengan melakukan pendekatan SEO lokal, mereka akan dengan mudah mencari lokasi bisnis untuk mengonfirmasi keberadaannya sebelum langsung pergi untuk mengunjungi keberadaanya.

Dari data di atas bisa disimpulkan bahwa pendekatan SEO lokal sangat penting dan merupakan sebagian besar dari dunia Per-SEO-an. Jika Anda memiliki bisnis online, maka sangat penting untuk memperhatikan pendekatan SEO lokal karena pengaruhnya sangat besar.

Setiap harinya, orang akan melakukan pencarian dengan mengutamakan pencarian paling dekat atau yang populer dengan sebutan pendekatan terhadap SEO lokal. Untuk lebih memahami perilaku pencarian lokal SEO, Google juga melakukan kerjasama dengan Ipsos MediaCT.

Bedasarkan survey yang telah dilakukan menunjukkan bahwa empat dari lima konsumen menginginkan iklan pencarian yang disesuaikan dengan kota atau tempat tinggal yang dekat dengan mereka. Melibatkan konsumen dengan iklan berbasis pendekatan lokal SEO juga akan memudahkan pengiklan dalam memberikan informasi yang mereka butuhkan dalam mengambil tindakan. Dan hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis online.

pendekatan SEO lokal

Bagaimana pengaruh kedepannya dengan melakukan pendekatan SEO lokal?

Adanya statistik, data dan trend saat ini menunjukkan bahwa pendekatan SEO lokal mengarah pada perubahan paradigma dalam konteks dan pemahaman yang meningkat secara significant. Bahkan untuk kedepannya, melakukan pendekatan terhadap SEO dapat meningkatkan alogaritma yang lebih tinggi dan lebih cepat secara keseluruhan.

Tak  hanya itu saja, pendekatan lokal juga harus ditingkatkan untuk mengembangkan hasil pencarian yang lebih fokus terhadap pengguna. Agar semakin familiar dengan pendekatan lokal SEO, maka google selalu menyesuaikan dan memperbaharui alogaritmanya.

Ketika seseorang melakukan pencarian, maka google akan memindai indeksnya untuk memberikan hasil terbaik dari permintaan orang yang melakukan pencarian tersebut. Dan yang membuat pendekatan loka SEO ini unik adalah karena google menggunakan serangkaian faktor peringkat yang berbeda-beda untuk menentukan peringkat hasil pencarian lokal.

Dalam berbisnis online, tentunya zaman sekarang lebjh canggih dan seseorang akan dengan mudah mengembangkan bisnis yang mereka miliki asal tahu trik apa saja yang harus dilakukannya, salah satunya seperti pendekatan terhadap SEO lokal. Banyak pebisnis sukses yang mencoba melakukan pendekatan secara lokal sehingga mampu menjaring lebih banyak konsumen.

Di tahun 2020 ini, teknik pendekatan dengan melakukan SEO lokal akan semakin ketat sehingga persaingan akan lebih sulit dalam meraih peringkat yang tinggi pada laman mesin pencari. Dan faktor paling penting untuk mendapatkan peringkat yang tinggi pada pencarian lokal adalah dengan menghadirkan produk layanan terbaik.

Itulah alasan mengapa pendekatan SEO lokal itu sangat penting dan harus diterapkan di tahun 2020. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.