Peluang Usaha Kartu Ucapan Lebaran Digital
Blog Digital Marketing Peluang Usaha Kartu Ucapan Lebaran Digital

Peluang Usaha Kartu Ucapan Lebaran Digital

Apakah kamu masih sering mendapatkan kartu ucapan? Di era yang serba digital seperti saat ini, memang sudah sangat jarang seseorang mengirimkan kartu ucapan fisik.  Namun dalam berbagai momen biasanya masih dibutuhkan kartu ucapan fisik. Perubahan penggunaan kartu ucapan dari fisik ke digital ini, tentu saja sebuah peluang buat kamu. Nah, dalam momen lebaran misalnya, jika kamu memang seorang calon pengusaha sukses tentu saja sudah menangkap adanya peluang usaha kartu ucapan lebaran digital kan?

Jika kita melihat trends, penggunaan kartu ucapan lebaran digital mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Terlebih pada tahun 2020 yang mana perayaan lebaran tidak dapat langsung bertemu, maka kartu ucapan lebaran digital menjadi salah satu sarana dan media dalam  merayakan lebaran.

Tahun ini, kita tahu pandemi belum berlalu.  Masih ada upaya dan kerja keras untuk melawan covid-19. Maka, salah satunya adalah dengan membatasi kegiatan, menghindari kerumunan. Oleh karena itu, dalam perayaan lebaran pun akan saling menjaga dengan tidak saling bertemu atau berkerumun. Ini menjadikan kebutuhan akan kartu ucapan digital kembali meningkat.

Bagi kamu yang akan memulai usaha kartu ucapan lebaran, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa saja yang seharusnya kamu persiapkan. Ini penting, agar kamu tidak hanya bermodalkan nekat dan momen saja. Apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan usaha kartu ucapan lebaran? Berikut ulasannya:

Kebutuhan Akan Kartu Ucapan Lebaran

Kebutuhan Akan Kartu Ucapan Lebaran

 

Pertama-tama tentu saja kamu perlu untuk melakukan analisis apakah kartu ucapan masih memiliki pasar yang cukup. Seperti apa karakteristik dari kebutuhan pasar akan kartu ucapan. Siapa saja yang biasanya menggunakan, desain yang bagaimana yang selama ini sudah ada di pasaran.

Kita tahu bahwa dalam beberapa momen penting, penggunaan kartu berisi ucapan masih sering dilakukan, apa lagi para pelaku bisnis. Mereka akan mengirim kartu ucapan ke kolega, rekan, atau bahkan keluarga, ini menunjukkan bahwa mereka profesional.

Nah, apakah kondisi pengiriman dalam bentuk fisik ini bisa tergantikan dengan kartu digital? Ini perlu kamu analisa, sehingga kamu bisa memahami apakah hanya menjalankan kebutuhan kartu digital atau juga melayani kebutuhan kartu ucapan fisik.

Penggunaan kartu ucapan lebaran misalnya dalam kondisi pandemi seperti saat ini, akan menjadikan seseorang merasa lebih dekat satu sama lain. Selain itu kartu ucapan digital juga tidak hanya untuk dikirim secara langsung, namun juga biasanya untuk kebutuhan sosial media.

Kamu mungkin juga salah satu yang menggunakan keberadaan kartu ucapan untuk posting sosial media dalam momen khusus. Misalnya kartu ucapan lebaran dengan latar foto keluarga, yang mana kartu ini kamu unggah ke Instagram atau Facebook, tentu saja untuk tujuan mengabarkan kepada folloowers atau  teman sosial media kamu.

Nah, kebutuhan akan kartu ucapan yang fungsinya untuk unggahan sosial media ini juga perlu kamu pahami. Bisa jadi orang akan lebih banyak membutuhkan, karena saat ini segala sesuatu berlangsung melalui sosial media. Berbagai data temuan terkait kondisi kebutuhan kartu ucapan, akan semakin memberi gambaran apakah kamu masih bisa bermain dalam peluang usaha ini.

Desain Kartu Ucapan Lebaran

Desain Kartu Ucapan Lebaran

Produk digital menjadi salah satu produk yang memiliki perkembangan sangat pesat, perubahan bahkan bisa terjadi setiap hari. Oleh sebab itu, kamu harus bisa berpikir kreatif dan inovatif dalam membuat desain kartu ucapan lebaran.

Jika kamu hanya membuat desain yang umum, atau desain yang selama ini sudah ada, maka sudah jelas, pelanggan atau calon pasar kamu juga akan sangat sedikit, karena sudah terlalu banyak pemain yang menangkap pasar tersebut. Jadilah unik. Buat desain yang tidak biasa, dan jadikan itu sebagai identitas dari desain kartu ucapan kamu.

Agar desain kamu bisa berjumlah banyak, dan menarik dari yang lain. Maka kamu bisa mulai mengasah kemampuan dalam hal desain. Kamu bisa mencoba untuk memperkerjakan pekerja desain, atau kamu sendiri yang mulai belajar beberapa aplikasi desain yang mudah untuk dioperasikan.

Selain itu perbanyak mencari referensi dan uji coba konsep desain kamu. Kamu bisa membuat beberapa desain yang unik dan menarik di setiap momen agar bisnis kartu ucapan ini tetap eksis. Jadi tidak hanya pada momen lebaran, peluang usaha ini bisa terus kamu jalankan sepanjang tahun.

Misalnya ketika natal, tahun baru, dan lebaran hari raya besar lainnya, menjadi momen yang paling banyak pesanan. Oleh sebab itu, memiliki banyak desain kartu ucapan akan menguntungkan bagi usaha kamu.  Apa lagi usaha kamu ini kan bisa disebut sebagai usaha jasa.

Menawarkan Keunikan dan Kualitas

Menawarkan Keunikan dan Kualitas

Kamu tentu tahu, bahwa ada hal yang bisa membuat usaha tetap eksis! Salah satunya adalah keunikan dan juga kualitas! Kualitas menjadi bagian penilaian konsumen, apakah mereka akan kembali membeli atau mereka akan berpindah ke penyedia kartu ucapan yang lain. Maka, pastikan kualitas desain kamu tidak turun dari waktu ke waktu.

Buatlah desain semenarik dan seunik mungkin, pastikan bahwa kualitas yang kamu gunakan sudah sesuai dan bahkan melebihi ekspektasi pasar. Buatlah selalu desain dengan konsisten, jika berkaitan dengan pesanan dan tenggat waktu, maka pastikan kamu bisa menyediakan sesuai tepat waktu. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan dan justru akan mendapatkan pemesanan ulang.

Keunikan yang tidak ada di tempat lain juga patut untuk kamu coba dalam menjalankan bisnis desain kartu ucapan  ini. Misalnya kamu bekerja sama dengan penyedia alat perlengkapan ibadah, sehingga dalam peralatan tersebut juga terdapat kartu ucapan.  Atau bekerja sama dengan penyedia jasa pembuatan parsel lebaran, yang sudah tentu membutuhkan selipan kartu ucapan.

Dalam bentuk digital, kamu bisa membuat keunikan misalnya kartu ucapan kamu memiliki barcode yang mana jika di scan akan bisa berbunyi atau mampu membacakan isi pesan yang ada di kartu ucapan. Nah, untuk bisa menjalankan model ini maka kamu membutuhkan penyimpanan data base dan website untuk setiap kartu ucapan unik yang kamu buat.

Kebutuhan akan website ini bisa kamu dapatkan dengan berlangganan hosting terbaik IDWebhost. Tenang kamu tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran,  karena IDWebhost memiliki hosting murah yang memang dihadirkan untuk mendukung pelaku usaha Go Digital seperti kamu!

Penjualan Online Kartu Ucapan Lebaran

Penjualan Online Kartu Ucapan Lebaran

Kita memasuki era yang semakin canggih, berbagai model dan konsep konvensional kini mulai beralih atau mulai menjadi bentuk digital. Salah satunya tentu dalam hal pemasaran. Saat ini kita mengenal bagaimana model pemasaran online, yang mana strategi pemasaran secara online mampu memperluas jangkauan konsumen daripada model konvensional.

Maka, bagi kamu yang akan menjalankan usaha desain kartu ucapan lebaran, penting untuk mempersiapkan model pemasaran atau saluran penjualan online. Kamu bisa menjual melalui marketplace, atau memanfaatkan sosial media. Kamu juga akan lebih profesional ketika menggunakan website toko online sendiri.

Kamu bisa membangun website toko online versi kamu sendiri dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan CMS WordPress untuk kebutuhan website kamu. Jika kamu memang belum paham seluk belum pembuatan website, kamu bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website dari IDwebhost. Ini akan memudahkan kamu dalam mendapatkan website idaman.

Dalam penjualan online kartu ucapan juga penting strategi SEO dengan membuat berbagai artikel menarik seputar kartu ucapan lebaran. Informasi ini bisa mendatangkan pengunjung yang berpotensi besar menjadi pembeli produk desain kamu.

Selain itu kamu juga  bisa memanfaatkan nama domain yang menjual atau menggunakan buying keyword. Untuk kebutuhan nama domain bisnis kamu bisa menggunakan layanan domain murah IDWebhost. Ingat, nama bisnis kamu menjadi sangat penting, maka jangan sampai domain bisnis kamu digunakan orang lain, buruan chek promo domain sekarang!.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai peluang usaha kartu ucapan lebaran.  Semoga pembahasan ini bisa memberikan masukan atau menjadi referensi bagi kamu yang akan memulai usaha desain kartu ucapan. Jangan takut untuk memulai, dan selamat mencoba. Terima kasih telah membaca. Salam Ari IDWebhost.