Cukup Menjanjikan, Ini Skill dan Peluang Karir Developer

27 Mei 2024
Cukup Menjanjikan, Ini Skill dan Peluang Karir Developer campaign-unlimited

Di era digital yang terus berkembang saat ini, banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa developer untuk membangun bisnis mereka. Developer berperan penting dalam membangun dan mengembangkan aplikasi, website, software, dan berbagai teknologi lainnya.

Melihat bagaimana profesi developer semakin dibutuhkan seiring berkembangnya teknologi, mungkin kamu salah satu orang yang tertarik untuk memilih jenjang karir sebagai developer. Namun, sebelum terjun menjadi developer, yuk kita cari tahu skill apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana peluang karir developer!

Apa Itu Developer?

Developer website

Profesi ini tengah banyak dibutuhkan dan bahkan masih terbilang cukup menjanjikan hingga 5 sampai 10 tahun kedepan. Peluang karir developer terbuka lebar bagi siapa saja, yang tentunya tertarik untuk mempelajari bidang teknologi dan informasi.

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan penggunaan website, baik untuk mencari informasi, hiburan, hingga berbelanja secara online. Saat sedang menjelajahi sebuah website, kamu akan menyadari bahwa setiap website memiliki karakteristik yang unik, seperti warna, jenis huruf, tata letak, dan pilihan tombol yang berbeda-beda.

Beberapa website mungkin menarik perhatianmu dengan desain visual yang menarik. Namun, di sisi lain, ada juga website yang terlihat kurang bagus dalam desainnya dan beberapa fungsi di dalamnya tidak merespon dengan baik saat diklik.

Nah, membuat desain website yang mudah dan menarik merupakan salah satu contoh tanggung jawab seorang developer, lho. Jadi, apa itu developer?

Seorang developer merupakan individu yang bertanggung jawab untuk mewujudkan desain sebuah produk atau layanan, yang umumnya berupa website dan software. Untuk kamu yang tertarik dalam dunia teknologi, menjadi developer bisa jadi opsi profesi yang bisa ditekuni.

Skill yang Harus Dimiliki Developer

Melihat bagaimana developer menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan di era digital ini, pastinya kamu tertarik dong untuk menekuni profesi ini.

Tapi mungkin kamu masih bingung, untuk menjadi developer harus bisa apa saja sih? Nah, berikut beberapa skill yang wajib kamu miliki jika ingin membidik peluang karir developer:

1. Memahami Bahasa Pemrograman

Memiliki pemahaman yang kuat terhadap bahasa pemrograman merupakan kunci terpenting untuk seorang developer. Kamu harus memahami dengan baik bahasa pemrograman yang relevan dengan tujuan kamu, seperti Python, Java, JavaScript, C++, atau Ruby.

2. Pengetahuan Tentang Framework dan Library

Pengetahuan tentang kerangka kerja (framework) dan pustaka (library) juga merupakan langkah penting setelah menguasai bahasa pemrograman. Framework dan library ini membantu kamu dalam mempercepat pengembangan dengan menyediakan alat untuk struktur yang telah ada.

Katakanlah kamu berfokus pada pengembangan web dengan menggunakan JavaScript. Maka, kamu harus menguasai kerangka kerja seperti React, Angular, atau Vue.js. 

3. Kemampuan Problem Solving

Kemampuan memecahkan masalah juga menjadi kunci penting bagi seorang developer. Seorang developer akan menghadapi berbagai tantangan teknis ketika mengembangkan suatu software.

Maka dari itu, kemampuan untuk menganalisis masalah, merancang solusi yang efisien, dan mengimplementasikannya merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki seorang developer. Kamu bisa melakukan latihan problem-solving melalui tantangan pemrograman (coding challenges) atau melakukan proyek-proyek sederhana untuk melatih dan meningkatkan kemampuan kamu.

4. Keterampilan Manajemen Proyek

Kemampuan penting lainnya yang perlu dikuasai seorang developer adalah memiliki keterampilan dalam manajemen proyek. Keterampilan yang dimaksud ini mencakup perencanaan, estimasi waktu, penjadwalan, dan koordinasi dengan tim. Penggunaan alat bantu, seperti Agile dan Scrum juga bisa membantu dalam manajemen proyek pengembangan software.

5. Memahami Basis Data

Memiliki pemahaman basis data juga menjadi kemampuan yang krusial untuk dimiliki seorang developer. Sebagian aplikasi membutuhkan penggunaan basis data untuk menyimpan dan mengelola informasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang developer untuk memiliki pemahaman tentang basis data. Misalnya, seperti basis data bahasa SQL dan teknologi basis data seperti MySQL, PostgreSQL, atau MongoDB. 

6. Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi

Seorang developer sering bekerja dalam tim yang terdiri dari anggota dengan latar belakang dan peran yang berbeda. Maka dari itu, agar tercapainya kesuksesan suatu proyek, penting bagi seorang developer untuk memiliki kemampuan bekerjasama dengan baik dan berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja.

7. Pemahaman Keamanan

Keamanan menjadi salah satu hal krusial dalam pengembangan software atau aplikasi. Seorang developer, harus memahami prinsip-prinsip keamanan, algoritma, dan kerentanan yang umum terjadi agar bisa melindungi software atau aplikasi dari serangan dan ancaman keamanan.

Peluang Karir Developer

Developer

Dalam konteks menjadi seorang developer, ada begitu banyak pilihan peluang karir yang bisa kamu jelajahi. Yuk kita lihat beberapa contohnya di bawah ini!

1. Web Developer

Web developer merupakan salah satu profesi yang paling sering dijumpai dalam bidang teknologi dan informasi. Hal ini dikarenakan bertambahnya pelaku bisnis atau organisasi yang membutuhkan keberadaan online mereka untuk memperluas cakupannya.

Seorang web developer bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan situs web yang informatif, interaktif, dan fungsional. Dengan digitalisasi saat ini otomatis jasa web developer akan terus dibutuhkan untuk mengembangkan website berbagai lini usaha.

2. Mobile App Developer

Seiring dengan meningkatnya pengguna smartphone, kini mobile app developer juga semakin banyak dicari, lho. Mobile app developer bertugas untuk menciptakan aplikasi mobile untuk platform seperti android dan iOS.

Perusahaan teknologi besar atau perusahaan startup banyak yang mencari mobile app developer yang berkualitas untuk membuat aplikasi yang inovatif. Beberapa bisnis atau brand bahkan tidak sedikit yang juga tertarik untuk membuat aplikasinya sendiri.

3. Full-Stack Developer

Seorang full-stack developer bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan seluruh sistem software, sehingga berdaya saing di pasaran. Selain itu, full-stack developer juga melakukan tugas-tugas yang dikerjakan oleh back-end dan front-end developer. Misalnya, seperti membuat website sekaligus menjalankan fungsionalitas dan memastikan tampilannya menarik.

4. Data Scientist atau Data Analyst

Salah satu hal yang penting dan berkaitan langsung dengan dunia teknologi informasi adalah pengolahan data. Sebagai developer, kamu memiliki bekal yang mumpuni untuk menggunakan berbagai alat analitik. 

Seorang data scientist atau data analyst bertugas untuk mengolah data untuk menghasilkan wawasan yang berarti untuk pengembangan bisnis. Dalam kesehariannya, kamu akan mengoperasikan alat analitik dan pemrograman untuk mengolah data, membuat prediksi, dan membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik. 

5. DevOps Engineer

peluang karir developer

DevOps merupakan sebuah proses yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak dan operasi TI guna meningkatkan proses pengembangan. Jika kamu menjadi seorang DevOps engineer, kamu akan bertanggung jawab untuk melakukan otomatisasi proses pengembangan untuk memastikan efisiensi proses.

6. Game Developer

Industri game juga merupakan salah satu industri yang terus berkembang dengan sangat pesat. Sebagai seorang game developer, kamu akan bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan permainan video.

Permainan video yang dimaksud bisa berupa permainan perangkat konsol, PC, maupun perangkat mobile. Peluang karir ini sangat cocok untuk kamu yang bukan hanya tertarik dengan bidang TI, namun juga menyukai game industry.

Kesimpulan

Developer adalah profesi yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Dengan berbagai peluang karir developer yang ada dan tingginya permintaan pasar, siapapun dapat membangun karir yang sukses tidak terkecuali dengan kamu.

Ayo pelajari lebih banyak hal seputar teknologi dan tren terkini di blog IDwebhost! Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022