Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Menjadi Mompreuneur

6 Jan 2024
Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Menjadi Mompreuneur campaign-unlimited

Mompreneur adalah istilah yang dibuat dari gabungan kata “mom” dan “entrepreneur”. Jadi, mompreneur artinya seseorang yang memiliki peran sebagai seorang ibu sekaligus pengusaha. Mengikuti kemajuan masa kini, ada banyak peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur lho.

Seperti yang kita tahu, menjadi seorang ibu memiliki tantangan tersendiri sebab perlu membagi waktu dan energi untuk mengurus keluarga. Meskipun begitu, hal ini tidak lantas harus menghentikan karier dan bisnis kamu.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan apa saja peluang menjanjikan yang bisa kamu coba. Jangan lewatkan pembahasan tentang skill dan tips suksesnya juga ya. Mari menuju ke pembahasan!

Skill Wajib untuk Mompreneur

menjadi mompreuneur

Menjalani dua peran: sebagai ibu dan pebisnis, tentu bukanlah hal yang mudah. Sebelum mengetahui peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur, ada beberapa skill yang sebaiknya kamu ketahui dan kuasai dulu. Inilah beberapa skill yang wajib kamu punya buat jadi mompreneur:

  • Skill manajemen waktu. Agar work-life balance, kamu perlu mengelola waktu dengan baik. Buatlah perencanaan dan jadwal, dengan begitu kamu dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif.
  • Skill membangun networking. Manfaatkan jaringan pertemanan atau kenalan yang kamu punya untuk mendukung usahamu. Semakin luas networking yang dibangun maka semakin besar juga peluang konsumen yang bisa didapatkan.
  • Skill membaca tren pasar. Ikuti perkembangan dan tren terkini. Tujuannya agar kamu dapat menghadirkan produk atau layanan yang relevan dan banyak dibutuhkan oleh orang lain.
  • Skill digital marketing. Agar mampu bersaing dengan pengusaha lainnya, kamu perlu memiliki kemampuan pemasaran digital yang unggul. Jadi, walaupun kerja dari rumah saja kamu tetap bisa memaksimalkan jangkauan pasarmu.

Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Mompreneur

Kemajuan digitalisasi saat ini membuka banyak peluang usaha, terutama untuk para ibu. Oleh sebab itu, para ibu tidak perlu khawatir jika ingin tetap bekerja sambil mengurus keluarga. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba:

  1. Content Creator

Peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur yang pertama adalah content creator. Menjadi seorang content creator memberikan fleksibilitas bekerja yang bisa disesuaikan dengan kesibukan lainnya. Tidak ada patokan untuk waktu kerja tertentu untuk menekuni bidang ini.

Sebagai seorang ibu, kamu mungkin memiliki jaringan pertemanan atau komunitas dengan para ibu lainnya. Ini merupakan niche yang cukup tersegmentasi. Kamu dapat menjadi content creator yang berfokus pada topik perabotan dan interior rumah, perlengkapan bayi dan anak, atau lainnya.

Kamu bisa menghasilkan uang dengan banyak cara dari peluang ini. Misalnya saja dengan penjualan secara langsung, tawaran endorsement, tautan afiliasi, atau kerja sama brand. Menarik kan?

  1. Jasa Content Writer

menjadi mompreuneur

Peluang bisnis sebagai content writer merupakan pilihan yang tepat bagi mompreneur yang mempunyai minat di bidang menulis. Selain menawarkan fleksibilitas bekerja, menjadi content writer juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan banyaknya pekerjaan yang dapat kamu selesaikan.

Kamu bisa menawarkan jenis layanan yang beragam. Misalnya seperti penulisan konten blog, artikel, konten media sosial, buku panduan, atau lainnya. Untuk menentukan jenis layanan ini, mompreneur dapat menyesuaikan dengan minat dan keterampilan yang dimiliki.

Dengan portofolio dan pengalaman yang solid, kamu dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi sehingga tarif jasamu juga meningkat secara bertahap. Sesuaikan tarif pembayaran yang kamu kehendaki, misalnya dengan tarif per kata, per halaman, atau per proyek.

  1. Dropshipper

Berikutnya, peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur lainnya adalah menjadi dropshipper. Sebagai seorang dropshipper, kamu bisa menjual produk tanpa perlu menyimpan stok. Hal ini memberikan keuntungan untuk memulai usaha tanpa modal.

Model bisnis dropship memungkinkan kamu untuk berfokus memasarkan dan menjual produk, tanpa perlu memikirkan pengelolaan stok barang. Sebagai dropshipper, pekerjaanmu hanya mencakup pemasaran, menerima pesanan dari pelanggan, dan memesan barang di pemasok.

Untuk menjalankan bisnis ini, mompreneur dapat memanfaatkan berbagai platform e-commerce, yang bisa digunakan gratis. Yang penting, mompreneur harus dapat menentukan segmentasi produk, menemukan pemasok yang bisa dipercaya, dan aktif mempromosikan produk di berbagai platform.

  1. Freelancer Social Media Management

menjadi mompreuneur

Suka bermain media sosial? Atau punya pengalaman dalam manajemen media sosial? Jika iya, maka mompreneur bisa bekerja sebagai seorang freelancer social media management. Ini adalah bisnis yang menawarkan jasa manajemen akun media sosial.

Menjalankan bisnis ini melibatkan pekerjaan, seperti pembuatan konten, pengelolaan akun media sosial klien, analisis kinerja konten, dan pembuatan content planner. Mompreneur dapat bekerja dengan individu maupun perusahaan ternama untuk membantunya membangun kredibilitas secara online.

Tidak menutup kemungkinan, mompreneur bahkan dapat bekerja dengan dua klien atau lebih, sekaligus. Selain itu, mengingat kini semakin banyak bisnis yang ingin membangun kehadirannya secara online, permintaan untuk bidang ini dapat dipastikan akan terus meningkat.

  1. Jasa Tutor Online

Peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur yang terakhir adalah jasa tutor online. Sebagai seorang ibu, kamu pasti juga mengakui bahwa kebutuhan pendidikan anak terus meningkat, bukan? Tidak terkecuali dengan kebutuhan pelajaran tambahan di luar sekolah.

Ini merupakan peluang yang menarik untuk ditekuni. Kamu bisa menawarkan jasa tutor untuk mata pelajaran yang kamu kuasai melalui platform online. Mengingat tidak semua siswa memiliki kemampuan pemahaman yang sama, menawarkan jasa tutor secara privat memberikan keunggulan berupa metode belajar yang lebih intens.

Kamu bisa menawarkan tarif jasa tutor menyesuaikan dengan bidang pelajaran, level, dan durasi waktunya. Akan lebih menarik lagi jika kamu dapat menawarkan tarif berdasarkan pilihan paket yang berisi beberapa kali pertemuan, dengan harga bundle. Siapkan juga materi dan fasilitas lainnya, agar siswa belajar dengan nyaman.

Tips Sukses Jadi Mompreneur

Jadi mompreneur tentu bisa sangat melelahkan. Namun, dengan perencanaan dan skill yang mumpuni, tentu kamu bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan. Selain menentukan peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur yang paling cocok, perhatikan juga beberapa hal ini agar kamu sukses jadi mompreneur!

  • Buat rencana bisnis yang jelas. Mulailah dengan perencanaan bisnis yang jelas, mencakup identifikasi tujuan, target pasar, proyeksi jangka panjang, dan strategi pemasaran yang akan digunakan.
  • Manajemen waktu yang efisien. Buat jadwal secara detail yang mengatur waktu kerja dan waktu bersama keluarga, sehingga pekerjaan tidak tumpang tindih.
  • Komunikasikan pembagian waktu dan pekerjaan dengan keluarga. Bangun komunikasi yang baik dengan keluarga, agar waktu bekerja nyaman dan dapat digunakan secara efektif.
  • Bersikap fleksibel. Dalam kondisi tertentu mungkin mompreneur perlu mengubah jadwal bekerja, oleh karena itu pastikan tetap fleksibel untuk dapat mengatasi perubahan seperti ini.
  • Gunakan jasa outsourcing jika diperlukan. Akan sangat disayangkan jika menolak proyek karena keterbatasan waktu, jika mungkinkan delegasikan tugas dengan menggunakan jasa outsourcing.
  • Sediakan waktu untuk beristirahat. Untuk mengembangkan bisnis lebih besar dan membangun keluarga yang selalu bahagia diperlukan kondisi mental dan fisik yang sehat. Selain menjaga keseimbangan antara bisnis dan keluarga, jangan lupa sediakan waktu luang untuk diri sendiri.

Itulah beberapa peluang bisnis menjanjikan untuk mompreneur lengkap dengan informasi skill yang dibutuhkan dan tips suksesnya. Menjadi mompreneur membutuhkan komitmen dan kerja keras, jadi pastikan untuk mempersiapkannya secara matang dan selalu memperhatikan detail langkah yang dilakukan.

Untuk memasarkan jasamu secara online, mompreneur bisa menggunakan jasa pembuatan website IDwebhost dan wujudkan web idamanmu dengan praktis. Tertarik? Ayo, pelajari selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022