Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Menjadi Mompreuneur
Blog Tips Keren Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Menjadi Mompreuneur

Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Menjadi Mompreuneur

Pemerintah memang sudah mulai mengedepankan kesetaraan gender apalagi mengenai peran seorang perempuan. Namun, tidak sedikit perempuan yang memilih untuk menjadi seorang Ibu Rumah Tangga (IRT). Dan malah lebih rela memilih meninggalkan karir terbaiknya yang sudah mereka impikan. Dalam mengambil keputusan, yang menjadi factor utama adalah sudah menikah dan sudah mempunyai keturunan. Namun, ketika menjadi Ibu Rumah Tangga sudah menjadi keputusannya, namun tidak sedikit yang merasa bosan, tidak terbiasa, tidak percaya diri dan malah merasa ada sesuatu yang kurang apalagi dari segi keungan. Walaupun dari suami sudah cukup membantu untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, namun selalu ada keinginan untuk bisa menghasilkan uang sendiri dan juga mandiri. Menjadi seorang mompreuneur, artinya Anda akan tetap bisa menjalankan peran sebagai Ibu Rumah Tangga tanpa harus meninggalkan peran tersebut.

Peluang Bisnis Menjadi Mompreuneur

Menjadi Mompreuneur dengan Menjadi Freelancer

Jika Anda mempunyai keterampilan seperti menulis, menerjemah, membuat sebuah halaman website, bisa menggunakan dan mengelola media sosial, Anda bisa menggunakan keterampilan yang Anda miliki dengan menjadi seorang freelancer. Pekerjaan ini memang sering disebut dengan pekerja lepas, dimana suatu pekerjaan yang bisa dilakukan secara mandiri, fleksibel dan tidak terikat dengan kontrak atau sebuah perjanjian dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga, Anda juga bisa memanfaatkan setiap keterampilan sebagai salah satu peluang bisnis agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

menjadi mompreuneur

Atau bisa juga dengan mengikuti perkumpulan atau komunitas yang bisa menunjang keterampilan yang Anda punya. Salah satu contohnya, ketika Anda mempunyai sebuah keterampilan untuk menulis, maka bisa bergabung dengan sebuah komunitas menulis atau bisa semacamnya di media sosial mampun yang bisa menunjang ketertarikan dan juga bisa mengasah pengetahuan Anda tentang menulis menjadi lebih dalam lagi.

Menjadi Mompreuneur dengan Menjadi Makeup Artist

Jika memilih untuk menjadi seorang makeup artist artinya harus mempunyai keterampilan khusus. Apalagi untuk seorang perempuan sudah familiar dengan alat makeup. Mempunyai keterampilan untuk merias diri sendiri adalah suatu bonus yang bisa di dapatkan. Apalagi jika bisa mengaplikasikan keterampilan Anda kepada orang lain, tentu bisa menjadi sebuah peluang untuk Anda sebagai sebuah lading bisnis. Anda juga dapat melakukan sebuah pekerjaan sampingan ini dirumah dengan cara membuka sebuah salon kecil-kecilan. Cukup dengan menekuni setiap prosesnya, karena bisa membawa keuntungan yang besar bagi Anda jika dilakukan secara serius.

Menjadi Mompreuneur dengan Memulai Bisnis Makanan Kemasan

Untuk peluang yang satu ini tentu bisa dilakukan oleh semua orang dengan mudah. Apalagi untuk seorang ibu rumah tangga yang sudah sering melakukan setiap hari karena memang bagian dari pekerjaannya. Anda hanya perlu untuk mengeluarkan modal yang cukup agar bisa membeli bahan makanan yang diolah dan nantinya bisa dijual. Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda mempunyai beberapa akun media sosial, Anda sangat bisa menggunakannya sebagai salah satu media untuk berjualan secara online.

menjadi mompreuneur

Menjadi Seorang Reseller Pakaian

Peluang bisnis ini menjadi sangat diminiati oleh perempuan. Alasannya karena dengan memutuskan untuk menjadi seorang reseller pakaian, tidak perlu untuk mengeluarkan modal yang cukup banyak. Anda hanya perlu menggunakan handphone, laptop dan juga koneksi internet yang mendukung agar bisa berjualan. Stok pakaian juga bisa Anda dapatkan dari pemasok atau supplier yang dapat Anda ambil atau kirimkan langsung jika Anda pelanggan yang sudah setuju untuk membeli. Tentunya, Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama Anda yang ada dirumah. Karena tentunya semuanya bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Membuat Keterampilan Kerajinan Tangan

Dengan menjadi mompreuneur yang cerdas, Anda juga harus bisa memanfaatkan keahlian atau hobi yang Anda punyai menjadi sesuatu yang berharga. Contoh hobi seorang Ibu Rumah Tangga secara umum adalah membuat sebuah keterampilan kerajinan tangan, walaupun tidak semuanya menyukai atau tidak begitu pandai dalam membuat sebuah kerajinan tangan. Tetapi, jik hobi Anda demikian, tentu sangat bisa menyalurkan ide kreatif yang bisa Anda tuangkan dalam kerajinan tangan. Jika ditekuni secara serius, tentu akan bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Cara Sukses Menjadi Mompreuneur

Untuk meraih kesuksesan dalam menjadi mompreuneur memang bukan sesuatu yang mudah, karena ada beberapa hal yang harus Anda lalui. Berikut tipsnya:

Mempunyai Manajemen Waktu yang Baik

Untuk menjadi seorang mompreuneur yang sukses, Anda harus bisa mengalokasikan waktu yang khusus untuk bisa mengelola sebuah bisnis secara professional. Dan diharuskan pintar juga dalam membagi waktu antar bisnis dengan mengurus keluarga. Namun, bisa Anda lakukan dengan menetapkan waktu khusus untuk menangani bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, pastikan jika pada waktu tersebut sudah Anda sesuaikan dengan aktivitas Anda dirumah.

menjadi mompreuneur

Mulai Membangun Komunikasi Yang Baik dengan Anggota Keluarga

Kendala terbesar yang dihadapi oleh mompreuneur adalah tidak dapat mengatur anak-anak untuk bisa memahami kondisi ibu yang sedang bekerja. Sehingga, Anda harus pintar untuk mengkomunikasikan kepada anak Anda. Jika anak Anda masih kecil, maka siapkan permainan yang dapat menemani mereka selagi Anda menyelesaikan pekerjaan.

Mempunyai Manajemen Keuangan yang Baik

Walaupun terlihat sangat sepele, namun ketika usaha Anda sudah semakin besar maka Anda harus mempunyai manajemen keuangan yang baik. Sebaiknya untuk tidak mencampurkan keuangan rumah tangga dan keuangan usaha Anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan usaha yang Anda jalankan. Selain itu, dalam keuangan usaha Anda juga ada modal yang harus diputar kembali agar bisa menambah stok barang yang diperlukan. Sehingga sangat penting untuk mengatur arus uang agar bisa seimbang agar usaha Anda lancar.

Memilih Usaha Yang Sesuai dengan Passion

Untuk memulai sebuah usaha yang berasal dari rumah, memang bukan suatu hal yang mudah, ada begitu banyak godaan yang pastinya akan bisa menghambat usaha yang Anda jalankan. Belum lagi akan muncul permasalahan yang bisa saja membuat Anda menjadi putus asa. Walaupun tidak selalu benar, tetapi dalam memulai sebuah usaha yang berdasarkan hobi atau passion akan bisa membuat Anda jauh lebih bertahan, konsisten dan akan sangat menikmatinya. Usaha tersebut bisa Anda mulai dari passion atau hobi Anda karena akan membuat Anda lebih mencintai pekerjaan Anda.

menjadi mompreuneur

Selalu Menjaga Semangat dalam Bekerja

Jika mulai bosan dan lelah dalam mengerjakan hal yang sama secara terus-menerus pasti akan mengalami kebosanan. Apalagi Anda juga harus mengahadapi berbagai permasalahan dalam keluarga Anda. Jika Anda ada dalam kondisi yang demikian, sebaiknya untuk beristirahat dan fokus dengan keluarga Anda. Berbeda dengan jika Anda mempunyai asisten yang dapat mengambil alih pekerjaan Anda dirumah mungkin akan sangat berbeda.

Memang tidak mudah menjadi mompreunuer. Tetapi bukan berarti tidak ada peluang untuk sukses. Solusinya adalah Anda harus pintar dalam membagi waktu antara keluarga dengan bisnis yang Anda jalankan.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.