Strategi Memulai Peluang Bisnis Katering Online
Blog Bisnis Strategi Memulai Peluang Bisnis Katering Online

Strategi Memulai Peluang Bisnis Katering Online

Pandemi memaksa kita untuk tetap di rumah, namun tentu saja harus tetap produktif. Nah, selama harus di rumah aja, adakah kepikiran untuk memulai usaha online? Menjalankan usaha katering misalnya? Mari kita bahas seperti apa sih peluang bisnis katering online di Indonesia? Apakah menjanjikan, atau tidak?

Kita tahu bahwa kondisi harus diam di rumah menjadikan berbagai bidang kehidupan pun berubah. Segala sesuatu yang dulu dapat dilakukan secara langsung, bertemu langsung, kini harus terbatas dan dilakukan dari jarak jauh. Maka pemanfaatan teknologi digital pun menjadi kewajiban bagi setiap orang. Baik itu untuk tujuan belajar, bekerja bahkan menjalankan usaha.

Perkembangan Bisnis Kuliner Online

Perkembangan Bisnis Kuliner Online

Kondisi pandemi memberikan lonjakan besar terjadinya transaksi secara online. Berbagai perkembangan bisnis online pun terjadi, tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Berbagai kegiatan jual beli mulai berangsur pindah dari model konvensional menjadi model digital. Salah satu yang ramai adalah produk makanan, seperti halnya peluang bisnis katering online.

Di Indonesia kita sudah sejak lima tahun terakhir sebenarnya mulai menggunakan model pemasaran online. Namun sebaran penggunanya belum begitu banyak, akan tetapi terus tumbuh. Kemudian pada tahun 2020 ini, pertumbuhan menjadi luar biasa pesat, karena jual beli online atau pasar digital menjadi solusi nyata di tengah pandemi.

Jika sebelumnya masyarakat masih bisa kita hitung jumlah yang memanfaatkan jasa jual beli online khususnya produk makanan, kini bisa dikatakan semua orang mulai memahami adanya layanan atau model baru memesan makan tanpa harus keluar rumah. Ini tentu saja satu bentuk kemudahan yang telah menjadi kebiasaan baru.

Nah, kebiasaan baru dalam berbelanja, dalam memesan makanan ini, jangan sampai terlewatkan begitu saja. Anda sebagai pelaku usaha harus bisa menangkap ini sebagai peluang. Jika sebelumnya Anda membutuhkan tempat yang luas untuk membuka usaha makanan, kini Anda hanya membutuhkan dapur untuk memasak, dan serahkan penyajian dalam bentuk foto dan video untuk orang memilih dan memesan.

Bagaimana? Apakah perkembangan bisnis online di Indonesia sudah cukup menjadi gambaran besarnya pasar online yang terus tumbuh? Sebagai catatan Indonesia saat ini memiliki lebih dari 88 Juta pengguna internet aktif dan terus tumbuh setiap waktunya. Bagaimana pertumbuhan pengguna internet ini untuk menjalankan peluang bisnis katering online Anda?

Memulai Peluang Bisnis Katering Online

Memulai Peluang Usaha Katering Online

Setelah mengetahui seluk beluk perkembangan bisnis online di Indonesia dengan pengguna internet yang terus tumbuh. Maka, tidak lagi ada keraguan bagi Anda untuk memulai bisnis online Anda sendiri. salah satu yang bisa Anda pilih adalah bisnis katering online. Keberhasilan dari peluang bisnis katering online ini, selain dari rasa dan kualitas menu yang Anda berikan, juga dari layanan yang Anda hadirkan.

Saya tidak akan membahas mengenai bagaimana membuat menu yang menarik, atau tutorial memasak menu katering, karena tentu saja Anda sudah mengetahui hal tersebut. Pembahasan ini akan fokus pada bagaimana menjalankan strategi peluang bisnis katering online. Berikut adalah cara bagaimana Anda bisa memulai peluang bisnis katering online:

1.  Berikan Kemudahan Pada Pelanggan dalam menjalankan Peluang Bisnis Katering Online

Kemudahan mendapatkan sesuatu baik barang atau jasa, kini menjadi salah satu nilai tawar yang dimiliki oleh konsumen. Mereka akan memilih produk yang paling mudah dalam mendapatkannya termasuk dalam hal katering online. Kemudahan mendapatkan layanan melalui smartphone mereka saja tidak cukup, mereka meminta katering online lebih dari sekedar bisa dipesan melalui jarak jauh atau melalui internet. Namun mereka menginginkan tambahan kemudahan dalam memesan katering online seperti:

– Aplikasi; konsumen dari peluang bisnis katering online tentu saja adalah mereka yang sudah familiar dengan berbagai aplikasi pemesanan, seperti layanan pemesanan makanan dalam Aplikasi Go Food, Grab Food dan lain sebagainya. Nah, kita dalam menjalankan peluang bisnis katering online harus bisa membaca keinginan para calon pasar kita, salah satunya adalah dengan menghadirkan bisnis kita dalam berbagai layanan aplikasi makanan.

– Cara Pesan; beri kemudahan dalam memesan menu yang tersedia, misalnya dengan Anda membuat berbagai paket pilihan, ini akan memudahkan dalam cara pesan karena mereka tidak perlu bingung memadukan menu makan siang atau makan malam mereka. Dengan model pesanan paket ini akan lebih cepat orang tertarik memesan. Selain itu, ketika membuat layanan pesan melalui sosial media atau website toko online, jangan menggunakan sistem pemesanan yang rumit, buat sesederhana mungkin.

– Cara Bayar;  Sediakan berbagai pilihan cara pembayaran! Ingat saat ini berbagai aplikasi uang digital sudah umum digunakan oleh masyarakat. Jika sebelumnya model pembayaran melalui transfer BANK, kini sudah banyak dompet digital yang memudahkan layanan cara bayar, maka kita perlu untuk menghadirkan cara pembayaran yang mudah ketika memulai peluang bisnis katering online.

– Pengiriman; Anda perlu memikirkan bagaimana layanan pengiriman yang paling tepat untuk konsumen online Anda. Misalnya ketika jangkauannya dalam satu kota, apakah semua harus melalui layanan aplikasi pesan antar dari pihak ketiga seperti Go Food dan Grab Food, atau Anda memiliki kurir sendiri untuk pemesanan di luar dari aplikasi? Misalnya pemesanan langsung untuk jumlah besar melalui kontak Anda.

2.  Berikan Ragam Pilihan dalam menjalankan Peluang Bisnis Katering Online

Katering menjadi salah pilihan menarik bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan, karena kesibukan dengan pekerjaan, maka katering menjadi solusi untuk mendapatkan makanan yang sesuai dengan jadwal yang pasti. Maka ragam pilihan dari menu dan layanan katering menjadi penting ketika Anda akan menjalankan peluang bisnis katering online.

– Katering Langganan Harian; memberikan ragam menu setiap hari yang berbeda untuk satu periode tertentu,  misalnya mereka yang ingin berlangganan selama satu bulan. Ini biasanya untuk dua kali dalam sehari, jam makanan siang dan jam malam, atau sesuai keinginan pemesan. Katering langgan harian ini biasanya untuk pekerja kantoran atau anak kos yang memang tidak memasak di rumah.

– Katering Acara; berbagai kebutuhan acara tentu membutuhkan yang namanya konsumsi, maka katering acara menjadi solusi yang bisa Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi mereka. Anda bisa membuat daftar penawaran khusus untuk katering acara ke berbagai instansi atau perusahaan yang akan menjadi mitra Anda dalam jangka panjang.

– Katering Khusus; terdapat berbagai kebutuhan akan konsumsi, maka Anda bisa mencari acara apa saja selain acara instansi dan perusahaan, misalnya acara terkait dengan syukuran anak, acara syukuran pernikahan, arisan dan lain sebagainya. Anda bisa membuat katering khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dari acara tersebut. Berikan penawaran melalui memasang iklan di daerah Anda misalnya.

Maksimalkan Strategi Jualan Katering Online

Maksimalkan Strategi Jualan Online

Anda menjalankan peluang bisnis katering online, maka Anda harus memaksimalkan strategi jualan online. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mendukung penjualan katering online Anda? Berikut yang perlu Anda lakukan:

Foto Menu;  Buat foto menu yang profesional, karena konsumen akan melihat dari foto yang Anda tampilkan. Namun patut diingat buatlah foto yang jujur, jangan sampai antara foto dan produk katering Anda berbeda. Tampilan menjadi penting dalam sebuah hidangan, begitu juga dengan rasa. Maka dalam foto Anda harus bisa membuat foto yang seorisinal mungkin dan tentu saja memikat, mempresentasikan kenikmatan dari rasa menu katering Anda.

Sosial Media; Gunakan sosial media untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan dan pasar katering online Anda. Jalin hubungan yang baik, berikan update informasi melalui sosial media Anda, tidak harus selalu memposting menu makanan, namun bisa memberikan tips seputar makanan, intinya maksimalkan kehadiran  bisnis katering online Anda di sosial media.

Website Bisnis; Tentu Anda sudah paham bagaimana pentingnya website bisnis untuk bisnis katering Anda. Maka Anda bisa memulai membuat website bisnis Anda sekarang dengan membeli domain murah IDwebhost. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website bisnis profesional IDwebhost, selain itu pastikan website Anda menggunakan layanan paket hosting terbaik IDwebhost, agar website Anda selalu optimal.

Nah, demikian pembahasan kita mengenai Strategi Memulai Peluang Bisnis Katering Online, semoga bisa menjadi bahan referensi Anda untuk memulai bisnis katering online. Silakan baca berbagai tips menarik seputar bisnis dan digital marketing hanya di Blog IDwebhost. Terima kasih. Salam. Ari IDwebhost.