12 Peluang Bisnis Dunia Digital 2019
Blog Tips Keren

12 Peluang Bisnis Dunia Digital 2019

Apa Itu Peluang Bisnis di Dunia Digital ?

Ada beberapa peluang bisnis digital di Indonesia yang masih potensial untuk digeluti. Perkembangan bisnis dunia digital yang semakin pesat, telah dipelopori dengan jaringan internet yang semakin cepat berkembang dan pola belanja masyarakat yang berubah dari offline ke online. Oleh sebab itu jika anda ingin terjun ke bisnis digital secara online, penting untuk melakukan analisa bisnis digital apa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak pebisnis digital yang sudah mencapai kesuksesan dari bisnis yang dijalaninya, Anda pun dapat mengikuti jejak mereka untuk menggeluti bisnis digital tersebut.

Potensi Bisnis Digital

Membahas potensi bisnis digital di Indonesia ini begitu menarik, hal itu dikarenakan peluang bisnis digital masih sangat menggiurkan untuk digeluti. Indonesia sudah memberikan peluang atau tempat bagi para pebisnis digital untuk berkreasi dalam mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya startup yang bermunculan yang kemudian kian menjadi besar karena banyak digunakan oleh masyarakat. Selama jaringan internet lancar, serta jumlah penggunanya kian bertambah maka potensi untuk berbisnis digital ini masih terbuka lebar bagi anda.

Daftar Isi :

1. Apa Itu Peluang Bisnis di Dunia Digital ?

2. Potensi Bisnis Digital

3. Berikut 12 Peluang Usaha di Digital Tahun 2018 :

  • Web Developer
  • Blogger
  • Desain Grafis
  • Aplikasi Mobile
  • Youtuber
  • E-Commerce
  • Marketplace
  • Transportasi
  • Akomodasi
  • Digital Agency
  • Digital Media
  • Financial

4. Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis digital, IDwebhost akan membahas pengertian serta peluangnya untuk 12 Bisnis Digital Potensial tahun 2018.

12 Peluang Usaha di Digital Tahun 2018

 

peluang bisnis dunia digital yang populer
IDwebhost

1. Web Developer

Web developer sangat bisa untuk dijadikan sebagai peluang bisnis digital. Usaha ini sangat menjanjikan, mengingat internet sudah merambah hampir di semua bidang kehidupan. Sebutkan siapa saja yang sih membutuhkan jasa web developer? Mulai dari e-Commerce, lembaga pendidikan, perusahaan, pemerintahan, ekspedisi, games, mobile apps, dan sebagainya.

Jasa pembuatan website tentu membutuhkan keahlian khusus di bidang IT, seperti membeli domain, hosting, serta jaringan internet. Anda punya keahlian di bidang ini? Kumpulkan teman-teman anda yang memiliki bakat serupa, lalu bangun sebuah startup web developer Atau anda bisa juga memulai dengan menjadi freelance developer.

2. Blogger

Anda Hobi menulis, bisa jadi bisnis kok! Banyak orang kini mencari informasi hanya dengan hanya searching di internet. Buatlah konten kreatif yang sesuai dengan minat anda, seperti gadget reviewer, fashion blogger, food bloger, dan sebagainya. Bingung bagaimana cara memulai sebuah blog? Pertama-tama, anda buat website! Setelah itu anda tentukan nama domain yang menjadi alamat situs anda. Jangan lupa untuk membeli hosting yang berguna untuk menyimpan data-datamu di internet ya. Lalu Pilih provider yang pas dan harga terjangkau dari IDwebhost web hosting.

3. Desain Grafis

Jasa pembuatan desain merupakan peluang usaha yang selalu ramai dibutuhkan. Sebab, promosi online ataupun cetak membutuhkan tampilan menarik melalui tools komputer. Anda Mahir mengambar? Pembuatan e-comic atau web cartoon saat ini sedang banyak diminati. Selain bekal ilmu yang anda dapat di jurusan kuliah, desain grafis bisa dipelajari dengan cara kursus ataupun dengan otodidak. Eits, tapi anda harus memperdalam ilmu dan tekniknya supaya tidak kalah saing dengan mereka yang sudah mahir di bidang desain.

4. Aplikasi Mobile

 

peluang bisnis digital aplikasi mobile
IDwebhost

 

Sebagian besar masyarakat kini sudah mengenal smartphone, dan semua aktivitas internet kini bisa dilakukan melalui perangkat mobile. Peluang usaha pembuatan aplikasi mobile & game akan selalu jadi primadona. Inspirasi bisa datang dari mana saja, anda bisa mencari ide-ide dari aplikasi yang sudah diciptakan di market Play Store dan App Store.

5. Youtuber

Punya kamera? Punya ide konten? Punya keahlian editing video? Bikin vlog yuk! Upload konten-konten menarik dan informatif melalui channel Youtube anda. Semakin banyak penonton dan subscriber, anda bisa hasilkan uang melalui iklan di Youtube!

6. Bisnis E-Commerce

Peluang yang pertama merupakan e-commerce. Di Indonesia bisnis e-commerce ini berkembang secara signifikan. Banyak penjual offline yang kemudian beralih menjual produknya secara online. Melihat peluang yang lebar tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis e-commerce tersebut. E-commerce merupakan toko online yang menjadi sarana bisnis retail untuk bisa berjualan barang mereka secara online. Pebisnis digital bisa menawarkan jasa pembuatan toko online kepada orang yang membutuhkannya.

7. Mendirikan Marketplace

Peluang bisnis digital di Indonesia yang menarik digeluti selanjutnya adalah dengan mendirikan marketplace. Marketplace ini berbeda dengan e-commerce. E-commerce penjualnya hanya satu orang  sedangkan marketplace banyak penjual dalam satu wadah. Jika di ibaratkan marketplace ini seperti sebuah mall yang dapat menampung banyak penjual dengan berbagai jenis dagangan.

Bagi Anda yang baru pertama kali masuk ke dalam bisnis digital harus bisa membedakan perbedaan antara ecommerce dengan marketplace. Ada banyak marketplace besar yang sudah ada di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya. Meskipun bisnis marketplace ini telah dikuasai oleh pemain besar, namun bagi pemula masih ada kesempatan untuk menggeluti bisnis ini jika kreatif dan inovatif.

 

peluang bisnis digital mendirikan marketplace
IDwebhost

8. Transportasi

Peluang bisnis digital di Indonesia yang menarik digeluti selanjutnya adalah dengan membuka startup yang berhubungan dengan transportasi. Sebagai contoh bisnis startup transportasi yang ada di Indonesia yaitu Go-Jek, Grab, dan lain sebagainya. Minat masyarakat terhadap transportasi saat ini sangat besar karena lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sama dengan pembuatan marketplace agar bisa bersaing harus kreatif dan juga inovatif.

9. Akomodasi

Menggeluti startup yang berhubungan dengan akomodasi ini menggiurkan. Hal itu dikarenakan potensi wisata pada setiap daerah di suatu kota sudah dimanfaatkan dan dikembangkan, sehingga semakin banyak masyarakat luar kota yang ingin berkunjung dan membutuhkan layanan akomodasi ini. Startup yang sudah memiliki nama dalam bidang akomodasi yaitu traveloka. Traveloka ini sangat membantu pengguna untuk bisa mendapatkan akomodasi seperti yang diharapkan.

10. Membangun Digital Agency

Peluang bisnis digital yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan membangun atau mendirikan digital agency. Digital agency ini sangat diperlukan karena saat ini banyak pebisnis yang mulai go online. Digital agency berfungsi sebagai pemberi solusi bagi para pebisnis yang mengalami kendala dalam berbisnis. Solusi yang diberikan misalnya bagaimana cara memasarkan produk dengan benar.

Selain itu teknik memasarkan produk dengan SEO pun bisa dilakukan oleh digital agency. Karena tugas dan tanggung jawabnya banyak maka tidak mengherankan jika digital agency bisa menawarkan layanan yang beragam. Bagi yang ingin menggeluti bisnis digital agency harus tahu tekniknya terlebih dahulu. Yang pertama dengan membuat daftar layanan apa saja yang akan ditawarkan lalu kemudian ajaklah teman yang memiliki kemampuan atau skill di dalamnya. Misalnya akan membuka digital agency yang memberikan layanan SEO maka ajaklah teman yang menguasai teknik SEO baik off page ataupun on page.

11. Digital Media

Bagi anda yang suka menggeluti bisnis kreatif dapat menggeluti digital media. Untuk menggeluti bisnis ini, anda harus kreatif dan memberikan konten yang menarik supaya orang-orang menjadi terhibur. Supaya sukses dalam menggeluti bisnis digital media, yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan konten melalui tulisan ataupun video yang ringan tetapi menghibur serta menarik. Jika diolah secara kreatif maka konten tersebut akan tetap menarik dan membekas di hati pelanggan anda.

12. Financial

Dalam urusan finansial pada era kemajuan teknologi ini, memiliki peran penting di dalamnya. Dengan hadirnya kemajuan teknologi yang ada, pengajuan kartu kredit atau peminjaman dana tidak perlu repot-repot untuk datang dahulu ke bank konvensional. Tetapi semuanya bisa dilakukan secara online. Selain bank, pegadaian pun juga telah memanfaatkan teknologi ini. Peluang dalam Fintech atau financial pada teknologi ini masih sangat terbuka lebar, sehingga bagi anda yang ingin menggeluti bisnis digital di Indonesia bisa mencoba dalam bidang ini.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa peluang bisnis digital di Indonesia dan potensinya yang begitu menarik, semoga informasi ini bermanfaat.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.