PC Adalah Jenis Komputer Single User, Ini Dia Fungsi dan Komponennya!

12 Feb 2024
PC Adalah Jenis Komputer Single User, Ini Dia Fungsi dan Komponennya! campaign-unlimited

PC adalah perangkat komputer yang kini dapat kita temui sehari-hari.  Ini merupakan jenis perangkat komputer yang paling banyak digunakan saat ini. Perangkat ini bertugas untuk membantu pekerjaan manusia dalam pengelolaan data maupun informasi.

PC terdiri atas berbagai komponen yang bekerja secara bersamaan untuk mendukung tugasnya. Pada artikel kali ini, kami akan membantu kamu untuk mengenali fungsi dan komponen-komponen PC. Tanpa berlama-lama, mari kita menuju ke pembahasan di bawah ini!

Arti PC

PC adalah akronim dari Personal Computer, yang merujuk pada jenis komputer untuk pengguna tunggal (single user). Definisi ini pertama kali dicetuskan oleh IBM, perusahaan komputer terkenal asal Amerika Serikat.  Istilah PC digunakan untuk menyebut komputer yang dapat digunakan dan didapatkan dengan mudah.

Hal ini berkaitan erat dengan sejarah panjang evolusi komputer. Seperti yang kita ketahui, pada awal ditemukannya, komputer memiliki ukuran yang sangat besar dan kurang praktis untuk digunakan. Kemudian, pada tahun 1971 ditemukanlah chip yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Penemuan ini menjadi awal mula dari komputer generasi ketiga yang lebih kecil, cepat, dan ekonomis. Dari sini selanjutnya IBM mulai mengembangkan komputer dengan chip dan mencetuskan istilah PC pada 1981.

Hingga saat ini, “PC” digunakan untuk merujuk perangkat komputer yang digunakan oleh individu atau perseorangan. PC dapat digunakan untuk membantu tugas pribadi di sekolah maupun di rumah. Di samping itu, PC juga membantu berbagai kegiatan operasional, seperti pada perusahaan maupun pusat perbelanjaan.

Apa Saja Jenis-Jenis PC?

Menurut definisinya yang cukup luas, Lifewire menyebutkan bahwa PC dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis PC adalah sebagai berikut yang dimaksud:

  • Komputer desktop – merupakan jenis komputer yang dirancang untuk dioperasikan di satu lokasi.
  • Laptop – merupakan jenis komputer portable, yang mendukung mobilitas. Perangkat komputer ini tidak perlu terhubung dengan sumber listrik secara terus-menerus.
  • Tablet – merupakan komputer portable yang berbentuk layer sentuh datar.
  • Smartphone – merupakan perangkat komputer dalam bentuk mini yang memiliki kemampuan dasar PC sekaligus dapat digunakan sebagai ponsel.

Fungsi PC

Menurut penjelasan di atas, fungsi utama PC adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jika dijelaskan secara lebih detail, PC menawarkan banyak kegunaan sebagai berikut.

1. Membantu Kegiatan Pendidikan

PC mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan. Kehadiran PC dalam kegiatan belajar dan mengajar misalnya, dapat mempermudah penyampaian materi dan konsultasi tanpa tatap muka. Di samping itu, dengan menggunakan PC, pengajar juga dapat membuat lebih banyak materi pembelajaran yang edukatif, menarik, dan interaktif.

2. Sebagai Media Transfer Data dan Informasi

PC adalah media yang dapat mengirimkan informasi dari satu tangan ke tangan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan PC untuk mengirimkan data perusahaan ke PC klien hanya dalam waktu sekejap. Bukan hanya antar PC, transfer data ini juga mendukung pengiriman data dari PC ke smartphone.

3. Membantu Mengolah Data

Mengelola data dalam jumlah ratusan atau bahkan ribuan, akan sangat merepotkan jika dilakukan secara manual. PC dapat memudahkan pekerjaan ini dan mengotomatisasi proses pengelolaan data. Dengan begitu, pekerjaan manusia bisa menjadi lebih ringan dan kegiatan operasional dapat berjalan lancar.

4. Sebagai Media Hiburan

PC menghubungkan perangkat komputer dengan internet. Kamu dapat mengakses berbagai konten hiburan yang menyenangkan melalui internet. Misalnya seperti bermain game online, menonton film, atau streaming musik.

5. Sebagai Media Berkreasi

Selain sebagai media hiburan, PC juga dapat digunakan untuk berkreasi. User dapat memanfaatkan PC untuk membuat berbagai karya dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video. Dengan menggunakan perangkat lunak yang sesuai, user dapat menuangkan kreativitasnya secara bebas dan menciptakan karya.

Komponen Penyusun PC

Untuk menjalankan fungsi tadi, PC dibantu oleh berbagai komponen pendukung. Singkatnya, komponen PC dikelompokkan menjadi tiga, yaitu brainware, hardware, dan software. Adapun penjelasan komponen PC adalah sebagai berikut.

1. Brainware

Apa yang dimaksud dengan brainware? Brainware adalah manusia yang mengoperasikan komponen dalam PC, yaitu software dan hardware. Dalam pengoperasian PC, manusia bertindak sebagai seorang ahli yang menjalankan dan mengatur kinerja perangkat komputer.

Brainware bisa berarti siapa saja. Mulai dari web developer, operator, administrator, konsultan, pelajar, dan lain sebagainya. User atau pengguna komputer mengatur sendiri fungsi dan output yang dihasilkan dari kinerja PC untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Hardware

Hardware adalah seluruh komponen fisik dari PC, yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk melakukan input, proses, dan output. Adapun jenis-jenis hardware yang terdapat dalam PC adalah sebagai berikut:

  • Input device. Ini merupakan hardware yang berguna untuk memasukkan informasi ke dalam komputer, baik berupa teks, gambar, audio, maupun video. Contoh hardware jenis ini antara lain seperti keyboard, scanner, mikrofon, dan mouse.
  • Process device. Seperti namanya, hardware ini bertugas untuk mengolah dan menjalankan proses dalam sistem komputer. Contoh hardware ini antara lain meliputi RAM, CPU, dan VGA.
  • Output device. Hardware jenis ini bekerja untuk menampilkan hasil input atau pengolahan data yang telah user lakukan. Contoh hardware output, seperti monitor, proyektor, speaker, dan printer.
  • Storage device. Jenis hardware ini bekerja untuk menyimpan data-data dalam komputer. Contohnya seperti hard disk, flash disk, dan optical disk.
  • Periferal. Ini adalah jenis hardware tambahan yang dapat membantu kerja komputer dalam menyelesaikan tugasnya. Hardware ini melakukan tugasnya dengan menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Salah satu contohnya adalah modem.

3. Software

Software adalah komponen dalam PC yang bertugas untuk menjalankan perintah atau instruksi. Komponen ini tidak seperti hardware yang memiliki bentuk fisik. Secara umum, software terbagi atas tiga jenis, yaitu sistem operasi, program aplikasi, dan bahasa pemrograman. Adapun penjelasan selengkapnya sebagai berikut:

  • Sistem operasi. Ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur kinerja dari CPU komputer. Sistem operasi bertugas untuk menerjemahkan instruksi dari pengguna untuk dijalankan oleh komponen hardware. Contoh sistem operasi antara lain, yaitu iOS, Linux, Windows 8, Debian, dan lain sebagainya.
  • Program aplikasi. Software ini diprogram dengan fungsi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Misalnya seperti aplikasi calculator untuk berhitung dan Ms. Word untuk menulis dokumen.
  • Bahasa pemrograman. Ini merupakan kombinasi kode untuk membuat suatu instruksi atau program. Bahasa pemrograman digunakan untuk menerjemahkan instruksi manusia menjadi kode-kode yang dipahami oleh komputer. Contoh dari software ini, yaitu JavaScript, HTML, dan Python.

Demikian penjelasan kami tentang PC dalam artikel ini. PC adalah singkatan dari Personal Computer, yang merujuk pada jenis komputer untuk individu atau perseorangan. PC memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Salah satunya ialah untuk mengelola website toko online. Untuk pengelolaan yang optimal, kamu bisa mendapatkan layanan hosting web IDwebhost dengan harga paling murah se-Indonesia. Cek pilihan paketnya dan kembangkan bisnismu bersama kami, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022