Cara Memberi Password Folder cPanel
Blog Tips Keren

Cara Memberi Password Folder cPanel

Cara memberi password folder cPanel tidak lagi sulit. Untuk melindungi folder yang ada dari ancaman di dunia maya, tentu anda harus melakukan sesuatu terhadap folder tersebut. Ada banyak alasan kenapa anda harus memberikan perlindungan pada folder tertentu yang ada di sistem atau Control Panel website anda. Yang tak kalah pentingnya adalah karena di dalamnya berisikan file yang sangat penting. Lalu butuh hak akses tertentu agar orang bisa mengakses folder tersebut. Karena itulah sangat penting apabila anda tau cara memberi password folder cPanel. Hal ini akan memberikan multi protection atau perlindungan berlipat ganda yang anda butuhkan di dalamnya. Dari sini anda akan bisa mendapatkan lebih banyak lagi manfaatnya. Berikut adalah tutorial atau panduan yang bisa anda terapkan untuk bisa melakukan hal tersebut dengan benar dan tepat.

Tutorial Dan Cara Memberi Password Folder cPanel

 

Cara Memberi Password Folder cPanel
idwebhost

 

Cara memberi password folder cPanel yang paling utama adalah dengan masuk ke cPanel anda terlebih dahulu. Di sini anda bisa login di halaman yang sudah disediakan. Anda nantinya setelah masuk akan menemukan menu yang bernama Directory Privacy. Disinilah anda akan menemukannya dengan mudah pada bagian Files. Kemudian, dari sini anda hanya tinggal mengetikannya saja di kolom pencarian tentang folder apa yang nantinya ingin anda beri proteksi yang lebih mumpuni tersebut. Apabila anda sudah masuk ke bagian Directory Privacy, yang harus anda lakukan adalah memilih pilihan direktori public_html. Disinilah nantinya anda akan bisa melakukan pengaturan lebih lanjut guna mendapatkan apa yang anda butuhkan didalamnya.

Langkah selanjutnya dalam cara memberi password folder cPanel ini adalah dengan memilih mana file atau direktori yang akan anda beri password. Pastikan untuk memberikan perlindungan ini ke sejumlah folder lainnya. Karena pada dasarnya web anda tidak akan 100% bisa murni selamat dari ancaman yang ada di dunia maya. Dengan adanya perlindungan yang lebih maksimal tersebut, anda akan memperoleh yang anda butuhkan dengan mudah. Pengaturan terhadap folder ataupun file yang ada didalamnya akan memudahkan anda dalam mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan jelas dan pasti. Dari sini anda akan bisa melihat bagaimana manfaat yang tepat akan bisa anda rasakan dengan mudahnya.

Segera Aktifkan Perlindungan Direktori Folder Anda

Setelah menerapkan cara memberi password folder cPanel di atas, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memberikan perlindungan pada bagian direktori folder anda. Dengan cara tersebut maka anda akan bisa memperoleh semua yang anda butuhkan. Cara untuk mengaktiifkanya adalah dengan mencentang pilihan yang ada pada Password Protect This Directory. Setelah itu, anda hanya tinggal memasukan nama untuk directory tersebut. Misalnya jika anda memasukan nama di folder yang bernama document, maka segeralah aktifkan password tersebut dengan cara memilih SAVE untuk menyimpan dengan mudah dan cepat.

Anda Bisa Mengatur Siapa Saja Yang Mengakses Direktori

 

Cara Memberi Password Folder cPanel
idwebhost

 

Cara memberi password folder cPanel bisa anda terapkan dengan cara mengatur siapa saja yang nantinya akan bisa mengakses direktori tersebut. Jadi disini yang harus anda lakukan adalah dengan memilih pilihan siapa saja yang akan bisa mengaksesnya. Anda tinggal hanya membuat user siapa saja yang bisa mengakses direktori atau halaman tersebut. Dari sini anda bisa melakukannya dengan cara memilih menu CREATE USER. Kemudian, anda hanya tinggal membuat username dan password bagi mereka yang bisa mendapatkan akses tersebut. Pastikan untuk penggunaan password tersebut juga mudah ditebak. Anda bisa melakukannya dengan memilih pilihan kombinasi huruf dan angka yang ada didalamnya.

Anda juga bisa melakukan tes password protection untuk lebih meyakinkan lagi tentang settingan yang sudah anda buat tersebut apakah sudah terproteksi atau belum. Anda bisa melakukan uji coba tersebut supaya nantinya bisa memastikan bahwa folder atau direktori yang dimaksud sudah aman. Dan hanya beberapa orang tertentu saja yang nantinya akan bisa mengaksesnya. Hal tersebut memang sangat penting guna menciptakan kesinambungan dan juga perlindungan tepat yang dibutuhkan oleh folder anda itu sendiri.

Jika semua itu sudah berhasil maka anda bisa melihat pada bagian Parent Directory. Disini anda bisa mengecek apakah file yang dimaksud sudah benar-benar terproteksi atau belum. Hal tersebut pastinya akan memberikan kepada anda lebih banyak manfaat yang ada didalamnya. Anda pada halaman tersebut bisa mengecek lagi password yang sudah anda buat apakah sudah bekerja dengan baik dan bisa anda terapkan dari sekarang.

Dalam Kondisi Tertentu Anda Bisa Mengubah Password

 

Cara Memberi Password Folder cPanel
idwebost

 

Cara memberi password folder cPanel yang tak kalah pentingnya adalah anda perlu tahu bahwa password tersebut bisa dirubah dalam kondisi tertentu. Hal ini akan memungkinkan anda untuk lebih mudah dalam mengubah password yang ada didalamnya jika suatu ketika anda membutuhkan perubahan yang signifikan. Atau anda sudah tidak ingin lagi user yang sebelumnya menggunakan atau mengakses directory tersebut. Dengan cara inilah maka anda pun sudah suskes memberikan perlindungan pada directory atau file yang ada di sistem website anda.

Baca Juga: Apa Itu Domain? Apa Perbedaannya Pada Sebuah Blog?

Anda pastinya akan lebih mudah mendapatkan manfaat tersebut dengan maksimal. Dari sini jika semuanya sudah anda terapkan dengan mudah, anda hanya tinggal memilih menu SAVE saja dan kemudian anda akan memperoleh semua yang anda butuhkan tersebut didalamnya. Hal ini pastinya akan lebih mudah mendatangkan kepad anda manfaat yang sangat dahsyat dan juga luar biasa. Perlindungan pada suatu file memang sangat perlu. Ada masa di mana anda akan menemukan bahwa file anda tersebut tiba-tiba dibobol oleh sistem atau orang yang tak dikenal. Serangan robot atau malware yang ada di dunia maya bisa menjangkiti folder yang ada di sistem anda kapan saja.

Kesimpulan

Itulah yang perlu anda ketahui tentang cara memberi password folder cPanel. Dengan menerapkan cara yang tepat dan signifikan, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah. Hal tersebut pastinya akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih besar dan banyak. Dengan adanya pilihan konfigurasi yang tepat pada Control Panel tersebutu, sudah pasti akan lebih banyak yang anda dapatkan didalamnya. Dengan adanya layanan tersebut, sudah pasti anda akan mampu merasakan sendiri semua yang anda inginkan didalamnya. Hal ini pastinya akan memberikan kepada anda manfaat yang anda butuhkan.

Sudah pasti dengan adanya cara memberi password folder cPanel tersebut, anda akan mampu merasakan sendiri banyak manfaat yang lebih besar dan banyak. Dari sinilah semua itu akan bisa anda peroleh dengan mudahnya. Adanya pilihan password yang tersedia banyak tersebut juga bisa anda sesuaikan dengan selera dan juga kebutuhan anda. Tapi pastikan untuk menggunakan kombinasi password yang tepat, sesuai sasaran dan juga bisa digunakan dengan baik. Anda akan merasakan manfaat besarnya itu.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.