Panduan Membuat Email Domain Dengan Zoho Mail
Blog Tips Keren

Panduan Membuat Email Domain Dengan Zoho Mail

Zoho Mail menjadi solusi yang terbaik bagi anda yang ingin membuat email sendiri baik itu secara paket berbayar atau secara free alias tanpa dipungut biaya. Kenapa anda harus memilih Zoho Mail? Tentunya ada fitur khusus yang tersedia didalamnya yang memudahkan anda melakukan pengaturan untuk kebutuhan sehari-hari website anda. Zoho Mail merupakan sebuah aplikasi online yang banyak dipakai untuk kebutuhan bisnis dan sehari-hari, baik itu untuk kalangan personal maupun pebisnis. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang berkecimpung dalam dunia marketing dan finance yang notabennya setiap hari melihat banyak arus keluar masuk email.

Ada berbagai tools yang akan anda temukan dalam Zoho Mail ini sehingga nantinya bisa menunjang segala aktivitas yang dilakukan dengan mudah. Beberapa peralatan tersebut antara lain adalah spreadsheet, tools untuk presentasi dan juga creator document. Menariknya lagi, Zoho juga akan menyediakan fitur yang praktis untuk menunjang kebutuhan social media management yang anda lakukan. Pasalnya di era modern ini, social media memiliki peran penting untuk memperkenalkan produk, jasa dan layanan yang diinginkan masyarakat. Zoho akan mengakomodasi semua itu dengan smart tools yang mereka miliki.

Banyak sekali pemilik domain yang mengintegrasikan situs mereka dengan Zoho Mail karena berbagai kemudahan yaang tersedia didalamnya. Sudah sewajarnya jika layanan email domain ini dikenai biaya khusus. Namun, Zoho juga menawarkan layanan email gratis untuk tiap domain yaang didaftarkan. Hal ini sangatlah menguntungkan dan akan menambah user experience bagi pengguna yang benar-benar ingin mengoptimalkan domain yang dimiliki dengan Zoho tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menciptakan sebuah email domain dengan fasilitas dari Zoho.

Cara Membuat Email Domain Dengan Zoho Mail

Panduan Membuat Email Domain Dengan Zoho Mail
idwebhost

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum membuat email domain dengan Zoho Mail ini. Langkah awalnya adalah menciptakan setting nameserver domain terlebih dahulu. Jika anda menggunakan layanan IDwebhost, anda tinggal login saja ke member area. Kemudian pilih menu kelola di kategori Hosting and Domain. Selanjutnya, masukan nameserver yang dibutuhkan dan pilih menu Update. Setelah semua syarat terpenuhi, silahkan masuk ke tahapan berikut:

Buat Akun Zoho Mail Anda

Yang pertama harus dilakukan adalah memasukan alamat email anda saat ini yang masih aktif. Setelah itu set password yang anda inginkan. Sangat disarankan untuk menggunakan password yang berbeda agar tidak campur aduk dengan password dari email asli anda. Untungnya ada cara yang lebih tepat untuk melakukan Sign In, yakni dengan memakai akun Google atau LinkedIn yang sudah anda miliki sebelumnya.

Setelah proses Sign In selesai, anda wajib untuk mengecek email verifikasi yang dikirimkan oleh Zoho Mail ke email yang anda masukan tersebut. Pastikan membuka bagian Inbox email anda. Tugas anda selanjutnya adalah mengeklik tautan yang diberikan Zoho untuk mengaktifkan permintaan Sign In anda. Usai melakukannya, anda bisa masuk kembali ke halaman situs Zoho yang sebelumnya. Disini anda akan dipertintahkan untuk menambahkan nomor telepon anda yang aktif dan memasukan password anda sebelumnya. Setelah nomor telepon dimasukan, anda akan mendapatkan kirimkan kode dari Zoho Mail untuk konfirmasi lanjutan.

Cek menu SMS di ponsel anda dan masukan kode verifikasi yang diberikan oleh provider Zoho kepada anda. Langkah lanjutannya adalah dengan memilih menu Verify Code dan anda bisa melanjutkan untuk menggunakan layanan ini. Nah, disinilah anda bisa mulai untuk memilih paket Zoho Mail apa yang anda inginkan. Disini ada banyak pilihan yang bisa anda dapatkan, yakni Enterprise, Pro, Standard dan Lite. Untuk anda yang masih baru, anda bisa mencoba paket Enterprise agar bisa belajar lebih banyak tentang fitur dan kegunaanya. Seperti yang dijelaskan diatas, anda juga bisa memilih paket yang FREE atau tak berbayar dengan syarat dan ketentuan yang harus anda ikuti.

Jika sudah memilih paket yang anda inginkan, maka anda bisa memilih tombol Continue untuk berlanjut ke langkah selanjutnya. Jangan lupa mengeset layanan domain atau DNS Hosting provider yang anda gunakan saat ini.

Baca Juga: Mereview Dedicated Server IDwebhost Sebagai Hosting Terbaik

Cara Setting CNAME Zoho Mail Untuk Domain Anda

Panduan Membuat Email Domain Dengan Zoho Mail
idwebhost
  1. Tahap selanjutnya adalah melakukan konfigurasi terhadap CNAME Zoho di domain yang anda miliki. Jika anda sudah menjadi member IDwebhost.com, semua bisa anda lakukan dengan mudah. Anda tinggal Login saja kemudian pilih menu kelola pada bagian Hosting and Domain.
  2. Selanjutnya, anda harus memilih pilihan Add New Record yang terletak pada kategori DNS Management.
  3. Disinilah pada bagian Record Type anda bisa melakukan setting terhadap CNAME Zoho yang anda miliki ke Destination Hostname. Setelah semua anda masukan, langkah selanjutnya adalah memilih menu Save Changes untuk menyimpan semua perubahan yang anda lakukan.
  4. Tahap selanjutnya adalah verifikasi terhadap CNAME yang anda setting diatas. Disini anda akan melihat halaman Proceed to CNAME Verification. Pilih menu verify now untuk menyelesaikan setting CNAME Zoho Mail anda.

Cara Membuat Nama Akun Email Anda

Panduan Membuat Email Domain Dengan Zoho Mail
idwebhost

Nah, selanjutnya anda tinggal membuat nama akun email apa yang anda inginkan dari Zoho Mail tersebut. Disini contoh yang banyak dipakai adalah namaanda@domainanda.com. Jadi anda bisa menggunakan nama anda sendiri diikuti dengan at nama domain anda. Hal ini akan membuat email anda terlihat lebih professional dan semua orang bisa mengenal anda lebih dekat. Menariknya lagi, disini anda tidak hanya bisa menciptakan satu email saja, tapi juga banyak email. Hal ini biasanya banyak dilakukan di domain untuk perusahaan atau keperluan bisnis.

Anda hanya tinggal memilih menu Proceed to Add Users untuk menambahkan lagi siapa orang lain yang terintegrasi dengan pekerjaan yang anda lakukan. Misalnya namatemananda@domainanda.com. Anda bisa menambahkan sebanyak yang anda inginkan. Tapi pastikan mereka adalah orang yang sesuai dengan field atau bidang bisnis tersebut. Semua pengaturan telah selesai. Selamat! Kini anda sudah memiliki Zoho Mail untuk domain anda.

Kesimpulannya, membuat email domain dengan Zoho Mail memang sangat mudah. Cukup dengan mengikuti langkah yang dijelaskan diatas, anda akan bisa menciptakan email untuk domain yang anda butuhkan dengan mudah. Sebuah website yng memiliki email domain yang terpercaya akan terlihat semakin professional dan membuat banyak kalangan berdatangan untuk bekerja sama atau mengenal anda lebih jauh. Zoho Mail adalah sebuah fasilitas yang smart untuk dipakai baik itu perorangan maupun kalangan pebisnis. Paket yang tersedia pun juga bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini pastinya sangatlah penting guna menunjuang rutinitas kerja yang anda lakukan setiap harinya. Jangan sampai melewatkan penggunaan fasilitas Mail ini karena banyak kemudahan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Anda juga bisa menggunakan jasa hosting domain yang professional dan terpercaya IDwebhost yang siap memberikan support dan bantuan bagi anda yang ingin menciptakan email domain yang bagus dan sesuai kebutuhan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.