Panduan Ubersuggest : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website
Blog SEO Panduan Ubersuggest : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Panduan Ubersuggest : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Ubersuggest menjadi tools yang efektif dalam melakukan strategi SEO seperti riset keyword ataupun analisa website baik website pribadi ataupun website kompetitor.

Menggunakan keyword tools ini bermanfaat untuk Anda coba agar dapat melakukan optimasi website yang dapat memberikan peluang kepada website Anda agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Untuk lebih lengkapnya mengenai ubersuggest, Anda dapat mempelajarinya di konten pembahasan di bawah ini.

 

Daftar Isi :

 

Apa itu Ubersuggest 

 

apa-itu-ubersuggest

Ubersuggest adalah merupakan keyword tools yang diciptakan oleh pakar digital marketing yang telah dikenal banyak orang yaitu Neil Patel. Seiring perkembangannya, ubersuggest ini mengalami perkembangan pada fiturnya.

Dengan adanya ubersuggest ini dapat memudahkan para praktisi SEO atau Anda ketika sedang melakukan analisa terhadap kata kunci yang ditargetkan.

Lalu, selain itu, tools ini juga memiliki beragam fitur menarik yang bisa Anda pakai di dalamnya. Dan menariknya lagi, tools ini dapat digunakan secara gratis yang cukup untuk melakukan analisa dalam kata kunci tertentu.

 

Manfaat Ubersuggest 

 

manfaat-ubersuggest

Menggunakan keyword tools dapat memberikan manfaat terhadap SEO pada website Anda yakni :

 

1. Ide Artikel

Banyak diantara para pemula yang membuat blog atau website untuk bisnis tapi berhenti ditengah jalan karena bingung website tsb mau di isi konten/artikel seperti apa.

Untuk itulah keyword tools ini hadir guna membantu dalam mengumpulkan berbagai topik yang nantinya bisa dibuat artikel. 

 

2. Pola Kerja Terstruktur

Hal yang dilakukan ketika melakukan riset kata kunci adalah menyusun skala prioritas kata kunci yang potensial, digabungkan dengan riset kompetisis, yang akhirnya dapat menyusun topik yang dapat dibuat berdasarkan tingkat persaingan di mesin pencari.

Berikut beberapa pola kerja terstruktur jika menggunakan keyword tools yaitu :

  • Anda dapat menentukan keyword mana yang mudah dan dapat dikerjakan di awal.
  • Anda dapat menentukan keyword mana yang memiliki tingkat persaingan tinggi serta volume pencarian yang tinggi yang dapat Anda simpan terlebih dahulu guna untuk analisa lebih lanjut.
  • Anda dapat juga menentukan topik yang dalam satu artikel

 

3. Mengetahui Konten yang Menjadi Tren di Website yang di Target

Tiap website kebanyakan memiliki topik website yang menjadi konten yang difavoritkan termasuk pada website Anda ataupun website kompetitor Anda. Nah, dengan adanya keyword tools menjadikan memudahkan dalam mencari ide konten yang menjadi tren di suatu website dan bisa dijadikan referensi untuk diterapkan pada website Anda.

 

4. Mengetahui Berbagai Informasi seperti Keyword, Backlink, dsb

Menggunakan keyword tools juga memudahkan dalam menemukan berbagai performa kata kunci seperti seberapa tinggi persaingan antar kunci, seberapa besar volume pencarian dsb. Selain itu, juga dapat mengetahui backlink apa saja yang terdapat pada website Anda ataupun website kompetitor. 

Dengan begitu, Anda jadi tahu untuk melakukan strategi SEO yang seperti apa agar tepat untuk dijalankan kedepannya.

 

Fitur-fitur pada Ubersuggest

 

fitur-fitur-pada-ubersuggest

Berbagai macam fitur yang ditawarkan di dalam ubersuggest ini yakni :

1. Analisa Statistik Domain

Fitur yang menjadi unggulan dari ubersuggest ini adalah Anda dapat melakukan analisa statistik dari domain website yang Anda targetkan atau domain Anda sendiri. Kemudian bisa juga untuk menganalisa bagaimana performa dari website yang dimiliki. Dimulai dari jumlah total trafik yang sudah masuk, organic keywords yang dimiliki, sampai ke tragik secara detil dalam beberapa bulan terakhir.

 

2. Analisa Kompetitor

Kompetitor memang menjadi salah satu rival yang perlu Anda amati pergerakannya agar bisnis Anda tidak kalah saing dengan mereka. Nah, beruntungnya di ubersuggest ini, Anda dapat melakukan analisa performa SEO pada website kompetitor Anda dalam mengamati konten-konten yang mereka telah buat sebelumnya. Selain itu, Anda juga dapat mengambil konten mana yang perlu dibuat karena memiliki jumlah pencari yang banyak yang relevan dengan keyword yang ada.

 

3. Mendapatkan Suggested Keyword

Suggested keyword merupakan cara mendapatkan berbagai macam kata kunci yang disarankan oleh tools ini sesuai dengan kata kunci yang sebelumnya telah di inputkan. 

Jadi, ketika Anda memasukan satu keyword, hal ini dapat muncul berbagai macam keyword-keyword yang relevan dan disarankan  agar Anda bisa menggalinya lebih dalam. 

Untuk mendapatkan suggested keyword ini bisa Anda lakukan pada website kompetitor atau pada website sendiri yang lebih beragam.

 

4. Mendapatkan Ide Konten Baru

Nah, selain mendapatkan ide suatu kata kunci, tools ini juga dapat memberikan Anda ide-ide konten terbaru yang sesuai dengan keyword yang Anda inputkan sebelumnya. Jadi, jika Anda ingin membuat suatu konten berupa artikel dan kebingungan dalam memilih topiknya, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendapatkan ide-ide konten terbaru yang bisa Anda terapkan pada website Anda. Nantinya data yang tertampil setelah Anda masukan kata kunci tsb akan muncul dan Anda dapat mengambil ide konten yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam membuat konten untuk website Anda.

 

5. Mendapatkan Data Backlink

Backlink merupakan salah satu dalam strategi optimasi SEO. Untuk itulah, tools ini menyediakan data lengkap tentang backlink yang bisa disesuaikan dengan keyword.

Ada beberapa metrik pada halaman fitur backlink yang bisa Anda lakukan analisa :

  • Domain score : Metrik ini memberikan informasi kepada Anda seberapa besar nilai skor domain pada website yang Anda lakukan analisa.
  • Backlinks : Metrik ini memberikan informasi kepada Anda seberapa besar total jumlah backlink pada website yang Anda lakukan analisa
  • Referring domains : Metrik ini memberikan informasi kepada Anda mengenai seberapa besar jumlah domain yang mereferensikan alamat website yang sedang Anda lakukan analisa
  • Organic monthly traffic : Metrik ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui seberapa besar lalu lintas kunjungan pada periode bulanan pada website yang Anda lakukan analisa.

 

6. Memperbaiki SEO yang Error

Terkadang di website terdapat ada hal yang error terutama dalam hal SEO yang tidak disadari. Untuk itu, Anda dapat menggunakan tools ini pada bagian fitur “site audit” untuk melakukan audit website hal apa saja yang menjadi error pada alamat website yang telah Anda inputkan sebelumnya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan site audit.

  • Health check : Metrik ini akan memberitahukan kepada Anda halaman mana yang masih dinilai dinyatakan sehat (healthy), rusak(broken), memiliki isu (have issues), redirect dan blocked. 
  • Site speed : Metrik ini dapat memberitahukan kepada Anda seberapa besar performa pada suatu website yang sedang Anda analisa baik dari segi performa ketika dijalankan di desktop ataupun di mobile.
  • Top Issues : Metrik ini berguna untuk mendapatkan beberapa isu seputar SEO yang pada website yang Anda analisa.

 

Kesimpulan

 

Ubersuggest menjadi keyword tools yang direkomendasikan untuk Anda gunakan agar bisa menjadi suatu strategi dalam mengoptimalkan website Anda

Anda dapat mulai melakukan strategi SEO pada website Anda dengan menggunakan panduan ubersuggest menggunakan seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan pada artikel ini.

Semoga bermanfaat

Sebagai tambahan informasi, agar Anda bisa terus mendapatkan info seputar bisnis secara gratis, Anda dapat terus ikuti informasi di blog IDwebhost ini. 

Kemudian, untuk Anda yang mencari layanan web hosting dan domain, Anda dapat menggunakan layanan dari IDwebhost yang memiliki promo hosting dan domain setiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.