Wajib Tahu: Panduan SEO untuk Mengembangkan Bisnis

25 Okt 2023
Wajib Tahu: Panduan SEO untuk Mengembangkan Bisnis campaign-unlimited

Sebagai pelaku usaha, kamu harus mampu terus beradaptasi dengan segala perubahan saat ini. Tidak terkecuali dalam pemasaran digital. Sudahkah kamu tahu, apa saja manfaat SEO untuk mengembangkan bisnis? Upaya optimasi mesin pencari ini mampu memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis lho.

Ikuti artikel ini untuk mengetahuinya sekaligus mendapatkan pemahaman terkait panduan SEO. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja menuju pembahasannya di bawah ini.

Mengapa Bisnis Membutuhkan SEO?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan menggunakan SEO untuk mengembangkan bisnis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan SEO untuk bisnis:

  • Meningkatkan visibilitas online. SEO membantu bisnis untuk ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian, sehingga lebih mudah mendapatkan pelanggan potensial.
  • Meningkatkan kredibilitas bisnis. Website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memberikan informasi yang relevan membantu bisnis untuk membangun otoritas dan kredibilitas di industri
  • Menjangkau target audiens secara lebih tepat. SEO dapat membantu untuk menargetkan audiens dengan kata kunci yang relevan, sehingga memungkinkan bisnis mencapai audiens potensial dengan lebih tepat.
  • Membantu adaptasi dengan tren terbaru. Algoritma mesin pencari selalu diperbarui, dengan mengikuti praktik SEO terkini maka bisnis dapat lebih mudah beradaptasi dan tetap mempertahankan peringkatnya di SERP.
  • Mengoptimalkan kinerja bisnis, secara global maupun lokal. Selain dapat membantu bisnis berkembang di tingkat global, SEO juga dapat membantu bisnis lokal untuk menjangkau pelanggan di wilayah geografis tertentu yang sudah ditargetkan.
pengertian seo

Konsep Dasar SEO

Untuk mengetahui bagaimana praktik SEO untuk mengembangkan bisnis secara langsung, kamu perlu mengenal konsep dasarnya terlebih dahulu. SEO melibatkan serangkaian praktik dan strategi yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat halaman web.

Agar dapat muncul di halaman hasil pencarian, website perlu memiliki konten-konten yang berkualitas. Untuk membuat konten seperti ini, dibutuhkan kata kunci yang tepat, konten yang informatif dan relevan, serta website yang responsif. Mari kita bahas lebih dalam satu per satu di sini.

cara kerja seo

Apa yang dimaksud dengan kata kunci? Kata kunci adalah kata atau frasa yang biasa digunakan oleh pengguna untuk melakukan pencarian di internet. Menggunakan kata kunci yang tepat untuk optimasi website akan membantu pengguna untuk lebih mudah menemukan situsmu.

Adapun cara mendapatkannya melibatkan tahapan riset kata kunci. Untuk menemukan kata kunci yang populer, kamu bisa menggunakan tools riset seperti Ubersuggests, Google Trends, MOZ, atau SEMrush.

Dengan menggunakan alat-alat ini, kamu dapat menemukan kata kunci populer yang relevan dengan produk atau layananmu. Selain itu, melalui tools ini juga kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih dalam terkait kata kunci.

Misalnya Search Volume atau banyaknya pencarian menggunakan suatu kata kunci. Atau Keyword Difficulty yaitu tingkat kesulitan kata kunci untuk berada di SERP.

Kamu bisa menargetkan kata kunci melalui pertimbangan dari metrik tersebut. Alternatif lainnya, kamu juga dapat menggunakan keyword suggestion untuk opsi kata kunci lain yang masih berkaitan.

Kata kunci ini selanjutnya digunakan dalam konten yang akan dimuat website. Sebagai contoh, kamu ingin membuat blog post. Buatlah postingan dengan topik pembahasan sesuai kata kunci yang sudah didapatkan. Tempatkan kata kunci di beberapa bagian, seperti di judul, paragraf pertama, dan meta deskripsi.

Selain membuat konten yang berkualitas, pastikan kerja website optimal untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik. Ini melibatkan banyak upaya, mulai dari menyesuaikan tata letak yang responsif, meningkatkan kecepatan web, hingga mengoptimalkan desain yang fleksibel untuk perangkat seluler.

Cara memanfaatkan SEO untuk mengembangkan bisnis juga tidak terlepas dari pemahaman akan user search intent. Apa itu search intent? Singkatnya, ini merupakan motif atau tujuan pengguna melakukan pencarian. Dengan memahami search intent, kamu dapat memposisikan bisnismu sebagai solusi permasalahan user dengan tepat.

domain authority

Teknik SEO

Setelah membahas sedikit tentang konsep dasarnya, kini kami akan mengajak untuk mempelajari apa saja teknik SEO. Jika diringkas, upaya SEO untuk mengembangkan bisnis dikategorikan menjadi tiga teknik utama, yaitu SEO On Page, SEO Off Page, dan SEO Technical. Mari ketahui penjelasannya lebih lengkap!

1. SEO On Page

SEO on-page adalah serangkaian praktik SEO yang dilakukan pada konten atau dalam halaman web untuk memastikannya relevan, berkualitas, dan mudah dimengerti oleh mesin pencari. Teknik ini melibatkan beberapa upaya, seperti:

  • Riset kata kunci. Ini merupakan tahapan identifikasi kata kunci yang relevan dengan topik industri bisnis dan yang sering dicari oleh pengguna.
  • Memasukkan kata kunci. Kata kunci harus dicantumkan pada judul halaman, judul artikel, paragraf awal, subjudul (heading), dan dalam isi konten itu sendiri.
  • Optimasi judul. Pastikan judul halaman atau artikel dapat mencerminkan isi konten.
  • Meta deskripsi. Meta deskripsi adalah deskripsi singkat tentang konten di hasil pencarian, yang harus dibuat menarik dan informatif.
  • URL yang singkat dan sesuai isi konten. Tautan yang singkat dan mengandung kata kunci bekerja lebih baik untuk menarik pengguna.
  • Optimasi heading. Untuk memastikan konten memiliki struktur yang jelas, diperlukan penggunaan heading (H1, H2, H3, dll).
  • Optimasi gambar dan multimedia. Gambar atau multimedia membutuhkan deskripsi dan atribut “alt” untuk membantu mesin pencari memahami konten gambar.
  • Membuat website mobile-friendly. Optimalkan website untuk perangkat seluler, sehingga lebih banyak pengunjung yang bisa dijangkau.

2. SEO Off Page

Teknik SEO off page adalah serangkaian praktik optimasi yang dilakukan di luar halaman web atau konten. Adapun upaya yang dicakup oleh teknik SEO off-page antara lain:

  • Tautan Balik (Backlink). Backlink adalah tautan yang didapatkan dari situs web lain dan mengarah ke halamanmu. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs maka semakin baik kredibilitas sebuah website.
  • Link Building. Ini merupakan cara membangun backlink, yang mencakup praktik pembuatan konten berkualitas, melakukan guest posting di situs lain, membagikan post ke media sosial, dan sebagainya.

3. SEO Technical

SEO technical atau SEO teknis adalah upaya optimasi yang melibatkan pengaturan teknis. Tujuannya adalah untuk memastikan mesin pencari dapat menemukan, crawl, dan mengindeks konten dalam website. Adapun contoh penerapan teknik ini di antaranya, meliputi:

  • Mengoptimalkan kecepatan website. Situs yang memuat lebih cepat memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pengunjung.
  • Membuat sitemap. Upaya ini memungkinkan mesin pencari untuk dengan mudah mengindeks semua halaman situs, dengan menampilkan bagaimana halaman situs saling terkait.
  • Memasang SSL. Ini bertujuan untuk mengaktifkan protokol HTTPS, yang dapat membantu melindungi informasi pengguna dan menambah kredibilitas website.

Demikian penjelasan kami tentang panduan SEO untuk mengembangkan bisnis. Perhatikan bahwa SEO tidak dapat memberikan hasil yang instan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk melakukan monitoring dengan memanfaatkan analytic tools.

Lakukan pengukuran terkait jumlah traffic yang dihasilkan dari setiap konten, pertumbuhan jumlah pengunjung setiap bulan, dan periksa konten yang paling banyak dikunjungi. Dengan pemahaman akan algoritma dan perilaku pengguna yang mendalam, dapat dipastikan bagi bisnis untuk bertahan dan bersaing di tengah persaingan saat ini.

Kembangkan upaya SEO website bersama IDwebhost! Layanan hosting kami bisa bantu website kamu kerja 40x lebih cepat dengan sertifikat SSL, yang sekaligus bisa bantu tingkatin kredibilitas situsmu! Yuk, cek promo terbaru sekarang!

 

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022