Panduan SEO Lengkap untuk Meningkatkan Bisnis Anda
Blog SEO Panduan SEO Lengkap untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Panduan SEO Lengkap untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Panduan SEO ini bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk meningkatkan SEO Website Anda. SEO merupakan hal yang penting untuk meningkatkan website Anda di mesin pencari. Lalu seiring perkembangan zaman, algoritma dari mesin pencari seperti Google selalu berkembang. Untuk itulah optimasi SEO juga mengikuti perkembangan dari algoritma Google. Nah, menjelang akhir tahun 2020 dan memasuki tahun 2021, ada baiknya Anda sebagai pemilik website perlu mengetahui perkembangan informasi optimasi di bidang SEO apa saja yang baik untuk diterapkan pada website Anda.

 

Daftar Isi  :

1. Pengertian SEO

2. Cara Kerja SEO

3. Panduan SEO 2020

3.1. Memahami Domain Authority 2.0

3.2. Strategi SEO dengan Pencarian Visual (Visual Search)

3.3  Strategi SEO dengan menggunakan Video

3.4. Strategi SEO dengan optimasi pencarian suara (Voice Search)

3.5. Strategi SEO dengan optimasi Featured Snippet

3.6. Strategi SEO dengan Search Intent

3.7. Meningkatkan CTR pada website

3.8. Strategi SEO dengan menggunakan backlink

4. Kesimpulan

 

Pengertian SEO

pengertian seo
pengertian seo

Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu cara mengoptimasi website agar mendapatkan ranking teratas pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Keuntungan yang di dapat jika website Anda berada di ranking teratas adalah traffic kunjungan ke website Anda meningkat sehingga berpotensi mendatangkan sales pun menjadi tinggi. Selain itu, panduan SEO juga dapat membantu Anda mendapatkan pengunjung yang tepat karena pencarian kata kunci yang diketik berdasarkan minatnya.

 

Cara Kerja SEO

cara kerja seo
cara kerja seo

Optimasi SEO biasanya mengikuti pola aturan algoritma tertentu dari mesin pencari agar mudah ditemukan dan menempati peringkat teratas. Aturan ini berlaku tidak hanya di mesin pencari Google saja, tapi mesin pencari lain seperti Bing, Duckduckgo dsb. Namun karena pangsa pasar kurang lebih 90% persen dikuasai oleh Google, maka yang akan kita pelajari di pembahasan ini adalah cara kerja SEO pada algoritma Google.

Terdapat 8 Indikator Utama SEO yang mempengaruhi cara kerja SEO pada algoritma Google, yaitu :

1. Struktur URL

2. Penggunaan SSL/TLS

3. Konten

4. Search Intent

5. Struktur Konten

6. Meta Tags

7. Backlink

8. Kecepatan Website

 

Panduan SEO 2020

panduan seo
panduan seo

Pada penerapan Panduan SEO 2020 ini, ada setidaknya 8 hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi SEO . Anda bisa menerapkan kedelapan hal ini pada website Anda agar meningkatkan peringkat di pencarian.

 

Memahami Domain Authority 2.0

domain authority
domain authority

Domain Authority adalah skor yang menunjukan seberapa baik peringkat website yang dinilai dari alamat domain yang digunakan.

Skor Authority dihitung dari nilai 1 hingga 100. Jadi semakin tinggi  skor domain authority dari sebuah domain, maka dapat dianggap lebih mendapatkan peringkat SEO yang baik.

Lalu penilaian domain authority ini berdasarkan apa?

Dulu, domain authority ditentukan dari penilaian tautan atau link yang terdapat pada sebuah halaman website itu sendiri.

Tapi sekarang, Google telah mengevaluasi website berdasarkan Keahlian (Expertise), Otoritas (Authoritativeness), dan Kepercayaan (Trustworthiness) atau istilah ini dikenal di dunia pakar SEO adalah E-A-T.

E-A-T juga masih dalam bagian Domain Authority 2.0.

Nah, sekarang bagaimana meningkatkan E-A-T pada website Anda ? berikut caranya :

1. Jadilah seorang yang ahli dalam bidang sesuatu

Google ingin menampilkan konten yang ditulis oleh pakar ahli yang sesuai bidangnya. Nah jika memang Anda memiliki keahlian di bidang bisnis Anda, maka buatlah konten tersebut memang benar-benar berdasarkan ilmu yang Anda pahami agar konten Anda terlihat unik dari yang lain.

Alternatif lain, Anda dapat merekrut seseorang yang ahli dalam suatu bidang kemudian membuat konten untuk website Anda.

2. Tambahkan Informasi Detail seputar Website Anda

Anda dapat menambahkan informasi seputar halaman kontak, referensi tautan atau link eksternal dari berbagai sumber, Kebijakan privasi dan persyaratan layanan, dan Author di setiap artikel pada website Anda.

Hal ini agar website Anda benar-benar terbukti kredibel akan informasi yang tertera dalam konten website Anda sehingga meningkatkan otoritas website Anda.

3. Sertakan Kutipan dari Public Figure, Pakar, Influencer jika Konten Anda terdapat informasi yang bersumber dari mereka.

Jika pada konten website yang Anda buat terdapat hasil riset dari pakar ahli, quotes, atau suatu pernyataan dari orang yang bersangkutan, Anda dapat menyertakan kutipan tsb ke dalam konten Anda. Hal ini karena dapat membantu meningkatkan otoritas website Anda ketika menyertakan kutipan mereka. Jadi jangan ragu untuk menambahkan kutipan dari pakar ahli.

 

visual search
visual search

Banyak orang lebih tertarik dengan melakukan pencarian visual dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan pencarian visual sangat membantu untuk menemukan petunjuk arah, pencarian sebuah model produk, resep, informasi nutrisi dsb. Itulah alasan mengapa pencarian visual lebih diinginkan sebanyak 62.2% kaum millennial muda (usia 18-20 tahun) daripada kaum millennial dewasa (usia 21-34 tahun). Nah sekarang bagaimana cara mengoptimalkan pencarian visual ?

Hasil pencarian visual ini berkaitan dengan optimasi SEO gambar. Jadi, hal yang harus Anda lakukan adalah menggunakan nama file pada gambar di website Anda serta menambahkan “alt text” di setiap gambar yang akan Anda update di website Anda. 

 

Strategi SEO dengan menggunakan Video

SEO Video
SEO Video

Konten dengan video sekarang sudah mulai banyak diminati. Untuk itu, Anda perlu juga memulai strategi dengan konten video dalam menampilkan informasi tentang bisnis Anda.

Dengan Anda membuat konten video, hal ini akan mempermudah pelanggan Anda untuk lebih memahami bisnis Anda serta lebih menarik untuk ingin tahu tentang bisnis Anda.

Selain itu, dengan optimasi yang tepat, potensi informasi Anda untuk menempati posisi teratas di google juga tinggi lho, karena dari pihak google juga memberikan keunggulan bagi informasi yang relevan dengan pencarian user akan berpotensi untuk di berikan ruang ke posisi teratas di pencarian di mesin pencari google.

Nah agar konten video Anda bisa menempati posisi teratas di pencarian, maka Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut ini :

1. Atur Konten informasi dalam Video Anda menjadi beberapa part

Caranya adalah misalkan konten video adalah berisi tentang informasi “Bisnis minuman Boba” dengan durasi video 6 menit, maka dalam di konten video tsb, Anda bisa memecah bagiannya seperti 2 menit mengenai industri bisnis boba, 2 menit selanjutnya mengenai cara pembuatan minuman boba, dan di 2 menit terakhir mengenai cara berjualan minuman boba.

2. Optimalkan SEO pada video Anda

Agar video Anda mudah di cari dan mendapatkan peringkat tinggi di pencarian, maka Anda harus melakukan optimasi SEO pada video Anda seperti memilih judul yang menarik sesuai dengan kata kunci yang ditarget, menambahkan deskripsi di sertai kata kunci yang ditarget, dan menambahkan tag sebagai kata kunci yang memudahkan jenis konten apa yang Anda buat.

3. Berikan subtitle atau transkrip di video Anda

Jika konten video Anda ingin dapat menjangkau serta mudah dimengerti banyak orang, Anda dapat menambahkan subtitle atau transkrip dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. Hal ini jauh lebih baik dibanding konten video Anda tidak menggunakan transkrip karena dapat membantu orang yang menonton video Anda jika seandainya ada bagian yang suaranya kurang dapat dipahami. 

4. Buatlah konten video Anda lebih banyak di youtube

Semakin banyak konten video yang Anda buat, maka potensi orang untuk tertarik ke bisnis Anda akan semakin besar.
Anda bisa melihat contoh dari video-video di youtube yang di buat oleh content creator dengan beberapa episode sehingga orang-orang selalu mendapatkan informasi baru dan terkait dengan konten yang disajikan. Anda bisa meniru strategi ini dalam membuat video Anda.

 

voice search
voice search

Voice Search atau penelusuran melalui suara merupakan salah satu fitur dari Google yang memudahkan pengguna dalam mencari suatu hal di mesin pencari.

Ditambah lagi, sekarang banyak orang yang beraktivitas melalui smartphone yang memiliki fleksibilitas dalam berinternet sehingga voice search ini dinilai memudahkan orang ketika melakukan pencarian.

Tapi pertanyaannya sekarang adalah, Bagaimana mengoptimalkan pencarian suara atau voice search ini?

1. Konten Anda harus memiliki peringkat tinggi dalam hasil pencarian karena berdasarkan riset, Google cenderung mencari jawaban pada penelusuran suara dengan konten yang berada di peringkat 3 hasil penelusuran teratas.

2. Sertakan pertanyaan dan jawaban dalam konten Anda. Contoh jika konten website Anda membahas tentang bisnis reparasi komputer, Anda bisa menambahkan pertanyaan disertai jawabannya seperti “Bagaimana cara merakit komputer?”, lalu Anda bisa menambahkan jawabannya seperti “Cara merakit komputer ini maka Anda harus …blabla.. dst”.

 

Strategi SEO dengan optimasi Featured Snippets

featured snippets
featured snippets

Apa itu Featured Snippet ? Featured Snippet adalah fitur unggulan ketika orang mencari sebuah kata kunci tertentu di pencarian google dan menemukan jawabannya dengan tampilan ringkasan informasi yang ada di kolom cuplikan bagian paling atas.

Dengan adanya featured snippet ini, tentu memudahkan orang ketika mencari jawaban atas hal yang mereka cari secara ringkas tanpa harus klik ke halaman website tsb untuk mencari informasinya. Lalu, keuntungan bagi website yang menyediakan jawaban tsb, tentu adalah peringkat websitenya berada di posisi teratas pencarian, menarik bukan !?

Tapi yang jadi permasalahan, bagaimana agar website Anda bisa mendapatkan featured snippet dari google? Anda bisa mengikut tipsnya sebagai berikut :

1. Mulai riset kata kunci – kata kunci yang menjadi pertanyaan paling banyak dicari dan relevan dengan bisnis Anda.

2. Tambahkan Snippet Bait pada konten website Anda. Snippet bait adalah suatu blok konten yang berisi 40-60 kata yang dirancang khusus menentukan peringkat di featured snippets.

3. Pecah poin-poin pembahasan ke paragraf-paragraf berdasarkan daftar isi pada pembahasan konten website Anda

 

Strategi SEO dengan Search Intent

search intent
search intent

Sebenarnya Search Intent ini telah menjadi topik yang hangat dibicarakan di tahun 2019. Tapi di tahun 2020 ini Search intent masih berperan penting untuk panduan SEO.

Buat Anda yang baru mengenal hal ini, Search Intent adalah suatu pencarian yang memiliki maksud tujuan yang dicari oleh orang yang mencarinya, masih bingung? Gampangnya begini, ketika Anda mencari sesuatu dengan mengetikan kata kunci “HP Siomay” maka yang jawaban yang dimunculkan di peringkat teratas adalah produk dari HP Siomay tsb bukan artikel yang membahas HP Siomay.

Jadi, Google telah mengetahui maksud kata kunci yang Anda ketik dengan memberikan informasi yang relevan dengan maksud Anda. Hal ini juga membuktikan bahwa Google menjadi mesin pencari yang semakin baik dalam memberikan hasil pencarian yang tepat dengan apa yang diinginkan. 

Nah agar website Anda yang memiliki target kata kunci bisa sesuai dengan search intent, maka yang harus Anda lakukan adalah :

1. Mengidentifikasi maksud setiap kata kunci yang Anda buat

Setiap kata kunci memiliki arti tersendiri sendiri entah untuk mencari sesuatu atau membeli sesuatu. Untuk itulah kumpulkan kata kunci – kata kunci yang telah Anda riset untuk pembuatan konten website Anda kemudian identifikasikan satu-satu maksud dan tujuan kata kunci tersebut apakah tujuannya untuk mencari sesuatu atau membeli sesuatu.

2. Pastikan kata kunci yang Anda buat sudah benar-benar sesuai dengan maksud tujuan oleh orang-orang mencari konten tsb

Setelah Anda melakukan riset, mengumpulkan kata kunci – kata kunci serta mengidentifikasinya terhadap maksud dan tujuan kata kunci tersebut apakah untuk mencari sesuatu atau membeli sesuatu, kini saatnya Anda menyortirnya lalu menerapkan kata kunci-kata kunci tsb ke dalam konten website Anda sesuai dengan maksud dan tujuan Anda.

3. Revisi kembali konten website lama Anda dengan menyesuaikan search intent ini

Jika website Anda saat ini telah memiliki banyak konten di dalamnya serta beberapa di antaranya belum di sesuaikan dengan kata kunci search intent, maka Anda bisa mengedit ulang konten website Anda dan menyesuaikannya dengan kata kunci search intent. Dengan begini konten website Anda yang telah di index di Google akan semakin dioptimalkan dan berpotensi meningkat di pencarian.

 

Meningkatkan CTR pada website

Click Through Rate
Click Through Rate

CTR atau Click Through Rate adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impresi dari tayangan yang dilihat oleh pengunjung website Anda. CTR berperan penting sebagai tolak ukur seberapa besar rasio website Anda menarik orang untuk klik ke konten website Anda.

Semakin kecil angka CTR pada website Anda maka bisa diartikan website Anda kurang menarik orang untuk mengunjungi website Anda, sebaliknya semakin tinggi CTR pada website Anda maka website Anda menarik untuk di kunjungi. Nah, sekarang bagaimana meningkatkan CTR pada website Anda?

1.Sertakan kata kunci pada url website Anda

URL yang memiliki kata kunci mendapatkan 45% lebih banyak di klik di banding dengan URL yang tidak memiliki kata kunci yang di targetkan. Untuk itulah Anda perlu menambahkan kata kunci pada website Anda agar potensi website Anda di klik oleh user semakin besar.

2.Gunakan Judul yang menarik emosi pembaca agar mereka segera klik website Anda

Judul yang memiliki isi yang emosional berpeluang besar mendapatkan CTR yang tinggi. Untuk itu, pastikan kata kunci yang Anda buat harus memiliki kata-kata yang kuat yang memancing emosi orang untuk klik ke website Anda. Namun perlu diingat, judul yang Anda buat tentu harus relevan dengan fakta yang Anda buat di konten website Anda dan bukan hanya semata menarik di judulnya saja.

3. Tuliskan meta deskripsi di setiap halaman website Anda

Judul website yang menarik telah dibuat, tapi masih ada yang kurang yaitu meta deskripsi. Meta deskripsi adalah cuplikan ringkasan singkat yang menerangkan maksud pada konten website yang Anda buat secara keseluruhan. Meta deskripsi juga sebagai ruang untuk menuliskan deskripsi singkat mengenai konten website Anda.

Nah terkadang setelah membuat judul pada konten website, meta deskripsi berfungsi untuk memperjelas maksud dari judul Anda agar semakin memancing orang untuk klik ke website Anda. Jadi Anda bisa perjelas kembali ringkasan konten Anda di bagian meta deskripsi ini.

 

backlink
backlink

Ternyata di tahun 2020 ini, backlink masih memiliki peranan penting dalam meningkatkan  website di pencarian Google.

Untuk Anda yang baru tahu tentang backlink, Backlink adalah sebuah tautan/link yang mengarah ke website Anda. Artinya, jika Anda mendapatkan backlink dari website lain, maka besar kemungkinan pengunjung dari website tersebut bisa juga klik ke link website Anda dan alhasil Anda mendapatkan traffic kunjungan lebih tinggi.

Jadi, Optimasi dalam konten dan backlink ini harus saling bersinergi agar peringkat website Anda berpotensi menduduki peringkat teratas. Optimasi backlink juga biasa disebut strategi SEO Off page. Nah, bagaimana cara strategi SEO Off Page / backlink ini ? berikut caranya :

1. Membuat ulasan konten tentang produk Anda di website resmi

Anda bisa menulis ulasan website Anda di website-website resmi seperti di forum online seperti kaskus, kompasiana, liputan6 dsb. Dengan Anda menulis ulasan produk Anda kemudian menanamkan link website Anda dapat berpotensi meningkatkan SEO pada website Anda.

2. Menggunakan Media Sosial

Sosial Media menjadi tempat yang ramai di kunjungi perharinya. Jadi, hal ini menjadi langkah yang penting untuk Anda lakukan untuk menarik pengunjung dari sosial media dengan memberikan sebuah link di setiap postingan baru Anda.

3. Bangun Konten Berkualitas Tinggi

Konten yang berkualitas tinggi berpeluang mendapatkan banyak pengunjung serta menarik meningkat peringkat website Anda. Lalu dengan memiliki konten yang berkualitas tinggi, Anda bisa mendapatkan backlink dari setiap pemilik website kemudian Anda bisa menawarkan kerjasama untuk saling bertukar link website dengan para pemilik website.

4. Bangun relasi antar author website

Jika bisnis Anda terhubung ke B2B dengan mitra bisnis, Anda bisa menawarkan untuk saling memajang link masing-masing website. Selain meningkatkan peringkat SEO, hal ini juga dapat meningkatkan kredibilitas website Anda sehingga menambah trust pelanggan ke website Anda.

 

Kesimpulan

Sebagai pebisnis online dan pemilik website, strategi SEO ini penting untuk Anda terapkan jika website Anda ingin banyak dikunjungi hingga mendapatkan pelanggan. Panduan SEO sendiri selalu berkembang mengikuti perkembangan dari algoritma yang dari mesin pencari seperti Google dsb. 

Untuk itu, penting untuk Anda ketahui bagaimana perkembangan SEO terbaru agar Anda mudah dalam melakukan strategi SEO salah satunya dengan menerapkan Panduan SEO seperti pembahasan dalam topik ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di IDwebhost. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.