Panduan Mengubah Nama Domain Website Untuk Pemula
Blog Tips Keren

Panduan Mengubah Nama Domain Website Untuk Pemula

Nama domain merupakan cerminan dari apa yang ada di benak anda pada saat membuat sebuah website. Banyak yang membuat nama domain dengan menggunakan nama aslinya sendiri, nama perusahaan, nama tokoh yang disukai, atau bahkan nama yang mendeskripsikan website tersebut. Ada dua cara mendapatkan website yakni cara gratis dan cara berbayar dengan menggunakan jasa hosting IDwebhost. Cara gratis terlihat lebih menguntungkan karena anda tak perlu keluar uang sepeser pun. Tapi jangan harapkan fitur dan juga kemudahan yang diberikannya akan lebih baik dari paket yang berbayar. Selain itu, cara gratis juga artinya anda hanya mendapatkan subdomain saja, bukan domainnya. Kalau ingin mendapatkan domain sendiri satu-satunya solusi adalah dengan menggunakan jasa domain hosting.

Pastikan anda benar-benar memikirkan sebuah nama domain yang bisa anda pakai dalam waktu yang lama. Untuk jangka panjang, nama tersebut akan tetap eksis dan punya citra yang bagus. Jika anda menciptakan nama domain asal-asalan atau apa yang keluar dalam benak anda, maka hal ini akan berpengaruh pada rencana anda kedepannya nanti. Anda bahkan harus mengubah nama domain tersebut. Pertanyaanya adalah jika sudah memilih nama domain tertentu, apakah domain tersebut nantinya bisa dirubah namanya? Sayangnya, tidak. Jika sudah terdaftar dalam layanan jasa domain hosting, biasanya nama domain tersebut tidak akan bisa dirubah lagi. Karena itulah kembali lagi ditekankan diatas bahwa nama yang anda pilih harus benar-benar tepat.

Kenapa? Karena ini mencegah keinginan untuk mencegah perubahan nama di kemudian hari. Hal ini akan semakin membuat anda pusing jika anda terlanjur memilih paket hosting yang harganya lumayan besar, tapi kemudian anda terkendala dengan namanya yang kurang pas menurut hati anda. Disinilah penyesalan datang belakangan. Tapi anda tetap bisa melakukan sejumlah alternatif lain untuk mengubah nama domain tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda terapkan:

Mengubah Nama Domain Dengan Membeli Domain Baru

Panduan Mengubah Nama Domain Untuk Pemula
idwebhost

Sudah saatnya move on dengan domain lama anda. Silahkan backup domain lama anda. Kemudian beli lagi saja domain baru di jasa hosting domain IDwebhost yang tersedia. Dengan membeli domain yang baru, sudaah pasti banyak keuntungan yang akan bisa anda dapatkan. Kini anda akan memiliki domain baru yang fresh. Selanjutnya setelah website domain baru tersebut jadi, anda bisa mengimport semua file yang berasal domain anda yang lama. Dengan cara inilah maka anda pun akan bisa menciptakan sebuah web terbaik yang anda butuhkan didalamnya. Cara merubah nama domain dengan membeli domain baru adalah cara paling instan yang bisa anda terapkan.

Anda juga tak perlu cemas karena pakat IT dan staff yang ahli akan membantu anda untuk bisa membuat web baru dengan domain yang namanya sesuai keinginan anda. Hal ini pastinya akan memberikan kepada anda potensi keuntungan yang lebih banyak lagi. Di sisi lain, anda bisa melakukannya dengan cara praktis. Bagi anda yang selalu dikejar oleh waktu, pastinya anda ingin dapatkan solusi yang instan dan terbaik. Cara yang tepat inilah yang akan memberikan kepada anda peluang lebih baik lagi dibandingkan metode lain.

Untungnya lagi, anda juga bisa menciptakan domain baru dengan ekstensi yang lebih unik. Misalnya adalah .online, .net, .org, dan lain sebagainya. Dengan domain dan ekstensi website yang lebih unik, sudah pasti anda akan bisa mempopulerkan website tersebut dengan mudah. Akses menuju cPanel hosting anda juga bis dilakukan dengan login via Social Media maupun lewat Email. Jadi anda tinggal memilih saja mana yang seuai dengan kebutuhan anda saat ini. Membeli domain baru juga bisa menjadi sebuah solusi terbaik bagi anda saat ini. Lagipula data anda di website yang lama masih bisa diimport ke web baru dan seolah web anda akan bisa berganti dengan baru tanpa mengubah isi konten dan juga fitur yang tersemat di web yang lama.

Cara Mengubah Nama Domain Melalui cPanel

Panduan Mengubah Nama Domain Untuk Pemula
idwebhost

Silahkan masuk saja ke cPanel akun anda. Masukan nama login dan password yang terdapat dalam kolom yang disediakan. Selanjutnya anda tinggal menuju ke kategori Domain. Disini anda tinggal mengeklik pilihan Sub Domain atau Tambah Website. Pilihan Sub Domain hanyalah alternatif karena disini tentu kualitas dan fiturnya jauh beda dengan anda yang memilih Tambah Website. Setelah memilih untuk menambah nama website, anda bisa masuk ke langkah selanjutnya yaitu memilih tipe domain yang akan digunakan. Apakah itu aadalah domain anda sendiri atau Sub Domain gratis. Setelah semua selesai anda bisa memilih menu OK/Konfirmasi/Tambah di halaman cPanel anda. Proses pun selesai dan anda kini punya nama domain yang baru.

Tips Supaya Tidak Gonta Ganti Nama Domain

Supaya tidak gonta ganti nama domain maka anda benar-benar harus jeli dalam memilih nama domain yang anda gunakan. Ada banyak kombinasi nama yang bisa anda pilih. Pastikan memilih nama yang benar-benar bisa mencerminkan isi keseluruhan dari nama website anda tersebut. Memakai nama yang sedang ngetrend saat ini sebetulnya tidak dianjurkan karena besar kemungkinan trend tersebut akan meredup beberapa tahun kedepan, misalnya nama idola anda atau nama grup musik anda yang tidak tau apakah kedepannya nanti akan hilang atau tidak. Solusinya adalah memilih nama yang menjadi logo tersendiri dari situs tersebut. Jangan juga meniru nama dari web lain karena hal ini akan mengurangi esensi atau nilai dari web anda. Pastikan untuk melakukan analisa dan juga pencarian terlebih dahulu.

Baca Juga: Informasi Maintenance WhatsApp IDwebhost

Apalah nama domain yang anda gunakan sudah ada yang pakai atau belum ada yang pakai. Jika sudah ada maka anda sebaiknya ganti dengan nama lain. Atau jika anda memaksa ingin pakai nama yang sama gunakan ekstensi pengganti yang tersedia seperti .org, .net, .online, ataupun ekstensi lain yang terdaftar. Nama yang tepat dan pas juga akan menentukan masa depan dari website anda. Lihatlah betapa banyaknya nama website yang terkenal dan punya umur yang panjang. Tapi lihat juga ada beberapa nama yang telah hilang karena websitenya diganti dengan baru. Bagaimana cara menyikapi hal tersebut? Inilah yang disebut sebagai tak berpikir panjang sebelum membuat sebuah nama website. Jadi kalau anda benar-benar ingin membuat web terbaik, anda perlu pertimbangan yang matang untuk memilih nama yang lebih baik.

Selektif adalah Kuncinya

Panduan Mengubah Nama Domain Untuk Pemula
idwebhost

Selektif adalah kuncinya. Pilih mana nama-nama domain atau website di webhost yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan anda saat ini. Jika sudah demikian, maka anda pun akan bisa lebih mudah untuk menikmati website terbaik yang punya nama bagus dan bisa anda gunakan untuk seterusnya bahkan seumur hidup anda.  Semua itu memang butuh proses, tapi jika anda jeli dalam memilihnya tak ada masalah yang akan ditemukan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.