Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot dan WordPress
Blog Tips Keren

Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot dan WordPress

Panduan menghapus blog menyediakan kepada anda cara yang paling ampuh dan efektif untuk menghapus situs blog lama yang sudah tidak anda pakai lagi. Sebagaimana yang diketahui bahwa beberapa waktu silam penggunaan blog dan juga WordPress pastinya sedang booming-boomingnya. Anda yang terbawa suasana kemudian ikuti membuat web tanpa tau tujuan dari website itu sendiri. Tentunya setelah bosan, anda tidak lagi memakainya dan membiarkannya begitu saja. Jika sudah demikian, maka pastinya anda akan bingung dengan tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan. Semua plugin yang ada didalamnya, serta widget yang sudah anda terapkan kian usang. Selain itu, blog atau web anda mungkin punya nama yang alay sehingga membuat anda gemas untuk menghapusnya dari peredaran. Di sini anda akan bisa mengikuti panduan spesifik tentang cara melakukannya.

Sebelum Anda Menghapus Blog, Pastikan Beberapa Hal Berikut Ini

 

Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot dan WordPress
idwebhost

 

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda menghapus beberapa blog terlebih dahulu. Hal yang harus anda perhatikan antara lain apakah blog anda tersebut masih banyak pengunjungnya? Apakah blog anda tersebut ada interaksi dengan visitor setia anda? Lalu apakah isi yang ada didalamnya tidak sayang jika dihapus? Semua harus anda pertimbangkan dengan matang. Karena jika website anda sudah dihapus, maka anda tidak akan bisa memutar ulang lagi apa yang harus dilakukan. Hal ini pastinya akan mendatangkan banyak masalah kalau web  tersebut ternyata trafficnya bagus, tapi anda menghapusnya begitu saja karena alasan yang kurang jelas.

Panduan menghapus blog bisa membantu anda menghapus semua isi dari web anda. Semua konten, domain, namanya juga akan musnah dari peredaran searching engine. Jika anda sudah memantapkan hati, maka beberapa hal yang bisa anda lakukan berikutnya akan dijelaskan secara detail di bawah ini.

Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot

Panduan menghapus blog yang pertama adalah untuk tipe blogspot. Bagi anda yang menggunakan tipe web jenis blogspot, pastinya anda akan melihat bahwa pengaturan menghapus situs lebih sederhana, atau simpel. Beberapa hal yang bisa anda perhatikan antara lain sebagai berikut.

Pertama, ada bisa memulainya dengan cara login terlebih dahulu di Blogger yang sudah tersedia. Kemudian, anda bisa masuk ke pilihan Setting à Other. Disini anda akan melihat tampilan Import Content, Backup Content, dan sebuah tombol yang bertuliskan DELETE BLOG. Apakah anda ingin langsung menghapus blog tersebut? Jika iya, maka disarankan untuk melakukan backup content terlebih dahulu supaya data yang ada di website tersebut, anda punya copy-nya.

 

Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot dan WordPress
idwebhost

 

Setelah punya backup-nya, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan data tersebut di PC atau komputer anda. Jika backup sudah sukses, maka anda langsung saja ke tahap selanjutnya yaitu memilih DELETE BLOG atau HAPUS BLOG anda secara permanen dan merata. Pertanyaanya adalah apakah situs anda tersebut akan langsung hilang terhapus? Tentu saja tidak! Anda tak perlu khawatir karena nantinya anda punya waktu 90 hari untuk berpikir ulang jika tak jadi menghapus website anda. Pihak pengembang web akan memberi anda waktu 3 bulan tersebut untuk berpikir masak-masak lagi, apakah web tersebut benar-benar akan dihapus, atau anda mau UNDELETE?

UNDELETE adalah fitur untuk membatalkan penghapusan website anda. Ini hanya akan berlangsung selama 90 hari. Jadi manfaatkan waktu yang ada dengan baik.

Tapi jika anda memang sudah sangat amat yakin INGIN HAPUS WEBSITE anda, maka disini yang harus dilakukan adalah memilih menu DELETE PERMANENTLY. Apa fungsi dari tombol tersebut? Fungsinya adalah untuk menghapus blog yang anda miliki tersebut secara permanen. Dengan menghapusnya secara permanen maka anda akan benar-benar bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan didalamnya. Web anda bisa segera hilang tanpa tunggu batas waktu 3 bulan itu.

Panduan Menghapus Blog Tipe WordPress

Panduan menghapus blog yang bisa anda terapkan selanjutnya adalah men-delete WordPress anda. Mungkin anda akan melihat bahwa website WordPress tersebut memiliki tampilan yang bagus dan sayang jika dihapus begitu saja. Tapi memang jika sudah tidak dipakai lagi, buat apa anda menyimpannya terlalu lama juga? Anda bisa menghapus website WordPress anda tersebut sekarang juga. Pertama, hal awal yang bisa anda lakukan adalah dengan Login terlebih dahulu di WordPress.com. Kemudian, silahkan anda memilih sendiri menu Setting à General yang ada di dalamnya.

 

Panduan Menghapus Blog Tipe Blogspot dan WordPress
idwebhost

 

Kemudian, disitu akan tersedia beberapa Site Tools yang bisa anda gunakan, yaitu Change Your Site Address, Import, Export, dan Delete Your Content, atau yang dibawah sendiri anda bisa memilih untuk DELETE YOUR SITE PERMANENTLY atau hapus situs anda secara permanen. Disini anda bisa menghapus semua data yang ada didalamnya, baik itu postingan, page, media, data dan semua traffic yang dimiliki oleh situs tersebut. Dengan kata lain, WordPress anda akan benar-benar sudah hilang dan tidak bisa diakses lagi selamanya.

Baca Juga: Penting! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog!

Tapi sebelum menerapkan panduan menghapus blog yang dijelaskan diatas, sangatlah bijak jika anda melakukan export blog data terlebih dahulu. Fungsinya juga serupa seperti backup. Jadi data yang ada di website anda tersebut tidak akan hilang begitu saja, tapi masih ada simpanannya. Anda akan mendapatkan data export ini dengan format berbentuk .zip, .rar, dan lain sebagainya. Dari sinilah akan lebih banyak keuntungan yang akan bisa anda capai didalamnya. Jika export sudah selesai, maka tahap selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan DELETE SITE atau menghapus situs anda.

Satu hal yang pasti, jika dalam blogspot, anda diberi waktu selama 90 hari untuk membatalkan keputusan anda, hal itu tidak akan anda temukan di WordPress. Pasalnya, jika anda sudah menekan tombol YES atau CONFIRM untuk menghapus situs anda, maka web anda tersebut akan benar-benar hilang seketika itu juga.

Pertimbangkan Dengan Matang Sebelum Menghapus Sebuah Website

Panduan menghapus blog hanyalah cara yang sederhana dalam menghapus sebuah situs. Tapi yang perlu anda pertimbangkan saat ini adalah apa saja faktor yang membuat anda ingin menghapus website tersebut. Jika web anda sudah punya banyak traffic, serta anda membangunnya dengan susah payah, tentu saja hapus sebuah website adalah hal yang paling berat. Anda juga keluar banyak waktu, upaya dan biaya, tapi web tersebut harus dihapus karena suatu alasan. Jika sudah demikian, maka yang bisa anda lakukan adalah berpikir dengan baik-baik tentang bagaimana upaya anda supaya website anda tersebut terhapus tapi anda masih ada datanya.

Anda bisa menerapkan fasilitas backup yang diberikan supaya data yang anda punyai masih ada dan aman. Hal ini pastinya akan memberikan kepada anda keuntungan tersendiri. Selain menerapkan panduan menghapus blog di atas, anda harus juga meyakini bahwa keputusan ini benar-benar anda pertimbangkan dengan baik nyatanya sampai 100%.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.