Panduan Menggunakan Mozilla Thunderbird
Blog Tips Keren Panduan Menggunakan Mozilla Thunderbird

Panduan Menggunakan Mozilla Thunderbird

Thunderbird adalah aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya. Thunderbird ini adalah salah satu produk turunan dari Mozilla. Pada awalnya Mozilla selalu mengemas aplikasinya dengan Browser dan Mail Client. Namun, Mozilla mencoba memecah produknya dan membuatnya jauh lebih menarik dan ringan. Project Browsernya bernama: FireFox, dimana Project Mail Client-nya bernama: Thunderbird.

Thunderbird diproduksi untuk beberapa operating system, antara lain: Windows, Linux (Unix), atau MacosX. Thunderbird mempunyai kemampuan untuk berganti-ganti themes, dan dapat ditambahkan dengan plugin. Thunderbird juga bisa melakukan import setting dan mail dari Outlook Express, Mozilla atau Netscape. Thunderbird bisa berfungsi sebagai RSS feeder, yaitu untuk membaca atau melakukan cek blog ala RSS.

Fitur-Fitur Pada Mozilla Thunderbird

• Tab email. Thunderbird memiliki antarmuka yang mirip dengan penjelajah web. Surel akan dibuka di tab baru sehingga pengguna dapat membaca satu surel secara penuh.
• Buku kontak. Thunderbird memungkinkan pengguna menambahkan kontak baru pada buku kontak.
• Multiple channel chat. Thunderbird memungkinkan pengguna berkomunikasi secara real-time menggunakan akun media sosial Facebook, Twitter, Google Talk, dan lain-lain.
• Pengaya. Thunderbird memungkinkan pengguna untuk mengubah surel dengan tambahan fungsi atau mempercantik gayanya.
• Ubah folder. Thunderbird memungkinkan pengguna membuat folder baru atau mengganti nama folder yang sudah ada.
• Perlindungan spam/phising. Thunderbird memiliki kemampuan untuk melindungi akun Anda dari spam atau phising yang mengganggu.

Cara Menggunakan Mozilla Thunderbird

1. Mozilla Thunderbird ini berbasis open source atau gratis, Anda dapat menggunakannya secara bebas. Aplikasi dapat diinstal pada halaman: https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/
2. Setelah selesai diinstall, kemudian jalankan programnya lewat shortcut yang ada di desktop atau cari dari start menu, biasanya setelah selesai di install akan muncul tampilan Account Wizard, pilih menu email account untuk membuat layanan client email.
3. Kemudian isikan data yang diminta seperti Nama, alamat email dan password Anda. Kemudian tekan tombol Continue.
4. Pada window berikutnya tentukan pilihan konfigurasi protokol yang ingin digunakan, POP3 atau IMAP. Sedikit perbedaan POP3 vs IMAP secara mendasar, jika Anda memilih protokol POP3 (Post Office Protocol version 3) maka semua email yang ingin Anda buka dan baca akan didownload dan disimpan di dalam komputer yang digunakan dan dapat dibuka kembali tanpa koneksi internet. Sedangkan untuk protokol IMAP (Internet Message Access Protocol), selain download, email akan disimpan di server dan ada sinkronisasi antara email client.
5. Setelah selesai mensetting tekan tombol Create Account, dan selesai. Anda dapat melihat akun email pada panel yang ditunjukkan di sebelah kiri aplikasi Thunderbird.

Kelebihan dari Mozilla Thunderbird

1. Memiliki Fitur Tab yang memungkinkan Anda menampilkan e-mail secara multitab, seperti halnya Browser Mozilla Firefox. Ini merupakan terobosan yang inovatif dan memberikan kemudahan user dalam membaca e-mail.
2. Memiliki Fitur Search yang sama-sama multitab serta dilengkapi filter dan index yang memungkinkan Anda bisa mencari e-mail yang diinginkan dengan lebih cepat.
3. Memiliki Fitur Archive untuk memfilling e-mail yang masih Anda perlukan dan akan Anda simpan.
4. Memiliki fitur tambahan seperti kemampuan untuk merubah theme e-mail serta segudang add-ons yang dapat dipasang dalam aplikasi Thunderbird.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang Mozilla Thunderbird. Jika Anda sedang mencari hosting yang tepat, Anda bisa memilih Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.