Panduan Memaksimalkan Google Scholar
Blog Tips Keren Panduan Memaksimalkan Google Scholar

Panduan Memaksimalkan Google Scholar

Apakah kalian mengetahui Google scholar? Tak usah diragukan lagi, ketika kita berbicara tentang mesin pencarian paling populer di internet, nama pertama yang muncul di benak siapa pun pasti adalah Google. Raksasa informasi ini adalah titik rujukan utama untuk semua jenis pencarian online dan praktis. Tidak mungkin menemukan seseorang yang belum pernah menggunakan Google setidaknya sekali.

Selain pencarian online, Google juga menawarkan serangkaian layanan bermanfaat lainnya. Dari Google Maps ke Gmail Google menawarkan banyak kemungkinan. Tetapi ada satu layanan yang hanya sedikit orang sadari dan sangat bermanfaat yaitu Google Scholar. Jika anda masih bersekolah atau kuliah, cukup ingin menambah wawasan anda dengan artikel berkualitas, layanan ini adalah tools yang tepat untuk anda! Apakah anda ingin tahu lebih lanjut? Simaklah berikut ini!

Pengertian Google Scholar

Google Scholar adalah salah satu dari beberapa layanan yang ditawarkan oleh Google. Mirip dengan mesin pencarian utama. layanan ini adalah mesin pencarian untuk artikel ilmiah, tesis, buku, abstrak, disertasi, dan publikasi ilmiah akademis dan profesional lainnya.

Diluncurkan pada tahun 2004 sebagai fitur lain dari layanan Google, ia dengan cepat mendapatkan popularitas, memenangkan mahasiswa karena diarahkan untuk penelitian ilmiah. Hanya dua tahun setelah diluncurkan layanan dari google ini telah menerima penelitian dalam berbagai bahasa lain, yang semakin memperluas pengaruhnya dalam pekerjaan yang membutuhkan sumber informasi yang dapat diandalkan.

Tata letak layanan ini sangat mirip dengan halaman web Google itu sendiri, yang mungkin membuat beberapa orang bingung dengan mesin pencarian utama. Meskipun demikian, halaman web di mesin pencarian itu sendiri memperjelas bahwa mereka adalah dua layanan yang berbeda.

Mesin pencarian pada layanan ini adalah tools yang sangat lengkap yang dapat dianggap sebagai server kumpulan jumlah terbesar hasil artikel ilmiah. Selain hal ini, bahkan mungkin untuk mencari kutipan dalam file PDF. Misalnya untuk melakukannya yang anda butuhkan hanyalah materi yang anda cari telah dipublikasikan di internet. Tools ini juga memungkinkan penyimpanan artikel ilmiah keseluruhan atau sebagian. Sehingga anda dapat membuat perpustakaan Anda sendiri, khususnya di bidang penelitian anda.

Cara kerja Google Scholar

Mengakses layanan ini cukup mudah. Cukup klik disini atau anda dapat anda cari dengan Google. Hal ini sangat mirip dengan halaman mesin pencarian tradisional. Hanya mengubah beberapa aspek, seperti tidak adanya mesin pencarian gambar.

Untuk melakukan pencarian anda, cukup ketik istilah apa saja dan tekan “enter”. Seperti yang diharapkan, hasil pencariannya seperti mesin pencarian utama, sangat memuaskan dan memiliki algoritma yang sangat kuat. Bahkan jika anda hanya ingat kutipan dari artikel yang anda baca bertahun-tahun sebelumnya. Aplikasi ini mungkin akan dapat menemukannya dengan mudah.

Tools ini juga menawarkan opsi pencarian lanjutan. Dengan itu, anda dapat mempersempit pencarian anda dan memfilter hasil lebih jauh. Anda akan mendapatkan saran yang paling dekat dengan istilah yang anda cari.

Apa yang penting dari Google Scholar?

Lewat sudah hari-hari yang dihabiskan di perpustakaan mencari artikel tertentu yang hanya akan digunakan untuk mengerjakan tugas tugas yang di berikan. Dengan internet pertukaran informasi terus berkembang. Sebuah web yang pada dasarnya adalah lingkungan virtual tempat data dan informasi disebarluaskan dan dibagikan, terlepas dari semua kontennya.

Dalam dunia akademis, kebutuhan akan akses mudah ke sumber-sumber ilmiah dan referensi di berbagai bidang pengetahuan adalah salah satu perhatian utama bagi setiap mahasiswa atau peneliti. Sebelum adanya internet, Anda perlu waktu lama untuk menemukan artikel artikel berkualitas. Dengan layanan ini, kekhawatiran ini praktis tidak ada. Selain mengumpulkan hasil yang relevan untuk penelitian ilmiah, mesin pencarian ini juga mengumpulkan hanya publikasi yang relevan, yang dapat digunakan dalam karya ilmiah tanpa masalah.

Panduan memaksimalkan Google Scholar

Bagaimana cara melakukan pencarian lanjutan dengan Google Scholar?

Melakukan pencarian lanjutan di layanan ini itu mudah dan menghasilkan hasil yang lebih baik. Untuk melakukannya, cukup klik pada ikon menu tiga baris yang terletak di sudut kiri atas layar dan pergi ke “Pencarian Lanjutan”. Anda dapat memasukkan keywords tentang artikel yang anda cari dari tahun, publikasi sampai ke authornya.

Keuntungan

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, layanan ini adalah tools yang ampuh yang menawarkan beberapa aplikasi. Bahkan, ada banyak manfaat menggunakannya sebagai sarana untuk menemukan referensi ilmiah.

Di bawah ini kami telah mendaftarkan keuntungan utama menggunakan variasi mesin pencari paling terkenal di dunia ini.

  • Cari artikel dalam publikasi tertentu

Sebagian besar situs web yang berorientasi penerbitan akademik seringkali membingungkan dan tidak ramah pengguna, yang membuat menemukan informasi jauh lebih sulit. Kebanyakan repositori artikel ilmiah memiliki struktur lama yang tidak dapat dioptimalkan untuk penggunaan komputer, apalagi perangkat seluler.

  • Melampaui pencarian biasa dari Google

Pada saat ini, mungkin menjadi jelas bagi anda bahwa aplikasi ini melakukan pencarian yang sangat teliti terhadap situs web ilmiah top dan paling terkenal, bukan?

Tetapi untuk memberi Anda gambaran tentang perbedaan ini, Anda harus tahu bahwa antara mesin pencari tradisional dan layanan ini ada lebih dari 100.000.000.000 atau 100 miliar! Item yang terdaftar di layanan pencarian ilmiah.

  • Bangun perpustakaan yang unik dan khusus

Untuk membantu pencarian lebih lanjut dalam pengorganisasian artikel dan publikasi ilmiah. Layanan ini menawarkan fitur yang kurang diketahui tetapi sangat kuat dalam perbendaharaan karya ilmiahnya. Mereka sangat dapat disesuaikan, dengan tujuan utama menyimpan dan mengkategorikan informasi paling penting untuk proyek atau penelitian tertentu.

Kelemahan

Tentu saja seperti layanan apa pun. Layanan ini tidak sempurna dan memiliki kekurangannya. Karena itu, penting untuk mengawasi poin-poin ini untuk menghindari masalah lebih lanjut.

  • Tidak adanya artikel di bidang tertentu

Tidak semua bidang pengetahuan memiliki arsip besar hasil yang diindeks oleh Layanan ini. Di beberapa bidang masih ada karya ilmiah yang belum banyak atau lengkap.

  • Hirarki hasil yang dipertanyakan

Pada dasarnya, layanan ini mengatur hasil berdasarkan jumlah kutipan. Tetapi jika sebuah artikel tidak dapat dioptimalkan sesuai dengan teknik SEO. Artikel itu mungkin tidak muncul di halaman hasil pertama, meskipun relevan bagi para pencari.

  • Hasil yang seharusnya tidak muncul

Layanan ini memiliki keuntungan besar dalam mendukung dan memberikan kredibilitas terhadap hasil pencariannya. Namun, kadang-kadang tools ini menyajikan hasil dari sumber yang tidak ilmiah, yang berarti bahwa informasi tersebut mungkin sudah lama atau tidak dapat diandalkan.

Panduan memaksimalkan Google Scholar

Penutup

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.