Panduan Lengkap Tentang Linux Ubuntu
Blog Tips Keren

Panduan Lengkap Tentang Linux Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu yaitu :
1. Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
2. Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
3. Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary). Bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Macam-Macam Linux Ubuntu

1. Kubuntu : Kubuntu memakai sumber daya yang lebih besar dari pada pemakaian ubuntu biasa . Pada kubuntu memakai desktop environment K-Plasma.
2. Xubuntu : Xubuntu adalah ubuntu yang memakai desktop environment Xfce . Xubuntu lebih membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit.
3. Lubuntu : Lubuntu adalah ubuntu yang memakai desktop environmet LXDE. Lubuntu adalah ubuntu yang paling sedikit membutuhkan sumber daya.
4. Edubuntu : Edubuntu adalah ubuntu yang ditujukan untuk penggunaan rumahan dan sekolahan . Edubuntu adalah gabungan dari Ubuntu dengan GNOME desktop environment.
5. Mythbuntu : Mythbuntu memakai desktop environment xfce , sama dengan yang digunakan oleh Xubuntu . Mythbuntu ditujukan untuk membuat teater rumahan dengan MythTV.
6. Blackbuntu : Blackbuntu adalah ubuntu yang digunakan untuk para pengguna advance seperti hacker peretas . Seperti namanya , blackbuntu biasa digunakan untuk meretas jaringan, peretas keamanan, hingga digital forensic.

Keuntungan Menggunakan Linux Ubuntu

1. Keamanan
User account dalam Ubuntu memiliki lebih sedikit perizinan secara default daripada di Windows. Jika Anda ingin membuat perubahan ke sistem Ubuntu seperti menginstal aplikasi, Anda terlebih dahulu harus memasukkan sandi, di Windows tidak demikian. Hal ini bertujuan mempersulit eksekusi malware atau virus di dalam Ubuntu.
Ubuntu juga tidak sepopuler Windows. Inilah alasannya para hacker yang membuat virus tidak benar-benar peduli untuk menerapkannya di Ubuntu, sehingga mereka tidak perlu repot-repot membuat banyak malware ke Ubuntu.
2. Kustomasi Desktop
Windows 10 memberikan lebih banyak pilihan kustomisasi dari versi sebelumnya, tapi masih jauh dari yang diberikan Ubuntu. Ada cukup banyak keterbatasan jika ingin mengubah wallpaper dan kustomasi warna di Windows, di Ubuntu setiap aspek desktop dapat dengan mudah diubah. Ingin tombol jendela di sebelah kanan? Tidak masalah. Tidak suka ikon tertentu? Ini malah mudah dirubah. Font pun demikian.
3. Live Environment
Di Ubuntu dan banyak distribusi Linux lainnya, Anda dapat menjalankan sistem operasi Ubuntu dengan CD, atau melalui USB flashdisk dan boot up langsung dari media yang dipilih. Anda dapat menjalankan sistem operasi Ubuntu melalui media tersebut tanpa perlu menginstal pada hardisk terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai Linux Ubuntu. Jika Anda sedang mencari hosting yang tepat, Anda bisa memilih Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.