Panduan Lengkap Tentang Hosting

26 Feb 2018
Panduan Lengkap Tentang Hosting campaign-unlimited

Saat akan membangun sebuah website, Anda pelu memilki pengetahuan dasar mengenai hosting yang menjadi ‘rumah’ bagi sebuah website. Sayangnya, masih banyak orang yang belum sepenuhnya paham mengenai hosting itu sendiri. Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda memahami dengan lengkap mengenai hosting dengan cara yang sederhana bagi pemula.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah tempat bersarangnya file-file website. Sebagaimana manusia, sebuah file website juga butuh rumah alias tempat. Tentunya yang dimaksud tempat adalah server-server yang terhubung dengan jaringan internet selama 24 jam. Untuk menempati rumah file website tersebut Anda harus menyewanya sesuai dengan jenis dan ukuran.
Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Hosting?

Saat ini Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda memerlukan hosting, padahal Anda juga bisa melakukan penyimpanan file website di komputer Anda sendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan jika Anda menggunakan hosting:

1. Pasokan Listrik Selalu Stabil

Pasokan listrik dihampir semua layanan hosting selalu didukung oleh mesin generator yang memadai, yang dapat menjaga server selalu dalam keadaaan hidup bahkan dalam kondisi adanya pemadaman listrik.

2. Alamat IP Statis

Dengan menggunakan layanan hosting, Anda akan memiliki IP khusus yang hanya dimiliki oleh Anda sendiri. Berbeda dengan pengguna lain dan tidak akan pernah berubah. Ini artinya orang akan selalu dengan mudah menemukan website Anda.

Alamat IP Statis

3. Pemeliharaan Hardware Dilakukan Oleh Tim Profesional

Anda tidak akan khawatir tentang pemeliharaan hardware, karena penyedia hosting memiliki tim profesional yang dapat menjaga hardware mereka dalam keadaan baik dan dalam performa yang bagus.

4. Koneksi Super Cepat dan Stabil

Pada layana hosting, mereka memiliki kecepatan upload yang sangat cepat dan dapat melayani puluhan, ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung dalam waktu bersamaan dengan mudah. Berbeda dengan saat Anda menggunakan komputer pribadi dengan koneksi yang belum tentu stabil.

Jenis-Jenis Layanan Hosting

Pada dasarnya, hosting dibagi menjadi empat jenis yang berbeda. Tergantung dari kebutuhan website Anda. berikut adalah beberapa jenis hosting yang perlu Anda ketahui.
• Shared Hosting adalah hosting yang menggunakan server bersama sama dengan pengguna lain. Satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password yang berbeda.
VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
• Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hosting yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin mendaftarkan website menggunakan hosting terbaik, maka Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013