Panduan Lengkap Tentang Bandwidth

20 Jun 2019
Panduan Lengkap Tentang Bandwidth campaign-unlimited

Jika Anda berencana untuk membuat situs dan memilih layanan hosting, Anda tentunya perlu untuk memastikan berapa jumlah bandwidth yang Anda perlukan. Memang jika untuk situs baru, tidak mudah untuk menentukan berapa jumlah bandwidth yang Anda perlukan. Anda perlu memikirkan apa saja yang akan Anda upload ke situs baru Anda dan berapa besar sizenya. Di artikel kali ini, IDwebhost akan membahas semua hal tentang bandwidth hosting. Bagaimana cara untuk memastikan jumlah bandwidth yang Anda perlukan?

Apa itu bandwidth?

IDwebhost

Bandwidth yaitu jumlah traffic dan data yang dapat ditransfer antara situs, pengunjung dan user situs Anda, serta internet. Mungkin Anda pernah mendengar soal bandwidth internet. Semakin besar band width internetnya, semakin cepat pula koneksi internet Anda. Lalu bagaimana dengan bandwidth pada hosting? Untuk hosting, semakin tinggi band width yang Anda miliki, maka semakin cepat jaringan, konektivitas, dan sistem situs Anda.

Berapa banyak bandwidth hosting yang Anda perlukan?

menghitung jumlah bandwidth yang dibutuhkan
IDwebhost

Sebelum Anda memilih paket hosting untuk situs Anda, Anda perlu untuk memastikan berapa banyak bandwidth yang Anda perlukan. Bagi situs bisnis, seperti e-commerce misalnya, band width merupakan salah satu masalah utama yang kerap membuat bingung.

Jika website Anda hanya sebuah blog atau situs portofolio, Anda mungkin tidak membutuhkan banyak band width. Tetapi, jika Anda mempunyai website e-commerce, Anda akan membutuhkan band width yang lebih besar karena banyaknya aktivitas di situs Anda.

Baca juga : Mengenal eCommerce, Penjelasan Tentang Marketplace dan Toko Online

Bagaimana cara untuk mengetahui berapa banyak bandwidth hosting yang anda butuhkan?

Jika Anda baru membuat sebuah situs, cara yang paling efektif yang dapat Anda lakukan yaitu memperhatikan aktivitas situs Anda setelah situs Anda live. Dengan begitu, Anda dapat mengira-ngira penggunaan per bulannya dan sesuaikan dengan akun Anda. Jika Anda sudah mempunyai data-data situs Anda, Anda dapat memakai rumus di bawah ini untuk mengira-ngira berapa banyak band width yang Anda perlukan :

Rumus Untuk Memperkirakan jumlah bandwidth yang anda butuhkan

Jumlah pengunjung situs setiap harinya x Pageviews setiap harinya x Rata-rata ukuran halaman situs x 31 x angka toleransi

Jika situs Anda menyediakan konten yang dapat di-download, maka rumusnya akan sedikit berbeda. seperti berikut :

(Jumlah pengunjung situs setiap harinya x pageviews setiap harinya x rata-rata ukuran halaman situs) + (Jumlah file terdownload setiap harinya x rata-rata ukuran file) x 31 x angka toleransi

Jika Anda kurang yakin apa arti dari kata-kata di atas, berikut ini referensinya :

Elemen
Artinya
Jumlah pengunjung situs setiap harinya (rata-rata)Jumlah pengunjung situs setiap hari yang Anda perkirakan akan situs Anda dapatkan. Anda dapat mencari rata-ratanya saja dengan melihat data bulanan situs Anda karena mungkin saja jumlahnya akan berbeda-beda setiap hari.
Jumlah pageviews setiap harinyaSama dengan jumlah pengunjung situs setiap hari, Anda hanya perlu untuk mencari rata-ratanya saja dari data bulanan.
Rata-rata ukuran halaman situsRata-rata ukuran halaman situs Anda, dalam satuan kilobytes (KB)
Jumlah file terdownload setiap harinyaBerapa kali konten anda di download dari situs Anda setiap harinya?
Rata-rata ukuran file downloadBerapa rata-rata ukuran file yang di download dari situs Anda? Ukurannya dalam kilobytes (KB)
Tolerance numberAngka toleransi merupakan “room for error”. Anda bebas untuk memilih angka berapa saja, tetapi jika estimasi Anda yaitu 1, maka coba lebihkan nomor Anda. Jika Anda memperkirakan situs Anda akan mengalami perkembangan pesat, Anda dapat memasukkan angka yang lebih besar.

Jika Anda bingung apa arti dari angka 31 di rumus, itu merupakan jumlah hari dalam satu bulan. Kebanyakan para perusahaan hosting menghitung band width tiap bulanan, sehingga Anda perlu mengalikannya dengan angka 31.

Jangan sampai Anda salah menghitung

Cek rutin nomor yang Anda masukkan. Kalau Anda memasukkan angka lebih kecil atau lebih besar, perkiraan bandwidth Anda dapat kekurangan atau kelebihan. Selain itu, ingatlah bahwa para perusahaan hosting menawarkan band width dengan satuan GB. Jadi anda jangan lupa untuk konversi hasil hitungannya ke GB dari satuan KB.

Lalu bagaimana kalau situs saya akan terus berkembang?

Berapa banyak bandwidth hosting yang Anda perlukan
IDwebhost

Sebagian besar situs sebenarnya tidak memakai banyak bandwidth. Jika Anda tidak menghosting file media yang besar atau melakukan banyak streaming, Anda dapat bertahan dengan band width kurang dari 10 GB per bulan.

Sebagai contohnya, sebuah blog sederhana yang populer dengan 1000 pengunjung per hari, ukuran halamannya 100 kb serta 2 tampilan halamannya per pengunjung rata-rata hanya akan membutuhkan sekitar total 8,5 GB band width per bulan.

Tentu saja, angka-angka tersebut hanyalah perkiraan, dan ini hanya berlaku di sini dan untuk saat ini. Karena Anda tidak ingin untuk mengubah paket atau host setiap kali data Anda berubah, Anda perlu untuk merencanakan masa depan dan memberi ruang untuk perkembangan.

Beberapa faktor ini dapat memengaruhi bandwidth yang dipakai situs Anda.

Perubahan Layout. Jika Anda mengubah layout situs Anda, Anda bisa meningkatkan ukuran halaman Anda serta menggunakan lebih banyak band width.

Pertumbuhan Traffic. Tentunya Anda ingin kan situs Anda dikunjungi banyak orang?  Oleh karena itu peningkatan traffic juga harus menjadi salah satu faktor perkiraan saat Anda akan membeli band width.

Peningkatan Traffic. Peningkatan traffic yang tak terduga, seperti yang disebabkan oleh website berita, bisa menyebabkan pemakaian band width menjadi dua kali lipat, atau bahkan bisa tiga kali lipat, dalam satu bulan.

Ruang untuk Tumbuh. Saat Anda telah menambahkan lebih banyak halaman, jumlah tampilan halaman biasanya juga akan meningkat, terutama dari spider mesin telusur. Dan jika Anda ingin untuk menambahkan lebih banyak domain, biasanya jauh lebih nyaman serta terjangkau untuk melakukannya dengan akun yang sudah ada daripada dengan membuat yang akun baru.

Dalam banyak hal, untuk memilih band width sangat mirip seperti membeli kayu bakar di mana aturan umum yaitu mengumpulkan sebanyak yang Anda perlukan, kemudian melipatgandakannya. Dengan band width, Anda ingin untuk melipatgandakan perkiraan kebutuhan Anda menjadi lima atau bahkan sepuluh kali lipat.

Meskipun Anda mungkin tidak pernah memakai lebih dari sebagian kecil dari jatah band width Anda, Anda akan terhindar dari tagihan berlebih juga dari lalu lintas terberat sekalipun. Selain itu, karena band width ekstra menjadi sangat terjangkau (murah) ketika dibangun pada paket layanan, Anda tidak akan rugi untuk mengambil band width ekstra di awal. Jadi dengan anda membeli band width extra, Anda siap untuk menghadapi peningkatan situsAnda.

Kesimpulan

Di artikel ini, IDwebhost sudah membahas semua tentang bandwidth hosting, terutama bagaimana cara untuk menghitung keperluan bandwidth hosting situs Anda. Sangat penting bagi anda untuk memperkirakan berapa jumlah bandwidth yang akan Anda butuhkan untuk hosting Anda.

Dengan begitu, Anda tidak akan kekurangan bandwidth. Menambah bandwidth juga akan memerlukan biaya yang lebih besar daripada anda membeli bandwidth lebih di awal. Jika Anda ingin membeli paket hosting murah, IDwebhost menyediakan hosting terbaik Indonesia untuk Anda. Semoga artikel ini membantu ya!