Panduan Lengkap Tentang Proxy

14 Jun 2019
Panduan Lengkap Tentang Proxy campaign-unlimited

Mengakses internet saat ini mungkin diikuti dengan berbagai bahaya yang terdapat pada pelanggaran keamanan data serta pencurian identitas. Lalu apa yang terjadi ketika Anda mengakses web? Anda mungkin memakai server proxy di kantor Anda, pada Virtual Private Network (VPN) bagi Anda yang memahami teknologi , Anda mungkin memakai server proxy atau sejenisnya. Di artikel kali ini, IDwebhost akan membahas pengertian proxy, apa saja manfaat dan resiko menggunakan proxy, serta jenis-jenis proxy yang dapat Anda gunakan.

Apa itu proxy?

Proxy merupakan sebuah software yang bekerja sebagai perantara antar jaringan lokal, misalnya komputer Anda dengan jaringan yang lebih besar, seperti internet. Bisa dibilang dia bekerja sebagai pemisah antara pengguna dengan website yang Anda akses. Dia menyediakan berbagai fitur, keamanan, dan privacy sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memakainya, traffic internet akan mengunjungi alamat website yang Anda melalui server tersebut. Permintaan Anda akan kembali melalui servernya tersebut, lalu server tersebut akan meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda.

Server tersebut bekerja dengan menghentikan koneksi antara pengirim dan penerima. Semua data yang masuk melalui satu port akan diteruskan ke seluruh jaringan melalui port lain. Dengan memblokir langsung akses antara dua jaringan, server tersebut membuatnya jauh lebih sulit bagi peretas untuk mendapatkan alamat internal serta detail jaringan pribadi.

Apa itu proxy
IDwebhost

Beberapa server tersebut merupakan sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Misalnya, proxy HTTP mencegah akses web, dan proxy SMTP mencegah email. Server tersebut memakai skema pengalamatan jaringan untuk menyajikan sebuah alamat IP milik organisasi ke internet.

Server memasukkan semua permintaan user ke internet dan mengembalikan respons kepada user yang sesuai. Selain membatasi akses dari luar, mekanisme tersebut dapat mencegah user dari jangkauan sumber daya internet tertentu (misalnya sebuah situs). Server tersebut juga dapat menjadi salah satu komponen firewall.

Kemudian, dia juga bisa meng-cache halaman web. Setiap kali user internal meminta URL dari luar, salinan sementara disimpan di lokal. Saat berikutnya user internal meminta URL yang sama, dia dapat melayani salinan lokal dengan mengambil dokumen asli di seluruh jaringan. Ini tentunya akan membantu meningkatkan performance.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana cara kerja proxy?

Setiap komputer yang memakai internet memerlukan IP address. IP address dapat disamakan dengan nama jalan di rumah Anda. Jika kantor pos perlu untuk mengirim sesuatu ke rumah Anda, mereka perlu mengetahui nama jalan di mana Anda tinggal. Konsep IP address pun sama. Internet perlu mengetahui IP Address Anda supaya mereka mengirim data yang benar ke komputer yang benar.

Pada dasarnya, proxy merupakan sebuah komputer dengan internet yang mempunyai IP address mereka sendiri tetapi hanya diketahui oleh komputer Anda. Ketika Anda mengirim sebuah requst, akan masuk ke server terlebih dahulu. Kemudian, server tersebut akan membuat permintaan, mengambil response dari server situs, lalu mengantarkannya ke browser Anda.

Ketika server tersebut meneruskan permintaan situs Anda, dia bisa membuat perubahan pada data yang Anda kirim serta masih mendapatkan informasi yang Anda harapkan untuk dilihat. Server tersebut bisa mengubah alamat IP Anda, sehingga server web tidak mengetahui persisnya di mana Anda berada di dunia. Ini bisa mengenkripsi data Anda, sehingga data Anda tidak bisa dibaca saat transit. Dan terakhir, server tersebut bisa memblokir akses ke halaman web tertentu, berdasarkan pada alamat IP.

Manfaat Menggunakan Proxy

Ada 5 alasan mengapa banyak orang dan organisasi memakai proxy :

1. Untuk mengontrol pemakaian internet karyawan dan anak-anak

Salah satu alasan mengapa organisasi dan orang tua menggunakan server tersebut untuk mengontrol dan memonitor bagaimana para karyawan atau anak mereka memakai internet. Ada juga organisasi yang tidak menginginkan karyawannya untuk membuka berbagai situs yang mengganggu produktivitas mereka.

Dengan proxy, mereka dapat mengatur supaya karyawannya tidak bisa mengakses situs tertentu. Selain itu, mereka juga dapat memonitor dan me-log semua permintaan web, Jadi meskipun mereka tidak mem-block situs-situs tersebut, mereka dapat mengetahui berapa banyak waktu yang karyawannya menghabiskan di situs tersebut.

Bagaimana cara kerja proxy
IDwebhost

 

2. Menyimpan bandwidth serta meningkatkan kecepatan

Organisasi juga bisa mempunyai kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan. Seperti yang sudah disebutkan diatas. Server proxy dapat melakukan cache. Jadi saat Anda meminta data dari situs yang pernah Anda akses sebelumnya, mereka hanya perlu untuk mengambil dari simpanan mereka.

Jadi, kalau ada ribuan orang mengakses situs yang sama dengan yang Anda akses, dia hanya perlu mengirim satu permintaan ke situs tersebut. Ini dapat menyimpan bandwidth serta meningkatkan kecepatan.

3. Privacy terjaga

Individual dan organisasi yang memakainya untuk mengakses internet sebenarnya mempunyai privacy yang lebih terjaga. Beberapa proxy akan mengubah alamat IP serta informasi pribadi lainnya. Ini artinya server destinasi tidak akan mengetahui siapa yang sebenarnya membuat permintaan. Ini tentunya akan membantu untuk menjaga privacy serta informasi pribadi Anda.

4. Keamanan yang lebih baik

Selain privacy, server proxy juga bisa menjaga keamanan. Anda dapat melakukan konfigurasi pada server tersebut untuk mengenksripsi permintaan situs Anda supaya tidak ada yang membaca lalu lintas data Anda.

Anda juga bisa mencegah situs malware yang mengakses apapun. Organisasi juga dapat menggabungkan server proxy mereka dengan VPN, sehingga user jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan.

VPN merupakan koneksi langsung ke jaringan perusahaan dari perusahaan kepada user eksternal atau jarak jauh. Dengan memakai VPN, perusahaan bisa mengontrol dan memverifikasi bahwa user mereka mempunyai akses ke sumber daya (email, data internal) yang mereka butuhkan, dan juga menyediakan koneksi aman bagi user untuk melindungi data perusahaan.

Baca juga : 5 Ekstensi VPN Terbaik untuk Google Chrome

5. Akses ke resources yang di block

Servernya memungkinkan user untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan ataupun pemerintah. Masuk ke servernya yang berada di negara lain dan Anda bisa membuka berbagai situs yang di block.

Server tersebut membuatnya Anda seperti berada di California, tetapi Anda sebenarnya tinggal di daerah anda. Beberapa negara di seluruh dunia memantau dan membatasi akses ke internet serta server tersebut menawarkan warga mereka mengakses ke internet tanpa sensor.

Risiko Menggunakan Proxy

Meskipun menawarkan berbagai manfaat, proxy juga mempunyai beberapa risiko yang perlu Anda ketahui.

Tidak semua layanan proxy gratis itu aman. Siapa yang tidak mau memakai layanan gratis? Tetapi tidak semua layanannya gratis itu aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak mempunyai enkripsi atau backend hardware yang aman.

Kinerjanya mungkin tidak akan sebaik layanan berbayar dan juga tidak dienskripsi mungkin karena memiliki isu keamanan. Jika Anda menemukan layanannya yang memang gratis, ingat untuk tetap berhati-hati.

Log sejarah browsing (browsing history). Proxy yang Anda gunakan mempunyai IP address original serta informasi request Anda. Coba anda cek apakah layanan Anda me-log dan menyimpan semua data Anda. Lalu ketahui juga terms and conditionsnya. Apakah data Anda sudah benar aman. Jika Anda ingin memakainya untuk melindungi data Anda padahal layanan yang Anda gunakan menjual data Anda ke pihak ketiga tentunya itu akan merugikan privacy anda.

Ada proxy yang tidak dienskripsi. Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada jenis yang tidak dienskripsi. Lalu apa artinya kalau tidak dienskripsi? berarti Anda mengirim request kedalam bentuk plain text. Semua orang dapat melihat username, password, serta informasi akun Anda dengan mudah. Jadi pastikan bahwa layanan yang Anda pakai sudah dienskripsi.

Risiko menggunakan proxy
IDwebhost

 

Jenis-jenis Proxy

Tidak semua proxy cara bekerjanya sama. Oleh karena itu, Anda harus mengerti fungsionalitas seperti apa yang Anda peroleh dari proxi yang Anda pakai. Ini juga supaya Anda tidak salah memilihnya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Transparent proxy. ini memberi tahu situs web bahwa itu merupakan server proxy lalu akan meneruskan alamat IP Anda, dan mengidentifikasi Anda ke server web. Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering memakai jenis ini untuk pemfilteran konten, mereka mudah untuk menyiapkan untuk klien dan server.

Anonymous proxy. ini akan mengidentifikasi sendiri sebagai proxy, tetapi tidak meneruskan alamat IP Anda ke situs web, ini untuk membantu mencegah pencurian identitas dan menjaga privasi penjelajahan Anda. Mereka juga bisa mencegah situs web dari melayani Anda menargetkan konten marketing berdasarkan lokasi Anda.

Misalnya, jika CNN.com mengetahui Anda tinggal di Jakarta, mereka akan menampilkan sebuah berita yang menurut mereka relevan dengan Jakarta. Menjelajah secara anonymous akan mencegah situs web memakai beberapa teknik penargetan iklan, tetapi ini memang bukan jaminan aman 100%.

Distorting proxy. Ini akan menyampaikan alamat IP palsu untuk Anda saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Ini berfungsi sama sebagai proxy anonim, tetapi dengan mengirimkan alamat IP palsu, Anda bisa terlihat berasal dari lokasi berbeda untuk dapat mengakses konten yang di-block.

High anonymity proxy. Ini secara rutin akan mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web, sehingga sangat sulit untuk melacak berbagai lalu lintas apa yang menjadi milik siapa. jenis ini merupakan cara paling pribadi dan aman untuk mengakses internet.

Kesimpulan

Di artikel ini, IDwebhost sudah membahas semua hal tentang proxy. Pada dasarnya, Anda bisa memakai proxy untuk menjaga data pribadi Anda serta keamanan selama Anda mengakses internet. Tetapi, Anda juga harus memastikan apakah layanan proxy yang Anda pakai aman dan tidak menyalahgunakan data Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut, Anda boleh meninggalkan komentar di kolom komentar ya. Semoga artikel ini membantu anda!

Penulis
Member since 2 Jul 2013