Panduan Lengkap Optimasi SEO Update
Blog Tips Keren Panduan Lengkap Optimasi SEO Update

Panduan Lengkap Optimasi SEO Update

Salah satu tujuan dari membuat website adalah untuk menjangkau visitor sesuai dengan target pasar yang telah kita buat. Baik sebagai pembaca atau pun pembeli dari informasi yang kita berikan. Nah, upaya agar artikel yang kita tulis sampai kepada pembaca, maka kita memerlukan Optimasi SEO. Persoalannya, SEO ini berubah-ubah, mari kita pelajari bersama panduan lengkap optimasi SEO Update kali ini.

Mengapa kita perlu melakukan optimasi SEO Update? Pertanyaan ini paling sering disampaikan dalam forum SEO, ada sebagian dari pakar SEO yang beranggapan bahwa SEO menjadi nomor dua ketika konten yang kita buat asli dan bermanfaat bagi para pembaca, karena pembaca sendiri yang akan menjadi pemasaran dari konten kita.

Pernyataan demikian tidak dapat kita salahkan, namun sungguh sayang jika kita tidak menggabungkan kemampuan kita dalam membuat konten artikel yang bermanfaat dengan Optimasi SEO Update. Mengapa? Karena logika pencarian informasi dalam hal ini konten tetap dipegang oleh para pengguna dan juga mesin pencari.

Nah, kalau sudah bicara mesin pencari maka salah satu referensi kita adalah Google. Apa yang Google lakukan dalam menyajikan hasil pencarian user inilah yang kemudian kita pelajari dan amati menjadi sebuah teknis SEO. Apakah menjalin 100% untuk muncul dalam pencarian Google? Tentu tidak ada jaminan, namun dengan menerapkan SEO yang disesuaikan dai Algoritma Google maka pencarian dari artikel yang kita tulis akan lebih mudah ditemukan.

Setiap tahun Google memperbaharui Algoritma Google, pembaharuan ini sering kali menjadikan Optimasi SEO yang telah kita lakukan sebelumnya pun harus dilakukan update. Nah apa saja sih Optimasi SEO update yang perlu kita lakukan? Berikut adalah update Optimasi SEO terbaru yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan performa pencarian website Anda di rangking Google.

1. Optimasi SEO Update Untuk Pengguna Mobile

Optimasi SEO Update Untuk Pengguna Mobile

Sejak tahun 2018 Google mulai mengerjakan secara serius temuan mereka untuk masa mendatang, yaitu pengguna mobile yang akan terus meningkat. Maka Google menyiapkan berbagai optimasi yang bisa memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna mobile.

Salah satu yang diluncurkan sejak tahun 2018 dan berlaku sampai hari ini adalah Google Mobile First Index, yaitu model penilaian atau rangking yang dilakukan Google dengan memperhitungkan seberapa mudahnya sebuah website di akses oleh perangkat mobile.

Karenanya kini para pemilik website harus memperhatikan bagaimana tampilan website mereka untuk mobile, apakah sudah mobile Friendly? Apakah sudah dapat diakses dengan ringan? Sudah dapat menyesuaikan dengan berbagai perangkat mobile? Jika jawabnya belum, maka Anda harus segera melakukan optimasi untuk pengguna mobile website Anda.

Untuk mempermudah Anda mengetahui apakah website Anda sudah melakukan optimalisasi SEO update untuk pengguna mobile sesuai dengan Google Mobile First Index, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Untuk website mobile Anda perlu menggunakan CSS, Jawa Script, dan juga media yang mendukung tampilan website dalam bentuk sama baik desktop maupun mobile.
  2. Anda perlu untuk mengatur responsif website, yaitu agar tampilan website tetap baik jika diakses di berbagai device, termasuk pada mobile.
  3. Anda perlu untuk cek performa website versi mobile Anda, kamu bisa menggunakan tools Google Mobile Checker dan lihat hasilnya.

2. Optimasi SEO Media untuk Pencarian Video, Gambar dan Suara

Mesin Pencari seperti halnya Yahoo, Bing, dan tentu saja Google semakin mempermudah pencarian pengguna untuk berbagai kebutuhan. Kini tidak hanya menghadirkan pencarian dalam bentuk teks, namun juga dalam berbagai bentuk media lain seperti Vide, Foto atau Gambar, dan juga Suara.

Coba Anda perhatikan ada berapa jenis hasil pencarian dari satu kata kunci yang Anda ketik di Google? Ada dalam bentuk berita, belanja, buku, dan juga hasil pencarian media yaitu; gambar, video dan audio, serta berbagai bentuk lain. Pertanyaannya berapa media pendukung yang website bisnis Anda miliki dalam satu artikel? Apa hanya teks artikel dan gambar fitur saja? Atau lengkap dengan info grafis, ilustrasi bahkan video?

Maka, dalam menjalankan Optimasi SEO update kita harus bisa mengambil semua celah pencarian yang dimiliki Google. Caranya dengan menggunakan gambar atau foto yang relevan dengan artikel yang Anda buat, apa lagi jika Anda bisa membuat info grafis, akan semakin mendukung pencarian gambar Google.

Selain itu Anda perlu untuk membuat tambahan video pendukung dalam artikel Anda. Jika Anda adalah konte kreator Youtube tentu Anda akan paham bagaimana Algoritma Pencarian Youtube, dan bagaimana Youtube menjadi salah satu mesin pencari yang begitu luar biasa.

Kita bisa melakukan optimasi SEO Update dengan menjadikan Youtube sumber link bagi website kita, dan juga menjadikan konten video di Youtube sebagai tambahan untuk memperkuat artikel kita dengan cara menambahkan embed video Youtube di blog.

Lebih lanjut bahkan kita telah melihat bagaimana mesin pencari telah mampu ‘mendeteksi’ ucapan dari pengguna smartphone, sehingga bisa menghadirkan iklan yang sesuai dengan apa yang mereka diskusikan. Padalah mereka belum melakukan pengetikan di mesin pencari.

Fitur ‘pengolah data suara’ ini memang masih kontroversi, karena mengancam privasi seseorang, namun sudah berjalan. Anda bisa membuktikan dengan mengingat apa yang Anda ingin cari atau beli ketika masih di rencanakan bersama tim, kemudian muncul sebagai rekomendasi di gawai Anda.

3. Tingkatkan Konten Anda Untuk Pembaca

Tingkatkan Konten Anda Untuk Pembaca

Di atas kita sudah membahas bagaimana optimasi SEO Update yang berkaitan dengan pembaruan yang dilakukan untuk mengimbangi update Algoritma Google. Namun, satu hal yang harus Anda ingat adalah, bagaimana pun bagusnya website Anda, Google akan tetap menjadikan konten Anda sebagai penilaian utama dalam membuat rangking Google.

Artinya, walau Google mempekerjakan mesin dalam melakukan rangking, namun mereka akan terus melakukan update yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna atau pembaca sebuah website. Anda tidak bisa melakukan optimasi SEO dengan cara curang, melakukan spam untuk kata kunci, sudah tidak lagi menjamin kualitas website Anda di rangking Google.

Maka, dalam menjalankan Optimasi SEO update Anda harus mengimbangi dengan kemampuan membuat konten terbaik bagi pembaca Anda, karena yang menjadi raja adalah pembaca Anda, mereka yang akan mendapat manfaat atau menjadi target market dari website Anda.

Optimasi SEO Update dengan terus menghadirkan konten yang memang sesuai dan nyaman untuk pembaca, memberikan informasi yang bermanfaat dan berkualitas. Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang memiliki unsur E-A-T. Apa itu Unsur EAT? Berikut penjelasannya:

  1. Expertise; dalam membuat konten Anda diharuskan memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai dengan topik yang Anda buat.
  2. Authority; dalam membuat konten fokus Anda jangan hanya mencari pembaca dengan mengandalkan keyword, namun konten Anda dapat memberikan inspirasi bagi pembaca Anda.
  3. Trustworthiness; dalam membuat konten, Anda harus menggunakan info valid dan dipercaya, sehingga webiste Anda menjadi referensi yang terpercaya untuk pembaca Anda.

 

4. SEO Update Membutuhkan Kecepatan Website Anda

Tingkatkan Kecepatan Website Anda

Berapa detik yang dibutuhkan sebuah website untuk menyajikan konten mereka kepada pembaca? Dalam berbagai penelitian ternyata hanya butuh waktu 15 detik untuk orang menutup website Anda dan mencari informasi di website lain dalam hasil pencarian mesin pencari. Artinya, kecepatan sebuah website untuk menghadirkan konten menjadi penentu apakah website Anda akan direkomendasikan oleh mesin pencari atau tidak.

Google sudah sejak lama memperkenalkan Google AMP atau Accelerated Mobile Pages. AMP adalah teknologi yang dikembangkan oleh Google yang mana bertujuan untuk memberikan kecepatan sebuah website untuk menyajikan konten kepada pengguna. Walau Google AMP menjadi salah project idealis dari Google untuk menjawab keinginan pengguna mendapatkan informasi dengan cepat.

Nah, Anda perlu untuk meningkatkan website Anda, jika belum memiliki versi AMP maka Anda perlu memasak AMP di website Anda. Untuk mengetahui seberapa cepat website Anda, salah satu caranya bisa menggunakan Google Pagespeed

Kualitas dari hosting juga mempengaruhi kecepatan dari website Anda. Maka Anda perlu untuk menggunakan hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Jangan sampai website Anda tidak bisa mendapatkan pengujung karena selalu down sebab hosting Anda tidak optimal.

Anda bisa menggunakan Hosting Kualitas Terbaik IDwebhost untuk meningkatkan performa kecepatan website Anda. Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Panduan Lengkap Optimasi SEO Update semoga dapat menjadi referensi Anda dalam meningkatkan website Anda, dan bisa mempermudah Anda dalam Optimasi SEO Update agar bisa muncul dalam pencarian pertama Google. Jangan lewatkan penawaran harga menarik untuk pembelian domain murah hanya di IDwebhost. Terima kasih, salam Ari IDwebhost.