Panduan Lengkap Mengenai Favicon
Blog Tips Keren Panduan Lengkap Mengenai Favicon

Panduan Lengkap Mengenai Favicon

Mungkin beberapa blogger atau pelaku bisnis online belum mengetauhi apa itu favicon dan bagaimana cara memasang favicon di blog-nya. Pada artikel kali ini,kami akan membahas tentang favicon yang perlu Anda ketahui.
Favicon merupakan singkatan dari Favourite Icon. Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah gambar favorit. Favorit dari apa? Gambar favorit dari semua gambar yang ada pada sebuah website. Biasanya gambar yang menjadi favorit pada sebuah website tentu saja logonya. Maka logo itulah yang ditampilkan pada adress bar atau tab browser. Istilah lain untuk logo yang tampil pada adress bar browser tersebut adalah shortcut icon, website icon, url icon, atau bookmark icon. Namun istilah yang paling umum digunakan adalah Favicon.

Fungsi Favicon

Fungsi utama dari pembuatan Favicon adalah sebagai penanda unik dari website atau blog Anda. sebagai lambang visual dari halaman website. Melalui sebuah favicon, pengunjung akan mengetahui lebih jauh tentang website Anda, bidang apa yang digeluti, dan konten apa yang tersedia di dalamnya. Misalnya saat pengunjung melihat logo huruf F dengan background biru, tanpa membaca lebih lanjut mereka akan tahu bahwa itu milik Facebook sebagai sosial media yang populer.

Melalui fungsi di atas, maka desain dari sebuah favicon tentu sangat menentukan penerimaannya untuk pengunjung. Dia adalah ujung tombak dari sebuah halaman website. Dengan adanya Favicon yang menarik dan elegan, maka dapat membangun traffic yang tinggi hingga menimbulkan konversi bagi bisnis Anda.

Cara Memasang Favicon di Blog

1. Siapkan gambar yang ingin Anda jadikan favicon.
2. Masuk ke Favicon Generator, atau Favicon Gallery untuk langsung mengedit gambar yang Anda pilih tadi untuk kemudian dijadikan favicon. Di masing-masing favicon generator Anda tinggal mengupload saja file gambar melalui Choose File dan biarkan mereka yang membentuk gambar tersebut menjadi sebuah favicon berukuran 32 x 32 pixel atau 64 x 64 pixel.
3. Setelah itu download hasil editan favicon tersebut ke komputer atau laptop Anda.
4. Buka Photo Bucket atau file hosting yang Anda miliki dan upload kembali favicon tadi ke dalamnya. Hal ini gunanya untuk mendapatkan file URL favicon tersebut. Setelah selesai, silahkan copy Direct URL dari favicon tersebut. Pada dasarnya tugas Anda sudah selesai. Selanjutnya tujuan utama Anda adalah memasang favicon yang sudah dibuat ke dalam blog.

Memasang Pada Blogspot

1. Log in ke Dashboard Anda dan masuk ke bagian Design kemudian ke Page Element atau Tata Letak.
2. Setelah itu perhatikan template element blog Anda yang tergambar seperti sketsa. Setelah itu di bagian atas terdapat sketsa Favicon, dan kemudian klik Edit.
3. Kemudian sebuah halaman pop up akan muncul dimana Anda diminta untuk mengupload file favicon. Klik Choose File dan masukkan atau upload gambar favicon Anda tadi ke dalamnya. Jika diminta URL-nya saja, silahkan copy Direct URL dari Photo Bucket atau file hosting lain tempat Anda mengupload favicon tadi.
4. Perlu diingat bahwa ukuran favicon yang diperbolehkan kurang dari 100kb dan berbentuk persegi.
5. Selesai. Setelah itu coba buka blog Anda dan refresh, kemudian lihat hasilnya. Jika belum terlihat, coba buka blog Anda di browser lain.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang favicon. Jika Anda seorang web developer dan sedang mencari hosting yang tepat untuk website, Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.