Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Dasar untuk Pemula
Blog SEO Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Dasar untuk Pemula

Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Dasar untuk Pemula

Halo apakabar sahabat IDwebhost pastinya sehat, penuh semangat, dan sukses. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang panduan optimasi SEO dasar untuk pemula. Yuk ikuti pembahasan ini dan jangan ketinggalan update-update artikel menarik lainnya ya. Bagi pemilik website atau blog tentunya menginginkan pengunjung yang terus meningkat. Karena memang semua webmaster tentunya akan berupaya dengan berbagai teknik untuk bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Namun demikian untuk mendapatkan peringkat atas tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa aspek dan faktor yang perlu diperhatikan salah satunya adalah SEO.

Dengan penerapan optimasi SEO inilah memungkinkan website bisa menempati peringkat hasil pencarian tersebut. Disisi lain bagi para pemula tentunya akan menjadi tantangan tersendiri, karena memang masih awam bahkan untuk optimasi sekalipun. Bagi kalian yang baru memulai untuk membuat website cemas karena semua orang berhak mendapatkan peringkat atas Google search ini.

Baik itu pemula maupun yang sudah lama berkecimpung dalam mengelola website semua memiliki kesempatan untuk bisa mengoptimasi websitenya sehingga bisa memiliki peringkat baik di mesin pencari. Bahkan SEO master sekalipun mereka akan terus belajar karena memang algoritma Google yang terus diperbarui sehingga tidak ada yang tahu pasti perubahan apa yang akan terjadi pada update selanjutnya. Dengan demikian strategi optimasi SEO pun terus diperbarui, jika tidak maka seorang seo master pun akan kesulitan untuk bersaing mendapatkan peringkat hasil pencarian.

Jika sahabat IDwebhost adalah sebagai pemula yang ingin belajar SEO dasar pada artikel ini sahabat akan belajar SEO dasar lengkap dan mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Tentunya sahabat IDwebhost tahu kan jika mendapatkan peringkat atas pencarian maka potensi klik oleh pengunjung akan semakin besar. Dengan demikian maka pengunjung atau traffic dan leads dari website kalian akan terus meningkat.

Sekilas mungkin teknik optimasi SEO pada website ini terlihat rumit untuk dilakukan, namun sebenarnya jika kalian sudah mengenal SEO dasarnya akan sangat mudah untuk dipahami. Nah untuk memulainya ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu terkait pengertian SEO ini sebagai berikut.

Pengertian SEO

Apa itu SEO?

Untuk memulainya kalian harus tahu dahulu konsep dasar SEO ini seperti apa sehingga nantinya akan lebih mudah untuk menuju ke level selanjutnya. SEO yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimization adalah beberapa upaya yang dilakukan untuk optimasi website sehingga bisa mendapatkan peringkat atas dari hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian maka potensi mendapatkan trafik tinggi akan meningkat.

Pengertian SEO

Tutorial Belajar Kelas SD (SEO Dasar) Terbaru

Ya memang benar jika di artikan makna pengertian SEO ini sangat sederhana yaitu mengoptimalkan mesin pencari. Meskipun dari penjelasan singkat diatas namun untuk penerapannya memiliki tahap-tahap yang harus dilakukan. Namun demikian dari penjelasan itu hanyalah sebagian kecil dari konsep SEO itu sendiri, karena memang akan sangat luas jika dijabarkan lebih jauh lagi. Nah berikut IDwebhost akan jabarkan secara mudah tentang SEO sebagai berikut:

Konsep Dasar SEO

1. Konsep SEO Dasar

Sampai disini kita mengetahui bahwa algoritma Google terus berkembang dan berubah sehingga semua pemilik website perlu mengikuti tren yang terbaru. Tujuannya adalah untuk memberikan konten yang berkualitas dan relevan dengan apa yang dicari oleh pengunjung. Selain itu juga untuk menghindari dari konten spam yang tidak bermutu dan menjadikan kompetisi yang adil bagi pemilik website.

Peran penting SEO yaitu saat mesin pencari melakukan perayapan atau crawler pada suatu website maka algoritma Google akan menilai dan menentukan mana konten yang layak untuk ditempatkan pada hasil atas pencarian. Ada beberapa aspek untuk menentukan peringkat ini sebagai berikut:

  • Struktur URL
  • Penggunaan SSL/TLS
  • Topik Konten
  • Search Intent
  • Struktur Konten
  • Meta Tags
  • Backlink
  • Kecepatan Website

Dari poin diatas adalah aspek penting dari SEO itu sendiri dan tentunya bukan patokan pasti karena selebihnya yang menentukan adalah algoritma mesin pencari tersebut.

Riset Keyword

2. Melakukan Riset Keyword

Selanjutnya adalah menentukan keyword yang ditarget karena dengan melakukan riset keyword ini merupakan salah satu indikator dari SEO itu sendiri. Karena memang salah satu tujuan dari algoritma ini adalah menentukan konten relevan yang dicari oleh user sehingga hasilnya ditampilkan sesuai dengan keinginan user tersebut.

Dari sini yang kalian harus lakukan adalah menentukan riset keyword dahulu untuk menentukan kata kunci yang memiliki potensi tinggi sesuai target audience. Namun demikian saat melakukan riset tidak hanya hasil pencarian tinggi namun perlu memperhatikan tingkat persaingannya. Berikut tools untuk Riset Keyword yang bisa kalian gunakan:

  • Google trends
  • Google related search .
  • KWFinder
  • Keywordstool.io
  • SEM rush
  • Keyword surfer

Membuat Konten Berkualitas

3. Membuat Konten Berkualitas

Setelah menentukan kata kunci yang kalian target langkah selanjutnya adalah memasukkan kata kunci tersebut pada konten yang kalian buat. Nah disinilah seorang webmaster diuji untuk membuat konten SEO yang berkualitas. Untuk bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian yang perlu dilakukan adalah membuat konten yang berkualitas itu sendiri. Karena seperti yang disebutkan diatas bahwa Google algoritma akan menampilkan konten-konten yang relevan dan berkualitas untuk menempati peringkat atas.

On-page SEO

4. Menerapkan On-page SEO

Setelah kalian selesai menulis konten yang berkualitas maka selanjutnya adalah melakukan optimasi On-page SEO. Apa itu On-page SEO? Yaitu upaya melakukan optimasi SEO pada konten tersebut. Untuk proses yang satu ini memang sedikit lebih panjang prosesnya karena pada bagian inilah yang bisa memaksimalkan hasil pencarian. Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa mempelajari lebih lanjut pada artikel berikut: 8 Faktor Penting Dalam Optimasi SEO On-Page Website.

Off-page SEO

5. Menerapkan Off-page SEO

Nah pada poin no 4 tadi kita mengetahui terkait optimasi SEO on-page yang artinya melakukan optimasi pada internal konten tersebut. Sedangkan seo off-page sebaliknya yaitu melakukan optimasi SEO di luar konten atau secara singkat optimasi eksternal dari website. Fungsi dari optimasi ini adalah untuk membangun reputasi website kalian di mesin pencari.

Optimasi SEO off-page ini bisa dilakukan dengan cara membagun backlink atau link building, untuk berikut lebih jelasnya terkait Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website.

Technical SEO

6. Penerapan Teknik SEO Dasar

Kita disini sudah menerapkan optimasi pada konten, selanjutnya adalah pada bagian websitenya juga perlu di optimasi sehingga bisa SEO. Nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi SEO pada bagian website ini yaitu kecepatan website, keamanan situs, penggunaan ssl, user experience, dan juga mobile responsif.

Meningkatkan E-A-T Website

7. Meningkatkan EAT Website (Expertise (E) Authority (A), dan Trustworthiness (T))

Konsep E-A-T ini pertama kali ditemukan pada dokumen Google’s Search Quality Rater Guidelines pada tahun 2013 yang lalu. Dokumen ini bertujuan untuk membantu webmaster untuk memahami apa saja yang dicari oleh Google pada website. E-A-T ini bukanlah penentu peringkat pada hasil pencarian. Namun demikian E-A-T pada SEO bertujuan untuk para webmaster berusaha membuat konten yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Terlepas dari teknik-teknik diatas jika kalian membuat konten berkualitas dan bermanfaat kami yakin akan mendapatkan trafik yang terus meningkat juga. Meskipun kalian masih awam dan belum mengetahui secara mendalam terkait SEO dan hanya sampai SEO dasar saja masih memiliki peluang besar juga. Yang terpenting adalah sudah berusaha membuat konten yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah untuk pembaca mereka pasti akan loyal pada website kalian. Jika ingin belajar lebih jauh bisa baca artikel berikut: Cara Cepat Belajar SEO Mudah Dimengerti