Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Dasar untuk Pemula

Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Dasar untuk Pemula campaign-unlimited

Halo apakabar sahabat IDwebhost pastinya sehat, penuh semangat, dan sukses. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang panduan optimasi SEO dasar untuk pemula.

Yuk ikuti pembahasan ini dan jangan ketinggalan update-update artikel menarik lainnya ya. Bagi pemilik website atau blog tentunya menginginkan pengunjung yang terus meningkat. Karena memang semua webmaster tentunya akan berupaya dengan berbagai teknik untuk bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian.

Namun demikian untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa aspek dan faktor yang perlu diperhatikan salah satunya adalah SEO.

Dengan penerapan optimasi SEO inilah memungkinkan website bisa menempati peringkat hasil pencarian tersebut. Di sisi lain bagi para pemula tentunya akan menjadi tantangan tersendiri, karena memang masih awam bahkan untuk optimasi sekalipun. Bagi Anda yang baru memulai untuk membuat website cemas karena semua orang berhak mendapatkan peringkat teratas di Google Search.

Baik itu pemula maupun yang sudah lama berkecimpung dalam mengelola website semua memiliki kesempatan untuk bisa mengoptimasi websitenya. Sehingga bisa memiliki peringkat baik di mesin pencari. Bahkan bagi seorang SEO master sekalipun, akan terus belajar karena memang algoritma Google yang terus diperbarui sehingga tidak ada yang tahu pasti perubahan apa yang akan terjadi pada update algoritma selanjutnya.

Dengan demikian strategi optimasi SEO pun terus diperbarui, jika tidak maka seorang seo master pun akan kesulitan untuk bersaing mendapatkan peringkat hasil pencarian.

Jika sahabat IDwebhost adalah sebagai pemula yang ingin belajar SEO dasar pada artikel ini sahabat akan belajar SEO dasar lengkap dan mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Tentunya sahabat IDwebhost tahu kan jika mendapatkan peringkat atas pencarian maka potensi klik oleh pengunjung akan semakin besar. Dengan demikian maka pengunjung atau traffic dan leads dari website Anda akan terus meningkat.

Sekilas mungkin teknik optimasi SEO pada website ini terlihat rumit untuk dilakukan, namun sebenarnya jika Anda sudah mengenal SEO dasarnya akan sangat mudah untuk dipahami. Nah untuk memulainya ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu terkait pengertian SEO ini sebagai berikut.

SEO Dasar

Apa itu SEO?

Untuk memulainya, Anda harus tahu dahulu konsep dasar apa itu SEO, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk menuju ke level selanjutnya. SEO atau Search Engine Optimization adalah beberapa upaya yang dilakukan untuk optimasi website sehingga bisa mendapatkan peringkat atas dari hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian maka potensi mendapatkan trafik tinggi akan meningkat.

SEO Dasar

Tutorial Belajar Kelas SD (SEO Dasar) Terbaru

Ya memang benar jika diartikan makna SEO ini sangat sederhana, yaitu mengoptimalkan mesin pencari. Meskipun dari penjelasan singkat diatas namun untuk penerapannya ternyata tidak sesederhana itu. Namun demikian dari penjelasan itu hanyalah sebagian kecil dari konsep SEO itu sendiri, karena memang akan sangat luas jika dijabarkan lebih jauh lagi. Nah berikut IDwebhost akan jabarkan secara mudah tentang SEO sebagai berikut:

Konsep Dasar SEO

1. Konsep SEO Dasar

Sampai disini kita mengetahui bahwa algoritma Google terus berkembang dan berubah sehingga semua pemilik website perlu mengikuti tren yang terbaru. Tujuannya adalah untuk memberikan konten yang berkualitas dan relevan dengan apa yang dicari oleh pengunjung.

Selain itu juga untuk menghindari dari konten spam yang tidak bermutu dan menjadikan kompetisi yang adil bagi pemilik website.

Peran penting SEO yaitu saat mesin pencari melakukan perayapan atau crawling pada suatu website.Nantinya algoritma Google akan menilai dan menentukan mana konten yang layak untuk ditempatkan pada hasil pencarian teratas. Ada beberapa aspek untuk menentukan peringkat ini, antara lain:

  • Struktur URL
  • Penggunaan SSL/TLS
  • Topik Konten
  • Search Intent
  • Struktur Konten
  • Meta Tags
  • Backlink
  • Kecepatan Website

Dari poin diatas aspek terpenting dari SEO adalah algoritma Google itu sendiri.

Riset Keyword

2. Melakukan Riset Keyword

Selanjutnya adalah menentukan keyword yang ditarget karena dengan melakukan riset keyword ini merupakan salah satu indikator dari SEO itu sendiri. Karena memang salah satu tujuan dari algoritma ini adalah menentukan konten relevan yang dicari oleh user sehingga hasilnya ditampilkan sesuai dengan keinginan user tersebut.

Dari sini yang harus dilakukan adalah riset keyword dahulu untuk menentukan kata kunci yang memiliki potensi tinggi sesuai target audience. Namun demikian saat melakukan riset bukan hanya hasil pencarian tinggi namun perlu memperhatikan tingkat persaingannya. Berikut tools untuk Riset Keyword yang bisa Anda gunakan:

  • Google trends
  • Google related search .
  • KWFinder
  • Keywordstool.io
  • SEM rush
  • Keyword surfer

Membuat Konten Berkualitas

3. Membuat Konten Berkualitas

Setelah menentukan kata kunci tertarget, langkah selanjutnya adalah memasukkan kata kunci tersebut pada konten yang Anda buat. Nah disinilah seorang webmaster diuji untuk membuat konten SEO yang berkualitas. Untuk bisa mendapatkan peringkat teratas hasil pencarian, yang perlu dilakukan adalah membuat konten yang berkualitas itu sendiri.

Karena seperti yang disebutkan diatas bahwa Google algoritma akan menampilkan konten-konten yang relevan dan berkualitas untuk menempati peringkat atas.

SEO Dasar

4. Menerapkan On-page SEO

Setelah selesai menulis konten yang berkualitas maka selanjutnya adalah melakukan optimasi On-page SEO. Apa itu On-page SEO? Yaitu upaya melakukan optimasi SEO pada konten tersebut. Untuk proses yang satu ini memang sedikit lebih panjang prosesnya karena pada bagian inilah yang bisa memaksimalkan hasil pencarian. Nah untuk lebih jelasnya Anda bisa mempelajari lebih lanjut pada artikel berikut: 8 Faktor Penting Dalam Optimasi SEO On-Page Website.

SEO Dasar

5. Menerapkan Off-page SEO

Nah pada poin nonor 4 tadi kita mengetahui terkait optimasi SEO on-page yang artinya melakukan optimasi pada internal konten tersebut. Sedangkan seo off-page sebaliknya yaitu melakukan optimasi SEO di luar konten atau secara singkat optimasi eksternal dari website. Fungsi dari optimasi ini adalah untuk membangun reputasi website Anda di mesin pencari.

Optimasi SEO off-page ini bisa dilakukan dengan cara membagun backlink atau link building, untuk berikut lebih jelasnya terkait Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website.

SEO Dasar

6. Penerapan Teknik SEO Dasar

Nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi SEO pada bagian website ini yaitu kecepatan website, keamanan situs, penggunaan ssl, user experience, dan juga mobile responsif.

SEO Dasar

7. Meningkatkan EAT Website (Expertise (E) Authority (A), dan Trustworthiness (T))

Konsep E-A-T ini pertama kali ditemukan pada dokumen Google’s Search Quality Rater Guidelines pada tahun 2013 yang lalu. Dokumen ini bertujuan untuk membantu webmaster untuk memahami apa saja yang dicari oleh Google pada website. E-A-T ini bukanlah penentu peringkat pada hasil pencarian.

Namun demikian E-A-T pada SEO bertujuan untuk para webmaster berusaha membuat konten yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Terlepas dari teknik-teknik diatas jika kalian membuat konten berkualitas dan bermanfaat kami yakin akan mendapatkan trafik yang terus meningkat juga. Meskipun kalian masih awam dan belum mengetahui secara mendalam terkait SEO dan hanya sampai SEO dasar saja masih memiliki peluang besar juga.

Yang terpenting adalah sudah berusaha membuat konten yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah untuk pembaca mereka pasti akan loyal pada website kalian. Jika ingin belajar lebih jauh bisa baca artikel berikut: Cara Cepat Belajar SEO Mudah Dimengerti.

Kesimpulan

Nah, membuat website yang SEO friendly bukanlah hal yang mudah. Namun Anda bisa memulainya dengan memiliki website terlebih dulu. Untuk membuat website, Anda perlu domain dan hosting murah namun dengan kualitas terbaik di IDwebhost.

Selain itu, dapatkan juga promo-promo menarik IDwebhost, sehingga Anda bisa membuat website lebih mudah dan menyenyangkan. Klik gambar di bawah ya untuk mendapatkan promo terbaik IDwebhost!

special promotions

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019