Panduan: Install Webuzo untuk VPS
Blog Hosting Guru Panduan: Install Webuzo untuk VPS

Panduan: Install Webuzo untuk VPS

Menggunakan Webuzo untuk VPS anda di era yang sekarang semua berangsur angsur beralih ke dunia digital adalah hal yang penting untuk anda lakukan. Sudah banyak sekali perusahaan yang mempunyai sebuah website untuk menunjang pemasaran dan yang lainnya. Oleh sebab itu, pengelolaan dalam maintenance dan penggunaan website sangatlah penting untuk diperhatikan bagi anda pelaku bisnis.

Dalam pengelolaan sebuah website, salah satu tools yang penting adalah hosting control panel atau di sebut juga web panel. Selain yang terkenal adalah cpanel, sebenarnya masih ada banyak sekali web panel lainnya yang terkenal. Nah untuk VPS sendiri ada satu control panel yang paling populer digunakan oleh banyak orang, namanya adalah Webuzo. Sebelum memulai panduan ini mari tuntaskan dahulu dari apa itu web panel sampai ke installasi webuzo untuk di VPS.

Panduan: Install Webuzo untuk VPS

PENGERTIAN WEB PANEL

Web panel atau control panel hosting adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan melalui browser anda. Agar bisa melakukannya anda harus mempunyai sebuah akun dahulu sebelum anda dapat menggunakannya. Selain itu juga harus mempunyai email yang terintegrasi ke aplikasi web panel tersebut agar bisa dilakukan untuk aktivasi hosting. Aplikasi ini merupakan sebuah interface yang berbasis website hosting yang digunakan penggunanya untuk mengelola server mereka dan layanan host mereka.

Jika anda membuat website dengan bantuan penyedia jasa web hosting. Maka biasanya web panel tersebut sudah disediakan oleh penyedia web hosting, kecuali jika paket hosting yang tidak di manage. Ada banyak sekali jenis web panel yang bisa anda temukan pada aplikasi ini seperti cPanel, Plesk, Direct Admin, SPanel, GPLHost dan webmin.

Di antara banyaknya jenis web panel di atas yang sering dan paling banyak digunakan di Indonesia adalah cPanel dan Plesk. Selain itu jika menggunakan web panel di atas ada yang berbayar dan ada yang memang gratis.

FUNGSI WEB PANEL

Fungsi dari web panel sendiri adalah mengatur layanan host, mengelola dan membuat database. Mengirim email membuat add on domain dan sub domain dan lainnya. Selain itu web panel juga memiliki fungsi lain seperti memudahkan pengguna untuk mengakses dan memakai pengaturan khusus di operating system windows.

Panduan: Install Webuzo untuk VPS

CARA INSTALL WEBUZO

Seperti yang telah di jelaskan di atas webuzo adalah sebuah aplikasi yang di gunakan untuk web panel pada sebuah layanan VPS. Anda dapat menggunakan webuzo seperti web hosting manager atau digunakan untuk layanan hosting. Software ini sendiri kegunaannya sangat mirip dengan cPanel. Anda dapat menggunakan webuzo dengan mendapat control dan bisa mendapatkan penginstal aplikasi dengan cara yang sangat mudah. Tidak hanya sampai di situ webuzo juga mendukung software seperti PHP, Phyton dan lainnya.

Banyak pengguna VPS yang menggunakan webuzo sebagai web panelnya. Selain fitur yang ditawarkan dan mudah untuk digunakan. Installasi sofware ini sendiri juga relatif mudah dilakukan.

Fitur fitur Webuzo

Webuzo sendiri menawarkan banyak sekali fitur menarik yang tidak kalah dari web panel atau control panel lainnya. seperti:

  • Domain: tambah domain, hapus domain, tambah sub-domains, hapus sub-domains, manage domain zone files, manage MX entries, redirect multiple sub-domains to primary-domain.
  • MySQL : tambah database, hapus database, tambah database user, delete database user, manage privileges, add host to database, phpMyAdmin
  • FTP management: tambah FTP users, hapus FTP users, edit FTP users
  • Server Info: fitur ini memperlihat kan seperti CPU usage, RAM usage, disk usage, bandwidth usage
  • Advanced settings: settingan untuk server seperti enable/disable suPHP/mod_php, enable/disable apache tomcat, restart service.
  • Scripts: scripts yang ada di webuzo seperti see demos, view ratings, view reviews, see the screenshots, backup and restore feature, remove installation, manage upgrades, 0 apps and more to come soon
  • Instance management: managemen layanan seperti Me-launch instance lebih dari 250+ aplikasi, memulai dan memberhentikan secara instant, terminate instances, akses ke panel dan fitur dari Webuzo.

Langkah Instalasi Webuzo

  • Hapus instalasi web server dahulu.

Sebelum anda menginstall software ini pastikan dahulu Apache, PHP, dan MySQL belum terinstal di dalam VPS. Karena Webuzo sudah mempunyai konfigurasi web servernya sendiri. Maka untuk menghilahngkannya pada CentOS, berikut langkahnya:

  1. Login dahulu ke server anda
  2. untuk mendeketksi web servernya dahulu ketikkan : (yum list installed | grep http)
  3. untuk menghapusnya ketikkan : (yum remove httpd httpd-tools)

Setelah anda menghapusnya selanjutnya anda tinggal mendownload webuzo. untuk melakukannya anda harus :

  1. Login dahulu ke server anda
  2. Untuk root user anda harus ketikkan dahulu : (wget http://files.webuzo.com/install.sh)
  3. setelah itu jalankan instalasi dengan : (./install.sh)
  4. Setelah selesai, untuk konfirgurasi selanjutnya akan muncul URL konfigurasi. ketikkan untuk URLnya http://ip_address:2004, dimana ip_address ini memberitahukan IP address server anda.
  5. Yang terakhir untuk setup webuzo anda harus mengisi beberapa informasi yang berkaitan dengan akun anda.

Jangan lupa juga untuk memasukkan name server anda. Name server tersebut yang nantinya akan untuk menggunakan VPS dengan webuzo.

Dan yang terakhir adalah memasukkan key license jika sudah memiliki. Jika belum punya, anda dapat membelinya lebih dahulu untuk menggunakan software ini untuk penggunaan dengan waktu yang lebih lama. Kemudian klik “install” maka proses instalasi akan berjalan hingga selesai. Tunggu beberapa dan setelahnya akan muncul bahwa Webuzo telah terinstall dengan sukses.

Selesai! Webuzo sudah berhasil terinstall pada server VPS anda.

Panduan: Install Webuzo untuk VPS

Kesimpulan

Artikel telah membahas tentang pentingnya control panel atau web panel serta cara menginstall Webuzo. Webuzo bisa menjadi pilihan anda yang tepat untuk para pengguna VPS karena webuzo memiliki systems interface yang mudah untuk diperoleh dan digunakan. Dengan begitu, anda tidak perlu susah-susah mengelola VPS anda secara manual dan membuat lambat bisnis anda. Hanya dengan layanan yang mudah dan tak terlalu banyak langkah yang harus anda lakukan. Tetapi anda juga harus perhatikan langkah-langkah yang harus runtut dan sistem requirements yang sesuai dengan kebutuhan minimal.

Semoga Artikel kali ini tentang cara install Webuzo untuk VPS ini dapat membantu anda dalam pengembangan website. Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam mengunnakan webuzo dan ingin tahu tentang Webuzo lebih jauh, jangan ragu untuk menghubungi tim support IDwebhost. Penyedia hosting murah terbaik. Tersedia berbagai pilihan paket hosting dan domain murah spesial hanya untuk Anda.