Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website
Blog Tips Keren Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website

Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website

Panduan GTMetrix akan memberikan banyak kemudahan kepada anda untuk bisa melakukan analisa terhadap website dengan lebih cepat. Pada dasarnya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan di sini. Ada banyak tools yang bisa anda pergunakan untuk mengecek kecepatan website itu sendiri. Salah satu opsi yang tersedia adalah GTMetrix. Karena itulah anda bisa mencoba memilih alat yang satu ini. sebuah tools yang akan memberikan kepada anda berbagai macam kemudahan dan keuntungan yang akan bias anda rasakan didalamnya. Anda pun juga akan mampu memperoleh informasi terbaik didalamnya.

Adanya panduan GTMetrix juga akan memberikan kepada anda peringatan apabila ada sesuatu yang terjadi pada website anda. Dengan demikian maka semua masalah akan bisa diminimalisir dengan mudah. Pada dasarnya memang ada banyak sekali yang akan bisa anda temukan didalamnya. Oleh karena itu, sangat tepat jika anda benar-benar mampu melakukan semuanya dengan baik, serta memahami apa saja faktor-faktor yang sebaiknya anda pertimbangkan dalam hal ini.

Apa Itu GTMetrix

 

Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website
idwebhost.com

 

Sebelum membahas mengenai panduan GTMetrix, anda juga harus tahu lebih dahulu apa itu GTMetrix. Ini adalah sebuah alat yang akan memungkinkan anda untuk bisa melihat performa suatu website dengan mudah. Dikembangkan oleh salah satu perusahaan di Kanada, alat yang satu ini adalah satu yang paling terkenal dan banyak digunakan. Biasanya sejumlah kombinasi yang digunakan antara lain adalah Google PageSpeed Insights dan YSlow. Dari sini anda akan bisa melihat apa saja yang sebaiknya anda persiapkan didalamnya.

Apabila anda sudah memiliki akun dalam panduan GTMetrix ini, maka anda akan bisa memilih lokasi khusus yang mana bisa anda pergunakan untuk mengecek kecepatan dar website anda. Ini tentunya akan penting dikarenakan kaitannya dengan dimana website tersebut akan dihosting. Semakin sedikit latensi, maka itu menandakan bahwa waktu memuat website pun juga akan lebih besar. Beberapa lokasi yang ada dan tersedia antara lain adalah Dallas USA, Hong Kong, Londo UK, Mumbai India, Sydney Australia, Sao Paolo Brazil, dan Vancouver Canada.

Terkait mengenai penggunaan browser yang digunakan, anda bisa memilih browser apapun seperti Mozilla Firefox atau Chrome untuk bisa melakukan pengecekan tersebut dengan mudah dan signifikan. Dalam hal ini anda bisa memilih pilihan apapun yang bisa anda sesuaikan dengan selera. Dalam panduan GTMetrix ini, and ajuga bisa mensimulasikan berbagai jenis koneksi yang sekiranya akan berpengaruh pada waktu loading page pada website anda itu sendiri.

Panduan GTMetrix Cara Melakukan Analisa Dengan Speed Test Tool

 

Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website
idwebhost.com

 

Hal yang utama dalam panduan GTMetrix ini adalah bagaimana anda melakukan analisa dengan menggunakan perangkat terkait. Dari sini akan bisa dilihat apa saja manfaat yang bisa anda gunakan didalamnya. Anda juga perlu tahu beberapa aset yang dimiliki oleh suatu website, mulai dari JavaScript, HTML, CSS, dan lain sebagainya didalamnya. Dengan adanya informasi tersebut, ini akan menunjukan apa saja yang sebaiknya anda pergunakan didalamnya.

GTMetrix juga nantinya akan menunjukan rincian dan nilai performa dari website anda itu sendiri. Dalam panduan GTMetrix, anda harus memahami apa saja yang sebaiknya anda perlu ketahui didalamnya. Anda harus tahu apa saja faktor yang mempengaruhi dari kecepatan website anda itu sendiri. Dengan demikian, maka anda akan bisa melakukan penanganan dengan cara yang tepat dan signifikan. Dalam hal ini memang ada banyak sekali yang akan bisa anda dapatkan.

Untuk Page Speed tersebut dalam panduan GTMetrix ini, anda akan melihat bahwa nantinya akan diberikan nilai itu sendiri kepada website anda. Rating yang diberikan pun juga bervarian mulai dari 0 sampai dengan 100. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa ada banyak rekomendasi yang bisa anda terapkan supaya nantinya kecepatan dari website tersebut juga bisa meningkat dengan mudahnya.

Cara Meningkatkan Speed Website Anda

Ada banyak sekali hal yang bisa juga anda terapkan dalam rangka meningkatkan kecepatan dari website anda, salah satunya adalah dengan menggunakan serve scaled images. Dengan cara ini maka anda akan disarankan untuk mengupload gambar dengan ukuran yang tepat. Tentu jangan biarkan pula CSS yang anda gunakan tersebut mengubah ukurannya. Jika ini sampai terjadi, maka rekomendasi yang akan anda dapatkan nantinya adalah serve scaled image. Tentu saja ini bukanlah sebuah hal yang bagus. Biasanya ini terjadi bagi pengguna WordPress yang mana mereka akan mendapatkan tampilan gambar tersebut secara default didalamnya. Jadi ada beberapa hal didalam sini yang perlu memang anda perhatikan dengan baik.

Inline Small CSS Dan JavaScript

 

Panduan GTMetrix Guna Menganalisa Speed Website
idwebhost.com

 

Faktor lainnya dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah dari segi inlining small Java Script itu sendiri. Dari sini anda akan bisa mendapatkan semua kebutuhan yang dibutuhkan didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa situs yang memiliki permintaan miniman akan bisa meningkatkan performa website dengan mudah. Ada sejumlah plugin gratis yang tentunya bisa anda gunakan, salah satunya yang paling terkenal adalah Autoptimize.

Hal lain yang juga dipertimbangkan adalah mengenai leverage browser caching. Ini adalah suatu rekomendasi yang pastinya digunakan oleh orang. Hal ini jelas dikarenakan adanya kesalahan HTTP Cache Headers dalam server web tersebut. Untuk bisa mengatasi masalah ini maka jalan terbaiknya adalah dengan memiliki kontrol atas resource yang ada didalamnya itu sendiri. Dengan demikian, anda akan bisa melihat apa saja masalah pada jaringan pihak ketiga didalamnya.

Baca Juga: Cara Flush DNS Menggunakan Berbagai Sistem Operasi

DNS Lookup, Connecting Dan Sending

DNS Lookup memiliki cara kerja seperti buku telpon. Dari sini anda akan melihat sebuah servers yang disebut sebagai domain name servers. Kemudian, mereka semua menyimpan informasi tentang website dan dimana IP web tersebut tersedia. Jadi pada saat pertama kali memasukan website tersebut, maka nantinya GTMetrix akan langsung melakukan analisa. dari sini ada banyak hal yang bisa anda perhatikan dan amat didalamnya.

Kemudian, ada juga bagian waktu connecting yang terdapat pada GTMetrix. Di sinilah anda akan bisa melihat banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan koneksi TCP itu sendiri. Anda akan bisa memperoleh sebuah metode komunikasi yang terbaik antara host maupun client server yang ada didalamnya. Dengan cara inilah maka anda sendiri yang akan mampu mendapatkan semua itu dengan mudah.

Sementara ada juga informasi mengenai Sending yang pastinya menjadi sebuah opsi waktu yang dibutuhkan guna mengirimkan data dari browser terkait ke server yang ada didalamnya. Anda juga bisa melihat status Waiting yang mana menunjukan waktu menunggu pada GTMetrix itu sendiri pada waktu untuk byte pertama juga. Sementara untuk Receiving atau warna abu-abu menjadi sebuah waktu yang dipergunakan browser untuk mengolah data yang anda dapatkan dari server itu sendiri. Itulah beberapa hal mengenai panduan GTMetrix yang perlu anda ketahui.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.