Panduan Dasar Shared Hosting Untuk Pemula

Panduan Dasar Shared Hosting Untuk Pemula campaign-unlimited

Banyak penyedia hosting yang menawarkan paket shared hosting untuk penggunanya. Target pasarnya adalah pengguna yang ingin mempunyai website, tetapi dengan budget yang terbatas.

Maka tidak mengejutkan jika shared hosting banyak ditawarkan dan digunakan orang. Penyebabnya karena shared hosting adalah jenis hosting yang paling dasar dan tentu saja dengan harganya terbilang paling murah.

Dengan iming-iming harga yang murah inilah, shared hosting lantas banyak dipilih. Namun, apakah hanya karena murah saja yang membuat banyak orang memakainya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost mengenai panduan dasar shared hosting . Karena itu, silakan baca artikel ini sampai selesai, ya.

Baca Juga: Pengertian Keyword dan Contohnya

Apa Itu Shared Hosting? 

panduan dasar shared hosting

Untuk mengawali pembahasan tentang panduan dasar shared hosting, kamu harus tahu dulu, apa itu shared hosting.

Saat memutuskan untuk menggunakan shared hosting, penyedia hosting terbaik akan menempatkan websitemu di server yang sama dengan website milik pengguna lainnya.

Segala hal yang terkait dengan sumber daya, akan dipakai bersama. Dimulai dari CPU, memory, bandwidth, dan sumber daya lainnya. Semua digunakan bersama.

Pengguna shared hosting tidak diperkenankan untuk memakai sumber daya di luar batas yang sudah ditentukan penyedia hosting.

Shared hosting, bisa diibaratkan sebagai rumah kontrakan. Saat tinggal di rumah kontrakan, sudah pasti kamu tidak tinggal sendirian, melainkan bersama dengan penghuni lainnya.

Selain kamar untuk diri kita sendiri, rumah kontrakan umumnya mempunyai kamar mandi bersama, dapur bersama, tempat parkir, dan tempat jemuran bila perlu. Semua sumber daya tersebut haruslah digunakan bersama dengan penghuni rumah lainnya.

Panduan Dasar Shared Hosting: Cara Kerja

Pertanyaan selanjutnya ialah, bagaimana dengan kerja shared hosting? Semua website dalam paket shared hosting dimuat pada sebuah server yang sama. Server yang dipakai adalah komputer besar dengan spesifikasi yang tinggi.

Di dalamnya terdapat semua sumber daya yang diperlukan sebuah website. Dimulai dari disk space yang besar dan prosesor yang mumpuni. Provider hosting terbaik akan membagikan server itu pada pengguna. Oleh karena itu, tiap website akan memiliki jumlah disk space, bandwidth, dan jumlah akun email yang tetap.

Sebagai pemakai, kamu hanya dapat mengakses berdasarkan paket yang kamu beli. Dan satu hal yang perlu dimengerti ialah, tidak semua server shared hosting antar provider mempunyai kemiripan satu sama lain.

Ini semua tergantung pada teknologi yang mereka gunakan.

Sebagai  sebuah teknologi, shared hosting juga tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihan. Lantas, apa saja kekurangan dan kelebihan shared hosting?

Kelebihan dan Kekurangan 

panduan dasar shared hosting

Sebagai teknologi, tentu shared hosting juga tak lepas dari yang namanya kelebihan dan kekurangan. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting? 

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan shared hosting: 

Kelebihan Shared Hosting 

1. Simpel 

Hal yang dinilai sebagai salah satu kelebihan shared hosting adalah dari sisi kesederhanaannya. Karena itu, shared hosting adalah jenis hosting yang pas bagi siapa saja yang baru pertama kali berkenalan dengan dunia website

2. Harga yang terjangkau 

Shared hosting adalah paket hosting termurah di semua penyedia hosting. Bahkan, dengan membayar kurang dari 20 ribu rupiah setiap bulan, Sahabat IDwebhost sudah bisa menikmati hosting murah terbaik Indonesia. 

3. Pilihan paket yang fleksibel 

Banyak penyedia hosting yang memberikan banyak pilihan paket shared hosting. IDwebhost, contohnya. 

Untuk menjawab keperluan pengguna yang beragam, IDwebhost punya berbagai paket shared hosting yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.Bila nanti kebutuhanmu tidak mencukupi, kamu juga bisa upgrade paket dengan sangat gampang. 

4. Mudah digunakan 

Makin besar sebuah website, umumnya perlu bandwidth, disk space, dan jumlah akun email yang lebih besar dan banyak.

Dengan shared hosting, pengguna dari latar belakang apapun bisa memiliki websitenya sendiri. Tak perlu memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam dengan dunia IT. 

Untuk bisa membuat dan mengelola website, kamu bisa menggunakan control panel yang mudah digunakan. Dan karena menggunakan shared hosting, tak perlu khawatir dengan maintenance. Karena semuanya akan ditangani oleh penyedia hosting terbaik pilihanmu. 

Kekurangan Shared Hosting 

1. Keterbatasan untuk mengakses sumber daya

Pengguna shared hosting memiliki keterbatasan untuk mengakses sumber daya. Sebagai pengguna, kamu tidak diperkenankan untuk melakukan perubahan apapun di control panel. 

2. Rawan gangguan 

Karena digunakan bersamaan pengguna lainnya, shared hosting menjadi rentan dengan gangguan. Misalnya, jika ada satu pengguna yang mengalami gangguan, bukan tidak mungkin gangguan tersebut juga akan menimpamu. 

Cara Memilih Paket Shared Hosting 

panduan dasar shared hosting

Meskipun memiliki banyak jenis, tak berarti kamu bisa memilih paket hosting tanpa melalui pertimbangan yang matang. Karena artikel ini membahas tentang panduan dasar shared hosting, berikut adalah cara memilih paket shared hosting yang tepat: 

1. Mengidentifikasi kebutuhan 

Sebelum memilih paket hosting yang ditawarkan, mengidentifikasi kebutuhan adalah hal sangat penting untuk dilakukan. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika memilih shared hosting: 

  • Disk space 
  • Bandwidth 
  • Domain 
  • Akun email 
  • Akun FTP 

2. Melihat review pelanggan 

Salah satu langkah terbaik untuk memilih paket hosting adalah melihat review pelanggan lainnya. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari penyedia hosting yang sempurna. 

3. Uptime 

Mempertimbangkan waktu uptime adalah hal penting sebelum memilih paket shared hosting. Uptime adalah waktu yang dibutuhkan sebuah website untuk bisa online

Untuk memanjakan para penggunanya, IDwebhost berani menggaransi uptime sampai dengan 99,9%. 

4. Reputasi penyedia hosting

Reputasi penyedia hosting menjadi faktor penting ketika akan memilih paket hosting. Dari review pelanggan yang telah kamu lihat sebelumnya, kamu akan tahu lebih banyak tentang sebuah penyedia hosting. 

Baca Juga : Apa Itu Blog? Jenis, Fungsi, dan Hal yang dibutuhkan Buat Blog!

Salah satu indikator keandalan penyedia hosting adalah jangka waktu operasi dan pengalamannya selama ini. 

Seperti IDwebhost, dengan pengalaman sejak tahun 2004 menghadirkan layanan hosting terbaik untuk kepuasan konsumen. 

5. Fitur backup 

Hampir semua penyedia hosting memberikan jaminan keamanan data pengguna. Salah satu fitur penunjangnya adalah backup. 

Jadi, sangat penting untuk memilih penyedia hosting yang menyediakan fitur backup. Penyedia hosting terbaik tentu saja harus menyediakan fitur backup secara berkala. Mulai dari bulanan, mingguan, dan yang terbaik, backup harian. 

Baca Juga: Apa Itu Google Adsense dan Cara Daftar Google Adsense dengan Mudah

6. Harga dan Jaminan Uang Kembali 

Faktor penting lain yang harus diperhatikan adalah harga dan jaminan uang kembali. Kamu harus memilih paket yang sesuai dengan budget yang ada. Lalu pada saat bersamaan, juga harus mampu menjawab semua kebutuhanmu. 

Selain harga, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang memberikan jaminan uang kembali. Pilihan ini tentu sangat menguntungkan, karena memberi cukup banyak untuk menguji banyak hal yang ditawarkan oleh penyedia hosting. 

Penutup 

Memilih penyedia hosting yang tepat sangat penting ketika  ingin membuat website. Dengan hosting yang tepat, websitemu bisa lebih cepat berkembang. 

Semoga panduan shared hosting ini bisa memberikan insight baru untuk Sahabat IDwebhost semua. Nah, untuk Anda yang punya keinginan untuk membuat website pertama kali, selamat, Anda berada di tempat yang tepat. 

IDwebhost punya banyak pilihan paket hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari website untuk bisnis sampai blog pribadi, semua ada. Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik yang akan membuat Anda lebih bersemangat untuk punya website.

Ayo, pakai layanan hosting IDwebhost biar website Anda makin joss. Web hosting, ya IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019