Panduan dan Syarat proses validasi SSL Certificates

21 Jan 2018
Panduan dan Syarat proses validasi SSL Certificates campaign-unlimited

validasi SSL Certificates

DESKRIPSI

Panduan ini hanya mencakup untuk produk SSL Certificates dari Symantec, GeoTrust, Thawte, dan RapidSSL, dan Comodo. Apabila terdapat produk diluar dari yang disebutkan, silahkan untuk dapat memeriksa dan memastikan langsung dari otoritas sertifikat (CA) yang dimaksud.

Proses verifikasi dan validasi untuk Sertifikat SSL

Setiap pembelian SSL Certificates, harus melewati proses verifikasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan SSL Certificates Anda. Hal ini diperlukan oleh Otoritas Sertifikat (CA) dalam membuktikan kebenaran dan keabsahan pemesan SSL Certificates. Untuk itu, ada baiknya sebelum melakukan pembelian atau pemesanan SSL Certificate Anda telah mengetahui jenis validasi dari produk SSL Certificate yang ingin Anda dapatkan. Sehingga Anda dapat mempunyai gambaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan SSL Certificates.

Jenis validasi yang terdapat pada SSL Certificate berdasarkan tingkatan validasi, diantaranya :

1.     Domain Validation (DV)

2.     Organization Validation (OV)

3.     Extended Validation (EV)

Tabel berikut merupakan proses yang akan dibutuhkan pada SSL Certififcate sesuai dengan jenis validasinya :

tabel SSL Certififcate

1.     Domain Validation (DV)

Domain Validation (DV) atau validasi domain adalah proses verifikasi terendah ketika melakukan verifikasi yang berguna untuk memastikan bahwa pemesan Sertifikat SSL adalah benar sebagai pemilik domain atau setidaknya dapat mengelola domain yang telah didaftarkan pada Sertifikat SSL.

Validasi terhadap domain akan dibutuhkan untuk setiap produk Sertifikat SSL, baik ketika melakukan pemesanan terhadap Sertifikat SSL jenis Organization Validation (OV) maupun jenis Extended Validation (EV).

Untuk mengetahui panduan lebih lanjut mengenai Domain Validation (DV), klik disini.

2.     Organization Validation (OV)

Organization Validation (OV) atau validasi terhadap organisasi pemesan sertifikat SSL merupakan proses validasi tingkat menengah yang akan melakukan verifikasi terhadap domain dan identitas pemesan Sertifikat SSL sebagai sebuah organisasi maupun perusahaan. Proses verifikasi jenis OV ini membutuhkan beberapa dokumen pendukung seperti dokumen lisensi organisasi untuk membuktikan nama organisasi telah sesuai dengan nama yang telah didaftarkan ketika melakukan pemesanan SSL, serta beberapa dokumen pendukung lainnya seperti Billing telepon atau Internet atau, maupun bank account statement, yang bertujuan untuk memastikan bahwa alamat yang didaftarkan telah sesuai dan juga memberikan informasi tambahan kepada otoritas sertifikat bahwa organisasi yang didaftarkan oleh pemesan telah menjalankan operasional organisasi atau perusahaan. Dan proses terakhir dari verifikasi adalah melakukan verifikasi terhadap no. telepon dengan menghubungi pemesan Sertifikat SSL melalui telepon sesuai dengan no. telepon yang telah di daftarkan pada Sertifikat SSL

Untuk mengetahui panduan lebih lanjut mengenai Organization Validation (OV), klik disini.

3.     Extended Validation (EV)

Extended Validation (EV) merupakan proses validasi tertinggi dari sebuah SSL Certificates. Proses validasi jenis EV membutuhkan verifikasi terhadap validasi pada domain, validasi terhadap perusahaan dan verifikasi terakhir melalui telepon.

Ketika memilih produk SSL Certificates jenis Extended Validation (EV), pemesan diharapkan adalah organisasi atau perusahaan yang dapat menyertakan dokumen legal serta identitas lainnya yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk proses verifikasi jenis Extended Validation (EV). Dokumen yang dibutuhkan adalah dokumen legal yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun lembaga hukum yang diakui keabsahaan hukumnya di negara pemesan Sertifikat SSL.

Untuk mengetahui panduan lebih lanjut mengenai Extended Validation (EV), klik disini.

Penulis
Member since 2 Jul 2013