Panduan Content Marketing 2021 Lengkap Beserta Tipsnya!
Blog Digital Marketing Panduan Content Marketing 2021 Lengkap Beserta Tipsnya!

Panduan Content Marketing 2021 Lengkap Beserta Tipsnya!

Panduan Content marketing – Content Marketing dapat membantu menarik, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan yang mungkin tidak dapat Anda jangkau.

Untuk itu, sangat penting dalam memahami content marketing guna membangun sebuah konten di berbagai media apapun yang Anda gunakan seperti website, sosial media, email dsb.

Berikut panduan lengkap content marketing yang bisa Anda pelajari.

Daftar Isi

1. Apa itu Content Marketing?

2. Mengapa Content Marketing Penting?

3. Tipe-Tipe Content Marketing

4. Tips Content Marketing 2021

5. Kesimpulan

 

Apa itu Content Marketing?

 

apa itu content marketing
apa itu content marketing

Content Marketing merupakan proses dalam membuat dan mendistribusikan konten untuk menarik dan mempertahankan pelanggan sehingga Anda sebagai pebisnis atau marketer dapat  meningkatkan pendapatan bisnis serta mengembangkan bisnis Anda.

Contoh mudah dalam pembuatan content marketing ini adalah jika Anda sedang menelusuri video-video di youtube, Anda menemukan channel-channel yang memuat konten-konten tertentu. Nah, di channel-channel youtube tersebut ada yang membahas tentang game, edukasi, review makanan, review sepeda, musik dsb.

Inilah yang disebut content marketing.

Channel-channel pemilik akun youtube tersebut selain memiliki tema-tema khusus, juga mengajarkan bagaimana subscribernya tentang informasi-informasi yang bermanfaat untuk pelanggannya.

Contohnya, seperti channel IDwebhost.

IDwebhost memiliki channel youtube yang memberikan informasi kepada pelanggan tentang hosting, domain, tips-tips bisnis, tips-tips website dsb yang berkaitan tentang website.

Channel Idwebhost ini dapat membantu orang yang ingin tahu atau ingin membuat website dengan informasi-informasi menarik yang mudah di simak.

 

Mengapa Content Marketing Penting ?

 

mengapa content marketing penting
mengapa content marketing penting

Dengan adanya content marketing dapat memberikan peluang untuk menarik orang untuk berinteraksi dan mempertahankan pelanggan untuk terus update informasi produk dari marketer atau pebisnis. 

Berikut 5 alasan mengapa Anda perlu membangun content marketing:

  • Content Marketing Menciptakan Awareness dan Menarik Pelanggan Potensial
  • Content Marketing dapat Menarik Orang untuk Berinteraksi dan Membangun Kredibilitas
  • Content Marketing dapat Mengubah Pelanggan dari Cold Market menjadi Hot Market
  • Content Marketing dapat Membangun Loyalitas dan Retensi Pelanggan
  • Content Marketing merupakan Strategi Marketing dengan Biaya yang Murah dan Berjangka Panjang

Mari kita bahas masing-masing panduan content marketing tsb secara lebih mendalam:

 

Content Marketing Menciptakan Awareness dan Menarik Pelanggan Potensial

Ketika orang memiliki masalah akan sesuatu dan mencari solusinya, mereka tidak akan mencari Anda jika Anda tidak membangun kesadaran akan merek atau brand awareness pada produk yang seharusnya menjadi solusi untuk pelanggan Anda.

Di sinilah peran content marketing dalam memastikan mereka atau orang-orang yang mencari solusi atas permasalahannya dengan menemukan produk Anda.

Contohnya seperti IDwebhost. Saat orang-orang membutuhkan hosting atau domain, hal yang kemungkinan mereka lakukan adalah dengan melakukan pencarian di Google dengan mengetikan hosting murah, hosting indonesia, domain murah dan berbagai kata kunci lainnya.

Nah, jika orang itu belum kenal IDwebhost, kemungkinan akan sulit menemukan IDwebhost. Di sinilah peran content marketing yang membantu memaksimalkan content pada halaman website IDwebhost agar mudah ditemukan oleh user dalam mencari layanan hosting murah, hosting indonesia, domain murah dan berbagai kata kunci lainnya.

 

Content Marketing dapat Menarik Orang untuk Berinteraksi dan Membangun Kredibilitas

Ini kebalikan dari poin pertama di atas, jika seseorang sudah tahu brand Anda, belum tentu mereka akan memilih produk Anda dalam menjawab permasalahan yang mereka hadapi.

Hal ini karena orang-orang tsb masih meninjau untuk meyakinkan mereka apakah produk dari brand Anda benar-benar menjadi solusi bagi mereka.

Untuk itulah membangun content marketing yang menarik sehingga membuat mereka berinteraksi terhadap content Anda menjadi penting untuk dilakukan.

Sebab, content dengan interaksi yang tinggi akan memicu perhatian orang untuk melirik produk Anda sehingga berpeluang untuk mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli produk Anda.

Contoh, jika Anda datang ke bioskop, Anda mungkin dapat melihat antrian yang panjang. Hal ini tentunya membuat orang penasaran kenapa antriannya bisa sepanjang itu. Alhasil, orang-orang pun bisa menyimpulkan bahwa film yang ditunggu banyak orang itu merupakan film yang menarik untuk ditonton sehingga dapat mempengaruhi keputusan orang yang datang ke bioskop tanpa rencana menonton film apa jadi mengikuti orang-orang yang menonton di baris antrian panjang tsb.

 

Content Marketing dapat Mengubah Pelanggan dari Cold Market menjadi Hot Market

Ketika calon pelanggan sudah dalam posisi mengetahui produk Anda, masih ada kemungkinan bahwa mereka belum tentu untuk memutuskan membeli produk Anda, mengapa? Karena mereka masih belum mengenal produk Anda secara baik.

Tapi, dengan adanya content marketing dapat membantu memberikan dorongan kepada calon pelanggan untuk memutuskan membeli produk Anda.

Contohnya, IDwebhost merupakan layanan hosting yang membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dalam membangun website. Tapi, jika Anda searching di internet, layanan web hosting ini tidak hanya IDwebhost saja.

Nah, agar IDwebhost dapat bersaing dengan layanan hosting lainnya, maka dibutuhkanlah content marketing yang menarik supaya dapat bersaing dan menarik calon pelanggan dari pelanggan yang baru kenal (cold market) menjadi pelanggan yang setia menanti produk layanan IDwebhost (hot market) karena pelanggan tsb sudah menikmati dan manfaat produk IDwebhost.

 

Content Marketing dapat Membangun Loyalitas dan Retensi Pelanggan

Tujuan akhir content marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis itu sendiri. Selain itu juga membantu menjaga pelanggan agar selalu setia dan terlibat pada informasi bisnis (retensi).

 

Content Marketing merupakan Strategi Marketing dengan Biaya yang Murah dan Berjangka Panjang

Tidak seperti channel marketing berbayar yang akan berhenti jika Anda tidak memperpanjang pembayaran channel marketing tsb, content marketing ini memiliki biaya yang lebih hemat dan bahkan cenderung gratis untuk digunakan untuk investasi jangka panjang.

Hal ini karena Anda sudah memiliki database pelanggan Anda, dan langkah selanjutnya Anda tinggal membangun kedekatan dengan pelanggan Anda dengan menggunakan content marketing baik dari media email, sosial media, ataupun website.

Tipe-Tipe Content Marketing

Dalam panduan content marketing ini, Ada beberapa tipe-tipe content marketing seperti:

  • Blog posts
  • Podcasts
  • Video
  • Infografis
  • Templates
  • Ebooks

 

Blog posts

Blog post adalah sebuah postingan yang ada di halaman blog website. Postingan ini bisa berupa informasi artikel, agenda, pengumuman produk dsb,

Podcasts

Podcast adalah siaran non-streaming dari rekaman berupa diskusi yang membahas suatu topik tertentu dengan ahli atau narasumber yang diundang oleh pembawa acara. Podcasts umumnya berbentuk audio yang diupload di channel-channel yang menyediakan saluran podcasts.

Video

Bisa disimpulkan sebagian banyak pembaca sudah tahu apa itu video. Tapi karena video ini masuk dalam content marketing, maka yang perlu dipelajari adalah bagaimana membuat video ini bisa menyatu dengan konsep content marketing.

Infografis

Infografis adalah bentuk informasi yang dibalut dengan visualisasi berupa desain menarik berupa gambar-gambar agar mudah dimengerti dan lebih cepat dipahami.

Templates

Template yang dimaksud di sini adalah suatu pola atau format tertentu dalam content marketing sehingga memudahkan dalam membuat segmentasi content marketing berdasarkan konsep yang diinginkan.

Ebooks

E-book adalah sebuah informasi dalam bentuk buku digital yang umumnya berformat pdf yang dapat dibaca melalui media hp, tablet, laptop dan media digital lainnya.

Dan dari tipe-tipe content marketing di atas, kebanyakan user melakukan pencarian atau menemukan sebuah topik dengan menelusurinya di pencarian Google. Artinya, teknik SEO menjadi peran penting dalam mengarahkan traffic kunjungan ke konten. 

 

Tips Content Marketing 2021

 

tips content marketing
tips content marketing

Agar Anda dapat menyesuaikan dalam membangun content marketing di tahun 2021, Anda dapat mempelajari tips dalam membangun content marketing 2021 berikut ini :

1. Lakukan Riset dan Pendekatan dengan Pelanggan untuk Mendapatkan Informasi

Sebelum membuat konten, terlebih dahulu Anda lakukan riset kepada pengguna atau pelanggan potensial Anda. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan informasi atau review yang baik kepada Anda tentang permasalahan yang mereka hadapi dan mungkin belum Anda pikirkan sebelumnya.

Jadi Anda dapat melakukan riset dengan cara pendekatan ke pelanggan Anda yaitu mengundang mereka baik melalui obrolan via telepon, chat, kuisoner dsb.

2. Optimalkan Konten yang Sudah Anda Miliki

Terkadang, konten-konten yang sudah Anda miliki masih perlu untuk di “explore” kembali daripada Anda secara terus menerus menciptakan konten baru. Untuk itu, Anda dapat membuat konten yang lebih detail dari kategori konten yang telah Anda buat sebelumnya.

3. Fokus pada Orang-orang yang membutuhkan Anda

Temukan kata kunci dengan melakukan brainstorming dan riset kata kunci yang dicari oleh pengguna. Hal ini dapat memunculkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan pelanggan Anda dalam permasalahan yang mereka hadapi.

4. Lakukan Pengujian dan Ulangi Format Content Marketing yang Paling Sesuai dengan Tujuan Anda

Konten perlu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda pada saat itu dan strategi Anda harus dianalisa setiap beberapa bulan. Hal ini karena dunia marketing selalu berubah dengan cepat dan konten perlu disesuaikan.

5. Bangun Daya Tarik pada “Core Values” Pelanggan Anda

Membangun brand terpercaya yang terhubung dengan konsumen akan menjadi lebih penting untuk kedepannya. Untuk itu, diperlukan dalam menciptakan “core values” brand adalah dengan melibatkan pelanggan Anda untuk terus berinteraksi dengan brand Anda sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan Anda.

6. Jangan Langsung Membahas ke Teknikal

Membangun content marketing memiliki variasi dan perkembangan yang dinamis. Untuk itu, Anda dapat mengikuti cara ini :

  • Lakukan analisa terhadap masalah apa yang Anda temukan lalu coba selesaikan permasalahan tsb melalui konten yang akan Anda buat.
  • Lakukan pendekatan secara keseluruhan yang dapat memberikan keputusan kepada pelanggan Anda
  • Baru setelahnya, Anda memberikan pembahasan secara teknikal yang dapat membantu menjalankan strategi solusi permasalahan pelanggan Anda.

7. Buat Konten yang Berfokus pada Produk

Temukan cara untuk mengubah produk Anda menjadi konten yang menarik orang untuk segera melakukan “action”. Selain dapat menguntungkan dari segi SEO, hal ini juga menguntungkan Anda dalam meningkatkan konversi penjualan.

 

Kesimpulan

Content marketing dapat membantu menarik, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan yang mungkin tidak dapat Anda jangkau.

Semoga panduan content marketing yang tertuang pada artikel ini dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana dalam membangun content marketing yang baik.

Kemudian agar Anda tidak ketinggalan informasi seputar bisnis, Anda dapat terus keep update informasi di blog IDwebhost.

Selain itu jika Anda membutuhkan layanan web hosting dan domain, Anda dapat menghubungi IDwebhost. Karena IDwebhost memberikan promo tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’Amour Aktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.