Panduan: Cara Upload Laravel ke Hosting cPanel
Blog Hosting Guru Panduan: Cara Upload Laravel ke Hosting cPanel

Panduan: Cara Upload Laravel ke Hosting cPanel

Sebelum anda mengetahui cara upload laravel ke hosting cpanel, Anda perlu mengetahui framework dahulu. Framework adalah system yang populer dan banyak digunakan Programmer dalam membuat website atau aplikasi. Untuk upload script website yang dibuat menggunakan laravel. Hasilnya akan sedikit berbeda dari pada website yang dibuat menggunakan script PHP biasa.

Banyak sekali kendala yang dihadapi saat menggunakan cPanel. Salah satuny adalah keterbatasan akses yang anda miliki dibandingkan dengan menggunakan Virtual Private Server. VPS merupakan server yang dibuat menggunakan teknologi virtualisasi dengan sistem operasi dedicated. Keunggulan utama server VPS adalah anda dapat sepenuhnya mengontrol dan mengelola resource dengan akses penuh super-user yang juga disebut sebagai root dan tanpa batasan. Root inilah yang tidak anda temui pada hosting cPanel.

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang berlandaskan open source dengan desain MVC  atau Model View Controller yang digunakan untuk membangun aplikasi website. Framework ini dipasarkan pada tahun 2011 dan saat ini sudah banyak dikenal dan digunakan pada berbagai situs web karena sifatnya yang sangat elegan dan dinamis. Framework ini  juga sangat terkenal dengan dokumentasinya yang sangat lengkap dan selalu up to date.  Framework laravel bukan satu-satunya framework PHP yang sedang populer, ada beberapa framework yang lain juga tengah populernya, semacam Codeigniter, Symfony, Phalcon, Yii, dan lain sebagainya.

Panduan: Cara upload Laravel ke hosting cPanel

Kelebihan dari Laravel

Pada dasarnya keuntungan menggunakan Laravel ada tiga, yaitu Expressif, Simple, dan Accessible.

  1. Expressif. Artinya saat menggunakan Laravel. Programmer diharapkan dapat memahami secara langsung kegunaan dari suatu sintaks meskipun belum mempelajarinya atau bahkan menggunakannya sama sekali.
  2. Simple. Artinya tak perlu mendeklarasikan banyak fungsi ketika akan mengambil beberapa data. Sebagai Contoh anda ingin mengambil semua data yang berada di dalam table users, maka anda hanya perlu membuat class model yang bernama user. Kemudian masukan semua data yang berasal dari tabel users tersebut dengan perintah seperti ini:

    $all_user = User::all();

  3. Accessible. Artinya Laravel dapat dijangkau dengan sangat mudah. Dokumentasi framework ini sudah dibuat selengkap mungkin sehingga apabila terdapat rilis atau di Update terbaru maka anda akan segera mendapatkan panduan bagaimana cara untuk menggunakannya.

Cara Install Laravel di cPanel

Panduan untuk menginstall Laravel di cPanel membutuhkan lima langkah sederhana. Berikut langkahnya :

  1. Login ke akun cPanel
  2. Akses ke Fitur Softaculous apps Installer
  3. Jalankan Script instalasi Laravel
  4. Pilih Pengaturan Software Setup
  5. Pilih Pengecekan

Sebelum framework laravel anda upload ke hosting cPanel anda. Pastikan terlebih dahulu script websitenya sudah selesai dibuat di localhost dan dapat digunakan dengan baik. Setelah itu, silakan mengikuti panduan cara upload laravel ke hosting cPanel berikut ini.

Panduan: Cara upload Laravel ke hosting cPanel

Hal yang perlu anda siapkan

Sebelum anda melakukan upload file laravel ke Hosting pastikan anda telah mempersiapkan:
1. Akun cPanel Hosting
2. Akses Internet. Karena panduan ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya koneksi internet
3. File website yang telah dibuat dengan Framework Laravel

Terdapat perbedaan struktur direktori antara file laravel dan file website biasa. Untuk itu, agar upload file laravel ke Hosting berjalan dengan lancar maka anda harus mengubah struktur direktorinya terlebih dahulu.

  • Direktori Asli Laravel
    Terdapat beberapa folder dan file di dalam framework Laravel.
  • Agar sukses dalam proses upload file laravel ke Hosting maka anda harus membuat folder baru bernama “laravel”. Silahkan masukkan semua file dan folder kecuali folder “public” ke dalam folder laravel tersebut. Sehingga hanya tersisa folder public dan folder laravel saja. inilah langkah Direktori Laravel Setelah Diubah

Cara Upload Laravel ke Hosting cPanel

  • Langkah 1 Arahkan rute ke folder Laravel

Dengan secara default. Laravel tentu saja akan mengakses folder root Laravel dan tidak akan langsung mengakses folder public miliknya. Maka itu anda harus membuat rute agar saat mengakses domain, sehingga akses akan langsung mengarah ke file index.php pada folder “public”. Caranya adalah Buatlah file index.php di dalam folder root Laravel, seperti contoh dibawah ini:

File index.php yang dibuat di folder root Laravel.

Kemudian isilah dengan script sebagai berikut:

<?php

header(‘Location: public/’);

Simpan dan pastikan saat anda mengakses domain atau localhost secara langsung menuju ke halaman Laravel.

Dengan cara ini merupakan salah satu cara yang mudah untuk dipakai. Cara selanjutnya yaitu dengan memodifikasi file .htaccess pada root folder Laravel di hosting.

  • Compress seluruh file Laravel untuk Upload Laravel

Selanjutnya yaitu mengumpulkan seluruh file milik Laravel menjadi satu buah file dengan cara di-compress. Agar mudah di ekstrak di cPanel. Saya sarankan menggunakan ekstensi .zip pada file. Maka selanjutnya ada kotak dialog Compress file Laravel di Windows.

  • Langkah 3  Akses Halaman cPanel Hosting untuk Upload Laravel

Setelah itu upload file Laravel ke cPanel adalah anda harus mengakses ke cPanel. Anda dapat membuka cPanel dengan mengakses URL: https://namadomain/cpanel atau anda dapat membuka cPanel melalui android anda.

  • Langkah 4  Klik Fitur “File Manager” untuk Upload Laravel

Gunakanlah kotak pencarian dan carilah fitur File Manager, kemudian klik fitur tersebut.

3_cara install laravel dan cara unggah laravel
  • Langkah 5  Upload File Laravel

Arahkan navigasi menuju folder root yang ingin anda gunakan untuk penyimpanan Laravel.

Tips untuk Anda! Pada contoh diatas menggunakan folder utama public_html. Sehingga file zip yang berasal dari lokal diunggah pada folder tersebut. Anda bisa mengunggah file zip ke public_html atau menggunakan folder yang lainnya untuk mengakses file Laravel.

Ketika file zip sudah terupload, klik kanan pada file itu dan Extract, maka susunan file dan folder akan sesuai dengan sendirinya.

  • Terakhir: Tes Hasil Upload File Laravel

Pengecekan bisa dilakukan dengan cara mengakses domain atau subdomain yang anda gunakan untuk menyimpan file Laravel tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana, sekarang upload file laravel di hosting cPanel sudah tidak bikin pusing kepala kan? Anda bisa langsung melakukan upload dengan mudah. Cara untuk menginstall Laravel bisa lebih mudah dilakukan dengan menggunakan fitur Softaculous yang berada di cPanel. Prosesnya tidak akan membutuhkan waktu yang lama dan hanya membutuhkan beberapa langkah secara otomatis Laravel sudah terinstall. Proses mengupload file Laravel ke hosting juga bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana dan ringkas seperti melakukan upload file ke situs web dengan framework lain.

Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.