Panduan: Belajar Coding Untuk Pemula
Blog Tips Keren Panduan: Belajar Coding Untuk Pemula

Panduan: Belajar Coding Untuk Pemula

Kata siapa belajar coding itu susah ? Di era sekarang ini waktu yang tepat untuk anda mempelajari apa itu coding. Orang yang bisa coding telah sangat di minati dalam beberapa tahun terakhir. Berubah dari sesuatu yang digunakan dalam permainan komputer dan perangkat elektronik sesekali. Menjadi sesuatu yang membentuk cara kita hidup di dunia modern. Hampir setiap perangkat, barang elektronik, dan mesin modern mengandung setidaknya sedikit coding. Karena coding pemrogram sekarang sangat di minati untuk membuat aplikasi atau website. Jumlah pekerjaan untuk melakukan coding pemrograman juga terus bertambah. Ini berarti bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari cara membuat kode untuk anda sebagai pemula. Sebelum membahas lebih lanjut, anda harus mengetahui secara terminologinya dahulu apa itu coding dan apa fungsi dari coding.

Pengertian Coding

Pertama anda perlu mendefinisikan apa itu coding. Kebanyakan programmer akan setuju bahwa coding adalah tindakan penulisan kode yang dikompilasi untuk membentuk program, yang dapat dieksekusi oleh komputer atau pembaca kode dan yang memiliki fungsi atau serangkaian fungsi tertentu.

Definisi ini cukup luas. Pada kenyataannya, apa yang di maksud dengan coding akan tergantung pada jenis coding yang di maksudkan. Misalnya, developer jasa web melakukan coding pemrograman yang digunakan untuk membangun situs web yang berfungsi dan responsif. Dalam hal ini coding dilakukan untuk membuat website tersebut.

Namun, seseorang yang bekerja di bidang navigasi dan teknik penerbangan juga dapat menulis coding yang memungkinkan pesawat berjalan dengan autopilot selama perjalanan panjang. Meskipun ini sangat berbeda dari membuat website, ini juga termasuk coding.

Panduan: Belajar Coding untuk Pemula

Kenapa harus belajar coding ?

  1. Coding itu menyenangkan! Bayangkan jika memiliki kemampuan untuk dapat membangun website anda sendiri dari awal, membuat game mobile yang seru dan dapat memprogram paket analisis data. Jika anda belajar cara membuat kode, anda dapat melakukan semua ini dan lebih banyak lagi dengan cara yang menarik.
  2. Coding akan memberi anda skills yang berharga. Mempelajari cara membuat coding program akan memberi anda skills dan pengalaman yang cukup untuk mengejar karier sebagai programmer.
  3. Mempelajari cara membuat coding akan memberikan keamanan pekerjaan. Dengan cara yang sama, bisa mengejar karier sebagai programmer akan memberi anda banyak keamanan kerja. Coder dan programmer banyak diminati di era modern sekarang ini.

Belajar Coding untuk Pemula

step 1 Tentukan tujuan utama anda belajar coding pemrograman

Identifikasi dan tuliskan tujuan belajar coding anda. Ini akan dengan cepat menjadi dasar perjalanan anda dari pemula ke orang yang ahli coding.

step 2 pilih Bahasa Pemrograman

Berbagai jenis pemrograman membutuhkan keterampilan yang berbeda. Misalnya, jika anda ingin mempelajari cara membuat coding untuk website, anda harus belajar bahasa seperti HTML, CSS, Java, dan JavaScript. Demikian juga, developer aplikasi mobile membutuhkan Java untuk android atau Swift untuk iOS. Memilih bahasa yang tepat sangat penting. Tetapi kali ini akan membahas tentang coding untuk membuat sebuah website di bawah ini:

  • HTML

Jika anda ingin masuk ke web development front-end, maka anda harus belajar HTML. Ini digunakan untuk membuat teks sehingga komputer dapat memahaminya. HTML atau Hypertext Markup Language adalah salah satu bahasa yang paling sederhana untuk dipelajari dan merupakan bahasa di mana banyak orang belajar ketika mempelajari cara membuat coding untuk pemula.

Panduan: Belajar Coding untuk Pemula

HTML sangat sederhana dan mempelajari HTML cukup mudah dan kamu tidak perlu memiliki dasar coding terlebih dahulu. Modal anda untuk belajar HTML adalah familiar dengan penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

  • CSS

CSS sangat berguna untuk menata dan memformat konten pada halaman web. Ini memungkinkan anda untuk melakukan hal-hal seperti mengubah warna dan ukuran elemen, mengubah posisi elemen pada halaman web dan mengubah seluruh tata letak halaman web. Seperti HTML, CSS sangat penting jika anda berencana untuk menjadi pengembang web front-end.

  • JavaScript

JavaScript adalah bahasa lain yang cukup fleksibel dan sangat luas mirip dengan Java dan Python. Meskipun secara historis menjadi bahasa pengembangan web front-end yang memungkinkan pembuatan elemen interaktif. JavaScript menjadi semakin digunakan karena membuat visual lebih artistik dan menggunakan konsep sebagai objek.

  • Java

Java bisa dibilang paling populer untuk bahasa pemrograman sekarang ini. Karena serbaguna dan dapat digunakan untuk hal-hal seperti pembuatan aplikasi android dan pengembangan web back-end. Java adalah bahasa yang sangat berguna untuk mengetahui cara membuat coding untuk pemula. Ini relatif mudah dipelajari, bunyinya seperti bahasa Inggris, dan ada banyak hal yang dapat dipelajari untuk pemrogram Java tingkat pemula.

Step 3 Tentukan pelatihan yang tepat untuk membantu anda

Anda harus mempunyai sebuah mentor untuk belajar coding karena anda masih pemula. Di internet sekarang ini banyak sekali website yang memberikan kursus pengkodean online secara gratis. Seperti Code Academy, Free Code Camp, EdX, dan lainnya. Anda akan lebih mudah mempelajari cara mengcoding untuk pemula dengan sebuah videos dari pada hanya teks saja.

Step 4 Download Code Editor

Meskipun banyak website kursus online memungkinkan anda menulis kode dalam editor kode langsung di browser, Anda perlu tahu bahwa ini bukan cara kerjanya sebenarnya. Setelah anda berhasil dari kursus online tersebut. Anda harus mulai menulis kode langsung ke editor kode, jadi sebaiknya mulai berlatih melakukan ini sekarang.

Sebagian besar bahasa pemrograman memiliki editor kodenya yang dapat anda unduh. Mereka biasanya dilengkapi dengan interactive development environments (IDEs) yang akan membantu anda membangun kode yang jelas dan bebas kesalahan. Bahasa sederhana seperti HTML dan CSS dapat ditulis langsung ke dalam dokumen teks sederhana jika anda merasa lebih mudah.

Panduan: Belajar Coding untuk Pemula

Step 5 Tetaplah Belajar dan Mencoba

Seperti belajar untuk dapat mengendarai mobil. Belajar coding juga memerlukan latihan teratur jika anda ingin menjadi lancar dalam menggunakannya dan anda akan cepat lupa atas hal-hal rumit jika anda tidak berlatih menggunakannya. Karenanya, penting untuk memastikan bahwa anda terus mempelajari hal-hal baru setiap hari.

Jangan terbiasa menggunakan pola coding dan sintaksis yang sama untuk semuanya. Alih-alih, terus berjuang untuk mempelajari cara-cara baru untuk melakukan sesuatu dan meningkatkan metode coding anda. Cobalah membiasakan belajar satu hal setiap hari. Ini bisa berupa potongan sintaks baru, cara baru untuk menulis sebaris kode atau sekadar cara debug yang lebih baik.

Tips belajar coding untuk Pemula

Mempelajari cara coding untuk pemula bisa menyenangkan, mengasyikkan, dan sangat memuaskan. Ketika dilakukan dengan benar, mempelajari cara membuat kode dapat memberi anda skills yang berharga yang dapat anda manfaatkan untuk masa depan anda. Namun, mempelajari cara membuat kode juga bisa menjadi tantangan yang harus anda lewati.

Jika anda merasa kesulitan untuk membuat sebuah website dan ingin lebih mudah membuatnya anda bisa datang ke IDwebhost dengan domain dan host termurah. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!