Apa itu Paid Traffic? Cara Mudah Muncul di Pencarian Teratas

7 Jun 2022
Apa itu Paid Traffic? Cara Mudah Muncul di Pencarian Teratas

Ketika berbicara mengenai visitor website maka ada dua cara untuk mendapatkannya yaitu dari organic traffic dan paid traffic. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun memiliki tujuan yang sama, yaitu mendatangkan trafik, pengunjung atau visitor.

Traffic adalah nyawa sebuah website. Website sendiri dikatakan hidup jika memiliki pengunjung atau visitor yang mengakses situs tersebut.

Kebanyakan pemilik website menemui kendala dalam mendapatkan pengunjung yang ingin mereka dapatkan. Apalagi jika website yang masih seumur jagung, tentu akan mengalami kendala dan kesulitan dalam mencari visitor.

Traffic sendiri menjadi hal yang vital, karena sebagus dan semenarik apapun produk yang Anda tampilkan di website, tidak akan ada yang membeli karena yang melihat pun tidak ada.

Sebelum lebih lanjut membahas tentang paid traffic, kami akan mengulas terlebih dahulu dua teknik digital marketing untuk mendapatkan pengunjung. Yaitu organic traffic Search Engine Optimization (SEO) dan paid traffic Search Engine Marketing (SEM).

Jika Anda memiliki website tentu tidak akan melupakan dan meninggalkan optimasi SEO karena memang sebuah website. Jika tidak menerapkan optimasi SEO akan sulit untuk bersaing.

Namun dengan optimasi SEO yang baik maka Anda pengunjung website akan meningkat dan juga popularitas website pun akan baik. Nah pembahasan kali ini akan berfokus pada trafik berbayar  yang masuk pada strategi SEM untuk itu kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Apa Itu Paid Traffic?

Sesuai dengan namanya paid traffic yang jika diartikan adalah trafik yang berbayar. Karena trafik jenis ini akan Anda dapatkan ketika membayar sebuah iklan yang disediakan pihak ke-2, yang akan mengarahkan trafik secara instan ke website Anda.

Salah satu strategi yang paling umum adalah dengan memperoleh dari Search Engine Marketing (SEM). Saat ini ada dua layanan yang paling terkenal dengan memiliki user terbesar yaitu Google dan Facebook.

Dengan membayar sejumlah uang, Anda dapat mendapatkan trafik tinggi. Tidak hanya itu saja, paid traffic bisa berupa klik banner di media sosial, yang mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah uang.

Paid traffic sendiri paling baik digunakan biasanya untuk kebutuhan lead yang cepat dengan trafik tinggi. Misalnya saja pemilik bisnis yang bergerak di bidang data mining yang mengharuskan untuk mengumpulkan database sehingga memerlukan paid traffic ini untuk mendapatkan trafik tinggi tersebut.

Penting Paid Traffic untuk Website

Paid traffic sendiri paling sering digunakan untuk mengejar kebutuhan lead yang cepat. Misalnya saja pemilik bisnis yang bergerak di bidang data mining yang mengharuskan pengumpulan database sehingga memerlukan paid traffic ini untuk mendapatkan trafik tinggi tersebut.

Kemudian jika Anda memiliki produk atau jasa dan Anda ingin segera mendapatkan konsumen secara cepat maka paid traffic dinilai lebih efektif digunakan. Namun demikian, perlu adanya perhitungan matang, apakah omzet bisnis bisa menutup biaya iklan yang Anda lakukan.

Biasanya perhitungan konversi dilakukan dengan jumlah klik yang mengarah ke website Anda. Saat ini ada dua sumber paid traffic terbesar seperti yang telah saya sebutkan diatas yaitu Google Ads dan Facebook Ads.

Artikel terkait: Facebook Ads vs Google Ads. Mana Yang Lebih Bermanfaat?

Sebagai Metode untuk Mendongkrak Traffic Web

Metode untuk Meningkatkan Traffic Web

Wajar saja jika sebagai pemilik website, Anda menginginkan trafik yang tinggi. Dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, peluang mendatangkan closing juga makin terbuka.

Dari sekian banyak strategi untuk mendatangkan pengunjung, cara yang paling sering dipakai oleh adalah dengan menggunakan strategi SEM yang dipercaya paling mudah untuk mendapatkan trafik. Namun demikian harus menyesuaikan dengan rencana yang matang, agar jangan sampai membebani keuangan bisnis Anda.

Bayangkan saja, Anda hanya perlu menentukan kata kunci potensial yang relevan dengan produk Anda dan membayar sejumlah uang dengan cepat trafik akan meningkat berkali-kali lipat. Model ini jika di Google Ads disebut model Pay-per-Click (PPC).

Sebagai Cara Mudah Agar Muncul di Halaman Pertama Search Engine

Cara Mudah Agar Muncul di Pencarian Teratas

Tak bisa dibantah, mendapatkan ranking teratas di halaman pencarian adalah salah satu cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung yang banyak. Umumnya teknik SEO dan SEM adalah pilihan sering digunakan.

Jika SEO memiliki proses yang panjang namun memiliki jangka panjang dan gratis, sedangkan teknik SEM akan lebih cepat mendapatkan trafik namun harus membayar. Pilihan yang tepat adalah melihat seberapa prospek dan keuntungan yang akan didapatkan dari website Anda.

Untuk itu perlu melihat seberapa besar return of investment (ROI) yang akan Anda dapatkan mengingat dengan menggunakan metode paid traffic ini akan lebih cepat untuk mendatangkan pengunjung website.

Alasannya, dengan menggunakan metode ini Anda tidak perlu khawatir karena akan langsung mendapat peringkat atas di hasil pencarian dan menjadi prioritas dari hasil pencarian mesin pencari. Paid traffic sudah jelas akan mengalahkan hasil pencarian yang menggunakan metode SEO.

Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Traffic berbayar juga dianggap lebih efektif untuk membangun brand awareness bagi sebuah brand. Secara sederhana, jika website Anda menempati peringkat pertama hasil pencarian, pengunjung juga akan lebih mudah untuk mendapatkan produk Anda.

Dari sinilah konsumen akan lebih mudah mengenal dan memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Bisa Mendapatkan Data Demografi Konsumen Secara Gratis

Data Demografi Konsumen Terkumpul dengan Mudah dan Gratis

Dari penggunaan Search Engine Marketing (SEM), Anda akan mendapatkan data dan informasi dari konsumen yang menjadi target. Misalnya saja, Anda menggunakan media tools berbayar dari Facebook Ads, maka dari sana memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi tentang demografi.

Informasi yang yang ditampilkan antara lain seperti jenis kelamin, wilayah, minat dan lain sebagainya. Statistik ini akan lebih memudahkan Anda dalam penargetan konsumen nantinya.

Baca juga: Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Memudahkan Anda Memasarkan Produk Bisnis secara Online

Memudahkan Anda Memasarkan Produk / Bisnis secara Online

Jika telah menggunakan metode paid traffic, aktivitas pemasaran produk akan lebih mudah. Anda cukup menyediakan biaya iklan kemudian mencari kata kunci tertarget dan langsung bisa berjalan dengan efektif, mudah terukur.

Dari sini, Anda bisa merasakan perbedaan antara penggunaan metode berbayar dan gratis. Meski begitu, hingga saat ini Search Engine Marketing (SEM) menjadi pilihan yang paling sering digunakan untuk promosi iklan berbayar dibandingkan melalui televisi atau sejenisnya. Beriklan di media sosial tentu lebih efisien dari sisi biaya.

Kesimpulan

Kedua metode, baik organic dan paid traffic memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu diingat adalah kembali lagi pada website itu sendiri.  Jika konten yang disajikan berkualitas dan bermanfaat, pengunjung pun akan mengikuti dan memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sudah siapkah Anda untuk memiliki website sendiri? Percayakan website Anda hanya di IDwebhost. Dengan teknologi hosting terkini, dapatken website cepat dan aman dengan harga terjangkau.

Jangan ketinggalan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost
Penulis
Member since 2 Jul 2013