Outlook Email Adalah: Ketahui Layanan Mail Client yang Cocok untuk Bisnis Ini!

13 Feb 2024
Outlook Email Adalah: Ketahui Layanan Mail Client yang Cocok untuk Bisnis Ini! campaign-unlimited

Outlook email adalah salah satu mail client yang menjadi andalan, terutama bagi para kalangan profesional. Sebagai salah satu layanan dari Microsoft, Outlook email dilengkapi oleh berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Sebelumnya, apakah kamu sudah pernah menggunakannya?

Jika belum, maka tenang saja sebab pada kesempatan ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal Outlook email lebih dekat. Mulai dari mengetahui fitur-fitur, kelebihan dan kekurangan, serta cara daftarnya. Yuk, kita langsung saja menuju ke pembahasan!  

Apa Itu Outlook Email?

Outlook email adalah software email yang termasuk dalam layanan Microsoft. Sebagai bawaan aplikasi profesional, Outlook email tidak hanya dapat digunakan sebagai alat berkirim email saja. Ada banyak fitur canggih yang dapat digunakan oleh pengguna dalam layanan Outlook email.

Lebih tepatnya, Outlook email merupakan bagian dari Microsoft Outlook, yaitu salah satu program dalam rangkaian ekosistem Microsoft Office. Outlook mail menjadi salah satu layanan utama yang ditawarkan oleh Microsoft Outlook.

Di dalamnya, pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk mengelola jadwal, membuat catatan, melakukan obrolan, berkirim email, dan masih banyak lainnya. Fitur-fiturnya yang mendukung produktivitas ini membuat Outlook menjadi software andalan bagi profesional dan pelaku bisnis.

Pada tahun 2020 bahkan Microsoft meluncurkan sejumlah fitur terbarunya, yang secara khusus menyasar pelanggan bisnis. Hebatnya lagi, Outlook juga dapat diintegrasikan dengan Teams. Melalui platform Outlook, kamu dapat menjadwalkan dan membuat meeting Teams secara langsung.

Ini tentu juga terhubung dengan layanan emailnya.  Kamu dapat menyusun daftar partisipan dan mengirimkan undangan meeting langsung dengan Outlook email. Microsoft Outlook dapat menjadi mitra yang hebat untuk mewujudkan kemudahan kolaborasi dan produktivitas.

Fitur Outlook Email

Seperti yang telah kami jelaskan di atas. Outlook email adalah software email yang menawarkan layanan lebih dari sekadar berkirim pesan. Ada banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan jika menggunakan Outlook email. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mengedit email dalam proses pengiriman. Outlook dinilai lebih canggih daripada layanan email lainnya. Hal ini dikarenakan Outlook memungkinkan penghentian proses pengiriman email saat pengguna ingin mengedit dan memperbaiki isinya.
  • Dukungan Ms Exchange. Jika kamu belum tahu Microsoft Exchange, ini merupakan server yang digunakan untuk kebutuhan bisnis, sekolah, serta organisasi besar. Outlook email adalah layanan yang dapat disinkronkan dengan pemakaian Ms Exchange.
  • Task dan Calendar. Kamu dapat menggunakan kedua fitur ini untuk keperluan manajemen tugas. Misalnya seperti mencatat tugas, membuat peringatan hari, atau membuat jadwal kegiatan.
  • Contacts. Outlook memungkinkan kamu untuk menyimpan informasi kontak, layaknya buku telepon. Kamu bisa menyimpan kontak rekan bisnis, teman kerja, atau klienmu dan menghubunginya kapan saja menggunakan Outlook email.
  • Notes. Catat berbagai hal secara digital dengan fitur Notes di Outlook email. Kini kamu tidak perlu terpaku lagi dengan catatan biasa yang dapat hilang atau rusak. Buat catatan di Outlook email dan buka kembali kapan saja kamu membutuhkannya.
  • Kompatibel dengan software lain. Kamu dapat menggunakan Outlook email dan mengintegrasikannya dengan Microsoft Office. Bukan hanya itu saja, Outlook email bahkan juga mendukung berbagai software tambahan lainnya yang terdapat di Microsoft Store.
  • Fitur keamanan. Tidak perlu khawatir dengan keamanan pada Outlook email. Kamu dapat menggunakan berbagai pilihan fitur keamanan untuk mengamankan data-data Outlook email. Misalnya seperti menggunakan two-factor authentication, enkripsi, atau pelacakan riwayat aktivitas.
  • Fitur auto reply. Menggunakan Outlook email memungkinkan kamu untuk menjadwalkan dan melakukan kustomisasi balasan email.
  • Baca email saat offline. Tanpa khawatir akan koneksi internet, kamu tetap bisa membaca email dalam mode offline.

Kelebihan dan Kekurangan Outlook Email

Layaknya perangkat lunak lain, Outlook email juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh layanan email milik Microsoft satu ini? Mari ketahui di ulasan ini!

1. Kelebihan Outlook Email

Bagi pengguna dengan tingkat produktivitas tinggi, Outlook email adalah salah satu software yang menawarkan banyak kemudahan. Outlook email bisa mempermudah pekerjaan dan mengorganisir berbagai aktivitas. Hal ini memungkinkan berkat keunggulan Outlook email, seperti:

  • Antarmuka yang user-friendly.
  • Menyediakan akses ke berbagai dokumen dalam OneDrive.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan inbox hingga 15 GB.
  • Menyediakan sistem pembersihan spam.
  • Terhubung dengan berbagai sosial media.
  • Bisa disinkronkan dengan smartphone.
  • Terintegrasi dengan panggilan video Skype.
  • Menyediakan fitur untuk memisahkan email sesuai dengan kategorinya.

2. Kekurangan Outlook Email

Selain memiliki kelebihan, Outlook email juga mempunyai beberapa kelemahan. Periksa kelemahannya berikut untuk mempertimbangkan penggunaan Outlook email!

  • Fitur yang terbatas. Sebagai pengguna layanan Outlook gratis, kamu hanya dapat mengakses beberapa fitur saja. Untuk dapat menggunakan Outlook email secara keseluruhan, kamu harus menggunakan layanan versi berbayarnya.
  • Kapasitas penyimpanan yang terbatas. Pengguna gratis juga akan kerepotan soal kapasitas penyimpanan. Jika kamu menggunakan Outlook email secara gratis, kamu hanya bisa mendapatkan 5 GB kapasitas penyimpanan OneDrive.
  • Jumlah pengguna yang sedikit di Indonesia. Di Indonesia, Outlook memiliki jumlah pengguna yang masih sedikit. Dibandingkan dengan mail client lainnya, penggunaan domain email @outlook.com masih terlihat cukup asing di Indonesia.

Cara Daftar Outlook Email

Gimana? Jika kamu tertarik untuk menggunakan Outlook, sebaiknya simak baik-baik pembahasan kami satu ini. Pada pembahasan terakhir ini kami akan membantu menjelaskan cara daftar Outlook email hingga kamu bisa masuk atau login. Mari perhatikan langkah-langkah berikut!

  • Pertama-tama, buka browser dan kunjungi halaman Sign up Outlook.
  • Berikutnya, kamu akan langsung diminta untuk mengisikan username email. Masukkan username yang ingin kamu gunakan untuk ditampilkan pada nama emailmu.
  • Lalu, lanjutkan dengan memilih domain email yang tersedia. Di Outlook email, kamu dapat menggunakan pilihan domain email @outlook.com atau @hotmail.com.
  • Jika sudah, selanjutnya klik Next atau Berikutnya.
  • Tunggu beberapa saat agar server memeriksa ketersediaan alamat email yang kamu inginkan. Apabila kamu mendapatkan peringatan, artinya alamat email yang kamu masukkan telah digunakan. Cobalah untuk membuat alamat email baru dan ulangi tahap-tahap di atas.
  • Setelah berhasil mendapatkan alamat email yang diinginkan, berikutnya kamu akan diminta untuk membuat kata sandi.
  • Selanjutnya, masukkan nama pemilik akun dalam dua kolom yang tersedia. Tulislah nama depan di kolom atas dan nama belakang di kolom bawahnya.
  • Berikutnya, lengkapi informasi negara dan tanggal lahir.
  • Kemudian, lakukan verifikasi keamanan dengan memasukkan kode captcha yang ditampilkan pada layar.
  • Tunggu halaman untuk memuat beberapa saat hingga kamu dialihkan ke halaman dashboard Outlook email.
  • Selesai. Akun barumu sudah terdaftar dan kini kamu bisa menggunakan Outlook email untuk berbagai keperluan.

Itulah sedikit penjelasan kami tentang Outlook email. Sebagai seorang pelaku bisnis, menggunakan Outlook email adalah salah satu strategi yang tepat untuk menjaga produktivitas dan mengelola berbagai kegiatan.

Tentunya penggunaan Outlook email ini akan lebih optimal dengan hosting email. Ayo pakai domain nama profesional atau nama bisnis kamu sendiri di alamat emailmu! Dapatkan kepercayaan pelanggan dan bangun citra positif untuk keberlanjutan usahamu. Cek pilihan paket hosting email IDwebhost sekarang, ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022