Apa Itu Organic Traffic? Penjelasan Lengkap dan Cara Mendapatkannya

5 Jun 2022
Apa Itu Organic Traffic? Penjelasan Lengkap dan Cara Mendapatkannya

Traffic adalah jumlah visitor atau orang yang telah mengakses, mengunjungi, membaca dan keperluan pengunjung lainnya yang telah direkam oleh domain Anda. Pada sebuah website ada jenis organic traffic dan juga paid traffic.

Traffic website adalah bagian penting dari kelangsungan sebuah website. Karena dari traffic inilah sebuah website dikatakan hidup. Semakin banyak traffic yang masuk, maka website tersebut bisa untuk memaksimalkan tujuan dan kebutuhan pemilik seperti pemasaran produk, branding, lead customer dan lain sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang traffic organik untuk website Anda.

Ada alasan mengapa organic traffic sangat penting untuk website. Karena jika berbicara bisnis maka akan lebih mudah untuk memasarkan, menawarkan, mengenalkan produk atau jasa Anda.

Kemudian dari pengunjung yang tertarik dan mendapatkan manfaat dari website Anda kemungkinan besar akan mengikuti dan mendaftar ke newsletter atau promo yang Anda miliki.

Makin besar peluang mereka menjadi konsumen jangka panjang dari apa yang Anda tawarkan. Traffic website yang tinggi juga akan meningkatkan DA (domain authority) dan PA (page authority) sehingga popularitas website Anda baik di mata Google search.

Tentu Anda penasaran dengan pembahasan tentang organic traffic ini, bukan?

Karena pada artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda tentang pengertian, manfaat, dan bagaimana cara mendapatkan organic traffic. Daripada semakin penasaran, mari kita bahas apa itu organic traffic.

Yuk, cek pembahasan berikut ini!

Apa Itu Organic Traffic

Apa Itu Organic Traffic?

Organic traffic adalah lalu lintas dari visitor atau pengunjung suatu website yang dihasilkan dari hasil pencarian organik di mesin pencari tanpa menggunakan iklan.

Sebuah pencarian dikatakan organik saat seorang pengguna sedang mencari informasi atau konten tertentu dengan mengetikkan query kata kunci di mesin pencari seperti Google, Bing. Dan ketika menemukan apa yang dicari dan meng-klik link website serta mengunjunginya maka itulah yang disebut sebagai organic traffic.

Salah satu upaya untuk mendapatkan organic traffic yaitu dengan melakukan optimasi SEO (search engine optimization) pada website Anda. Dan untuk mendatangkan organic traffic ini tidak memerlukan biaya alias gratis.

Pada kenyataannya, untuk bisa mendapatkan traffic jenis ini memang perlu usaha yang lebih keras. Waktu yang dikerahkan juga relatif lama, karena mesin pencari akan menyesuaikan seberapa baik dan berkualitas sebuah konten website.

Intinya adalah, untuk bisa mendapatkan organic traffic yang tinggi perlu upaya yang lebih dibandingkan mendatangkan traffic berbayar. Tentu saja dengan berbagai penerapan teknik SEO yang baik dan benar.

Pentingnya Organic Traffic bagi Website

Seberapa Penting Organic Traffic Untuk Website?

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda lebih paham bahwa organic traffic ini didapatkan dari hasil pencarian Google secara organik, tanpa melalui iklan atau berbayar.

Dan karena sifatnya yang organik, traffic website yang satu ini dinilai memiliki kualitas yang baik di mata Google. Sehingga, peringkat website Anda akan semakin baik.

Manfaat Organic Traffic Untuk website Anda

Seperti halnya sayuran organik yang memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Begitu juga dengan organic traffic pada website,dapat memberikan manfaat yang baik pada website tersebut. Nah berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari organic traffic:

Memperluas jangkauan pelanggan

1. Jangkauan Pelanggan yang Semakin Luas

Seperti yang telah kita ketahui, organic traffic didapatkan dari hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang diketik oleh pengunjung di mesin pencari. Oleh karena itu, hasil pencarian akan menampilkan query pencarian dari pengunjung.

Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian, semakin tinggi peluang klik dari pengunjung tersebut.

Misalnya, Anda sedang mencari “Paket Hosting Murah” dan mengetikan di halaman pencarian Google. Kemudian ternyata dari hasil pencarian, sebagian pengunjung memilih mengklik website IDwebhost.

Karena tahu, bahwa IDwebhost menyediakan layanan domain dan hosting murah, terbaik dan terpercaya. Maka sudah dipastikan pengunjung akan memilih jasa layanan dari IDwebhost karena merasakan manfaat dan keuntungan darinya.

Kemudian untuk jangka panjang pengunjung juga bisa daftar newsletter dan mengikuti promo-promonya secara rutin.

Begitu juga dengan website-website e-commerce yang mengharuskan traffic tinggi. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk-produk yang dijual.

Meningkatkan popularitas ranking website

2. Popularitas Website akan Terus Meningkat

Popularitas tidak hanya milik artis saja. Pada website juga demikian. Semakin banyak orang mencari dan mengakses website Anda, Google pun akan menilai bahwa website Anda memiliki konten yang menjadi pilihan pengunjung.

Oleh karena itu Google akan selalu menampilkan website Anda di peringkat pertama sebagai rekomendasi konten yang relevan dengan pencarian pengunjung.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Cepat

Cara Meningkatkan Organic Traffic

Cara Mendapatkan Organic Traffic

Cara Mendapatkan traffic organic yang paling baik adalah dengan menerapkan teknik optimasi SEO pada konten website Anda. Semakin baik kualitas optimasi SEO yang Anda lakukan, maka kemungkinan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian akan semakin besar juga. Mengingat jika konten Anda bisa bertengger di peringkat atas dari hasil pencarian maka traffic yang akan didapat akan semakin tinggi juga.

Salah satu indikator yang menentukan tinggi rendahnya traffic adalah seberapa baik kualitas konten yang dihasilkan dan disediakan oleh website tersebut. Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas?

Konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan manfaat nilai tambah pada pembaca dan juga informasi yang disampaikan bisa dipahami oleh pembaca. Jika pembaca merasa puas dan mendapatkan manfaat, yakinlah mereka akan kembali mengunjungi website Anda.

Baca juga: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

Menerapkan optimasi SEO

Menerapkan Optimasi SEO On-Page dan SEO Off-Page

Sebelum membuat konten, yang perlu dilakukan adalah dengan mencari kata kunci dan melakukan riset. Untuk meriset kata kunci bisa dilakukan dengan tool gratis yang tersedia. Seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs dan lain sebagainya.

Saat menargetkan kata kunci tertentu, pastikan mencari dengan search volume yang tinggi namun dengan persaingan yang rendah. Kenapa harus memilih search volume tinggi dan persaingan rendah? Karena jika mengambil dengan persaingan tinggi, akan sulit untuk mendapatkan kesempatan peringkat atas hasil pencarian.

Seperti yang telah disebutkan diatas cara terbaik untuk meningkatkan traffic organic adalah dengan mengoptimasi SEO. Lantas seperti apa penerapan SEO untuk meningkatkan organic traffic ini? Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

  • SEO On Page

SEO On-Page adalah optimasi yang dilakukan pada halaman atau konten website tersebut. Yang artinya, melakukan optimasi pada konten seperti menyiapkan kata kunci / keyword yang relevan dengan website. Kemudian menyisipkan pada artikel seperti pada judul, deskripsi, permalink, memberikan alt image dan lain sebagainya.

  • SEO Off Page

SEO Off page adalah proses optimasi yang dilakukan di luar website walaupun optimasi dilakukan di luar website.  Namun teknik ini juga bagian dari faktor SEO. Yang tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic dan juga menaikan peringkat di mesin pencari. Biasanya cara yang umum digunakan adalah membangun backlink website.

Kesimpulan

Demikian pembahasan kali ini tentang organic traffic. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik dari IDwebhost lainnya.

Untuk Anda yang suka diskon, IDwebhost memiliki paket hosting murah dan domain yang sesuai dengan kebutuhan. Caranya mudah, silakan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Penulis
Member since 2 Jul 2013