Cara Paling Mudah Optimasi VPS di  Panel Webuzo
Blog Tutorial Cara Paling Mudah Optimasi VPS di  Panel Webuzo

Cara Paling Mudah Optimasi VPS di  Panel Webuzo

Cara paling  mudah untuk Optimasi VPS di panel webuzo memang harus dipelajari, khususnya bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan website untuk berbisnis. Jika bisnis Anda sudah menggunakan layanan VPS (Virtual Private Server), maka Anda pasti sudah merasakan kemudahan dalam mengelola sistem dengan teknologi cloud. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, tentu saja Anda semakin membutuhkan layanan yang lebih handal dan aman seperti VPS.

Apa itu VPS?

VPS (Virtual Private Server) merupakan server pribadi yang keseluruhan resourcenya hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Dengan adanya VPS ini maka penggunak dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan bisa melakukan apapun yang diinginkan.

Teknologi yang digunakan VPS disebut virtual karena pembagin ini dilakukan dengan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan. VPS bisa diibaratkan sebagai sebuah gedung apartement yang setiap kamarnya memiliki fasilitas sendiri-sendiri. Sehingga dalam hal ini semua penghuni memiliki kebebasan akses dalam mengatur dan menggunakan isi kamar dan apartemennya.

VPS bisa dibilang kurang populer jika dibandingkan dengan shared hosting. Meski begitu demi memaksimalkan website agar lebih aman sebaiknya Anda mulai mempelajari pengoperasiaan VPS yang nantinya penting untuk meningkatkan kebutuhan hosting.

optimasi vps

Fungsi VPS Yang Harus Anda Ketahui

VPS memiliki beberapa fungsi yang harus diterapkan oleh pengguna. Hal ini yang bakal menjadi panduan bagi kamu yang akan menggunakan vps.

1. Sebagai VPS Hosting

VPS tidak hanya menyimpan file-file yang ada di halaman website tetapi juga file pribadi agar dapat diakses menggunakan jaringan internet di mana saja. Anda harus tahu bahwa kapasitas penyimpanan pada VPS tergantung pada paket yang digunakan oleh pengguna. Semakin besar disk space maka semakin mahal biaya berlangganan tiap bulannya.

Tidak semua file hosting diperbolehkan pada layanan VPS dan tidak diizinkan pada layanan hosting karena hanya akan membebani server dan tentu saja mengganggu pengguna lain.

2. Berfungsi Sebagai Layanan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan sambungan koneksi pribadi dan hanya bisa dipakai oleh pengguna yang sudah terdaftar dan memiliki username dan password untuk melakukan samnbungan. Ini juga memerlukan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar perangkat. Itulah mengapa banyak pengguna yang memanfaatkan layanan VPS untuk dijadikan server Virtual Private Network (VPN).

3. Memback-up Server Utama

Kadang kita tidak menyadari kalau gangguan pada website bisa datang kapan saja. Ketika terjadi masalah yang tidak diinginkan pada server utama, maka fungsi VPS di sini adalah untuk memback up server yang bisa di-restore sewaktu-waktu. Semua server memang rentan terhadap kehilangan data sehingga Anda harus bisa mengantisipasi data penting yang bisa hilang sewaktu-waktu. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi maupun pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk  mengantisipasi maka VPS sangat penting untuk website Anda.

4. Sebagai Server Website

Pengguna yang menggunakan VPS adalah mereka para developer yang memiliki klien atau perusahaan dengan load yang tinggi. Namun sekarang ini banyak juga personal webiste yang menggunakan layanan VPS untuk memantau traffic website yang dikelolanya sangat padat. Biasanya pengguna akan menggunakan VPS ketika layanan mereka membutuhkan resource yang lebih tinggi. Dan sebagian besar VPS yang digunakan untuk mengeksekusi halaman website disebut dengan layanan web hosting.

Someone is typing

5. Sebagai Server Remote Desktop

Anda yang memiliki bisnis online biasanya akan memanfaatkan VPS sebagai emsin yang menjalankan bisnis. Dalam hal ini biasanya mereka akan menaruh bot di dalam server. Fungsi dari bot ini akan menjalankan perintah yang sudah ditanamkan secara otomatis dalam waktu yang sudah ditentukan. Namun kini semakin banyak pengguna yang menggunakan VPS melarang penggunaan bot karena hanya akan membuat server berada pada posisi load yang tinggi dan menjadi penyebab lemot.

6. Sebagai Mesin Percobaan

Adanya VPS juga bisa digunakan sebagai mesin percobaan. Pada proses pengembangan website, Anda harus melakukan pengetesan yang mencakup kebutuhan sistem yang akan dijalankan. Dalam hal ini VPS berfungsi untuk mengantisipasi kekurangan pada sistem yang sedang dijalankan. Pada VPS juga memiliki spesifikasi yang memudahkan pengembang untuk menggunakan hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan website maupun sistem.

VPS merupakan jalan tengah bagi Anda yang membutuhkan fitur yang lebih maksimal dan biaya yang lebih murah. Bahkan ini lebih murah dari dedicated server. Untuk memudahkan dalam mengelola sebuah website, Anda perlu mengoptimasi VPS panel webuzo.

Cara Mudah Optimasi VPS Panel Webuzo

Optimasi VPS panel di webuzo akan memudahkan Anda dalam mengelola sebuah website. Terlebih jika Anda sedang menjalankan bisnis online. Webuzo merupakan sebuah panel VPS yang sangat lengkap dengan powerful untuk single user VPS. Pada bagian ini juga terdapat fitur yang nantinya membantu Anda dalam menjalankan VPS.

Akan tetapi kinerja VPS ini dinilai sangat memberatkan dan mengharuskan Anda untuk mengaktifkan webuzo. Meski begitu, Anda hanya perlu mengaktifkan webuzo saat diperlukan saja. Setelah selesai maka harus segera dimatikan layanannya. Hal ini untuk mengurangi beban pada VPS agar tidak teralu lemot saat menggunakannya.

Cara paling mudah untuk optimasi VPS panel webuzo adalah dengan masuk kembali ke menu Service Webuzo Start. Cara ini sangat memudahlan Anda untuk optimasi. Layanan webuzo membutuhkan resource yang cukup besar, untuk itu jika sudah selesai maka Anda harus mematikannya dengan cara Login di root VPS, kemudian klik menu Service Webuzo Stop.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Layanan VPS

1. HDD

Yang pertama Anda perhatikan adalah kapasitas space dan jenis HDD yang disediakan. Hal ini supaya data bisa terbaca lebih cepat dibanding SATA dan SAS.

2. Lokasi

Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan, sebaiknya Anda memilih layanan VPS yang lokasi servernya berada di Indonesia.

3. Sistem Operasi

Sistem operasi untuk VPS tentunya berbeda-beda. Biasanya layanan VPS tersedia untuk sistem operasi windows atau linux. Dalam hal ini sebaiknya pilih layanan VPS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Dilengkapi Layanan Backup

Yang paling penting dalam memilih VPS adalah adanya layanan backup. Dengan kemudahan backup data, maka Anda bisa melakukan backup kapan saja.