Cara Optimasi Gambar di WordPress Dengan Mudah
Blog Tips Keren

Cara Optimasi Gambar di WordPress Dengan Mudah

Gambar merupakan salah satu elemen paling penting yang tidak boleh luput dari perhatian. Karena dalam suatu artikel peran sebuah gambar sangat penting untuk menarik minat dari audiens atau pengunjung. Bayangkan sebuah website atau  artikel tanpa gambar pasti akan terasa sangat hambar karena tampilannya tidak menarik dan kurang informatif bukan? Karena itulah, sebagian besar pemilik website pasti akan memasukan gambar ke konten mereka. Dalam hal ini, Anda harus menyertakan gambar dengan kualitas tinggi atau HD untuk menarik perhatian audiens. Disamping itu, gambar yang bagus juga akan membuat traffic website anda meningkat pesat. Untuk menikmati hasil yang signifikan, tentu saja Anda harus melakukan optimasi gambar WordPress terlebih dulu.

Mayoritas pemilik situs WordPress mengupload dan menggunakan gambar yang tidak dioptimasi terlebih dahulu untuk kemudian dipasang di website, dan hal ini akan mempengaruhi tampilan serta peringkat website. Lewat tutorial ini, Anda bisa tahu kenapa optimasi ukuran gambar itu dibutuhkan. Selain itu, Anda juga akan mempelajari cara mengatur ukuran gambar WordPress.

 

Cara Optimasi gambar di wordpress
idwebhost

Kenapa Sih Harus Optimasi Gambar di WordPress?

Jika anda gagal atau lupa mengoptimalkan gambar di wordpress, maka kecepatan website akan berkurang dan penggunaan berlebih pada bandwidth. Tahukah Anda bahwa gambar ‘memakan’ sejumlah space yang tidak sedikit? Berikut uraian tentang beberapa alasan mengapa harus optimasi gambar di wordpress

1. Loading website menjadi lebih cepat

Website yang memiliki kecepatan loading yang lambat atau lemot hanya akan membuat para audiens kecewa. Bounce rate nya akan meningkat dan pengunjung pada akhirnya tidak betah untuk berlama-lama dan segera beranjak dari situs Anda. Kalau sudah begini, tidak mungkin, kan, Anda berharap pengunjung tetap sabar dan menunggu sampai gambar anda terload semua dengan sempurna.

2. Hanya membutuhkan sedikit Space

Dalam keadaan normal, website Anda pasti tidak akan melebihi batas penggunaan yang telah ditetapkan oleh provider hosting. Namun, akan lebih baik lagi jika website Anda hanya menggunakan sedikit space supaya performa menjadi lebih cepat dan mulus. Bloat website akan menurun dan performa website secara otomatis akan meningkat. Anda pun bisa menghemat biaya server (jika Anda membayar berdasarkan biaya penyimpanan).

3. Peringkat di Search Engine Akan Naik

Google dan search engine lainnya ‘tidak menyukai’ website yang loadingnya lambat. Maka dari itu, Dengan mengoptimasi gambar performa website Anda akan meningkat. Begitu pula peringkat situs Anda. Dengan gambar yang telah dioptimasi, Google akan mengindeks dan menaikkan peringkat pencarian terhadap gambar Anda dengan lebih cepat, dan pastinya hal ini merupakan dampak positif untuk traffic.

Cara Mudah Optimasi Gambar di WordPress

1. Pilih Format File yang Tepat

Sebelum melakukan optimasi gambar di WordPress, pastikan Anda memilih format file yang tepat. Format file yang Anda pilih nantinya akan memengaruhi keseluruhan ukuran dan kemampuan dalam optimasi gambar. Dua tipe gambar yang paling banyak dipilih adalah JPEG dan PNG. Format JPEG biasanya digunakan untuk fotografi dan gambar umum lainnya. Hal ini dikarenakan:

  • Memiliki keseluruhan ukuran gambar yang lebih kecil.
  • Kualitas gambar bagus.
  • Bisa diatur ulang ukurannya atau dikompress tanpa harus mengurangi kualitas gambar.

Di sisi lain, format PNG digunakan untuk vector, logo, screenshot, dan gambar berukuran kecil lainnya. Biasanya gambar berformat PNG memiliki ukuran yang cenderung besar. Mungkin Anda tidak akan terlalu sering memakai format ini. Selain PNG dan JPEG, ada banyak tipe gambar yang bisa Anda pilih. Namun, berbagai tipe gambar tersebut tidak akan kompatibel jika digunakan untuk gambar web, kecuali GIF.

 

Cara Optimasi gambar di wordpress
idwebhost

 

2. Mengkompress gambar

Cara mudah kedua untuk optimasi gambar di wordpress adalah kompress gambar. Ketika hendak mengkompres gambar, Anda harus membuatnya seimbang antara kualitas hasil kompress dengan ukuran gambar. Apabila Anda mengkompres gambar dengan minimal, maka hasil yang Anda dapatkan adalah gambar berukuran besar dan kualitasnya tinggi. Sebaliknya, jika Anda mengkompres gambar dengan maksimal, maka hasil yang diperoleh adalah gambar berukuran kecil dan kualitasnya menurun.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Kompres gambar dengan seimbang. Hal ini artinya kualitas dan ukurannya haruslah setara dan tidak berat sebelah. Jika saat ini Anda sedang mengelola website yang membutuhkan gambar dengan high-quality, misalnya situs fotografi, maka sepertinya akan sulit bagi Anda karena akan memerlukan waktu lebih lama lagi untuk menyeimbangkan kualitas dan ukuran gambar. Namun, Anda bisa menggunakan pengaturan optimasi untuk masing – masing gambar.

Kami akan membahas tool berbasis desktop, tool berbasis web. dan plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk mengkompres gambar tanpa harus merusak kualitasnya.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Page Builder Terbaik Untuk Kamu

DIY Tool Optimasi Gambar

Tool berbasis desktop menawarkan kontrol penuh pada Anda untuk mengelola pengaturan optimasi. Untuk melakukan optimasi gambar memakai tool desktop anda bisa menggunakan berbagai aplikasi seperti adobe Photoshop, Gimp, Affinity Photo, dan PAINT.NET.

Tool optimasi gambar otomatis

Jika Anda lebih menginginkan cara yang lebih simpel dan mudah, maka Anda bisa coba memanfaatkan tool online yang otomatis akan optimasi gambar di website anda. Tool ini juga adalah pilihan yang tepat apabila Anda tidak mau membuang-buang waktu dalam mempelajari berbagai hal tentang mengedit foto di software maupun photo editing.

Untuk menggunakan tool ini, Anda hanya perlu mengupload gambar atau foto dan dengan cepat, Anda akan mendapatkan hasil gambar yang sudah dioptimasi. Dana jika Anda ingin menggunakan tool atau software secara offline dengan menginstallnya terlebih dulu, mungkin pilihan bisa anda jatuhkan kepada ImageOptim, OptiPNG, atau Trimage.

Menggunakan Plugin

Selain 2 cara diatas, anda juga bisa menggunakan plugin untuk optimasi gambar di wordpress dengan menggunakan plugin yang disediakan dari wordpress secara gratis mulai dari Imagify Image Optimizer, Shortpixel Image Optimizer, WP Smush, hingga Optimus Image Optimizer.

3. Atur Ulang Ukuran Gambar

Cara mudah optimasi gambar di wordpress yang terakhir adalah dengan mengatur ulang ukuran gambar. Ya, Sebelum memulai optimasi, aturlah ukuran gambar terlebih dulu dengan benar dan tepat. Jangan langsung mengupload gambar berukuran besar yang ujung-ujungnya juga akan di-resize.

4. Crop Gambar dengan Rapi

WordPress memiliki image editor bawaan yang bisa digunakan untuk crop gambar melalui dashboard. Namun kami lebih menyarankan agar Anda crop gambar terlebih dulu sebelum dioptimasi atau adiunggah.

5. Menaikan SEO Gambar

Cara terakhir optimasi gambar di wordpress adalah menaikan SEO gambar.  Ya, Ternyata optimasi gambar bisa memengaruhi peringkat pencarian terhadap situs dan gambar terkait.

 

Cara Optimasi gambar di wordpress
IDwebhost

 

Dengan optimasi gambar, performa situs akan lebih cepat dan peringkatnya juga naik. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menaikkan peringkat SEO pada gambar.

Berikut tadi cara optimasi gambar di wordpress yang bisa coba anda terapkan. Jangan lupa untuk membangun website anda bisa membeli domain dan hosting murah di Idwebhost.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.