Pebisnis Harus Memiliki Website - Part 3 | Ngobsan
Blog Tips Keren Pebisnis Harus Memiliki Website – Part 3 | Ngobsan

Pebisnis Harus Memiliki Website – Part 3 | Ngobsan

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, kini informasi dapat ditemukan dengan hanya sekali klik. Internet atau Interconnection networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket yang melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet kini sudah digunakan oleh banyak orang dari berbagai usia sebagai media informasi.

Website adalah suatu halaman web yang dapat diakses melalui Internet. Dalam sebuah web biasanya akan tersedia sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Menurut Global Web Index, 62% pelanggan mengunjungi website hanya untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk. Jadi, sebagai seorang pengusaha, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat website sebagai media branding maupun promosi bisnis

Tanggal 6 Agustus ditandai sebagai hari lahirnya website yang dibuka untuk publik. Tim Bernes Lee adalah sosok di balik kelahiran website tersebut. Awalnya Tim Berners Lee membuat proyek World Wide Web pada tahun 1989 sebagai alat komunikasi otomatis untuk berbagi informasi antar ilmuwan di berbagai belahan dunia.

Kini, jumlah website mencapai lebih dari 900 juta Ruang informasi website bahkan mampu menjangkau ilmu pengetahuan dengan cakupan seluruh dunia. Bahkan, merangkum berita terkini dalam hitungan detik saja Banyak dari pemilik bisnis dalam 1 dekade ini memanfaatkan website sebagai tombak utama dalam penjualan mereka

Kategori Website Dapat Dibedakan Menjadi 3 Jenis:

1. Website Statis

Website jenis ini memiliki konten yang tidak dimaksudkan untuk diperbaharui secara berkala. Sehingga apabila ingin dilakukan perbaharuan terhadap isinya atau ingin menambah halaman lain, harus dilakukan secara manual pada source code nya.

Website ini termasuk kategori web jadul generasi pertama. Tidak efektif lagi digunakan pada zaman sekarang yang membutuhkan up to date secara berkala terhadap konten situs website.

2. Website Dinamis

Website jenis ini termasuk web generasi modern. Pada tahap pembangunannya sengaja didesain agar isinya atau kontennya dapat diperbaharui secara berkala dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu, pembangunan website kategori dinamis membutuhkan waktu lebih dibandingkan web statis. Tujuan lain website dinamis ini dikembangkan agar dapat lebih mudah digunakan oleh penggunanya nanti.

3. Website Interaktif

Sebenarnya kategori website interaktif sama halnya dengan website dinamis (Website Modern). Pengembangan website dinamis lebih kompleks lagi akan menghasilkan website interaktif. Berdasarkan penamaannya, jenis website ini memang didesain agar bisa bersifat lebih fleksibel dan interaktif antar anggota atau antar pengembangnya.

Dengan sifatnya yang demikian, website ini memungkinkan terjadinya komunikasi secara dua arah. Komunikasi ini dapat terjadi antara website dengan pengunjung ataupun antar sesama pengunjung. Adapun contoh website jenis ini yang pastinya telah banyak digunakan di seluruh dunia adalah website Facebook.

 

Lalu apakah alasan yang tepat untuk menjelaskan mengapa website memiliki peran penting dalam kegiatan bisnis Anda?

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui betapa pentingnya peran website meskipun bisnis Anda sudah memiliki brosur, memasang iklan dimana-mana dan sudah dikenal masyarakat. Akan tetapi Anda tetap memerlukan website sebagai media pemasaran di era digital seperti saat ini. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkaan bisnis Anda jika memiliki website, yakni :

Sarana Penjualan Produk

Jika Anda memiliki produk berupa barang maupun jasa yang ingin dipasarkan secara online, maka Anda harus memliki sebuah website. Fungsi website disini adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan produk Anda secara lengkap kepada masyarakat. Dengan banyaknya pengguna internet saat ini, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak.

Mempermudah Komunikasi

Melalui website, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi baik dengan klien, teman maupun calon konsumen. Saat ini beberapa website modern terdapat fitur komunikasi yang memungkinkan Anda melakukan komunikasi dua arah. Adanya kolom komentar di website dan form contact adalah sebagian kecil cara berkomunikasi melalui website.

Meningkatkan Trust Tentang Perusahaan Anda

Pernahkah Anda saat ingin membeli produk melalui social media maupun di media apapun, secara tidak sadar Anda akan mencari website official untuk melihat detail lengkap produk yang di jual ? Tapi saat Anda cek di google ternyata dia tidak memiliki website. Bagaimana reaksi Anda? Ternyata menurut survey hampir 34% pelanggan tidak jadi melalukan transaksi karena merasa kurangnya trust terhadap perusahaan tersebut.

Sarana Publikasi Resmi Perusahaan

Melalui website, perusahaan dapat menjadikannya sebagai media publikasi resmi. Contohnya adalah jika perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi tersebut bisa dipublikasikan melalui website yang dimiliki. Banyak perusahaan yang mengumumkan campaignnya melalui media cetak, TV, radio ataupun media lainnya padahal cukup mempublish konten campaignnya di Website maka akan lebih menghemat cost Anda untuk beriklan.

Branding

Membangun branding juga sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Proses branding ini juga bisa dilakukan melalui website, terlebih saat ini Anda bisa mendesain website perusahaan secara khusus atau dengan memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itulah, branding melalui website juga perlu Anda lakukan.

Kemudahan Memberikan Informasi

Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan dan informasi terbaru. Maka dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda walaupun jaraknya sangat jauh.

Punya Email dengan Domain Sendiri

Dengan memiliki sebuah website Anda juga dapat memiliki email dengan domain website. Jadi alamat email Anda tidak lagi menggunakan nama domain gratis. Selain terlihat profesional, dengan menggunakan email domain perusahaan, kredibilitas Anda juga meningkat di mata pelanggan.

Fitur ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui email mana yang resmi dari perusahaan atau toko Anda. Jadi selain email dengan domain tersebut bukan email resmi perusahaan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah terhindar dari kejahatan penipuan yang mengatasnamakan perusahaan Anda.

Sumber Informasi

Manfaat website untuk masyarakat yang pertama adalah sebagai sumber informasi. Di era digital ini, masyarakat menghabiskan sebagian besar waktunya di dunia maya. Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia adalah membaca artikel.

Berdasarkan penelitian APJII mengenai perilaku pengguna internet di Indonesia, sebanyak 55,30 persen pengguna internet Indonesia memanfaatkan internet untuk mengakses informasi. Dan tentu informasi yang diakses tersebut adalah website-website berita dan media online.

Mengakses Layanan Publik

Manfaat website untuk masyarakat yang kedua adalah untuk mengakses layanan publik. Di era digital ini, layanan publik pun sudah mulai banyak tersedia melalui website.

Kesimpulan

Website memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh siapa saja. Anda dapat memanfaatkan website untuk kepentingan pribadi seperti menuangkan opini dan pengalaman. Website juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan komersil perusahaan. Masyarakat secara umum pun dapat merasakan manfaat website melalui layanan publik dan layanan informasi.

Selain itu, kini membuat website sudah lebih mudah dibandingkan dua dekade sebelumnya. Siapapun bisa membuat website dengan mudah, baik menggunakan jasa pembuatan website atau secara mandiri.