Mengenal Nextcloud Sebagai Private Cloud Storage
Blog Tips Keren

Mengenal Nextcloud Sebagai Private Cloud Storage

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan layanan cloud storage pribadi? Ada banyak loh yang tersedia di pasaran. Dua brand yang paling populer dan banyak dipakai oleh orang-orang yaitu Nextcloud dan ownCloud. Namun, lebih banyak orang memakai Nextcloud dibandingkan ownCloud. Mengapa? IDwebhost akan memberikan penjelasannya dalam artikel ini. Sebelumnya, mari kita kenali terlebih dahulu tentang Nextcloud.

Apa itu Nextcloud?

 

pengertian Nextcloud
IDwebhost

 

Nextcloud merupakan client server software yang menyediakan layanan mirip seperti Dropbox, Google Drive dan iCloud. Anda dapat mengumpulkan sejumlah file Anda untuk dapat diakses dengan internet, dari mana pun Anda berada dan kapanpun Anda perlukan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membagikan file tersebut ke teman-teman atau relasi Anda. Hal ini sering disederhanakan menjadi istilah Cloud Storage. Tetapi secara teknis, layanan ini tidak cuma bisa melakukan itu saja.

Catatan :

Mengapa orang-orang tidak menyimpan file atau data mereka di flashdisk atau hardisk pribadi saja? Ada satu faktor penting yang menjadi pembedanya yaitu tingkat keamanan cloud storage yang tinggi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data Anda, jika sewaktu-waktu ada orang yang menyalin data dari hardisk Anda.

Cloud storage sebenarnya mempunyai cara kerja yang simple. User atau pengguna tinggal upload file dan folder mereka dari komputer atau device yang sudah terhubung dengan internet. Nantinya, jika Anda membutuhkan data yang sudah Anda upload tersebut, Anda tinggal mendownloadnya lagi dari cloud storage itu. Pada umumnya, data yang sudah di unggah ke cloud storage telah dienskripsi dan cuma dapat diakses dengan user yang berhasil login.

Sejarah Singkat

Nextcloud dibangun dari idealisme sekumpulan orang yang pernah bekerja juga di ownCloud. Pada bulan April 2016, Karlitschek dan beberapa rekan kerjanya sebagai kontributor utama lainnya keluar dari ownCloud Inc.

Suasana saat itu mulai panas karena dipublikasikannya postingan blog Karlitschek yang mengajukan berbagai pertanyaan kritis seperti, “Siapa yang memiliki komunitas? Siapa yang mempunyai ownCloud sendiri? Dan mana yang lebih penting, uang jangka pendek atau tanggung jawab serta pertumbuhan jangka panjangnya?”.

Memang belum ada suatu pernyataan resmi tentang alasan untuk perubahan haluan yang dilakukan eks pekerja ownCloud itu. Namun, Karlitschek menyebutkan hal tersebut beberapa kali pada sebuah pembicaraan di konferensi FOSDEM 2018.

Di konferensi tersebut, Dia menekankan ketidakcocokan budaya antar developer open source dengan orang-orang yang berpikiran bisnis. Mereka merasakan ownCloud tidak benar-benar dipakai bagi komunitas open source itu sendiri.

Nextcloud VS Owncloud

 

Nextcloud VS Owncloud
IDwebhost

 

Jadi cukup jelas bahwa ownCloud dan NextCloud di antara layanan pesaingnya telah mempersempit pilihan bagi pasar. Lalu bagaimana dengan persaingan antara kedua layanan tersebut? Tampaknya cukup jelas bahwa sejak awal, ketertarikan user pada NextCloud terus berkembang pesat dan lebih banyak volume pencariannya di mesin telusur Google jika dibandingkan dengan ownCloud.

Dalam siaran pers tahun 2018, Nextcloud mencatat sudah berhasil meraih “lebih dari 100 ribu unduhan aplikasi Collabora Nextcloud” di tahun 2017. Sementara itu, pada rilis press tahun 2018 yang lainnya mereka mengklaim diri sudah mempunyai lebih dari 35 karyawan dan juga lebih dari 100 pelanggan serta partner.

OwnCloud, di sisi lain , dalam sebuah posting blog di awal tahun 2018 mengklaim bahwa mereka sudah mempunyai 500 pelanggan dan mereka telah mempekerjakan 17 karyawan baru di tahun 2017. Keduanya memang tumbuh cepat, tetapi bagaimana dengan sisi teknologi dan keamanan yang ditawarkan? Mari kita simak penjelasannya!

Teknologi

Kedua layanan yang disediakan sama-sama dibangun dengan bahasa PHP dan telah mendukung SQLite atau MySQL atau MariaDB. Prosedur untuk instalasinya juga hampir sama pada keduanya. Mengenai detailnya, Anda dapat mengunduh keduanya terlebih dahulu untuk benar-benar bisa merasakan perbedaan dari kedua fitur yang ada.

Mengenai basis kode, keduanya bersifat publik dan Anda bisa melihat dengan lebih detail apa-apa saja kemajuan yang sedang mereka kembangkan bagi layanan yang ditawarkan. Jika Anda mencoba untuk membandingkan di grafik “commit activity” GitHub NextCloud dengan di grafik “commit activity” ownCloud.

Anda sebenarnya bisa juga melihat bahwa NextCloud mempunyai komitmen yang bisa dibilang dua kali lebih besar dibandingkan dengan kompetitornya. Tidak hanya itu saja, jika Anda mencoba memeriksa “frekuensi kode” di grafik NextCloud dengan di grafik “frekuensi kode” ownCloud.

Sudah cukup jelas bahwa sejak terpecahnya berbagai karyawan ownCloud pada tahun 2016, tim kerja Nextcloud telah membuat lebih banyak pengembangan yang berbasis kode dibandingkan dengan tim ownCloud.

Mereka bahkan juga sudah mempublikasikan beberapa rilis lebih cepat satu tahun dibandingkan dengan ownCloud. Mengingat bahwa kedua brand ternama tersebut sebenarnya mulai dari basis kode yang sama persis sebelum ownCloud terpecah, ini seharusnya dapat memberi Anda satu pencerahan mengenai yang mana yang lebih bagus untuk Anda gunakan.

Keamanan

Tim dari Nextcloud telah mengklaim diri bahwa banyak berinvestasi dalam meningkatkan keamanan bagi produk atau layanan mereka. Dalam bidang apa saja itu? Contohnya seperti penanganan password yang lebih bagus lagi, perlindungan terhadap brute force, pembatasan laju, integrasi dengan berbagai macam metode otentikasi dari perusahaan, dan CSP serta masih banyak lagi yang lainnya.

Nextcloud sebenarnya juga sudah bekerjasama dengan tools publik yang bernama Security Scan Tool yang dapat melakukan scan terhadap layanannya.

Cara Install Nextcloud

 

Cara Install Nextcloud
IDwebhost

 

Untuk mengunduhnya dan melakukan instalasinya, kami telah memberikan panduannya di artikel berikut. Anda juga dapat membaca artikel dari kami berikut ini: Cara Membuat Private Cloud Storage

Anda mungkin juga tertarik untuk mempelajari lebih lanjut apa itu cloud computing, silakan baca artikel berikut ini: Panduan Cloud Computing bagi Pemula

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda bisa mengetahui apa itu Nextcloud dan apa saja manfaatnya bagi Anda. Tidak hanya itu, kami juga menjelaskan apa saja keunggulannya dibandingkan dengan Owncloud. Bagaimana, apakah blog dari kami membantu anda?

Artikel ini merupakanbentuk komitmen IDwebhost sebagai provider hosting murah dan jasa pembuatan website di Indonesia yang berkualitas dan telah banyak dipercaya orang . Anda dapat membaca berbagai konten menarik lainnya dari kami terkait pengembangan situs dan pengembangan bisnis online.

Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai hal diatas, anda bisa mengetiknya di kolom komentar di bawah ini ya. Selamat mengembangkan bisnis online Anda, semoga anda sukses ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.