Blog Tutorial Name Server Manage DNS

Name Server Manage DNS

IDwebhost memiliki beberapa kelompok Name Server (NS) yang digunakan untuk fitur Manage DNS. Sehingga saat menggunakan fitur tersebut maka harus melakukan seting NS yang tepat. Adapun kelompok NS tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelompok NS Pertama

ns1.idwebhost.id
ns2.idwebhost.id

Kelompok NS ini merupakan yang paling banyak digunakan. Semua domain *.id kecuali .go.id, net.id menggunakan NS ini. Domain .com .net .info dll juga menggunakan NS ini.

Kelompok NS Kedua

venus.idwebhost.com
mercury.idwebhost.com
earth.idwebhost.com
mars.idwebhost.com

Kelompok NS ini juga digunakan di beberapa domain .bz dan beberapa domain lainnya.

Kelompok NS Ketiga

ns1.dnsowl.com
ns2.dnsowl.com
ns3.dnsowl.com

Kelompok NS ini juga digunakan domain .COM yang berada di registrar Namesilo, untuk mengetahui registrar domain dapat di cek melalui whois. Tidak ada ekstensi lain yang menggunakan NS ini.

Bagaimana cara mengetahui domain saya menggunakan NS yang mana ?

Caranya silakan dipasang salah satu A record pada salah satu domain. Kemudian bukalah terminal (macOS, Linux), atau SSH (Windows) kemudian lakukan dig @salah_satu_kelompok_ns. Contohnya seperti berikut :

dig idbilling.net @ns1.idwebhost.id +short
202.52.146.26

Dalam proses diatas saat di dig @ns1.idwebhost.id maka reply dengan IP yang sesuai dengan yang diseting sebelumnya, maka artinya kelompok NS Pertama.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan domain Anda berada di kelompok NS mana maka jangan ragu menghubungi kami.

Eka

Bergabung dengan IDwebhost tahun 2010 sebagai Billing. Selain memberikan support terbaik, anda dapat konfirmasi pembayaran dan menanyakan gambaran umum webhosting.