Panduan Moz : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website
Blog SEO Panduan Moz : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Panduan Moz : Tools Efektif Untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Moz menjadi salah satu tools dalam riset keyword dan analisa SEO yang biasanya digunakan oleh praktisi SEO. Hal ini karena tools SEO ini, menawarkan kemudahan dan kelengkapan data yang berguna untuk strategi optimasi SEO.

Untuk lebih jelasnya mengenai keyword tool moz ini, berikut penjelasannya.

 

Daftar Isi

1. Apa itu Moz ?

2. Manfaat Moz

3. Fitur-fitur pada Moz Pro

4. Kesimpulan 

 

Apa itu Moz ?

 

apa-itu-moz

Moz adalah tools SEO yang efektif dan dirancang untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Fitur utama dari tools ini adalah seperti link explorer, keyword explorer, dan rank tracker.

Jadi, tools ini merupakan software SEO yang membantu Anda dalam meningkatkan lalu lintas, peringkat, dan visibilitas dalam hasil pencarian.

 

Manfaat Moz

 

manfaat-moz

Beberapa manfaat saat Anda memilih Moz sebagai tools SEO untuk analisa website adalah :

1. Domain Authority

Tools SEO ini memiliki metrik Moz’s Domain Authority. Artinya metrik ini mengumpulkan dan mengukur dari data website dari skornya dan dapat Anda gunakan untuk membandingkan peluang peringkat website Anda di SERP dengan kompetitor website Anda.

 

2. Data yang diberikan lengkap

Data yang ditampilkan menggunakan tools Moz ini mengumpulkan banyak data sehingga memudahkan dalam membandingkan banyak website yang penting untuk Anda pelajari dan analisa.

 

3. Terdapat fitur Moz Bar

Moz bar memungkinkan Anda dalam membuat profil pencarian regional sehingga Anda dapat melihat bagaimana hasil yang akan terlihat ketika mencari data dari berbagai daerah.

 

Fitur-fitur Moz Pro

 

fitur-fitur-pada-moz-pro

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat menggunakan tools Moz, mari kita ketahui fitur-fitur apa saja yang ada di tools SEO ini.

 

1. Link Explorer

Link explorer merupakan fitur untuk melakukan analisa terhadap link suatu website. Data yang didapat ketika menggunakan fitur ini adalah seperti domain authority pada suatu link website tsb, berapa banyak jumlah linking domain, inbound links, dan ranking keywords.

Domain authority merupakan fitur dalam cara menilai otoritas atau authority pada sebuah website yang Anda lakukan pengecekan dari total keseluruhan halaman website. Jadi bukan halaman individual saja.

Jadi semakin banyak kualitas link pada suatu website maka nilainya akan semakin tinggi.

Contoh jika website A memiliki domain authority 67, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan dengan website B, C, D dst yaitu selaku domain kompetitor sehingga Anda dapat membandingkan skornya mana yang lebih besar.

Kemudian sekarang pada linking domains.

Linking domain merupakan cara cepat dan mudah dalam membandingkan website Anda dengan kompetitor Anda. Hal yang bisa dibandingkan di sini adalah, berapa jumlah top pages pada suatu website tersebut.

Nah pada metrik top pages, Anda dapat melihat halaman-halaman website mana saja memiliki page authority mana yang terbanyak.

Jadi jika Anda ingin melihat jenis konten apa yang berhasil diterapkan oleh kompetitor Anda (backlink) fitur top pages ini akan sangat membantu.

Selain itu, di Moz’s Link Explorer juga menyediakan fitur “spam score”.

Spam score adalah fitur dalam cara mengetahui seberapa besar nilai dari spam link pada suatu website. Jadi website yang memiliki spam score besar, bisa diartikan website tsb memiliki link spam yang begitu banyak.

 

2. Fresh Web Explorer

Fresh Web Explorer pada dasarnya adalah alat untuk pemantauan atau monitoring tools dalam penyebutan pada suatu brand.

Jadi Fresh Web Explorer bisa bermanfaat untuk promosi konten dan link building.

 

3. Keyword Explorer

Keyword explorer berfungsi sebagai alat yang dapat digunakan untuk meneliti kata kunci pencarian. Lalu di keyword explorer ini juga berpotensi untuk menemukan ide-ide kata kunci baru yang dapat digunakan untuk penambahan kata kunci pada website Anda.

 

Di dalam fitur keyword explorer ini, Anda dapat melihat dari :

  • Monthly volume yaitu seberapa besar volume penelusuran kata kunci tsb dalam periode bulanan
  • Keyword difficulty yaitu seberapa besar tingkat persaingan kata kunci tsb dengan kompetitor yang telah menggunakan kata kunci tsb
  • Organic CTR yaitu seberapa besar CTR yang terjadi pada kata kunci tsb
  • Priority Score yaitu skor yang menunjukan bagaimana kombinasi antara volume pencarian, Organic CTR, dan persaingan.

 

4. Site Crawl

Site crawl merupakan fitur dalam cara memudahkan dalam melakukan analisa teknikal SEO dimana jika pada suatu website terjadi hal yang tidak beres.

Jadi site crawl menampilkan laporan seperti “content issues”  dimana Anda dapat mengetahui tentang konten yang memiliki isi yang sedikit, duplikasi konten atau konten yang memiliki loading halaman yang lambat.

 

5. Rank Tracker

Rank tracker adalah fitur pada Moz yang memudahkan Anda dalam melihat peringkat Anda di Google.

Selain itu, juga dapat memberikan laporan berupa posisi kata kunci pada posisi naik atau turun.

Lalu juga terdapat “search visibility” yaitu estimasi seberapa besar klik dari posisi ranking keyword tsb.

 

6. Page Optimization

Page Optimization merupakan fitur yang disediakan oleh tools SEO ini untuk mengoptimasi sebuah halaman yang diinginkan.

Pada page optimization ini, maka Anda dapat mengetahui “page score” yaitu estimasi skor dalam memperkirakan seberapa baik halaman tsb dioptimalkan pada kata kunci spesifik.

Misalnya, ketika Anda menganalisa sebuah halaman untuk dioptimalkan seperti “tips seo”, maka akan didapatkan berapa skornya.

 

7. MozBar

Mozbar merupakan ekstensi chrome yang menampilkan data seperti domain authority dan page authorithy di dalam SERP.

MozBar ini tersedia dalam fitur gratis maupun berbayar. Namun pada fitur gratis tentunya data yang ditampilkan tidak sedetail pada fitur yang berbayar.

Lalu pada Mozbar ini juga sudah didapatkan data yang lengkap mengenai tautan dan metrik SEO di halaman.

 

8. Insights

Insights merupakan daftar to-do list yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO pada website Anda.

Hal ini dapat memberikan gambaran kepada Anda untuk mengetahui langkah apa yang bisa Anda pelajari dan bisa diterapkan untuk website Anda.

Dengan adanya insights, Anda dapat meningkatkan trafik organik pada website Anda dengan mengikuti daftar prioritas yang ditampilkan di fitur ini.

 

9. Moz Pro Campaigns

Campaign dapat menarik semua data dari akun Moz ke dalam dashboard.

Hal ini dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan SEO untuk banyak klien yang berbeda sehingga dapat memantau kinerja SEOnya.

 

10. Moz Pro Pricing

Tools SEO ini memiliki paket berbayar yang berbeda-beda yang disesuaikan dari fitur yang didapatkan oleh pengguna.

Paketnya terdiri dari :

  • Paket standar dengan biaya $99/bulan
  • Paket medium dengan biaya $179/bulan
  • Paket large dengan biaya $249/bulan
  • Paket premium dengan biaya $999/bulan

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat daftar paket beserta fitur keunggulannya di moz pro pricing ini. 

 

Kesimpulan

Moz merupakan tools yang bermanfaat untuk Anda gunakan sebagai alat untuk analisa SEO pada website Anda maupun website kompetitor.

Hal ini selaras dengan manfaat dan fitur-fitur yang seperti telah disampaikan pada artikel ini yang bermanfaat untuk Anda gunakan.

Semoga bermanfaat…

Kemudian agar Anda bisa terus mendapatkan informasi seputar bisnis secara gratis, Anda dapat terus ikuti informasi di blog IDwebhost.

Lalu, bagi Anda yang mencari layanan web hosting dan domain, Anda dapat mencoba layanan dari IDwebhost karena ada promo tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.