Panduan Dasar Moodle untuk Pemula

24 Jun 2019
Panduan Dasar Moodle untuk Pemula campaign-unlimited

Anda mungkin adalah seorang pengguna internet yang suka belajar dan mengajar. Mungkin juga inilah mengapa Anda mencoba mencari tahu definisi Moodle dan ingin mengetahui bagaimana cara kerjanya. Silakan baca panduan ini bagi pemula supaya Anda bisa memahami dan memanfaatkan salah satu platform kecanggihan teknologi di bidang pendidikan yang satu ini!

Apa itu Moodle?

Moodle merupakan sebuah platform open source yang sangat fleksibel untuk belajar (learning platform) yang dirancang khusus bagi pendidik, admin dan siswanya. Moodle sebenarnya adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment juga dikenal sebagai sistem manajemen pembelajaran , atau lingkungan belajar virtual.

Selain itu, mempunyai Fitur manajemen pembelajaran yang komprehensif, disesuaikan dan aman, serta dapat dipakai untuk keperluan membuat situs pribadi untuk kursus online yang dinamis. Platform ini tergolong CMS (Course Management System) namun khusus untuk kepentingan edukasi (pendidikan). Platform CMS yang satu ini didesain sedemikian rupa dengan sistem yang kuat, aman serta terintegrasi.

 

pengertian moodle
IDwebhost

 

Di internet memang ada banyak sekali berbagai platform CMS berjenis Learning Management System (LMS) selain platform ini. Apa saja platform tersebut ? yaitu ada Dokeos, Atutor, dan Opigno yang berbasis Drupal.

Kembali lagi ke tentang LMS, tetapi mengapa Moodle ini lebih banyak digunakan oleh banyak orang atau organisasi pendidikan? itu dikarenakan Ada beberapa hal yang tentunya menjadi kelebihannya dan tentu kita bahas kekurangannya juga ya. Yuk, Mari kita simak ulasan berikut ini !

Baca Juga : Ini Dia Pengertian dan Fungsi CMS Yang Wajib Diketahui

Kelebihan Moodle

Platform jenis LMS satu ini didesain berdasarkan Social Constructionist Pedagogy, lebih tepatnya konstruksi sosial. Moodle telah mengklaim dirinya sebagai tempat yang berfokus untuk membentuk sebuah komunitas kuat. Anggota-anggota komunitas inilah yang diharapkan nantinya bisa saling membantu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi pada masing-masing pengguna.

Platform ini juga dapat digunakan oleh siapapun karena sifatnya yang gratis atau open source. Anda dapat juga membangun sebuah sub sistem berkonsep e-Learning atau yang biasa disebut dengan Distance Learning.

Selain itu, jenis materi pembelajaran yang ingin Anda buat atau dapatkan juga beragam sekali. Bahkan beberapa sumber atau resource juga bisa Anda terapkan pada materi yang Anda buat. Berikut ini adalah beberapa jenis kategori materi yang dapat Anda kreasikan dengan platform ini :

  1. Tugas (Assigment)
  2. Pesan (Chat)
  3. Forum
  4. Kuis
  5. Survei

Tak sampai di situ, platform tersebut juga menyediakan kemudahan bagi penggunanya untuk dapat menganti sesuai keinginan tampilan atau tema (theme). Selain itu juga menyediakan beberapa variasi tema menarik yang dapat mempercantik modul Anda. Anda bahkan juga dapat modifikasi tema tersebut.

Kekurangan Moodle

Selain kelebihan platform jenis LMS diatas, ada juga beberapa kekurangannya loh, yaitu :

  1. Membutuhkan pemahaman lebih lanjut tentang sistem
  2. Perlunya tenaga ahli untuk merancang dan membantun sistem e-learningnya
  3. Tentu nantinya akan membutuhkan biaya extra
  4. Memerlukan hardware khusus
  5. Harus menginstall aplikasi khusus
  6. Tampilan default klasik
  7. Pilihan tema yang terbatas

Sejarah Singkat

 

Sejarah Singkat moodle
IDwebhost

 

Moodle diciptakan oleh Martin Dougiamas. Pada saat itu, ia sedang melanjutkan pendidikan pascasarjana di Curtin University of Technology di Australia. Pada tahun 2002, dia dinobatkan menjadi seorang Webmaster bagi universitasnya sekaligus diangkat sebagai administrator sistem untuk instalasi WebCT. Kemudian Martin mulai mengembangkan platform jenis LSM ini demi menyelesaikan beberapa masalah terkait WebCT.

Pada tahun 2002, pertama kali Versi 1.0 dirilis oleh platform ini. Semenjak itu, kemudian terus berkembang dengan pesat, dikelola oleh Martin dan dibantu oleh komunitas pengguna (user) dan pengembang (developer) yang proaktif dari seluruh dunia (Pavri dan Chavan, 2004).

Perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan Moodlecloud.com

Jika Anda berkunjung ke website platform edukasi online ini, mereka akan memberi tahu Anda bahwa platform ini sebenarnya memiliki tiga variasi berbeda. Berikut ini adalah penjelasan ketiganya!

  • Moodle.com

Moodle.com merupakan produk komersial dari Moodle HQ. Dia menjadi cara dimana Anda bisa mendapat detail tentang Moodle Partners di negara Anda dan layanan komersial apa saja yang dapat mereka tawarkan.

  • Moodle.org

Moodle.org ini merupakan sebuah website komunitas bagi MoodleProject. Anda dapat mendownload source code dan plugins melalui website ini. Di website tersebut jugalah Anda bisa menemukan forum support Moodle yang akan membantu Anda menemukan berbagai solusi bagi kendala Anda dalam pemakaiannya.

  • Moodlecloud.com

Moodlecloud.com adalah portal gratis yang dibuat oleh Moodle HQ. Dengan portal ini, Anda dapat membuat portal belajar online Anda secara gratis. Jika Anda membuat sebuah portal dengan menggunakan Moodlecloud, Anda akan mendapat sebuah URL http://www.(namawebsite).moodlecloud.com/ Lalu, materi pembelajaran Anda akan di hostkan oleh server Moodle. Ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk organisasi dan institusi yang belum mempunyai budget yang besar.

 

kelebihan dan kekurangan moodle
IDwebhost

Catatan Tambahan :

Tetapi MoodleCloud sebenarnya mempunyai batasan dalam hal mengelola portal pembelajaran Anda. Misalnya : Anda tidak bisa untuk menginstall plugin baru. Anda hanya bisa memanfaatkan plugin yang sudah terinstall sebelumnya.

Dari sudut pandang seorang guru, hal itu sebenarnya bukan pilihan yang buruk karena dari tim Moodle HQ menjamin mereka untuk berhati-hati dalam mengelola server serta persyaratan teknis Anda. Tim juga akan menjaga supaya website Anda tetap aman serta diperbarui ke versi platformnya yang terbaru.

Tetapi, jika memang Anda ingin mempunyai lingkungan belajar sendiri, jangan memakai MoodleCloud dan coba anda mencari opsi hosting dengan partner-partner Moodle. Anda dapat juga memilih untuk mempunyai in-house hosting jika memang Anda sudah memiliki infrastruktur dan tim IT yang mendukung.

Kesimpulan

Jadi, Platform ini merupakan CMS yang tepat untuk memulai kursus online Anda dengan biaya yang terjangkau tergantung modal yang Anda miliki. Melalui artikel ini, IDwebhost telah menjelaskan apa itu moodle, bagaimana cara kerjanya dan apa saja kelebihan serta kekurangannya sebagai platform edukasi digital. Artikel ini adalah bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah dan domain berkualitas yang sudah berpengalaman.

Oh ya, jangan lupa untuk subscribe, silahkan tinggalkan tanggapan atau komentar Anda dan baca juga berbagai artikel menarik yang lainnya dari kami. Kami sering juga membahas tips terkini tentang pengembangan bisnis, karir serta website untuk membantu mensukseskan bisnis online Anda di era digital ini. Selamat berusaha ya, semoga anda berhasil! Trust IDwebhost – We helped you succeed online!