Dapatkan Uang Dengan Cara Monetisasi Youtube
Blog Tips Keren Dapatkan Uang Dengan Cara Monetisasi Youtube

Dapatkan Uang Dengan Cara Monetisasi Youtube

Agar bisa mendapatkan uang dari youtube, Anda harus mengetahui cara monetisasi youtube. Kebanyakan akun yang sudah di monetisasi, akan mendapatkan banyak keuntungan yang besarannya nanti terhitung dari jumlah penonton atau viewers. Sedangkan uang yang didapat berasal dari iklan yang dipasang pada youtube tersebut. Pada tahun 2020 ini, youtube sudah melakukan perluasan penerimaan pundi-pundi akun yang dimonetisasi. Tidak hanya melalui iklan saja, tetapi juga ada yang melalui beberapa cara lain contohnya seperti menjadi mitra, merchandise atau yang lain. Namun, yang harus Anda ingat adalah agar bisa melakukan monetisasi akun bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Karena ada beberapa hal yang menjadi persyaratan yang harus Anda penuhi agar bisa sesuai dengan ketentuan yang berasal dari youtube.

monetisasi youtube

Mengenal Monetisasi Youtube

Monetisasi adalah sebuah proses yang menghasilkan uang yang berasal dari video youtube yang diunggah dengan cara mengaktifkan beberapa fitur iklan yang terdapat dalam video youtube. Namun, tidak semua video bisa disisipkan iklan, hanya video yang populer saja yang nantinya bisa mendapatkan pemasukan yang berasal dari iklan. Sebenarnya, tujuan pengiklan menaruh modalnya dengan beriklan menggunakan media youtube adalah agar bisa lebih menjangkau banyak audience atau bisa juga untuk mendapatkan popularitas yang lebih. Sehingga, nantinya youtube akan menaruh iklan pada video yang mempunyai jumlah penonton atau viewers yang banyak. Atau bisa juga akun yang memang rutin mengunggah konten video mereka ke youtube.

Akun yang mempunyai jumlah penonton atau viewer yang membludak dan juga jam tayang yang tinggi, akan sangat menguntungkan untuk bisnis youtube. Karena mereka juga tidak segan untuk membagikan keuntungan yang didapatkan dari iklan ke para creator populer. Sehingga, ada beberapa syarat yang harus segera dipeuhi pada sebuah akun agar bisa di monetisasi.

Syarat Monetisasi Youtube

monetisasi youtube

Sebelum membahas lebih jauh tentang monetisasi, Anda harus mempehatikan terlebih dahulu beberapa syarat yang diminta oleh youtube. Youtube tentunya akan menerima permintaan monetisasi dari akun yang populer karena akan membawa dampak yang sangat signifikan untuk bisnis. Sedangkan untuk indicator signifikan dilihat dari tingkat popularitasnya agar menarik perhatian jauh lebih banyak penonton dan juga isi konten tersebut. Akun yang sudah berhasil di monetisasi dikenal dengan youtube partner. Sehingga youtube juga sudah membuat sebuah persyaratan dasar yang ditujukan untuk para konten creator video yang ingin memonetisasi akunnya, diantaranya:

  1. Harus mengikuti segala aturan dan juga kebijakan dari monetisasi youtube. Kebijakannya juga beragam, dimulai dari pembatasan konten yang tidak boleh diisi dengan kekerasan, pornografi hingga memastikan jika konten yang diunggah para creator tidak melanggar hak cipta atau copyright.
  2. Tinggal di negara atau wilayah yang menyediakan program youtube partner. Indonesia adalah termasuk wilayah yang masuk dalam lingkup wilayah yang dimaksud.
  3. Mempunyai lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan belakangan. Hal itu berarti jumlah jam tayang pada konten Anda jika ditotal harus mencapai 4.000 jam.
  4. Mempunyai lebih dari 1000 subscribers.
  5. Sudah terhubung dengan akun Adsense.

Namun, jika Anda sudah memenuhi persyaratan diatas, tidak menjamin jika monetisasi akun yang Anda lakukan akan langsung diterima. Karena ada yang ditolak.

Mengaktifkan Google Adsense

monetisasi youtube

Hal yang paling penting adalah Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu monetisasi atau dengan kata lain adalah mengaktifkan google adsense. Berikut ini merupakan tahapan dalam mengaktifkan google adsense:

  1. Klik pada ikon youtube yang ada di pojok kanan atas
  2. Masuk ke dalam pilihan “creator studio”
  3. Klik pada bagian kiri, pilih menu “channel”
  4. Klik “status and features”
  5. Klik enable pada pilihan “monetization” selanjutnya, ikuti perintah yang ada dihalaman tersebut.

Kemungkinan besar, yang membuat monetisasi ditolak karena tidak memenuhi persyaratan dan kebijakan dari youtube. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jika ditolak, Anda dapat melakukan pendaftaran lagi dalam rentang waktu 30 hari setelahnya.

Cara Monetisasi Youtube

monetisasi youtube

Setelah Anda memastikan sudah memenuhi persyaratan dan pendaftaran google adsense youtube Anda sudah diterima, maka ada beberapa cara monetisasi youtube yang bisa Anda pilih. Karena berdasarkan peraturan youtube, cara monetisasi tidak hanya melalui iklan saja tetapi ada banyak cara lain yang bisa dilakukan, contohnya melalui membership channel, super chat, merchandise, dan juga youtube premium.

  1. Dari Iklan atau Google AdSense

Cara monetisasi ini mengandalkan iklan sebagai sumber pemasukan utama. Anda bisa mengatur iklan yang nanti akan tayang pada konten Anda dan juga letak posisi iklan tersebut akan ditayangkan. Fitur ini juga aka nada ketika pendaftaran akun Adsense yang Anda lakukan sudah disetujui oleh pihak youtube. Yang menjadi persyaratan khusus adalah akun harus sudah berumur 18 tahun atau setidaknya mempunyai wali yang umurnya sudah mencukupi. Karena hal ini akan berkaitan dengan syarat penerimaan uang yang berasal dari iklan yang akan tayang nantinya. Cara memasang iklan pada youtube juga tidak bisa sembarang dilakukan, karena Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibuat oleh pengiklan. Tidak hanya itu, usahakan konten harus disesuaikan dengan iklan. Contohnya Anda mengatur iklan tempat wisata, maka sebaiknya tidak ditempatkan di konten berita duka.

  1. Cara Monetisasi Youtube melalui Membership Channel

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan bayaran yang berasal dari akun orang yang sudah terdaftar menjadi member akun Anda. Sistemnya adalah nantinya member akan memberikan bayaran setiap bulan agar bisa menikmati konten berkualitas yang sudah Anda tawarkan. Persyaratan khusus adalah sudah berusia minimal 18 tahun dan sudah mempunyai lebih dari 30.000 subscriber. Cara mengangktifkan atau cara monetisasi youtube melalui membership channel adalah dengan melakukan login kea kun youtube, setelahnya buka halaman “membership”. Klik mulai dan mulai ikuti perintah yang nantinya muncul di layar.

  1. Cara Monetisasi Youtube melalui Merchandise

Fitur satu ini akan sangat memungkinkan akun yang menonton dapat melihat merchandise yang Anda tawarkan pada laman video. Syarat yang ditawarkan youtube masih sama harus minimal usia 18 tahun dan mempunyai 10.000 subscribers. Cara memonetisasi youtube dengan menggunakan fitur merchandise shelf adalah dengan melakukan login pada “Youtube Studio Beta”. Pada sebuah menu yang ada di sebelah kiri, Anda dapat melihat menu “Monetisasi”, bisa langsung dklik pada bagian tersebut. Klik pada pilihan “Merchandise”, opsi tersebut akan muncul jika persyaratan khususnya sudah terpenuhi. Selanjutnya Anda bisa mengikuti petunjuk yang ada di layar.

Itulah beberapa cara monetisasi youtube yang bisa Anda lakukan. Jika Anda sudah berada ditahap menunggu hasil pertimbangan dari youtube partnet, maka jangan sampai berkecil hati jika selama beberapa hari belum ada pemberitahuan. Karena biasnya pemberitahuan dari youtube akan memakan waktu beberapa hari sampai dengan beberapa bulan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.