Minecraft Mod: Fitur, Kelebihan dan Kekurangan, dan Cara Unduhnya

29 Jan 2024
Minecraft Mod: Fitur, Kelebihan dan Kekurangan, dan Cara Unduhnya campaign-unlimited

Pecinta game pasti sudah familiar dengan minecraft, bukan? Minecraft adalah salah satu permainan yang banyak diminati, baik bagi gamer dengan PC maupun hp. Untuk memainkan permainan ini secara gratis, banyak pemain yang memilih untuk mengunduh Minecraft mod.

Seperti namanya, ini merupakan Minecraft versi modifikasi, bukan buatan dari pengembang resmi. Meskipun begitu, Minecraft versi ini justru banyak disukai. Selain karena menawarkan banyak fitur, versi ini juga bisa didapatkan secara gratis.

Namun apakah artinya aplikasi ini tidak memiliki kekurangan? Cari tahu selengkapnya dari ulasan berikut ini, yuk!

Fitur Minecraft Mod

Versi modifikasi dari game Minecraft menawarkan banyak fitur premium secara gratis. Jika kamu menggunakan versi original, kamu tentu perlu membayar terlebih dahulu untuk menikmati fitur-fitur tersebut. Selengkapnya, berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan dari versi mod Minecraft.

1. Pilihan Item yang Beragam

Fitur premium pertama yang bisa kamu nikmati dengan menginstall Minecraft versi mod adalah pilihan item yang beragam. Pada versi modifikasi, kamu bisa menemukan banyak item, blok, monster, hingga mode permainan yang baru. Semua item baru ini bebas digunakan dan gratis.

2. Uang Unlimited

Meskipun sudah disediakan berbagai fitur premium, kamu mungkin masih perlu melakukan pembelian terpisah untuk beberapa item. Dengan Minecraft versi modifikasi, kamu tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak uang untuk melakukan top up saldo dalam game.

Minecraft modifikasi sudah menyediakan fitur khusus berupa uang unlimited. Kamu bisa menggunakan berapa pun uang yang dibutuhkan untuk membeli berbagai item. Walaupun kamu menggunakannya dalam jumlah banyak, saldo uangmu ini juga tidak akan berkurang lho.

3. Kualitas Grafis yang Baik

Mungkin kamu berpikiran jika versi modifikasi akan memberikan kualitas bermain yang buruk? Nyatanya tidak demikian. Dengan versi modifikasi, kamu tetap bisa menikmati permainan Minecraft yang seru. Bahkan, tampilan grafis dalam versi ini sangat baik seperti kamu sedang bermain di aplikasi original biasa.

4. Mode Multiplayer

Aplikasi modifikasi Minecraft tetap mendukung permainan multiplayer. Kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk bermain bersama temanmu. Untuk memainkan mode multiplayer, pastikan kamu mengaktifkan koneksi internet pada perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Minecraft Mod

Pembahasan ini tentu tidak akan lengkap tanpa adanya ulasan tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi. Untuk membantu mempertimbangkan layak atau tidaknya aplikasi ini, pastikan kamu menyimak pembahasan ini dengan baik, ya.

1. Kelebihan Minecraft Versi Mod         

Jika dibandingkan dengan versi aslinya, tentu ada sejumlah kelebihan yang membuat versi modifikasi banyak dilirik oleh para pemain. Berikut adalah kelebihan utama dari aplikasi versi modifikasi:

  • Koleksi skin tidak terbatas. Bermain Minecraft menggunakan skin yang terbatas tentu kurang menyenangkan. Jika kamu ingin menemukan berbagai koleksi skin yang lengkap dan bisa digunakan secara gratis, aplikasi mod bisa menjadi alternatifnya.
  • All items unlocked. Dalam Minecraft kamu mungkin akan menemukan beberapa item yang terkunci dan hanya bisa digunakan apabila kamu melakukan pembelian layanan premium. Hal demikian tidak akan terjadi pada versi mod. Minecraft versi modifikasi membuka seluruh kunci item yang semula tidak bisa digunakan di versi original.
  • Bebas pembayaran. Minecraft versi mod memberikan keuntungan bagi pemain untuk terbebas dari berbagai pembayaran. Selain dengan berbagai fitur dan item yang gratis, Minecraft versi modifikasi juga menyediakan uang unlimited yang bisa digunakan untuk keperluan transaksi dalam game.

2. Kekurangan Minecraft Versi Mod

Terlepas dari kelebihannya di atas, aplikasi ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Terlebih lagi, mengingat aplikasi ini merupakan versi modifikasi dari aplikasi asli buatan pengembang. Apa saja kekurangannya tersebut? Berikut beberapa di antaranya yang kami rangkum:

  • Melanggar hak cipta. Aplikasi modifikasi merupakan aplikasi ilegal karena bukan dibuat oleh pengembang resmi. Menggunakan aplikasi ilegal artinya sama dengan melakukan pelanggaran hak cipta. Jika kamu tetap memilih untuk menggunakannya, kamu harus siap untuk menghadapi konsekuensi pemblokiran.
  • Berpotensi membawa virus dan malware. Selain melanggar hak cipta, aplikasi modifikasi juga berpotensi membawa virus serta malware. Faktanya, aplikasi versi ini seringkali disusupi oleh virus yang dapat merusak perangkat.
  • Riskan diblokir. Kamu bisa sewaktu-waktu diblokir saat sedang bermain. Pemblokiran ini tentunya bukan tanpa sebab. Mojang Studios sebagai pengembang resmi dapat melakukan pemblokiran kapan saja terhadap pengguna aplikasi ilegal.
  • Bahaya penyadapan data. Aplikasi ilegal tidak memiliki perizinan resmi sehingga tidak ada yang menjamin aplikasi tersebut aman. Ada kemungkinan aplikasi disusupi oleh pelacak atau penyadap yang dapat mencuri data pemain untuk disalahgunakan.
  • Update manual. Berbeda dengan aplikasi legal, aplikasi mod tidak bisa diperbarui melalui Play Store. Kamu perlu melakukan update secara manual dengan mengunduh aplikasi versi terbaru. Padahal, update pasti perlu dilakukan secara berkala. Jadi, artinya kamu perlu mengunduh aplikasi secara terus-menerus.
  • Ukuran aplikasi yang besar. Aplikasi mod memiliki ukuran yang cukup besar. Di samping itu, update secara berkala yang membuat kamu mengunduh aplikasi secara terus-menerus juga akan menyita sebagian besar kapasitas penyimpanan perangkatmu.

Cara Download Minecraft Mod

Setelah mengeatahui kelebihan dan kekurangannya di atas, masih tertarik untuk mengunduh Minecraft versi mod? Pastikan kamu menyadari konsekuensi dari penggunaan aplikasi tersebut, ya. Nah, namun jika kamu tetap ingin mengunduhnya, kami akan bagikan cara download selengkapnya di bawah ini:

  • Pertama-tama, buka menu Pengaturan pada perangkat.
  • Dalam menu ini, temukan opsi Security and Privacy.
  • Selanjutnya, aktifkan pilihan Unduh aplikasi sumber tidak diketahui.
  • Jika sudah, buka browser dan kunjungi situs pihak ketiga yang menyediakan link unduh Minecraft versi mod.
  • Unduh sampai selesai dan lakukan pemasangan aplikasi.

Alternatif Minecraft Mod

Jika kamu tidak ingin menanggung risiko dengan mengunduh Minecraft versi mod, kamu bisa menggunakan alternatif permainan lainnya. Mojang Studios tidak hanya merilis Minecraft sebagai satu-satunya permainan blocks. Developer ini juga merilis sejumlah game yang bisa kamu mainkan secara gratis maupun berbayar.

Beberapa di antaranya seperti Minecraft Dungeons, Minecraft Pocket Edition, Cobalt WASD, Minecraft Story Mode, Cobalt, hingga Minecraft Earth. Semua permainan ini tersedia di toko resmi, yang artinya sudah mengantongi izin.

Meskipun tidak 100% sama dengan Minecraft, setidaknya kamu tetap bisa memainkan game blocks tanpa perlu khawatir akan terblokir atau mengalami penyadapan data. Ayo unduh aplikasinya sekarang dan mainkan!

Semoga ulasan kami ini dapat menambah wawasanmu tentang Minecraft versi mod, ya. Agar aplikasi game yang kamu unduh benar-benar asli, pastikan kamu hanya melakukan unduh aplikasi dari toko resmi saja seperti Play Store atau App Store untuk iOS.

Aplikasi dengan link unduh yang disediakan oleh situs pihak ketiga biasanya merupakan aplikasi ilegal. Kamu bisa mengenalinya dari ciri-ciri nama aplikasi menggunakan istilah Minecraft Mod APK Combo.

Sekian penjelasan dari kami ini. Baca artikel lainnya di blog IDwebhost secara gratis buat tingkatkan terus pengetahuanmu! Tidak lupa, cek juga promo layanan hosting terbaru kami di sini ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022