Migrasi Joomla J!1.0.x ke J!1.x

30 Mar 2008
Migrasi Joomla J!1.0.x ke J!1.x

Migrasi joomla dari versi 1.0.x ke 1.x adalah bukan upgrading, artinya kita tidak bisa me-replace begitu saja joomla v.1.0.x menjadi v.1.x.
Upgrade / patch adalah apabila sebelumnya anda menggunakan J!v.1.0.14 kemudian ingin mem-patch/mengupgrade menjadi J!v.1.0.15, anda cukup mencari file patchnya, untuk kemudian mengextract dan me-replace file di root folder joomla anda. Biasanya hal ini dilakukan untuk menutup hole yang ada di Joomla versi sebelumnya, sedangkan migrasi J!v.1.0.x ke J!v.1.x adalah BUKAN untuk tujuan demikian, karena framework J!v.1.0.x sama sekali berbeda dengan J!v.1.x. Bertahan menggunakan J!v.1.0.x juga bukan suatu kesalahan.
J!v.1.x adalah versi baru dari Jooma, perlu diingat :
– memiliki struktur database yang sama sekali berbeda dengan J!v.1.0.x.
– component/modules/themes J!v.1.0.x ( terutama third party ) banyak yang belum compatible untuk J!v.1.x, hingga anda harus menconfigurasi ulang secara manual apabila melakukan migrasi.
Apabila anda mereplace Joomla v.1.0x anda dengan v.1.x, sudah pasti akan terjadi error di joomla anda.

Bagaimana cara migrasi dari J!v.1.0.x ke J!v.1.x ?


Untuk migrasi dari J!v.1.0.x ke J!v.1.x sangat disarankan dilakukan di folder yang berbeda, bagi anda yang menginstall J!v.1.0.x di root / public_html, akan lebih baik mencobanya di localhost terlebih dahulu, untuk kemudian di-upload manual.
Berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall component migrator untuk J!v.1.0x anda, anda bisa mengambilnya disini .
  2. Install com_migrator tsb di J!1.0.x anda, kemudian jalankan backup databasenya.
    Create Migration SQL File > Start Migration > Tunggu sampai proses backup selesai ( Migration Complete ).
    INGAT : proses migrasi hanya akan membackup core database anda, dibutuhkan 3rd party migrator untuk membackup components/modules 3rd party joomla anda.Backup Database

    Download Database
  3. Buat database baru ( dengan tabel kosong ) dari mysql anda, misal joom2 ( database anda akan menjadi usercpanel_joom2), dengan user dan pass database yang telah anda buat sebelumnya.
    Kemudian add user to database denga

    n all Privileges.
    Add Database

  4. Langkah berikutnya adalah proses instalasi J!1.x menggunakan backup database yang telah kita buat tadi, upload dan install J!v.1.x anda di folder berbeda ( atau localhost bagi anda yang mencoba terlebih dahulu di localhost )

– Upload file instalasi J!1.x , di folder tersendiri, misal v2, kemudian extract.
Extract Joomla

– Proses upload dan instalasi dijalankan.

Start_Install

NOTE : Dalam proses instalasi, pastikan terlebih dahulu path directory tmp dan ./installation/sql/migration dalam status WRITEABLE (777)

– Di bagian Main Configuration, isi kolom bag.bawah :
1. Pilih opsi Load Migration Script
2. Table prefix, isikan jos_
3. Browse file database yang sebelumnya telah kita backup tadi.
4. Check opsi This Script is Joomla 1.0 migration script.

Main_Config

Kemudian tunggu proses dump selesai, hingga muncul 'Migration Successful, press next to continue', langkah berikutnya isikan Site Name, admin email, serta password backend admin Joomla anda. Klik Next

Finish_Install

Tahap akhir yang harus anda lakukan adalah :
1. Delete folder installation
2. Copy script configuration yang terbuat, buat satu file bernama configuration.php di root folder Joomla anda, dan pastekan script tsb di dalamnya.

Delete_Install

3. Install dan konfigurasikan kembali modules/components/themes Joomla anda, di v.1.x .
Apabila anda masih ingin menggunakan sources dari v.1.0.x, aktifkan/enable-kan Plugin System Legacy dari menu Extensions > Plug Manager > System – Legacy

Selamat Mencoba

zp8497586rq
IDwebhost
Member since 18 Jun 2007