Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar
Blog Tips Keren

Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

Tutorial migrasi blogspot ke wordpress memberikan kepada anda panduan untuk melakukan migrasi dari Blogspot ke WordPress dengan benar dan tepat. Jika anda merupakan seorang blogger, pastinya memahami bahwa blog memberikan banyak fitur yang ramah dan mudah digunakan. Serta anda pun juga akan mendapatkan banyak sekali fitur yang tersematkan didalamnya. Seiring berjalannya waktu, para blogger pasti menyadari bahwa semua fasilitas yang tersedia didalamnya pasti kurang lengkap. Tak heran jika kemudian para blogger ini memilih untuk melakukan migrasi ke WordPress dengan memakai jasa domain hosting.

Kenapa Melakukan Migrasi Blogspot Ke WordPress

4 Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar
idwebhost

Sebelum melangkah lebih jauh ke tutorial migrasi blogspot ke wordpress, alangkah baiknya jika anda memahami kenapa WordPress lebih baik dibandingkan dengan Blogspot. Berikut adalah sejumlah keunggulan yang akan bisa anda dapatkan dari WordPress dibandingkan dengan Blogspot. Pertama, anda akan mendapatkan tampilan display yang tak terbatas. Disini anda akan bisa menikmati ribuan theme yang sangat menarik sehingga website menjadi kian ciamik. Kedua, anda juga akan bisa melakukan control website dengan lebih mudah karena disini tersedia plugin beragam yang bisa anda manfaatkan secara manual dan otomatis. Sistem kerjanya pun juga tak ribet. Kalau anda hendak mencari plugin yang tepat, semuanya akan tersedia menu pencarian yang ada didalamnya. Ketiga, akses WordPress memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas IT dengan cepat. WordPress memiliki banyak file database yang cepat dan mudah diakses saat dipanggil oleh browser tertentu.

Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Terlengkap

4 Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar
idwebhost
  1. Untuk tahap awal sebelum melakukan migrasi, anda wajib untuk memiliki hosting yang menampung data website WordPres yang anda miliki. Anda bisa menggunakan jasa IDwebhost untuk bisa mendapatkan semua paket hosting yang anda inginkan. Setelah anda memiliki domain sendiri, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke cPanel dan menginstall WordPress yang anda inginkan.
  2. Selanjutnya, anda harus melakukan export data blogger anda. Caranya adalah dengan mengambil seluruh data Blogger anda dan silahkan lakukan backup di komputer. Nantinya file backup tersebut akan memiliki format XML. Penerapannya adalah dengan masuk ke menu Setelan à Lainnya. Kemudian pilih menu Impor & Cadangan. Selanjutnya, yang harus anda lakukan adalah dengan pilih tab cadangkan konten.
  3. Sudahkah anda memiliki WordPress seperti langkah yang dijelaskan diatas? Jika sudah, kini anda bisa masuk ke bagian dashboard. Kemudian pilih menu Active Plugin & Run Importer. Disinilah anda akan mampu memindahkan langsung file-file yang sebelumnya ada di blog anda secara otomatis dan tanpa ribet. Caranya cukup dengan mengunggah file XML yang sebelumnya anda dapatkan dari Export Blogger.
  4. Sebelum mengunggah data export blogger anda, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu berapa size atau ukuran dari file XML yang anda dapatkan tadi. Setelah file tersebut selesai anda unduh, maka anda kini telah memiliki akun WordPress yang berasal dari Blogspot yang anda miliki.

Baca Juga: 9 Tips Penting Memilih Penyedia Jasa Web Hosting

Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Supaya Tidak Kehilangan Ranking

Bagi Anda yang sudah memiliki traffic cukup bagus, Anda jangan sampai kehilangan index Google yang selama ini telah dibangun dari blogspot. Pastikan untuk melakukan pengaturan Permalink juga di WordPress agar fungsinya bisa berjalan dengan optimal. Kenapa hal ini sangat penting? Pasalnya Permalink sendiri merupakan struktur SEO yang penting dalam website. Cara melakukannya adalah dengan masuk ke Dashboard website anda. Kemudian, masuk ke menu Settings à Permalinks. Lalu pilih Month and Name. Selanjutnya simpan perubahan yang anda lakukan.

Masih belum selesai, tahap selanjutnya untuk menjaga website anda agar tidak kehilangan Google Ranking adalah dengan masuk ke akun blog website anda terlebih dahulu. Lalu pilih untuk kembali ke Template Klasik. Usai masuk ke template klasik, anda akan melihat sejumlah script yang tersedia dalam halaman Editor HTML yang anda miliki. Tugas anda disini hanyalah tinggal merubah nama domain yang ada didalamnya sesuai dengan nama domain yang anda gunakan terbaru saat ini. Setelah itu anda tinggal menyimpan perubahan yang anda lakukan dengan memilih tab Save atau simpan yang tersedia didalamnya.

Tahap selanjutnya, anda harus memastikan bahwa semua gambar yang ada di Blogspot telah berpindah ke WordPress. Caranya adalah dengan menggunakan plugin bernama Import External Images. Setelah plugin ini terinstall, anda tinggal masuk ke tahap selanjutnya, yaitu melakukan import terhadap semua gambar yang ada di Blog anda menuju WordPress hingga berpindah sepenuhnya.

Kenapa Harus Melakukan Migrasi Blogspot Ke WordPress?

4 Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar
idwebhost

Ada banyak hal yang menyebabkan kenapa kita harus berpindah dari Blogspot ke WordPress. Memang Blogspot adalah website yang bagus untuk pemula yang ingin mengenal lebih dalam tentang seluk beluk artikel, promosi, bisnis online dan lain sebagainya. Tapi, seiring berjalannya waktu, anda akan menyadari bahwa kinerja Blogspot pun tak perfect. Hal ini jelas dikarenakan Blogspot tidak seperti WordPress yang kaya akan fitur. Untuk bisa mengoptimalkan fungsi dari sebuah web, anda memang harus punya domain yang independen! Artinya anda harus memiliki nama domain sendiri. Yang mana hal tersebut akan bisa anda lakukan apabila anda menggunakan jasa hosting domain.

Tutorial migrasi blogspot ke wordpress diatas akan membantu anda untuk melakukan perpindahan semua sistem yang sudah anda bangun dalam Blogspot sebelumnya. Hal ini pastinya akan menambah value dari website yang anda bangun. Pada saat orang membaca domain blogspot dan domain yang independen, tentu ada kesan berbeda yang ditimbulkannya. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang condong berkunjung ke domain dibandingkan dengan WordPress. Kecuali, jika anda memang tidak ingin mengembangkan situs anda, tentu saja Blogspot masih menjadi pilihan. Tapi sampai kapan hal tersebut akan berlangsung. Sudah ada tutorial migrasi blogspot ke wordpress yang bisa anda terapkan dari sekarang. Disinilah semuanya akan memulai suasana yang baru. Website anda akan bisa menjadi lebih baik lagi.

Jangan Takut Data Anda Hilang Saat Migrasi Blogspot Ke WordPress

Satu hal yang membuat orang enggan berpindah adalah mereka takut data akan hilang pada saat melakukan migrasi dari Blogspot ke WordPress. Padahal ketakutan tersebut hanyalah menghambat anda untuk maju. Tenang saja, tutorial migrasi blogspot ke wordpress yang ada diatas akan sangat membantu anda untuk bisa menciptakan sebuah website yang bagus dan juga bisa diandalkan. Anda akan menemukan sebuah cara yang brilian untuk mendapatkan web dengan domain sendiri.

Sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Blogspot dan berpindah haluan ke website yang lebih berkelas. Ini akan berdampak signifikan, tak hanya dari segi traffic tapi juga tujuan yang ingin anda capai dengan berdirinya website anda. Mungkin anda perlu berpikir sedikit ke belakang. Kira-kira apa tujuan anda membuat website? Pasti ada sebuah cita-cita yang tersemat dalam benak anda ketika membuatnya. Yuk migrasi!

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.