Panduan Dasar Midtrans Payment Gateway
Blog Tips Keren

Panduan Dasar Midtrans Payment Gateway

Payment gateway di Indonesia saat ini berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi internet dan tentunya antusias dari para penggunanya, termasuk bagaimana masyarakat menjadi suka berbelanja online serta berjualan di toko online. Mungkin Anda juga salah satu pihak yang tertarik untuk memakai jasa dari payment gateway ini. Tetapi apakah Anda sudah memahami cara kerjanya? Bagaimana dengan MidTrans sebagai payment gateway, kenapa layak untuk dicoba?

Jika sudah, mari kita ketahui salah satu penyedia jasa payment gateway yang populer di Indonesia yang berikut ini!

Apa itu MidTrans?

 

Apa itu MidTrans
IDwebhost

 

MidTrans merupakan salah satu layanan payment gateway yang berada di Indonesia. Teknologi dari MidTrans tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Caranya yaitu dengan pengembangan teknologi yang memfasilitasi pembayaran atau transaksi secara online.

Sampai saat ini, sudah terdapat puluhan bank telah melakukan kerja sama dengan layanan tersebut, yaitu termasuk Bank dari BUMN seperti Mandiri dan BNI. Disisi lain, juga telah berkembang ribuan toko online di Indonesia yang telah menjalin bekerja sama dengan MidTrans.

Cara Kerja Payment Gateway Umumnya

 

Cara Kerja Payment Gateway Umumnya
IDwebhost

 

Setelah customer memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa yang ada pada situs e-commerce tertuju, customer akan mengikuti langkah pembayaran informasi terkait transaksi yang disampaikan melalui koneksi internet ke sumber payment gateway. Setelah itu, sistem payment tersebut akan meneruskan informasinya ke prosesor pembayaran dari bank yang dipakai penjual.

Kemudian prosesor pembayaran itu meneruskan informasi transaksi yang telah diterima ke asosiasi dengan menjelaskan bahwa kartu yang dipakai merupakan jenis Mastercard atau Visa. Selanjutnya, bank terkait akan menerima permintaan yang diajukan serta mengirimkan balasan ke prosesor beserta kode khususnya.

Kode ini nantinya yang akan memperlihatkan apakah transasksi tersebut sudah berhasil atau tidak. Terakhir, prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan tersebut ke payment lagi, kemudian diteruskan ke situs penjual sekaligus kepada pemegang kartu.

Bila Anda masih belum memahami penjelasan cara kerja dari e-payment gateway ini, kami akan jelaskan secara sederhana. Jika pembeli sudah melakukan pembelian di website, Kemudian pemesanan dan metode pembayaran akan diteruskan untuk proses verifikasi ke bank yang ditentukan penjual.

Prosesnya tidak akan lama, paling tidak hanya 5 detik saja. Setelah itu, pembeli bisa melakukan proses pembayaran seperti biasa, lalu penjual dan pembeli mendapatkan notifikasi bahwa transaksi telah sukses.

Jadi, intinya cara kerja payment gateway yaitu suatu sistem mengotorisasi proses pembayaran setiap ada transaksi dari pembeli kepada penjual.

Sistem yang disemat tersebut tentunya akan menambah nilai jual dari toko online milik Anda sendiri. Mengapa? Karena membutuhkan aktivasi akun yang terpercaya untuk memanfaatkan teknologi ini. Jadi, ada sejumlah syarat yang perlu untuk user penuhi. Hal ini secara tidak langsung bisa membuat pembeli percaya.

Begitu user mengetahui bahwa bisnis online anda menerapkan sistem payment gateway, user merasa bahwa transaksi sudah aman (secure). Tak akan ada kecurigaan atau kekhawatiran bahwa transaksi merupakan transaksi bodong atau penipuan baik bagi penjual maupun pembeli.

Cara Kerja MidTrans sebagai Payment Gateway

 

Cara Kerja MidTrans sebagai Payment Gateway
IDwebhost

 

Cara kerja payment getaway MidTrans Indonesia ini sama seperti payment gateway pada umumnya, sangat praktis. Pertama, Anda dapat daftarkan toko online Anda sendiri dengan cara terhubung ke merchant admin portal MidTrans didalam mode testing. Di mode tersebut, Anda dapat mencoba berbagai macam pengaturan yang telah tersedia tanpa perlu mengubah apapun.

Selanjutnya, silakan anda lanjutkan pendafaran dengan memenuhi beberapa dokumen yang ada. Dokumennya berupa persyaratan yang akan diverifikasi oleh MidTrans.

Kelengkapan dokumen ini menjadi penting supaya Anda segera bisa menerima pembayaran dari bisnis online yang dijalankan. Dokumennya ada dua jenis yaitu KTP dan NPWP. Keduanya agar Anda diberi kewenangan untuk masuk ke sistem pembayaran card payment atau transfer via bank. Akun yang Anda punya bisa juga dimanfaatkan untuk bisnis, baik bersifat individu maupun kolektif seperti sebuah perusahaan.

Terakhir Anda dapat mengintegrasikan teknis yang sudah disediakan ke situs bisnis online atau e-commerce milik Anda dengan tim developer. Ini dilakukan agar bisa memudahkan proses check out dari pelanggan.

Jangan khawatir tentang kesulitan dalam mengintegrasikannya. Mengapa? Sebab di MidTrans, ada banyak sekali pilihan untuk berbagai macam platform yang dapat Anda pakai.

Biaya Penggunaan MidTrans

Dengan menggunakan jasa Midtrans Indonesia. Berarti Anda hanya perlu membayar ketika proses pembayaran atau transaksinya telah berhasil. Harga yang dikenakan juga sudah termasuk dengan biaya proses dari bank dan sistem deteksi fraud. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya awal, biaya maintainance atau terkena berbagai macam biaya atau tarif lainnya.

Kemudahan Midtrans juga dapat Anda coba sendiri nantinya ketika menerima pembayaran dari pembeli yang berbelanja pada anda. Pilihan yang disediakan beragam sekali, seperti tranfer, debit, pembayaran kartu, e-wallet, dan juga bisa melalui konter seperti indomaret. Biayanya pun sangatlah bervariasi serta terjangkau, tidak lebih dari uang Rp 5000 setiap transaksi.

Inovasi dalam MidTrans

Selain payment gateway yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya ada inovasi lain yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan jasa layanan ini. Salah satunya yait Irius. Iris bisa mempermudah proses pengiriman dana yang ada untuk partner ataupun vendor yang terlibat. Selain itu, ada Aegis juga. Ageis dapat Anda manfaatkan untuk mendeteksi serta meminimalisir fraud dalam proses transaksi di bisnis online Anda.

Inovasi ini sebenarnya bisa menghindarkan diri Anda dari pemalsuan transaksi yang rentan di era perkembangan digital ini. Selain itu, anda juga sebenarnya bisa memaksimalkan keuntungan bisnis anda. Ada inovasi ketiga yang disebut sebagai Prism. Prism akan memandu customer, untuk membuat link pembayaran, serta merekomendasikan berbagai produk terbaru didalam satu chat platform yang ditampilkan.

Intinya, semuanya bisa dikombinasikan untuk mempermudah proses payment gateway, sehingga bisnis e-commerce dapat menguntungkan bagi pembeli maupun penjual.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda menjadi lebih mengenal salah satu payment gateway populer di dunia bisnis satu ini. Artikel ini adalah bentuk komitmen IDwebhost sebagai provider web hosting terbaik dan domain berkualitas.

Kami ingin membantu kesuksesan online Anda di era digital sekarang ini. Silakan tinggalkan komentar dan juga baca berbagai artikel menarik lainnya terkait pengembangan bisnis dan pengembangan situs di blog kami. Selamat mengembangkan usaha Anda ya, semoga berhasil!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.