Meta Keywords: Apakah diperlukan untuk Website Anda?
Blog SEO Meta Keywords: Apakah diperlukan untuk Website Anda?

Meta Keywords: Apakah diperlukan untuk Website Anda?

Meta keywords adalah meta tag yang dapat Anda gunakan untuk memberikan lebih banyak informasi kepada mesin pencari tentang informasi konten yang terdapat di halaman website Anda. Hal ini dapat ditemukan di kode sumber HTML halaman web, dan tidak terlihat oleh pengunjung.

Tapi di era sekarang, apakah meta keyword memiliki peran penting untuk berpeluang dalam meningkatkan SEO ? untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya secara bertahap berikut ini.

 

Daftar Isi

1. Apa itu Meta Keyword ?

2. Apakah Masih Butuh Meta Keyword ?

3. Cara Penggunaan Meta Keyword

4. Cara Menghapus Meta Keyword

5. Kesimpulan 

 

Apa itu Meta Keyword ?

Meta keyword adalah sebuah bagian dari tag html yang berisi informasi kata kunci – kata kunci tertentu yang di target pada sebuah website. Kata kunci tsb dibutuhkan agar dapat memberikan informasi kepada mesin pencari supaya mengenal isi postingan dan artikel pada website Anda.

Jadi, jika Anda memiliki kata kunci yang ditarget, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda.

 

Apakah Masih Butuh Meta Keyword ?

perlukah meta keyword

Google memberitahukan bahwa tidak menggunakan meta keyword untuk membantu memberi peringkat halaman website setidaknya selama satu dekade. Hal ini dari informasi oleh Matt Cutts, mantan Kepala Tim Webspam Google yang merilis video pada tahun 2009 dimana pada poinnya dia berkata tidak lagi menggunakan meta ini.

Nah memasuki tahun 2020, menurut Bill Slawski dari pengguna twitter, sebagian besar profesional SEO tidak lagi menggunakan meta keywords.

Namun, perlu untuk diingat bahwa ada lebih banyak optimasi SEO. Jadi ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin masih ingin menggunakan meta keywords untuk website Anda.

 

1.Meta Keyword masih Berpeluang untuk Bekerja di Mesin Pencari Yandex

Yandex adalah mesin pencari dari Rusia dengan pangsa pasar yang kira-kira sama dengan Google dalam lingkup daerah Rusia. Dokumentasi resmi mereka menyatakan bahwa kata kunci “Dapat digunakan saat menentukan relevansi halaman dengan kueri penelusuran”.

Apakah ini berarti meta keywords adalah faktor peringkat yang terbukti dalam pencarian Yandex? Nyatanya tidak. Tapi karena halaman itu masih baru dan tayang sejak akhir 2018, informasi tsb masih berpeluang keakuratannya.

Nah, sekarang bagaimana dengan mesin pencari lain seperti Bing dan Baidu? Apakah Meta keyword apakah masih bekerja di mesin pencari tsb? Mari kita lihat detailnya :

 

Bing

Pada tahun 2014, Bing menyatakan dalam sebuah posting blog bahwa meta keyword “mati dalam hal nilai SEO”. Hal ini secara efektif dikonfirmasi pada tahun 2020 oleh perwakilan dari Bing yang memposting tweet di twitter.

Namun, pada tahun 2011, Bing mengisyaratkan bahwa itu dapat digunakan sebagai sinyal spam untuk membantu mengidentifikasi halaman berkualitas rendah. Tidak diketahui sekarang apakah hal tsb masih terjadi, tapi yang jelas hal tsb bukan merupakan faktor peringkat untuk SEO.

 

Baidu

Pada tahun 2012, seorang insinyur dari Baidu menyatakan di komunitas webmaster mereka bahwa “Meta keywords have long been in the garbage heap of history, and we will ignore them directly”. Maksud dari poin pernyataan tsb adalah bahwa meta ini sudah lama tidak berfungsi lagi dan sudah tidak ada pembaruan untuk perbaikan kembali.

Namun, pada April 2020, pada poinnya mengatakan bahwa judul, deskripsi, dan kata kunci penting bagi Baidu untuk mengevaluasi nilai halaman

Karena masuk akal untuk mempercayai informasi terbaru, tampaknya meta ini dapat menjadi sinyal peringkat di Baidu.

 

2. Meta Keyword Digunakan untuk Beberapa Penelusuran Pada Website Internal

CMS paling populer tidak menggunakan meta keyword untuk penelusuran website internal, tapi beberapa sistem penelusuran internal seperti SOLR, Algolia, dan yang dibuat di Elasticsearch.

Jika salah satu dari hal tsb dapat memperkuat dalam pencarian Internal Anda, maka Anda mungkin perlu menggunakan meta ini sebagai  penambahan optimasi SEO website Anda.

 

Cara Penggunaan Meta Keyword

 

cara penggunaan meta keyword

Anda mungkin sekarang telah menyadari bahwa meta keywords masih belum banyak untuk digunakan di website, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda gunakan untuk keperluan lain seperti :

1. Untuk Keperluan Internal Tagging System

Banyak CMS dan website builder yang memudahkan untuk menambahkan meta keyword ke halaman, seperti halnya banyak plugin SEO WordPress yang dapat di install secara gratis. Hal ini dapat mempermudah untuk mengubah tujuan tag untuk internal keyword tagging system. Cukup menetapkan tag sebagai kata kunci target Anda di setiap halaman.

Contohnya, jika halaman website memiliki keyword adalah “tips SEO”, maka tagnya akan terlihat seperti di bawah ini :

<meta name=”keywords” content=”seo tips”/>

Jika Anda melakukan ini di setiap halaman, akan mudah untuk memeriksa apakah Anda sudah menargetkan kata kunci untuk kebaikan masa mendatang.

2. Menemukan Kata Kunci “Inti” pada Kompetitor

Menurut Bill Slawski bahwa sekitar 33% orang masih menggunakan meta keywords. Karena beberapa dari orang-orang itu memiliki potensi menjadi kompetitor Anda. Hal ini tentunya bisa sangat berguna untuk menemukan kata kunci inti saat Anda melakukan analisa halaman website kompetitor dalam upaya penelitian kata kunci. Anda dapat mencarinya di bagian meta keyword di halaman website competitor Anda dengan cara melakukan klik kanan pada mouse Anda terus pilih “lihat sumber halaman” lau cari “meta name=keyword” maka akan ditemukan kata kunci yang telah dipasang.

 

Cara Menghapus Meta Keyword

Sekarang, Anda telah mengetahui cara mencari meta keyword di halaman website kompetitor Anda, tapi hal ini juga bisa dilakukan oleh kompetitor Anda. Nah, kalau begitu bagaimana menghapus meta keyword yang tersisa pada website Anda?

Pertama-tama Anda perlu menemukan kata kuncinya. Caranya jika Anda dapat menggunakan tools dari Ahrefs Webmaster Tools. Lalu lakukan crawling atau perayapan pada halaman website Anda dengan menaruh link halaman website Anda di fitur “Site Audit”. Kemudian gunakan filter berikut di Page Explorer.

cara menghapus meta keyword dari ahrefs

Anda akan melihat daftar semua halaman di website Anda yang memiliki meta ini.

Jika setelah melakukan hal tsb dan tidak ditemukan hasil kata kunci, maka di halaman yang Anda lakukan analisa tsb artinya tidak memiliki halaman dengan tag.

Dari sini, yang perlu Anda lakukan hanyalah menjalankan dan menghapus tag dari halaman.

Lalu jika ditemukan hasil kata kunci terlebih kata kunci tsb ada yang double di semua halaman yang Anda lakukan pengecekan, ada kemungkinan hal tsb berasal dari satu lokasi di CMS atau template/tema website Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menghapusnya dari semua halaman dengan mengedit hanya pada satu bagian kode.

Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa memiliki meta keyword di website Anda berkemungkinan tidak akan berdampak negatif pada SEO.

 

Kesimpulan

Dengan asumsi 99,9% orang, meta keyword bisa dikatakan tidak memiliki fungsi yang baik untuk optimasi SEO. Dan menambahkan meta ini bisa menjadi hal yang sia-sia untuk dilakukan.

Anda bisa menggunakan meta ini jika Anda memiliki alasan tertentu seperti menggunakannya untuk keperluan internal keyword tagging system atau penelusuran di bagian website internal saja.

Lalu, lebih baik melakukan optimasi pada bagian meta lain seperti meta title, meta description yang dikombinasikan dengan kata kunci utama akan jauh lebih bermanfaat dibanding mengoptimasi meta keyword.

Semoga bermanfaat…

Kemudian agar Anda tidak ketinggalan informasi seputar bisnis, Anda dapat terus keep update informasi di blog IDwebhost.

Selain itu jika Anda membutuhkan layanan web hosting dan domain, Anda dapat menghubungi IDwebhost. Karena IDwebhost memberikan promo tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.